Select Page

Hallo kembali bertemu dengan lagi dengan saya di artikel saya yaitu buah yang mengandung vitamin D. Penasaran ya yuk langsung saja…

Sumber makanan yang banyak mengandung Vitamin D bisa diperoleh dari berbagai bentuk seperti buah, daging, sayuran dan sumberyang lainnya. Apakah kamu pernah berjemur untuk mendapatkan vitamin D? Ya, Memang cara ini sangat tepat untuk memenuhi asupan vitamin D anda secara alami.

Sementara itu vitamin D bisa didapatkan dengan cara alami dari tubuh yaitu dengan bantuan sinar matahari. Kulit yang terkena sinar matahari akan mengalami proses kimiawi sehingga dapat menghasilkan vitamin D.

Buah Apel dan Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

buah yang mengandung vitamin d 3

Apel adalah salah satu jenis buah-buahan yang sangat populer di dunia. Awalnya berasal dari Asia Tengah dan kini sudah banyak dibudidayakan oleh berbagai negara dan menjadi salah satu makanan sehat hampir semua penduduk di dunia.

Buah Apel yang biasanya dikonsumsi secara langsung atau pun dijadikan Jus, minuman ini mengandung Serat makanan (fiber), Vitamin C dan berbagai jenis Antioksidan yang tinggi.

Bermacam – macam Manfaat Apel untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari mengkonsumsi buah apel :

Memelihara Kesehatan Usus

Apel segar memiliki banyak serat larut dan tidak larut yang membantu melancarkan buang air besar. Untuk bisa mendapatkan manfaat yang satu ini, disarankan mengkonsumsi buah apel dengan kulitnya dikarena kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan.

Selain itu juga, kandungan pektin yang ada pada apel bisa memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan sehingga dapat membantu memelihara kelancaran fungsi pencernaan di dalam tubuh.

Baik Untuk Jantung

Manfaat apel bila rutin dikonsumsi satu atau dua buah sehari, diduga mampu memperkecil risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol. Mengurangi penyumbatan dan peradangan di dinding pembuluh darah arteri  ini merupakan salah satu manfaat dari buah apel.

Ini semua karena adanya kombinasi serat larut dalam lemak, seperti pektin, antioksidan, dan fitonutrien (nutrisi nabati) yang mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah.

Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat apel memiliki indeks glikemik yang rendah, baik untuk penyakit diabetes. Fitonutrien di dalam apel membantu mengatur kadar gula darah di dalam tubuh.

Ini diduga Finonutrien membantu mencegah nainya gula darah dengan merangsang sel-sel pada pankreas untuk memproduksi insulin, menghambat enzim pencernaan yang berfungsi untuk memecah karbohidrat menjadi gula sederhana, dan mengurangi penyerapan gula dalam aliran darah.

Antioksidan di dalam apel juga berperan untuk menjaga kesehatan pangkreas. Penelitian menunjukkan  rutin mengonsumsi apel bisa menurunkan risiko terjadinya komplikasi penyakit jantung pada penderita diabetes.

Namun, disarankan juga untuk tetap berhati-hati dalam mengonsumsi buah apel (terutama jus apel kemasan) dan rajin untuk memeriksa kadar gula darah, jika kamu memiliki diabetes.

Mencegah Kanker

Menurut penelitian, manfaat apel yang bisa kita didapat dengan rutin mengkonsumsi satu buah apel setiap hari yaitu menurunkan risiko terkena penyakit kanker kolorektal, mulut, paru-paru, kerongkongan, dan payudara.

Efek pencegah kanker ini bisa diperoleh dari manfaat apel yang mengandung antioksidan dan dapat membantu mengurangi peradangan. Walaupun demikian, manfaatnya sebagai pencegah kanker masih memerlukan penelitian klinis lebih lanjut.

Stroberi

buah yang mengandung vitamin d 3

Stroberi atau lebih tepatnya stroberi kebun (Dikenal dengan nama arbei, dari bahasa belanda aardbei) adalah varietas stroberi yang paling banyak dikenal di dunia. Seperti spesies yang lain dalam genus fragaria (stroberi), buah ini berada dalam kelas Rosaceae.

Secara umum buah ini bukanlah buah yang asli, tetapi buah palsu, karena daging buahnya tidak berasal dari ovari tanaman (achenium) tetapi bagian bawah hypanthium yang berbentuk mangkok tempat ovari tanaman itu berada.

