Select Page

Hallo Semuanya pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang macam macam sayuran dan khasiatnya bagi tubuh manusia.

Kamu sering enggak makan sayur? Kalau sayur yang warnanya hijau? Hmm, kita kan sering makan sayuran hijau ya, tapi kadang kita nggak tau tuh sebenernya apa sih kandungan dalam sayuran tersebut. Nah sekarang kita baca bersama yuk macam macam sayuran sangat bermanfaat ini.

1. Bayam

20 Macam Macam Sayuran dan Khasiatnya bayam

Siapa yang nggak kenal bayam? Waktu kecil kita sering tuh dibuatin sayur sop yang bayamnya banyak. Nah tapi apa aja sih sebenernya kandungan dari bayam ini?

Pelajari juga cara membuat Keripik bayam yang Enak dan Analisa Bisnisnya

Sayur Bayam memiliki serat yang sangat tinggi, selain itu bayam merupakan sumber zat besi yang baik untuk darah. Bayam juga terkandung lutein yang berfungsi menjaga kesehatan mata kita. Vitamin dalam bayam juga bermacam, ada vitamin A, C, K, dan juga folat.

2. Sawi

20 Macam Macam Sayuran dan Khasiatnya sawi

Kalau teman-teman makan mie ayam ,pastinya menemukan sayuran ini, namanya sawi. Kandungan mineral dan vitamin dalam sawi cukup tinggi. Kandungan vitamin C dan E, serta beta karoten dan glukosinolat dalam sawi dapat berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh kita.

Cek juga cara membuat keripik sawi dan berbagai olahanya yang pastinya enak

Dalam sawi juga ada kalsium, magnesium dan asam folat yang sangat baik untuk tulang. Kandungan serat sawi juga tinggi, sehingga sangat baik untuk pencernaan.

3. Kangkung

20 Macam Macam Sayuran dan Khasiatnya Kangkung

Makan kangkung katanya bisa membuat ngantuk, tapi mungkin itu hanya mitos saja. Padahal kandungan di dalam sayuran kangkung sangat banyak seperti vitamin A, vitamin C yang cukup tinggi walaupun juga nggak setinggi dan sebanyak pada bayam dan singkong.

Vitamin B kompleks yang ada pada kangkung dapat meningkatkan hormon yang dapat menciptakan suasana nyaman, mungkin ini yang bikin kita jadi ngantuk. Mineral juga ditemukan dalam kangkung, meliputi kalium, fosfor dan kalsium.

Kangkung mengandung serat (2 g), Besi (2.3 mg), Natrium (7 mg), energi (28 kcal), protein 3.4 g), lemak (0.7 g), kalsium (67 mg), phospor (54 mg), vitamin C (17 mg), B1 (0.07), B2 (0.36), B6 (2 mg), dan sejumlah senyawa fitokimia yang banyak berguna bagi tubuh.

Sayur Kangkung berkhasiat mengobati anemia, menurunkan kolesterol, anti diabetes, anti penuaan, mencegah radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh.Baca Artikel lainnya peluang bisnis di jaman sekarang.

Selain itu, ternyata ekstrak dari sayuran hijau yang satu ini dapat membantu menghambat penyerapan gula, sehingga cocok bagi penderita diabetes.

4. Timun

20 Macam Macam Sayuran dan Khasiatnya timun

Timun sering kita gunakan untuk lalapan. Dalam timun, vitamin C nya cukup banyak, folat yang berfungsi mengurangi resiko penyakit jantung dan depresi pun juga lumayan banyak.

Selain itu, ada juga kandungan mangan, serat, magnesium, klorofil dan lutein. Selain timun dapat menjaga kesehatan penceernaan, dia juga dapat menyegarkan tubuh karena kandungan airnya yang banyak.

5. Seledri

20 Macam Macam Sayuran selederi dan Khasiatnya

Seledri merupakan sumber mineral, yaitu kalsium, zat besi, kalium. Selain mineral, dalam seledri terkandung vitamin A dan C. Komponen aktif dengan nama phthalides dalam seledri bermanfaat  menurunkan tekanan darah. Tanaman Seledri juga mempunyai komponen aktif lain yaitu coumarin dan acetylenics yang dapat mencegah perkembangan sel kanker.

sayur ini mengandung energi (20 kal), protein (1.0), lemak (0.1 g), fosfor (40 mg), zat besi (1.0 mg), vitamin A (130 SI), vitamin b1 (1.02 mg), karbohidrat (4.6 g), kalsium (50 mg), vitamin C dengan kandungan 11 mg, 1ir = 93.0 g.

