Select Page

Berikut ini daftar 25 Daftar buah buah-buahan paling tinggi vitamin C yang umum ditemukan di pasar Indonesia, baik  diproduksi di dalam negeri maupun yang diimpor. Data kandungan nutrisi diambil dari USDA National Nutrien. Dihitung per 100 gram potongan buah dalam keadaan segar, tanpa diolah.

 

1.   Jambu biji (228,3 mg)

Sejauh ini, buah jambu biji diketahui merupakan sumber vitamin C paling kaya. Kandungannya tertinggi dibanding buah-buahan lainnya. Jambu biji merupakan buah-buahan tropis yang tumbuh dengan baik di Indoensia. Jadi bila anda membutuhkan asupan buah yang banyak mengandung vitamin C dari buah-buahan, tak perlu mencari buah yang mahal. Cukup dengan jambu biji saja!

 

1.    Kismis (181 mg)

Kismis jarang dijumpai dalam bentuk segar. Biasanya dihidangkan dalam bentuk kering. Kismis biasa dijasikan bahan tambahan untuk mempercantik kue dan roti.

 

Pelajari juga Buah yang dapat menurunkan darah tinggi

3.   Kiwi Gold (161,3 mg)

Sampai saat ini buah kiwi tidak bisa ditanam di Indonesia. Namun dipasaran mudah didapatkan dari impor. Terdapat dua jenis buah kiwi yakni kiwi gold dan kiwi hijau. Kiwi hijau memiliki kandungan vitamin C-nya sekitar 92,7 mg lebih rendah dari kiwi gold.

Kiwi adalah buah yang mengandung vitamin C sebanyak 84 gram per satu buah. Kandungan vitamin C yang terkandung di buah kiwi juga lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan vitamin C dalam jeruk. Kandungan antioksidan  vitamin C-nya yang tinggi membuat kiwi dapat membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh.

Buah kiwi juga mengandung vitamin A, vitamen E, dan vitamin K. Sedangkan, mineral yang terkandung dalam  kiwi adalah kalium, mangan, zat besi, dan magnesium. Selain itu, buah kiwi juga sebagai sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, di mana omega 3 dapat membantu Anda menurunkan risiko penyakit jantungdan stroke

4.   Lengkeng (84 mg)

Buah lengkeng daging buahnya tidak jauh berbeda dengan leci, hanya saja kulit buahnya berwarna coklat. Belakangan ada juga buah lengkeng dengan kulit buah berwarna merah.

 

5.   leci (71.5 mg)

Buah ini memiliki rasanya manis, bentuknya seperti rambutan tapi tidak memiliki rambut. Daging buah berwarna putih dengan kulit merah. Rasanya manis asam.

 

6  Jeruk (71 mg)

Jeruk mungkin buah buahan yang sangat populer sebagai sumber vitamin C. Buah ini sering dijadikan icon produk-produk vitamin C untuk suplemen maupun multivitamin. Namun ternayata jeruk bukan buah yang memiliki kandungan vitamin C paling tinggi.

 

7  Kesemek (66 mg)

Kesemek sebenarnya adalah bukan buah tropis, tapi masih bisa tumbuh di Indonesia terutama di dataran yang tinggi. Buah ini banyak ditemukan di Asia Timur, seperti Cina dan Jepang. Kesemek ada yang bisa langsung dimakan ada juga yang tidak karena rasanya sepat.

 

8  Jeruk nipis (61 mg)

Jeruk nipis termasuk kedalam kelompok sitrus. Rasanya seperti buah lemon sangat kecut / asam, biasanya dapat dikonsumsi dengan cara diperah airnya untuk dijadikan minuman.

 

9.  Pepaya (60,9 mg)

Pepaya merupakan buah-buahan tropis. Ketersediaannya melimpah dan harganya murah. Daging buah pepaya warnanya merah rasanya manis. Lihat selengkapnya tentang buah pepaya.

 

10.  Stroberi (58,8 mg)

Buah stroberi Setengah gelas (125 ml) stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk, tetapi buah stroberi tetap mempunyai  banyak manfaat bagi tubuh. Selain vitamin C,buah stroberi juga mengandung antosianin dan asam ellagic. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi stroberi dapat membantu mencegah Anda dari kanker, penuaan, peradangan, dan penyakit saraf.

