Select Page

Hallo berjumpa lagi dengan saya di artikel baru yaitu keripik daun pepaya, hem apa sih keripik daun pepaya itu? Langsung saja yuk….

Siapa yang belum tau daun pepaya? Pasti semua sudah tau, tetapi kalau keripik daun pepaya itu seperti apa ya… penasaran dengan keripik daun pepaya simak di bawah ini…

Cara Membuat keripik Daun Pepaya

Karena rasanya yang pahit banyak oraqng yang tidak suka dengan daun pepeya. tetapi hal tersebut akan menjadi berbeda ceritanya jika daun pepaya bisa diolah lebih kreatif.
Dan salah satu olahan kreatif yang saya maksud iyalah dengan menjadikan daun pepaya sebagai keripik daun pepaya. Dijamin kamu pasti menyukai saat menyantap olahan ini karena rasanya yang dapat memanjakan lidah. ini dia cara membuat keripik pepaya semoga suka.
Menyulap daun pepaya menjadi keripik daun pepaya yang tidak pahit untuk camilan kamu dirumah sangatlah mudah. Tentu saja kandungan gizinya pun juga tidak terlalu berbeda jauh, seperti ketika kita memasaknya sebagai sayuran.
Bagi kamu yang ingin mencoba, kami membagikan resep rahasianya, bagaimana cara membuat keripik daun pepaya yang kriuk dan lezat untuk dikonsumsi.

Bahan-Bahan Yang Digunakan Dalam Pembuatan Keripik Pepaya:

Bahan Utama : 

1. Daun pepaya ± 20 lembar
2. 3 lembar daun jambu muda

 Untuk Bahan Adonan 

1. 250 gram tepung tapioca
2. 100 gram tepung bera
3. 50 gram tepung maizena
4. Telur ayam 2 butir
5. 50 gram tepun terigu

 Bumbu Yang Dihaluskan

1. Bawang putih 5 siung
2. lembar daun jeruj purut
3. Cabe merah besar 2 buah
4. Garam sesuai selera
5. Bawah merah 3 siung
6. 1 sdt ketumbar
7. Cabai kecil sesuai selera
8. 15 gram penyedam rasa
9. 1sdt merica

 Peralatan Yang Dibutuhkan  

1. Wadah
2. Penggorengan
3. Blander untuk menghaluskan bumbu
4. Panci sedang

Proses Pembuatan Keripik Daun Papaya 

  1. panaskan air sebanyak 1 liter.
  2. Setelah mendidih masukkan daun jambu.
  3. Potong lah daun pepaya menjadi beberapa bagian.
  4. Cuci bersih daun papaya, masukkan kedalam panic yang berisi rebusan air panas dan daun jambu.
  5. Tunggu sebentar, kemudian tiriskan, biarkan hingga dingin.
  6. Haluskan bumbu yang sudah disediakan.
  7. Siapkan wadah untuk pembuatan adonan.
  8. Masukkan bahan adonan beserta bumbu yang dihaluskan kedalam wadah.
  9. Uleni dengan dan tambahkan sedikit demi sedikit air hingga menemukan kekentalan yang cukup.
  10. Panaskan minyak goreng diatas penggorengan.
  11. Celupkan daun papaya kedalam adonan, lalu goreng hingga kecoklatan dan tiriskan. Lakukan sampai daun pepaya habis. Keripik daun papaya sudah siap untuk hidangkan.

Tips Dalam Membuat Keripik Daun Papaya 

  1. Untuk bisa mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya daun pepaya tidak terlalu lama di masukkan kedalam adonan.
  2. Penggunaan daun jambu pada saat perubusan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun papaya.
  3. Pilihlahlah daun pepaya yang masih muda. Pada saat mengoreng hindari untuk membolak-balikkan daun papaya, karena bisa mengakibatkan keripik hancur.
  4. Kematangan keripik bisa ditandai dengan berkurangannya buih minyak saat penggorengan.
  5. Pakailah minyak goreng yang belum pernah terpakai agar tidak bau tengik.
  6. Pastikan ketika mencuci daun pepaya secara bersih sampai getah dau menghilang.

Hallo jangan lupa ya baca juga artikel saya yang lain seperti Cara Membuat Keripik kangkung.

Cara Mengkonsumsi Daun Pepaya

Guna memetik beragam manfaat daun pepaya di atas, berikut beberapa saran penyajiannya :

keripik daun pepaya 4

1. Jus

Masukkan sekitar 10 lembar daun pepaya, tambahkan sedikit air lalu blender hingga teksturnya lembut, segera minum. Bila kamua tak ingin mengkonsumsinya langsung, maka sebaiknya simpan jus daun pepaya ke dalam lemari es. Jus pepaya bisa bertahan 4 hari setelah dibuat. kamu boleh menambahkan gula jika rasanya terlalu pahit.