Daun Seledri berkhasiat peluruh kencing, peluruh haid, menurunkan tekanan darah, penghenti pendarahan, karminatif, pembersih darah (detoks), anti kanker, anti kejang, menghentikan sel kanker, memperbaiki persendian, tulang dan jaringan ikat, serta menghambat pertumbuhan sel tumor.

6. Daun Singkong

20 Macam Macam Sayuran selederi dan Khasiatnya

Masakan padang pasti tidak akan lepas sama sayuran hijau yang satu ini, daun singkong. Daun singkong ini kalau dimasakan padang cuma direbus aja, yang bikin enak itu kuah dari masakannya, hmmm. Kandungan protein dan zat besi yang terkandung  pada daun singkong muda cukup tinggi . Pelajari juga cara membuat keripik singkong yang enak 

Selain itu terdapat juga vitamin A dan C. Jika dibandingkan dengan bayam, daun singkong memiliki kandungan zat besi yang setara. Bahkan, kandungan protein daun singkong empat kali lipat dan vitamin A dua kali lipat dari bayam . Keripik singkong dapat dijadikan bisnis yang menjanjikan

7. Pare

20 Macam Macam Sayuran dan Khasiatnya pare

Pare merupakan sayuran yang rasanya pahit, tapi penggemar sayuran juga lumayan banyak. Sayur ini mengandung serat yang tinggi, selain itu juga ada kalsium, kalium, zat besi, vitamin C dan vitamin A . Pelajari 5 resep special agar pare tidak pahit

Manfaat dari pare ini sangat banyak, bisa menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, dan menurunkan tekanan darah. Komponen aktif dalam pare dapat meningkatkan imunitas tubuh.

8. Brokoli

20 Macam Macam Sayuran dan Khasiatnya Brokoli

Brokoli ternyata berasal dari Negara Italia, kandungan vitamin C di dalamnya sangat baik untuk tubuh kita. Tidak hanya kaya serat, vitamin, dan mineral saja, tapi brokoli juga mengandung antioksidan yaitu sulforaphane dan lutein yang baik untuk menurunkan risiko kanker. Sayur Brokoli juga dipercaya bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Mengandung lemak (4.5 g), energi 32 (kal), protein (0.3 g), karbohidrat (5.9 g), vitamin A (2.499 SI), vitamin B1 (0.17 mg), B2 (0.32 mg), B3 (0.9 mg), asam folat (130 mkg), vitamin C 113 mg, B6 (0.21 mg), vitamin E (1 mg), kalium (381.9 mg), natrium (15 mg), kalsium (103 mg), senk (0.65 mg), senk (0.65 mg), Fosfor 78 mg), megnesium (18.5 mg).

Nah Brokoli juga berkhasiat membangkitkan sistem kekebalan, melawan kanker, melawan penyakit jantung dan penyakit akibat infeksi, membantu sistem pencernaan, mempercantik kulit, membantu wanita hamil, memperkuat sistem saraf bagi ibu dan bayi, dan membantu penderita depresi.

9. Pak Choy

20 Macam Macam Sayuran dan Khasiatnya pak choy

Pak choy atau bok choy sering disebut sendok sup, mungkin karena bentuk daunnya yang mirip seperti sendok sup. Sayuran ini termasuk jenis kubis-kubisan yang kaya vitamin A, C, D dan folat.

Nggak hanya itu, pak coy ternyata juga banyak mengandung kalium yang baik untuk keseimbangan cairan di dalam tubuh dan untuk kesehatan jantung. Kandungan glucosinolates dalam sayuran pak choy berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah kanker prostat dan kanker payudara.

10. Buncis

20 Macam Macam Sayuran dan Khasiatnya buncis

Kalau brokoli dari Itali, buncis berasal dari Peru. Buncis merupakan sayuran banyak mengandung vitamin A, C, dan K, serta mengandung folat, zat besi, kalium, mangan, dan serat.

Sayuran Buncis juga baik untuk kesehatan jantung karena mengandung senyawa antioksidan. Serat yang terdapat pada buncis diperkirakan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan reaksi inflamasi yang lain.

11. Kubis

20 Macam Macam Sayuran dan Khasiatnya kubis

kubis mengandung fosfor (60 mg), mineral, kalsium (27 mg), potasium (229 mg), zat besi (0.9), sodium (8 mg), vitamin A, B komplek, C (73 mg), dan sejumlah nutrisi, mangan, khrom, dan antioksidan penting bagi kesehatan.

Sayur Kubis berkhasiat melawan kanker, baik untuk pencernaan, meningkatkan kekebalan, baik bagi tulang gigi, sistem saraf, ginjal dan jantung, melawan influenza, dan kesehatan kulit.

