Select Page

Hallo apa kabarnya?  Berjumpa lagi dengan saya di artikel baru yang insyaallah dapat bermanfaat yaitu sayuran yang mengandung vitamin b. Simak terus…

Vitamin B yaitu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Adalah vitamin yang larut dalam air dan memiliki peran yang sangat penting di dalam metabolisme sel. Akan tetapi tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin B.

Oleh karena itu, kita harus selalu mencukupi kebutuhan vitamin B di dalam tubuh melalui makanan-makan yang mengandung vitamin B. Apabila kita mengkonsumsi vitamin B secara berlebihan, maka kelebihan itu akan dibuang melalui urine.

Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks

sayuran yang mengandung vitamin b 5

Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang lebih familiar di negara bagian barat. Merupakan salah satu sayuran pada musim semi. Kamu dapat mencari asparagus di berbagai swalayan modern.

Selain terdapat kandungan vitamin B kompleks, asparagus juga mengandung serat dan protein tinggi yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. jadi perbaiki pola asupansayuran yang mengandung vitamin b kamu.

Kentang

Kentang yaitu makanan yang dikenal mempunyai karbohidrat kompleks yang dapat digunakan sebagai salah satu pengganti nasi. Selain mengandung karbohidrat kompleks, ternyata kentang juga memiliki vitamin B kompleks tinggi. Vitamin yang paling tinggi terdapat pada kentang adalah vitamin B6.

Bisa dijadikan menjadi berbagai olahan makanan yang enak seperti kentang goreng,kroket kentang, kentang panggang, potato gratin, perkedel kentang, mashed potato dan masih banyak lagi.

Bayam

Bayam merupakan satu dari sayuran yang sangat populer di Indonesia. Biasanya diolah menjadi sayur bening atau sebagai bagian dari sup. Selain memiliki vitamin B kompleks, Juga mengandung zat besi yang sangat tinggi yang berfungsi untuk membantu metabolisme protein.

Wortel

Sayuran yang satu ini sangat dikenal sebagai sayuran kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain kaya akan kandungan vitamin A, ternyata wortel juga mengandung vitamin B kompleks.

Penelitian dari Harvard University menunjukkan bahwa kandungan vitamin B dari wortel yang dikonsumsi 5 kali seminggu mampu menghancurkan stroke hingga 69%.

Jamur

Jenis jamur ada berbagai macam. Jamur yang bisa dimakan diantaranya yaitu  jamur tiram, merang, shiitake,  kancing dan kuping. Di Indonesia ada olahan jamur yang sangat enak yang biasa dijual yaitu salah satunya jamur crispy.

Brokoli

Brokoli memiliki kandungan vitamin B6 dan asam folat yang dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena serangan jantung dan stroke.

Terong

Terong tidak hanya mengandung vitamin B kompleks tetapi juga mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan dan kolesterol baik. Sayuran ini sangat enak diolah menjadi terong balado.

Itu adalah makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Ternyata vitamin B kompleks bisa kamu dapatkan dari banyak sekali jenis makanan.

Sawi Hijau

Sawi hijau lebih dikenal dengan nama haishin. Ini memiliki warna yang hijau segar pada daun dan batang yang berwarna putih. Cara yang baik untuk mengkonsumsi sawi putih adalah dengan di masak atau campuran beberapa menu masakan.

Beberapa jenis sawi memiliki rasa manis, sedikit pahit dan segar. Mengkonsumsi sawi bisa mencukupi kebutuhan harian vitamin B.

Buncis

Buncis yaitu salah satu sayuran hijau yang menyegarkan. Kandungan nutrisi penting ada dalam buncis. Mengandung vitamin, mineral, protein, dan rendah karbohidrat.

Selain itu buncis mengandung beberapa mineral seperti kalsium, fosfor dan juga zat besi. Bisa diolah menjadi beberapa jenis masakan di Indonsia sesuai dengan selera. Tidak hanya makanan yang kaya akan serat dan nutrisi.

Seledri

Seledri menjadi sayuran pelengkap untuk sup atau pun berbagai jenis olahan yang lain. Saat mengkonsumsi seledri biasanya ditemukan dalam ukuran yang lebih kecil. Tapi salah satu cara untuk bisa mendapatkan nutrisi cukup dari seledri salah satunya dengan membuat jus.

Namun jus seledri haruslah dibuat dari bahan dasar seledri dengan warna hijau yang kuat dan masih segar. Jangan membuat jus seledri yang telah disimpan dalam kulkas.