Buah stroberi berwarna hijau agak putih ketika berkembang, dan pada kebanyakan spesies berubah menjadi warna merah ketika matang. Namanya berasal dari inggris kuno yaitu streawberige yang merupakan gabungan dari kata streaw atau “straw” dan berige atau “berry”.

Alasan pemberian nama ini tidak jelas. Beberapa spesies Lepidoptera mengambil makanannya dari tumbuhan stroberi, menjadikan spesies ini sebagai hama utama tanaman stroberi.

Khasiat Atau Manfaat Buah Stroberi

Setelah kamu mengetahui banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada stroberi, kamu juga harus tahu manfaat stroberi untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, stroberi juga termasuk dalam buah yang mengandung vitamin d yang baik, manfaatnya antaranya yaitu :

1. Memutihkan Gigi

Asam malat yang terkandung pada stroberi bertindak sebagai zat yang akan mengikis dan menghilangkan beberapa noda pada permukaan gigi. Dengan cara mengunyah stroberi setiap hari, hal ini bisa membantu untuk menyehatkan mulut, seperti : memutihkan gigi, membuat napas menjadi lebih segar dan menghilangkan bau mulut.

2. Mencegah Kanker

Kandungan vitamin A, E, C dan asam ellagik yang berfungsi untuk melumpuhkan sel kanker di dalam tubuh. Stroberi dipercaya dapat mencegah terjadinya leukimia. Merupakan salah satu kanker yang sangat mematikan dan buah stroberi dipercaya bisa mencegah terjadinya kanker sel darah.

Selain itu, stroberi juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari serangan kanker. Kandungan antioksidan didalam stroberi ini pun tetap tinggi meskipun sudah diolah menjadi bentuk lain seperti selai atau jus.

Senyawa asam ellagik dan kuersetin yang ada pada stroberi juga bisa menghambat pertumbuhan kanker prostat, kanker kulit, kanker payudara dan kanker hati.

3. Mengobati Jerawat

Kandungan asam salisiat di dalam stroberi memiliki manfaat untuk mengobati jerawat secara alami. Karena kandungan vitami C dan D yang ada di dalam buah ini.

4. Menghaluskan Kulit

Mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya gunakan stroberi sebagai luluran saat mandi. Agar bisa mendapatkan manfaat yang lebih, campurkan stroberi yang sudah dihaluskan dengan susu dan minyak zaitun. Selain menjadi kulit menjadi lebih halus, kulit pun akan tampak menjadi lebih cerah.

5. Dapat Mencegah Terjadinya Radang

Stroberi yaitu buah yang mengandung gula yang rendah sehingga sangat cocok untuk diet.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Usia dan nutrisi dapat memengaruhi kondisi kesehatan pada mata seseorang. Namun, dengan hadirnya zat antioksidan tinggi pada stroberi hal itu berguna memerangi radikal bebas dan sekaligus mencegah penuaan dini.

7. Menjaga Kesehatan Otak

Makanan dan lingkungan bisa membantu penyebaran radikal bebas yang mengancam pada kesehatan tubuh. Radikal bebas tidak hanya mengakibatkan penuaan dini, namun juga dapat mengancam kondisi fungsi otak. Dengan adanya vitamin C, D, dan fitonutrien hal tersebut bisa dicegah.

8. Tekanan Darah Tinggi

Karena kandungan potasium dan zat besinya, stroberi memang sangat efektif menekan tekanan darah tinggi dan membuatnya untuk normal kembali.

Vitamin A 1µg 0%
 C 57,9mg 64%
 D 0µg 0%
 E 0,28mg 2%
 K 2,3µg 2%

Anggur

Merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat  jelly, minuman anggur, minyak biji anggur, jus anggur dan kismis, atau dimakan secara langsung. Juga termask ke dalam buah yang mengandung vitamin d

Buah ini juga dikenal karena banyak  mengandung senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme di dalam tubuh, serta bisa mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit dalam tubuh lainnya.

Aktivitas ini juga terkait adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan untuk senyawa antioksida yang mampu menangkal radikal bebas.

Tanaman ini sudah dibudidayakan sekitar tahun 4000 SM di kawasan Timur tengah Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur ditemukan pada sekitar tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir.

Hanya beberapa waktu berselang, proses pengolahan ini cepat tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah di laut hitam,  jerman, dan Australia. Penyebaran buah ini samakin pesat berkembang dengan adanya perjalanan colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.