Buah stroberi kaya akan kandungan antioksidan dan juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, mangan, , zat besi, dan iodium, yang tentunya sangat berguna  bagi tubuh kita.

f

11.  Lemon (53 mg)

Lemon merupakan kelompok sitrus (citrus) dengan rasa yang lebih asam. Meskipun sama-sama berasa kecut, lemon berbeda dengan jeruk nipis (key lime).

 

Karena rasanya yang asam lemon jarang dikonsumsi langsung, buah ini biasanya diambil sarinya untuk dijadikan minuman. Minuman air lemon ditambah dengan air putih populer sebagai detox.

 

12.  Nanas (47,8 mg)

Kandungan vitamin C buah nanas sangat tinggi. Dengan mengonsumsi 100 gram buah nanas, separuh kebutuhan harian vitamin C tubuh kita sudah terpenuhi. Tapi hati-hati,  buah ini memiliki kandungan asam oksalat tinggi yang bisa membuat bibir gatal.

 

13.  Melon (36,7 mg)

Buah melon masih satu kelompok dengan buah  semangka, blewah dan mentimun. Buah ini sama-sama memiliki kadar air tinggi.

 

Melon mempunyai kandungan vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C. Dengan memakan buah melon sebanyak 100 gram, sekitar 60% kebuthan harian vitamin A dan C kita sudah terpenuhi.  Selain itu, buah melon juga kaya dengan kalium dan likopen. Kedua zat ini berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

 

14.  Mangga (36,4)

Indonesia merupakan salah satu penghasil mangga terbesar di dunia disamping India, Cina, Thailand, Meksiko, Pakistan dan Filipina. Buah mangga banyak diekspor ke Eropa, Amerika Serikat dan Jepang. Selain produsen Indonesia juga jadi tujuan ekspor buah mangga.

 

Buah mangga rasanya memang manis namun memiliki indeks glikemik rendah. Jadi meskipun manis buah ini tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan. Kandungan vitamin buah mangga terbilang lengkap, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C, E dan K.

Cek juga BIsnis Aneke Keripik yang beromset ratusan juta rupiah

15.  Belimbing (34,4 mg)

Belimbing termasuk dalam buah-buahan tropis. Bentuknya unik, bila dibelah secara melintang berbentuk seperti bintang. Oleh karena itu sering disebut sebagai star fruit.

 

Belimbing kaya dengan antioksidan terutama poligenol. Zat ini berguna untuk menekan keberadaan radikal bebas daam tubuh. Kandungan kalori dalam buah belimbing cukup rendah, hanya 31 kalori per 100 gram. Lihat selengkapnya tentang buah belimbing.

16.  Anggur (31,2 mg)

Hanya beberapa tempat di Indonesia yang dapat memproduksi buah anggur dengan baik. Kebanyakan buah anggur yang beredar di pasaran didatangkan dari negara lain. Dari total produksi anggur hanya seperempatnya yang dikonsumsi sebagai buah segar, kebanyakan hanya digunakan sebagai bahan baku minuman wine.

Buah anggur memiliki kandungan vitamin B1,B2,B3,B6,B9,C,E dan K. Anggur merupakan salah satu sumber vitamin K. Dengan mengonsumsi 100 Gram buah anggur, kita dapat mencukupi 14% kebutuhan harian vitamin K.

 

17.  Markisa (30 mg)

Markisa bisa tumbuh baik di daerah tropis maupun sub tropis. Buah ini rasanya asam, jarang dimakan langsung kecuali kuat dengan kecutnya. Biasanya disajikan dalam bentuk sirup yang telah ditambahkan gula.

 

Markisa merupakan salah satu buah yang kaya dengan zat besi. Dalam 1 takaran 100 (g) gram terdapat 4 miligram zat besi, jumlah ini mencukupi hampir setengah kebutuhan harian. Buah markisa mempunyai kandungan vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6.

 

18  Sukun (29 mg)

Sukun atau dikenal juga sebagai buah roti, karena ketika dibakar tekstur daging buahnya empuk seperti roti. Asalnya dari daerah Oseania, kepulauan di bagian timur Indonesia. Buah sukun tumbuh subur di dataran rendah dan daerah pantai.