 12. Wortel

20 Macam Macam Sayuran dan Khasiatnya Wortel

Wortel adalah jenis umbi yang kaya akan vitamin tercatat wortel mengandung kalori (42 kal), natrium (32 mg), lemak (0.3 g), kalsium (3.9 mg), fosfor (37 mg), besi (0.8 mg), serat (0.9 mg), protein (1.2 g), vitamin A (12000 SI), vitamin B1 (0.06 mg), B2 (0.04 mg), vitamin C (6 mg) niacin 0.6 mg), karbohidrat (9.3 g), serta air (88.2 g).Wotel Juga termasuk Sayuran yang memiliki Vitamin tinggi

Sayur Wortel berkhasiat meningkatkan kekebalan, menghambat dan melawan semua jenis kanker, mencegah penyakit rabun senja, menyehatkan mata, menguatkan saraf, baik untuk lambung, mencegah asam urat, menyehatkan gigi dan gusi, mencegah serangan jantung, menurunkan kolesterol, meningkatkan ketahanan bagi usus besar, serta sarana yang sangat bagus untuk memelihara kecantikan kulit.

13. Tomat

Tomat mengandung protein (1 g), lemak (0.1 g), karbohidrat (4 g), serat (0.6 g), kalori 21, besi (0.4 mg), vitamin A (1000 UI), B1 (50 UG), B2 (40 UG), niacin (0.7 mg), vitamin C (25 mg), kapur (15 mg), fosfor (30 mg), air (0.3 g).

 Dan Tomat juga berkhasiat mencegah kanker, baik bagi jantung, anti bakteri, anti inflamasi, bersifat membuang racun, baik bagi usus, menambah produksi sperma, menjaga kesehatan mata, mencegah penggumpalan darah, mencegah wasir dan sembelit, baik bagi kulit sebagai sarana kecantikan.

14. Pare

Pare atau peria dalam 100 g mengandung lemak (0.1 g), karbohidrat (4.5 g), kalori ( 19 kal), protein (0.8 g), serat (1.6 g), kalsium (288 mg), fosfor (54 mg), kalium (270 mg), besi (2.3 mg), beta-karoten (110 mg), vitamin C (57 mg), natrium (2 mg), niasin (0.3 mg), dan air (94 g).Baca Juga resep keripik pare agar tidak pahit

Sayuran Pare atau peria berkhasiat sebagai penurun panas, memperlancar ASI, obat cacing, batuk, luka bisulan, penambah nafsu makan, sakit nipas, sakit dan terlambat haid, malaria, kencing nanah, sembelit dan lever.

 15. Sawi Hijau

Sawi hijau mengandung kalori, vitamin A , vitamin B (niasin, tiamin dan ribloflavin), C, E dan K, juga kalium, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, tembaga, sodium, lemak, folat, mangan, dan air.

Selain itu, Sawi berkhasiat mengendalikan kolesterol, membantu penderita wasir, sembelit dan melancarkan usus. Sawi juga menyehatkan tulang dan gigi, mencegah arthtritis, osteoporosis, menyehatkan pada masa kehamilan, mengandung antioksidan sehingga melawan kanker prostat, usus, ovarium, dan kanker payudara, serta anemia, sawi juga membantu penglihatan dan baik bagi kulit untuk sarana kecantikan.

 16. Selada

20 Macam Macam Sayuran selederi dan Khasiatnya selada

Selada mengandung energi (15 kal), fosfor (25 mg), kalsium (22 mg), protein (1.2 g), lemak (0.2 g), karbohidrat (2.9), besi (1), vitamin A (540 IU), B1 (0.4 mg), vitamin C (8 mg).

Sayur Selada berkhasiat mencegah penuaan dini, menguatkan tulang, meningkatkan kesuburan, menjaga kestabilan darah, menyehatkan jantung, memperkuat tulang dan gigi, membentu memproduksi sel darah merah, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, membantu sembelit, melawan insomnia, serta meningkatkan kesehatan hati.

17. Daun katuk

20 Macam Macam Sayuran selederi dan Khasiatnya daun katuk

Daun katuk merupakan tanaman sayuran yang hanya dapat tumbuh di dataran rendah saja yaitu dibawah angka 1.300 mdpl.

Pada umumnya daun katuk juga sama dengan sayuran hijau lainnya, diolah menjadi sebuah masakan. Namun, selain itu daun katuk memiliki kandungan yang dikenal berkhasiat memperlancar air susu ibu ketika masa menyusui.