2. Teh

Ambil kurang lebih 10 lembar daun pepaya, cuci bersih, kemudian keringkan. potong kecil-kecil daun, dan didihkan bersama 1,5 liter air hingga airnya berkurang 60%. Saring kemudian segera konsumsi, simpan dalam kulkas.

Sama seperti jus, teh daun pepaya bisa bertahan hingga 4 hari, dan boleh disajikan menggunakan menambah gula atau madu.

3. Masker

Siapkan 3 lembar daun pepaya, jemur dan harus terkena sinar matahari langsung. Tumbuk dan tambahkan sedikit madu, lalu aplikasikan di kulit atau wajah. Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air dingin.

Kandungan Daun Pepaya

Sebuah penelitian menunjukkan, kandungan daun pepaya memiliki Tocophenol sebanyak 30 mg dalam setiap 100 mg. Sedangkan daun pepaya masih muda terkandung enzim papain.

Ini identik dengan getah berwarna putih kental yang berfungsi memecah protein, karena memiliki sifat proteolithik. Sedangkan pada daun pepaya yang sudah tua mengadung senyawa fenolik.Secara umum daun pepaya memiliki kandungan papain 10 %, dan lisozim 20 %, khimoprotein 45 %.

Enzim khimoprotein berfungsi sebagai katalisator dalam reaksi hidrolisis antara protein dan poplipetida. Sedangkan pada enzim lisizim yaitu zat antibakteri yang bekerja dengan cara memecah dinding sel bakteri.

Sementara itu, rasa pahit daun pepaya dikarenakan kandungan alkaloid karpain yang sangat efektif digunakan untuk menurunkan demam, membunuh mikroba seperti amuba dan mereduksi tekanan darah.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Dengan kandungan zatnya yang begitu banyak, berikut manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang baik untuk  pencegahan penyakit hingga pengobatan.

1. Sebagai Penambah Nafsu Makan

Salah satu manfaat dari daun pepaya untuk kesehatan yaitu untuk membantu mengatasi masalah anak yang susah makan. Caranya tumbuk daun pepaya kemudian disaring, ambil airnya. Inilah yang mampu  sebagai obat penambah nafsu makan anak.

2. Melancarkan ASI

Bagi ibu yang menyusui, manfaat daun pepaya yang diperoleh yaitu membantu melancarkan ASI. gunakan lima lembar daun pepaya yang diletakkan di atas api hingga layu, kemudian letekkan pada bagian payudara, kecuali pada puting saat masih hangat.

3. Memperkuat Tulang dan Gigi

Dengan kandungan alami yang dimiliki daun pepaya, bisa memperkuat tulang dan gigi. Konsumsilah sayur yang mengandung daun pepaya yang dapat disajikan dengan berbagai sajian.

4. Mengobati Nyeri Haid

Sebagian perempuan yang mengalami nyeri perut saat dan menjelang haid. Kandungan daun pepaya bisa meredakannya. Gunakan satu lembar daun pepaya mentah, asam jawa, air dan garam, lalu rebus hingga matang. Minumlah air rebusan tersebut.

5. Menghilangkan Jerawat

Tumbuk 3 lembar daun pepaya tua yang sudah di jemur. Campurakan air hangat pada tumbukan, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat selama kurang lebih 20-30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun pepaya bergizi karena kandungan nutrisi yang kuat dan penting yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh dan membentengi tubuh terhadap penyakit, kuman, dan infeksi. Menjaga penyakit kronis dan dapat meningkatkan kesehatan pada tubuh secara keseluruhan.

7. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Sebagai penurun tekanan darah tinggi bisa digunakan rebusan 5-6 lembar daun pepaya dengan air kira – kira setengah liter. Minum air rebusan.

8. Mencegah Penyakit Kanker

Pada batang daun pepaya memiliki getah putih seperti susu (white milky latex). Liquid ini yang berpeluang dikembangkan untuk zat antikanker. Hasil penelitian ini oleh Journal Society of Biology. Getah ini pun secara otomatis ikut terkonsumsi ketika memakan daun pepaya dalam bentuk apa pun.

9. Membantu Pertumbuhan Rambut

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang berikutnya yaitu melimpahnya kandungan phytochemical yang bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Zat inilah yang akan mampu mencegah masalah rambut seperti kebotakan, kulit kepala gatal, penipisan rambut, dan rambut patah.

10. Melawan Diabetes

Penderita diabetes juga bisa merasakan manfaat dari daun pepaya, yaitu dalam meningkatkan sensitivitas glukosa, mengurangi kadar gula tinggi dan mengurangi biomarker yang berhubungan dengan diabetes tipe II.

Sumber antioksidan melimpah yang dapat mencegah kelebihan glukosa dalam aliran darah, yang juga dapat mengurangi kerusakan bahwa diabetes dapat menyebabkan kerusakan bagian organ tubuh, kerusakan saraf, luka dan sebagainya. Ini mempercepat penyembuhan luka pada penderita diabetes dan mencegah stres oksidatif.