 

Di beberapa negara sukun dijadikan makanan pokok, sebagai sumber karbohirat. Buah sukun tidak biasa dimakan langsung. Untuk mengonsumsinya harus diolah terlebih dahulu dengan cara dikukus, dibakar, direbus, digoreng atau dijadikan tepung. Buah sukun kaya dengan vitamin C dan vitamin B6.

 

19.  Durian (19,7 mg)

Durian terkenal karena aromanya yang khas. Buah ini sering disebut-sebut sebagai raja buah. Sangat disukai di daerah Asia Tenggara.

 

Durian merupakan buah yang memiliki total kalori cukup tinggi, yakni sebesar 147 kalori per 100 gram buah. Selain itu kandungan lemaknya juga cukup tinggi. Vitamin yang terdapat dalam buah durian dalam jumlah yang signifikan yaitu vitamin C dan vitamin B6.

 

20.  Alpukat (17,4 mg)

Siapa yang tak kenal buah ini? Indonesia merupakan 10 besar penghasil alpukat dunia. Buah ini asalnya dari benua Amerika tapi bisa tumbuh dengan baik di Indonesia.

 

Buah alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi dibanding jenis buah-buahan lain. Lemak alpukat sering dijadikan alternatif yang lebih baik dari lemak hewani karena kaya akan lemak tak jenuh. Buah alpukat mengandung vitamin C,  vitamin B6 dan vitamin A. Lihat buah alpukat selengkapnya.

 

21. Jamblang Atau Duwet (17,4 mg)

Buah jamblang atau dikenal juga dengan sebutan dawet (atau Syzygium cumini) ini sudah sangat jarang ditemukan di daerah perkotaan. Daging buahnya berwarna putih dan kulitnya ungu kemerahan hingga kehitaman. Bentuknya seperti anggur namun rasanya sedikit kesat.

 

Buah jamblang juga kaya dan tinggi dengan vitamin C dan vitamin A. Ada juga beberapa vitamin dengan jumlah yang kecil seperti niacin dan riboflavin. Selain itu juga kaya dengan mineral penting seperti potasium dan kalsium.

 

 

23. Nangka (13,7 mg)

Buah nangka memiliki aroma kuat yang khas. Buah ini banyak ditanam diperangan rumah. Ketersediaanya melimpah dan harganya pun cukup murah. Nangka ditengarai berasal dari India.

 

Daging nangka memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6 dan vitamin A. Vitamin C yang terkandung dalam buah nangka paling tinggi dibanding vitamin lainnya.

23. Delima (10,2 mg)

Buah delima (Punica granatum) terkenal dengan warna merahnya yang khas. Buah ini dipercaya berasal dari Iran. Saat ini banyak ditanam di Timur Tengah, Asia Selatan dan Asia Tenggara.

 

Buah delima memilki kandungan vitamin yang cukup lengkap mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks (B1, B2, B5, B6, B9), vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Dari sederet vitamin tersebut kandungan vitamin K yang paling banyak diikuti oleh vitamin C.

 

24. Pisang (8,7 mg)

Pisang merupakan buah khas daerah tropis. Dilihat dari cara mengonsumsinya terdapat dua jenis pisang, yakni pisang yang biasa dimakan langsung dan pisang yang dijadikan makanan pokok. Jenis yang kedua biasanya diolah dulu sebelum dimakan.

 

Pisang yang biasa dijadikan makanan pokok (plantains) mempunyai kandungan vitamin C jauh lebih tinggi dibanding buah pisang yang biasa dimakan langsung. Kandungannya sekitar 18.4 gram per 100 mg buah. Lihat selengkapnya tentang buah pisang.

 

25. Semangka (8,1 mg)

Semangka atau Citrullus lanatus termasuk kedalam labu-labuan masih satu kelompok dengan buah melon, mentimun, dan blewah. Buah ini banyak dibudidayakan dan dikembangkan di Indonesia, paling cocok ditanam di dataran yang rendah yang memiliki cuaca panas.