Mentimun

Adalah salah satu jenis yang paling banyak digunakan untuk lalapan atau sayur mentah. Mentimun banyak mengandung air dan memiliki rasa yang renyah dan menyegarkan.

Cara mengkonsumsi mentimun juga dapat diolah menjadi jus atau campuran bahan masakan yang lain. Murah dan mudah untuk didapatkan dipasaran ataupun si mini market.

Paprika Hijau

Paprika hijau iyalah salah satu jenis paprika yang memiliki rasa renyah dan lezat. Sering digunakan sebagai bumbu untuk pengganti cabai.

Buah paprika ini tidak memiliki kalori, mengandung banyak jenis vitamin dan mineral yang cukup. Mengkonsumsi paprika dapat dimakan secara langsung sebagai campuran dengan salad atau menjadi bumbu masakan.

Rebung

Rebung adalah akar dari bambu yang masih kecil. Sering diolah dalam berbagai jenis masakan atau menjadi makanan ringan. Pada awalnya rebung adalah bahan makanan yang paling sering digunakan di kawasan Asia Timur.

Memiliki daging putih dengan bentuk kerucut pada bagian ujung akarnya. Biasanya rebung akan direbus dahulu sebelum di konsumsi atau diolah menjadi masakan. Selain bisa menyehatkan rebung juga memiliki banyak kandungan nutrisi.

Lobak

Salah satu jenis sayuran khas Asia Timur seperti China dan Jepang yaitu lobak. Bagian dari lobak yang bisa dikonsumsi yaitu pada bagian akar dan daun.

Warna dari lobak yang putih terlihat sangat menyegarkan dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan sesuai dengan selera. Selain itu lobak juga memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang sangat baik bagi tubuh.

Jamur

Menjadi salah satu bahan makanan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Jamur juga mengandung berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu jamur juga dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan dengan tambahan beberapa bumbu yang akan tidak merusak nutrisi.

Banyak sekali sayuran yang mengandung vitamin b jadi untuk apa lagi pusing pusin mencari sayuran yang mengandung vitamin b. Yuk mulai mencoba mengkonsum

Jenis-Jenis dan Manfaat Vitamin B bagi Tubuh

sayuran yang mengandung vitamin b2

Vitamin B terbagi menjadi beberapa jenis. Tiap jenis dari vitamin B tersebut mempunyai manfaatnya masing-masing. Di bawah ini adalah beberapa jenis – jenis vitamin B beserta manfaatnya.

Jangan sampai lupa ya untuk membaca artikel ku yang lain seprti Cara Membuat Keripik kangkung. 

B1 (Tiamin)

B1 atau bisa disebut tiamin memiliki manfaat yang baik dapat membantu mengubah glukosa menjadi energi dan berkontribusi di dalam fungsi syaraf.

(Riboflavin) B2

Vitamin B2 bisa disebut riboflavin memiliki manfaatnya membantu proses metabolisme energi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan pengelihatan.

(Niasin) B3

B3 atau dapat disebut niasin mempunyai manfaat untuk mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi, syaraf, menunjang kesehatan kulit dan sistem pencernaan.

(Pantothenic Acid) B5

Pantothenic acid atau bisa disebut Vitamin B5 mempunyai manfaat untuk proses metabolisme karbohidrat, lemak serta memproduksi hormon steroid dan sel darah merah.

(Piridoksin)

Vitamin B6 atau bisa disebut dengan piridoksin yang memiliki manfaat untuk membantu proses metabolisme karbohidrat, protein serta pembentukan sel darah merah dan beberapa zat kimia penting di otak.

(Biotin) B7

Biotin atau disebut Vitamin B7 mengandung manfaat untuk dapat membantu metabolisme energi, asam amino, sintesa lemak dan glikogen di dalam tubuh. Meskipin terdapat manfaat yang sangat banyak, mengkonsumsi vitamin B7 atau biotin secara berlebihan bisa menaikkan kadar kolesterol dalam darah.

B9 (Asam Folat)

Asam folat dapat disebut dengan vitamin B9 memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan syaraf janin, pembentukan sel darah merah, mengembangkan kinerja sistem syaraf dan perkembangan sel pada bayi di dalam kandungan.

B12 (Kobalamin)

Kobalamin atau disebut dengan vitamin B12 mengandung beberapa manfaat untuk memproduksi serta menunjang sel mielin, pembentukan sel darah merah, amino untuk menghasilkan energi dan pemecah asam lemak.