Jangan lupa ya untuk membaca artikel saya yang lain seperti Cara Membuat Keripik kangkung.

Manfaat Anggur Merah Bagi Kesehatan

Secara umum, kandungan nutrisi anggur merah mirip dengan anggur hitam. Perbedaan yang paling mencolok antara kedua jenis ini hanyalah rasanya. Anggur merah juga diketahui mengandung kalori yang lebih sedikit dari pada anggur hijau.

Selain itu, manfaat anggur merah bagi kesehatan juga lebih besar dari yang berwarna hijau. Ini karena semakin pekat warna buah-buahannya, kandungan fitonutrien dan antioksidannya semakin besar. Berikut ini manfaat dari anggur

1. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yan dapat menyebabkan kematian terbanyak di dunia. Berhasil menemukan bahwa kandungan resveratrol, yaitu sejenis antioksidan dalam buah ini dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Kandungan resveratrol dalam buah ini bisa memperlambat pertumbuhan sel tumor dan juga kanker. Terutama yang bertumbuh di lambung, payudara, hati, dan getah bening.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjutan dengan cangkupan yang lebih luas untuk memastikan manfaat anggur merah satu ini.

2. Melawan Penuaan Dini

Selain resveratol, buah ini juga kaya akan kandungan antioksidan lainnya seperti  rutin dan quaercetin. Ketiga antioksidan ini berfungsi untuk menangkap radikal bebas daari dalam tubuh.

Seperti yang diketahui, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel, protein, DNA, serta gangguan keseimbangan di dalam tubuh. Kerusakan sel ini yang dapat menyebabkan penuaan dini. Gejalanya yaitu kulit keriput, rambut beruban, atau tulang keropos.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat anggur merah juga bisa dirasakan oleh otak Anda. Resveratrol dalam buah mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Darah dibutuhkan oleh otak untuk sumber oksigen dan zat gizi agar dapat berfungsi dengan baik.

Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa revestratrol dapat membantu memperkuat daya ingat manusia.

4. Meredakan Gejala Alergi dan Peradangan

Buah ini juga bisa membantu melawan peradangan di dalam tubuh. Anggur memiliki sifat antiradang dan antihistamin. Peradangan sendiri merupakan respon tubuh terhadap suatu bahaya, seperti stres, inveksi bakteri dan virus, serta bahan kimia beracun.

Mengonsumsi buah ini mungkin bisa membantu meringankan gejala peradangan, entah itu karena terkena penyakit arthritis, radang gusi, radang usus, radang kulit, atau radang pada jantung. Tak hanya itu, antihistamin yang ada di dalam buah ini juga bisa membantu meringankan gejala alergi.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Anggur berwarna merah bisa jadi cara alami menurunkan kadar Kolesterol dan trigliserida tinggi berkat kandungan resveratrol dan saponin di dalamnya.

Kedua zat tersebut dapat menangkap kelebihan kolesterol di dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah. Dengan begitu, kadar kolesterol kamu pun tetap seimbang. Nah, kadar kolesterol seimbang bisa menjauhkan kamu dari penyakit seperti obesitas dan jantung.

Penelitian pada hewan menemukan bahwa resveratrol tidak hanya dapat membantu menekan kolesterol saja, tapi juga mampu mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Selain wortel, anggur merah ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin, kedua karotenoid dengan sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan mata.

Kedua antioksidan ini bisa membantu menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya dari gadget dan dapat membantu melindungi sel-sel mata.

Untuk menjaga kesehatan mata sebaiknya kamu juga haruh memperbanyak mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin d, Karena selain juga baik untuk mata juga baik untuk kesehatan tubuh.

7. Mengendalikan Gula Darah

Jika kamu ingin mengontrol kadar gula dalam darah, tambahkan buah ini dalam menu diet kamu sehari-hari. Penelitian telah menemukan bahwa senyawa ini dapat membantu mengurangi kadar gula darah serta meningkatkan sensitivitas insulin bagi orang diabetes.

Jika kamu bertanya tentang kandungan gula dalam buah ini, jangan khawatir. Faktanya, anggur termasuk salah satu buah yang memiliki glikemik rendah. Makanan dengan indeks glikemik yang rendah tidak akan menyebabkan gula darah melonjak dengan tiba-tiba.