 

Lebih dari 90% buah semangka terdiri dari air. Buah ini mempunyai kandungan vitamin A, vitamen B1, vitamin B2 dan vitamin C. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah semangka sangat menonjol dibanding jenis vitamin lainnya. Selain vitamin, semangka juga kaya dengan zat karotenoid seperti beta karoten.

 

10 Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh Manusia

Buah yang mengandung vitami c

Berikut ini fakta tentang manfaat vitamin C untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda, Teman Sehat:

1. Menjaga kulit tetap sehat bersinar

Tanpa konsumsi atau asupan vitamin C yang cukup pada tubuh, jangan harap kulit Anda bisa sehat dan bersinar. Kulit akan terlihat lebih tua, tidak segar, kusam dan tampak lelah. Gejala-gejala tersebut bisa membuat kulit kehilangan elastisitasnya, kulit cenderung lebih mudah kering, lebih mudah berjerawat serta flek.

 

2. Kekurangan vitamin C sebabkan banyak masalah kulit

Menjaga kesehatan kulit, tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Cukupi saja kebutuhan vitamin C harian Anda. Maka, kulit akan terjaga kesehatan serta kecantikannya secara alami. Dengan mengakrabi vitamin C, baik dikonsumsi atau dengan cara lain, Anda dapat terhindar dari berbagai masalah kulit. Manfaat vitamin C untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit rasanya memang tidak diragukan lagi.

3. Vitamin C penting untuk pembentukan kolagen

Vitamin C mengandung zat antioksidan yang sangat  berperan besar dalam pembentukan kolagen. Selain sebagai penjaga keelastisitasan kulit, kolagen ternyata juga merupakan komponen utama pembentuk jaringan tubuh. Kekurangan vitamin C dapat membuat pelaut yang berlayar dalam waktu lama, kehilangan nyawanya. Tubuh tidak dapat memproduksi kolagen yang artinya, berpengaruh buruk pada komponen utama jaringan tubuh.

4. Vitamin C, jagonya antioksidan

Vitamin C kaya akan antioksidan. Fungsi vitamin C bisa menangkal radikal bebas yang membahayakan bagi kesehatan kulit. Ketika Anda mendapat asupan Vitamin C yang cukup, Anda sudah memperbanyak antioksidan dalam tubuh, yang artinya, dapat menangkal berbagai radikal bebas yang mengancam, kulit pun menjadi terselamatkan kesehatan dan kecantikannya.

5. Mengobati kanker

Para peneliti telah menemukan bahwa konsumsi tinggi sayuran dan buah-buahan segar memiliki kaitan dengan risiko yang diminimalkan untuk berbagai jenis kanker. Studi juga menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi vitamin C terhubung dengan kemungkinan penurunan kanker paru-paru, mulut, pita suara, tenggorokan, usus besar, rektum, perut, dan kerongkongan.

 

6. Memerangi stroke

Manfaat vitamin C sangat membantu mengurangi risiko stroke, sejenis penyakit kardiovaskular. Diet penuh sayuran dan buah-buahan memasok sejumlah besar vitamin ini, yang mempertahankan tingkat tekanan darah yang tepat. Ini juga melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa menjadi alasan untuk stroke.

 

7. Memperbaiki mood

Fungsi vitamin C memainkan peran kunci dalam produksi neurotransmiter seperti norepinefrin. Mereka memengaruhi suasana hati seseorang dan sangat penting untuk berfungsinya otak.Cek juga cara resep camilan sehat untuk keluarga di rumah

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Imunitas adalah manfaat penting lainnya dari vitamin ini. Vitamin C dikenal luas karena kontribusinya terhadap sistem kekebalan tubuh dan rangsangan pembuluh darah putih di dalam tubuh.

9. Menyembuhkan luka

Manfaat vitamin C membantu memperbaiki luka. Ini memfasilitasi pertumbuhan jaringan ikat, yang mempercepat proses penyembuhan luka.

10. Menurunkan hipertensi

Orang dengan hipertensi berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular. Asupan dari vitamin C membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh.

 

 

Demikian Pembahasan Tentang 25 Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin c ,dan Ulasan tentang manfaat vitamin c bagi untuk kesehatan .Semoga Artikel ini dapat menambah wawasan kita semuanya dan dapat  bermanfaat.