Apa itu vitamin B kompleks?

Vitamin B kompleks yaitu salah satu jenis vitamin yang termasuk ke dalam vitamin yang larut air dan terdiri dari beberapa jenis vitamin B. Oleh sebab itu, bila mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B haruslah diimbangi dengan minum air putih yang cukup.

1. Vitamin B complex: Manfaat Vitamin B1

Manfaat yang pertama dibahas dimulai dari manfaatnya. Vitamin B1 memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh. Manfaat dari B1 yaitu dapat menjaga kesehatan tubuh, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, dan meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, vitamin ini dapat berperan dalam karbohidrat, metabolisme protein, dan glukosa sehingga memiliki manfaat untuk memproduksi energi. Juga bermanfaat untuk mengkonversi karbohidrat menjadi lemak dan absorbsi lemak.

Banyak yang bilang bila vitamin B1 termasuk vitamin anti stres karena dipercaya dapat meredakan stres. Selain stres, B1 juga membantu meredakan kesemutan. Ini termasuk sangat penting untuk mata karena Tiamin dapat mencegah katarak.

2. Manfaat Vitamin B2

Riboflavin atau vitamin B2 juga memiliki banyak manfaat yang penting untuk bagi tubuh. B2 bisa mengurangi risiko glaukoma, membantu perbaikan jaringan tubuh, membantu fungsi sistem saraf, dan membantu kesehatan kulit, kuku, dan rambut.

Yang dapat di ambil dari vitamin B complex manfaat yang satu ini juga bisa mengubah protein, lemak, dan karbohidrat menjadi energi. Jadi, Riboflavin bermanfaat untuk membantu produksi energi yang diperlukan tubuh.

3. B kompleks: Manfaat Vitamin B3

Vitamin B3 mengandung beberapa manfaat. Manfaat vitamin B3 atau niasin di antaranya bisa menetralisir racun, menambah nafsu makan, membantu sistem pencernaan, memperbaiki kesehatan kulit dan saraf, dan meningkatkan kolesterol HDL .

Niasin juga dapat berperan terhadap pelepasan energi dari karbohidrat, protein, dan lemak. B kompleks ini juga memiliki peran terhadap pembelahan dan pertumbuhan sel serta sintesis lemak. Selain itu, manfaat vitamin B3 bisa mencegah terjadinya pelagra.

4. Vitamin B4

Meskipun tidak sepopuler vitamin B3, vitamin B4 atau kolin memiliki beberapa manfaat penting. Dari vitamin B4 memiliki peran pada proses reproduksi dan dapat membantu perkembangan janin seperti mendukung daya ingat janin sejak di dalam kandungan.

5. Manfaat vitamin B kompleks: Manfaat Vitamin B5

Sama seperti dengan vitamin B kompleks yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat dari vitamin B5  memiliki peran terhadap pelepasan energi dari karbohidrat, protein dan lemak. Selain energi, B5 juga dapat berperan terhadap pelepasan hormon adrenal.

6. Manfaat vitamin B complex: Manfaat Vitamin B6

Bila kamu sedang menjalankan puasa maka baik untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6 sebelum puasa. Ini dikarenakan manfaat vitamin B6 bisa menjaga kadar glokosa darah selama puasa dan berperan terhadap produksi & regenerasi sel darah merah.

Selain mempunyai manfaat untuk membantu metabolisme protein dan lemak, vitamin B6 juga bertindak untuk pengatur penggunaan protein, karbohidrat, dan lemak yang telah diproduksi. Manfaat dari vitamin B6 juga bisa meningkatkan resistensi terhadap penyakit.

7.  Vitamin B7

B7 yaitu salah satu sebagai koenzim di dalam sintesis lemak, dapat membantuk pembentukan glikogen, dan membantu metabolisme karbohidrat. Selain itu, vitamin B7 bermanfaat untuk metabolisme asam amino.

8. Manfaat Vitamin B8

Manfaat yang dimiliki vitamin B8 yang unik, yaitu bisa memperbaiki suasana hati, menenangkan pikiran, dan mengurangi panik. Ini disebabkan karena vitamin B8 mempunyai peran produksi serotonin dan asetilkolin.

B8 juga berperan terhadap pertumbuhan sel-sel tulang sumsum, kesuburan perempuan, dan metabolisme lemak dan kolesterol. Oleh sebab itu, bagi kaum perempuan yang belum hamil maka kamu bisa mengkonsumsi asupan yang banyak kandungan vitamin B8.