Tanaman katuk banyak tubuh di pekarangan rumah karena merupakan salah satu tanaman pagar yang mudah diperbanyak.

18. Kacang panjang

20 Macam Macam Sayuran dan Khasiatnya kacang panjang

 Kacang panjang merupakan tanaman sayuran yang tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Bagian yang sering dijadikan sayur atau lalapan adalah buah yang masih muda dan memiliki banyak serat.

Selain buahnya, kacang panjang mempunyai daun yang dapat diolah menjadi sayuran hijau, daun tersebut bernama lembayung.

 Sayuran Kacang panjang ini mengandung nutrisi yang sangat banyak sehingga dapat dijadikan juga sebagai bahan obat-obatan yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti kanker payudara, antikanker, antioksidan, gangguan saluran kecil dan lain sebagainya.

19. Tauge

20 Macam Macam Sayuran selederi dan Khasiatnya cambah atau touge

Jenis sayuran ini kaya akan vitamin A, B, C dan E, serta kalsium, zat besi, dan potasium. Makan tauge segar bisa mencukupi 75% kebutuhan vitamin C harian. Lebih baik makan tauge dalam keadaan segar.

20. Selada

Tergantung pada jenisnya, nutrisi dalam selada bervariasi. Selada Romaine disebut – sebut sebagai yang paling menyehatkan karena kandungan vitamin A, B, C, asam folat, mangan, dan kromium. Sumber zat besi nya sangat bagus untuk membantu pembentukan darah. Juga mengandung magnesium yang vital untuk otak dan saraf.

 

5 Manfaat Sayur Bagi Kesehatan

 

Mungkin anda akan lebih berminat setelah mengetahui berbagai manfaat diet buah bagi kesehatan, seperti yang dirangkum laman Mesinvacuumfrying, berikut ini :

1. Menyehatkan pencernaan

Buah dan sayur banyak mengandung serat alami yang mudah dicerna. Karena mudah unutk menyerap air, serat ini dapat meringankan atau mencegah sembelit, karena mendorong keinginan buang air besar menjadi lebih rutin dan lancar.

Diet buah-buahan yang menambah asupan serat dan air juga dapat memberi efek kenyang yang lebih lama, sehingga dapat membantu menunda lapar dan mampu menjaga berat badan.

2. Menurunkan tekanan darah

Diet yang mencakup banyak buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan tekanan darah yang lebih rendah.

Sebuah penelitian mengungkapkan, orang yang  tekanan darah tinggi yang menjalani diet buah, sayuran, produk susu rendah lemak, serta membatasi dan mengurangi asupan lemak, dapat mengalami penurunan tekanan darah menyerupai efek obat.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Makin banyak jumlah rata-rata konsumsi buah dan sayuran per hari , maka peluang terjadinya penyakit kardiovaskular menjadi makin rendah.

Pada sebuah penelitian didapatkan bahwa orang yang menjalani diet buah-buahan atau mengonsumsi rata-rata delapan atau lebih takaran sajibuah dan sayur perhari, berpeluang 30 persen lebih rendah untuk mengalami serangan jantung dan stroke.

Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa buah yang paling penting kontribusinya untuk menurunkan risiko penyakit jantung adalah jeruk, lemon, limau, dan anggur. Sedangkan jenis sayurannya adalah sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, kubis, dan selada.

4. Menurunkan risiko diabetes

Penelitian menemukan, banyak mengonsumsi buah-buahan segar, khususnya apel, jeruk, dan jambu, dapat menurunkan risiko terjadinya diabetes tipe 2. Pilih buah-buahan yang rasanya tidak terlalu manis, dan hindari buah-buahan kaleng karena buah olahan tersebut pada umumnya tinggi akan gula.

 

5. Menyehatkan mata

Dapat membantu menyehatkan retina mata . Diet  juga dapat membantu mencegah penyakit mata yang umum diderita orang lanjut usia, seperti penyakit katarak dan degenerasi makula.

Manfaat diet buah ini didapatkan dari antioksidan dan vitamin, seperti vitamin C, yang sangat tinggi pada buah-buahan.

  • Melancarkan BAB
  • Pencernaan yang sehat
  • Sumber vitamin, mineral, dan gizi bagi tubuh
  • Sumber utama serat
  • Mencegah kanker
  • Meningkatkan sistem imun

 

Demikian adalah sebuah pebahasan ringkas tentang 20 macam-macam sayuran yang baik untuk tubuh dengan berbagai khasiatnya,bagi tubuh manusia,semoga dapat bermanfaat dan menjadi referensi dan menambah wawasan kita semuanya.