Meski pun begitu, kamu harus tetap memperhatikan porsi saat mengonsumsi buah ini. Pastikan kamu mengonsumi buah ini secukupnya, yaitu tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

8. Membantu Menurukan Berat Badan

Jika sedang berusaha mendapatkan berat badan ideal, kamu dapat sedia anggur merah sebagai camilan diet yang enak. Per 100 gram porsi buah lezat satu ini ternyata mengandung 69 kalori. Terlebih anggur merah juga tinggi antioksidan resveratrol melawan efek radikal bebas dalam tubuh.

Meski begitu, pastikan kamu mengkonsumi buah ini secukupnya. Lebih baik lagi jika kamu mengimbangi asupan nutrisi dari berbagai jenis buah lainnya.

Vitamin Dalam Anggur

Vitamin A 100 IU Vitamin C 4 mg
Kalsium 14 mg Zat besi 0,3 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0,1 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 5 mg

Cara Kerja Vitamin D

Vitamin D ini akan disalurkan ke hati, ginjal, dan bagian organ penting lainnya. Sehingga sel bisa bekerja dengan baik dan juga membantu suplai kalsium untuk darah, usus dan tulang. Jadi,  sangat penting untuk tubuh kita vitamin D dan seperti jenis vitamin lainnya.

Fungsi Vitamin D untuk Kesehatan

Vitamin D memiliki karakteristik yang sangat khusus dibandingkan dengan vitamin lainnya. Tubuh bisa mendapatkan vitamin D secara alami ketika bagian kulit yang terkena sinar matahari.

Keunikan vitamin D adalah ketika ada bagian vitamin D di dalam tubuh yang berubah fungsi menjadi hormon atau kalsitriol. Peran vitamin D sangat beragam, membentuk tubuh yang sehat. Berikut ini adalah  fungsi vitamin D untuk tubuh.

  1. Vitamin D mampu membantu penyerapan magnesium dan kalsium ke semua tubuh yang memerlukan.
  2. Mampu menjaga kebutuhan kadar kalsium dan fosfor dalam darah.
  3. Memiliki peran sangat besar untuk mengendalikan laju pertumbuhan tulang dan gigi.
  4. Semua vitamin D yang dihasilkan oleh tubuh dapat mendukung fungsi otot tubuh secara kritis seperti otot pada jantung, paru-paru, dan otak sehingga tubuh dapat melawan infeksi.

Efek Kekurangan Vitamin D

Vitamin D lebih banyak diremehkan dari pada jenis vitamin yang lain. Namun kekurangan vitamin D dapat menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan yang serius. Jika kekurangan vitamin D pada tubuh maka dapat menyebabkan masalah kesehatan, yaitu :

  1. Rakhitis adalah salah satu jenis gangguan tulang yang terjadi pada anak-anak karena kekurangan vitamin D. Penyakit ini menyebabkan tulang menjadi lebih lunak dan rapuh karena pertumbuhan tulang lunak kurang mendapatkan mineral (kalsium) yang cukup.
  2. Penyakit rakhitis bisa menyerang orang dewasa dan sering disebut dengan osteomalacia.
  3. Beberapa penelitian juga menunjukkan kekurangan vitamin D dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan penyakit degeneratif seperti serangan jantung dan kanker.
  4. Tubuh yang memiliki kadar vitamin D yang rendah juga memiliki resiko terkena beberapa penyakit seperti gangguan kesehatan pernafasan (asma), hipertensi, depresi parah.

Proses Pembentukan Vitamin D

Vitamin D bisa dihasilkan oleh tubuh dari penyerapan sinar matahari oleh kulit. Untuk bisa mendapatkan vitamin D, tubuh harus selalu mendapatkan asupan dari berbagai jenis makanan.

Kadar kebutuhan vitamin D per hari sesuai standar adalah 200 IU (anak dan dewasa), 350 – 400 IU (usia 51-70 tahun) dan 550 – 600 IU (usia lebih dari 70 tahun). Semakin bertambahnya usia kita membutuhkan asupan vitamin D yang lebih tinggi.

Demikan ulasan tentang buah yang mengandung vitamin D semoga dapat bermanfaat, Sesungguhnya vitamin D sangat di perlukan oleh tubuh jadi ayo terapkan pola hidup sehat mulai saat ini.

Dengan memperbanyak asupan vitamin D, dengan salah satu caranya yaitu degan mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin D. Sekian dulu ya sampai jumpa lagi…