9. Vitamin B9

Dikenal juga dengan sebutan asam folat merupakan jenis vitamin B yang sangat akrab di kalangan ibu-ibu yang tengah hamil. Pasalnya, vitamin B9 mengandung manfaat penting terhadap tumbuh kembang janin.

vitamin B9 mencegah cacat bawaan pada saat bayi lahir. Selain itu jga, B kompleks yang satu ini juga penting terhadap pembelahan sel selama kehamilan. Asam folat dapat memperbaiki daya ingat dan menurunkan risiko alzheimer.

10. Manfaat B10

Tidak ingin cepat punya uban? Maka konsumsi asupan yang banyak kandungan vitamin B10 atau bisa juga para amino benzoic acid bisa mencegah munculnya uban. Selain itu, manfaat dari B10 juga dapat membantu pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan kulit.

11. Manfaat vitamin B kompleks: Manfaat Vitamin B11

Memiliki manfaat yang disukai bagi kamu yang sedang memiliki jerawat. Manfaat ini dapat mengurangi jerawat. Di samping itu, vitamin B11 ini juga penting bagi janin karena membantu perkembangan saraf pada janin.

Ibu menyusui bagus mengkonsumsi asupan vitamin B11 karena akan meningkatkan produksi air susu. Manfaat lainnya berperan pada sintesis RNA dan DNA serta berperan terhadap pembentukan sel darah merah.

12. Vitamin B12

Di antaranya adalah merawat sel pencernaan fungsi sumsum tulang dan fungsi sistem saraf. Vitamin B12 atau kobalamin memiliki peran terhadap sintesis DNA, kolin, dan mentionin.

13. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Banyak atlet mengandalkan suplemen tiamin untuk bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya. Selain bisa untuk menjaga sistem imun tubuh, manfaat dari vitamin B1 dalam bentuk suplemen ini bisa membantu mengurangi berbagai penyakit seperti sariawan, diabetes, gangguan ginjal pasien diabetes tipe 2 dan kanker. Manfaat nya sang

14. Menurunkan Stres

Sering kali disebut sebagai vitamin antistres. Menurut pakar kesehatan, asupan tiamin bisa membantu mengendalikan suasana hati dan gangguan fisiologis akibat stres.

Asupan B1 yang cukup membuat seseorang tidak mudah mengalami stres dan lebih sanggup melawan stres. Mulailah memper baiki asupan sayuran yang mengandung vitamin b yang baik karena vitamin b dalam sayuran sangat bermanfaat.

15. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Penelitian mengungkapkan, vitamin B1 bisa membantu memperbaiki fungsi otak, khususnya penderita penyakit Alzheimer.

Nah, itulah beberapa manfaat dari vitamin B1 yang bisa kamu dapatkan. Selain lewat makanan, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lewat suplemen.

Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat dan baik. Secara umum, penggunaan suplemen ini dianggap aman jika digunakan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Pada akhirnya, supaya manfaat dari B1 dapat diserap secara maksimal, hindari minum teh dan kopi bersamaan dengan makanan sumber vitamin B1. Pasalnya, kopi dan teh  mengandung tamin, bahan kimia yang mengganggu penyerapan vitamin B1 di dalam tubuh.

Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks

Meskipun banyak suplemen vitamin B kompleks yang dijual di pasaran, sebaiknya kamu mendapatkan asupan vitamin B kompleks secara alami, yaitu langsung dari bahan makanan. Oleh sebab itu, penting untuk menyimak beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin B kompleks.

B kompleks ada di dalam makanan seperti beras merah, putih, hitam, cokelat, tempe, tahu, susu kedelai, kacang merah, kacang hijau, wijen, kenari, dan kacang almon. Selain itu, sumber vitamin B kompleks ini juga ada di dalam daging sapi, telur, ayam, ikan, jamur, sayuran hijau, dan yogurt.

Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari sayuran yang mengandung vitamin b jadi marilah perbaiki pola makan mulai dari sekarang. cukupi kebutuhan asupan vitamin b kamu dengan salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi sayuan yang mengandung vitamin b.

Demikian artikel yang dapat saya ulas saat ini semoga dapat bermanfaat, Ayo perbaiki pola hidup anda mulai sekarang karena mencegah lebih baik dari pada mengobati… Share kekeluarga agar keluarga anda juga tercukupi asupan sayuran yang mengandung vitamin b di tubuhnya. Sampai jumpaaa…