Daun Pepaya Untuk Kecantikan

Khasiat buah pepaya memang sangat bagus untuk kulit dan telah tergabung didalam produk perawatan kulit untuk memberikan kulit yang sehat dan bercahaya. Selain itu pepaya digunakan dalam sejumlah formulasi perawatan rambut untuk shamp atau kondisioner, berikut ini beberapa diantaranya :

1. Agen Pembersih Kulit

Hal ini bisa dikaitkan dengan adanya senyawa karpain yang menghambat mikroorganisme dan racun lainnya. Sehingga membuat kulit lebih bersih dan perlindungan terhadap masalah kulit seperti jerawat, bintik-bintik dan noda.

2. Kondisioner Alami

Ekstrak daun pepaya sering digunakan untuk  kondisioner bersama dengan bahan lain seperti santan dan manfaat madu untuk rambut yang berkilau. Kondisioner alami ini memebuat rambut lebih bernyawa dan melembutkan rambut kasar yang sulit diatur.

3. Menghilangkan Ketombe

Ekstrak daun pepaya terutama digunakan sebagai bahan pembuatan sampo anti ketombe yang bertujuan untuk mengendalikan produksi serpihan ketombe. Senyawa karpain ini, efektif dalam menghilangkan kotoran dan minyak serta bahan kimia untuk rambut tanpa efek samping.

Apa Saja Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan?

keripik daun pepaya 3

Selain daunya yang kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh ternyata buah pepaya bun memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, berikut ini beberapa manfaat buah pepaya.

1. Menurunkan Kolesterol

Buah ini dijuluki sebagai buahnya para malaikat oleh Christopher Columbus kaya akan serat, vitamin C, serta ragam antioksidan yang bisa mencegah kolesterol di dalam pembuluh darah. Seperti anda ketahui bersama, bahwa timbunan kolesterol dapat memblokir jalannya aliran darah sehingga memicu serangan jantung dan juga stroke.

2. Menurunkan Berat Badan

Hanya ada 120 kalori dalam sebutir pepaya berukuran medium. Bila kamu berencana menurunkan berat badan, maka jangan lupa menyertakan pepaya sebagai salah satu menu makan.

Selain itu, manfaat pepaya lainnya juga akan kamu dapatkan, yaitu bonus serat yang bisa membuat perut kenyang lebih lama sehingga keinginan makan jadi berkurang.

3. Mendongkrak Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imun yaitu perisai yang melindungi tubuh  terhadap berbagai infeksi penyebab penyakit. Dikarenakan 1 buah mengandung lebih dari 250% kebutuhan vitamin C harian, Otomatis sistem kekebalan tubuh semakin kuat usai mengkonsumsinya.

4. Baik Untuk Penderita Diabetes

Meski rasanya yang manis, namun kandungan gula dalam potongan pepaya bisa dibilang rendah, begitu pula dengan indeks glikemiknya. Ini akan membuat buah yang dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan tersebut layak menjadi salah satu buah untuk diabetes yang disarankan oleh para ahli.

Beragam vitamin serta fitonutrien yang terkandung di dalamnya mampu mencegah resiko jantung pada penderita diabetes. Mereka yang sehat juga dapat menjauhkan resiko diabetes dengan mengkonsumsi buah yang bernama latin Carica papaya tersebut.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Selain dipadati oleh vitamin C, pepaya kaya akan vitamin A dan berbagai jenis flavonoid seperti beta karoten, dan cyptoxanthin. Semua unsur penting tersebut mampu menjaga selaput lendir di mata agar tetap sehat. Di samping itu, vitamin A sangat penting peranannya untuk mencegah terjadinya degenerasi makula.

6. Mencegah Radang Sendi

Radang sendi adalah salah satu gangguan pada kesehatan yang cukup menyengsarakan penderitanya. Jika ingin menghindarinya, maka konsumsilah pepaya yang juga baik untuk tulang.

Manfaat dari buah pepaya yang satu ini diperantarai dengan adanya kandungan anti-radang dan vitamin C. Seperti dilansir hasil studi Annals of the Rheumatic Diseases, bahwa mereka yang kurang vitamin C didapati 3x lebih beresiko terkena radang sendi.

7. Membantu Sistem Pencernaan

Pada masa yang modern seperti sekarang ini, jarang sekali kita dapat menemukan makanan  yang benar-benar ramah bagi kesehatan dan saluran pencernaan.

Seringkali makanan yang di beli di restoran sudah diolah menggunakan minyak yang kotor atau terlalu banyak. Dan itu semua tidak baik untuk kesehatan tubuh ataupun pencernaan.

Agar saluran pencerna tetap sehat, maka konsumsilah buah pepaya yang mengandung papain. Saat berkolaborasi dengan serat, enzim pencernaan tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

8. Mencegah Penuaan Dini

Memakan pepaya setiap hari bisa membuat seseorang terlihat 4 tahun lebih muda dari seharusnya. Penyebabnya, kaya akan vitamin C, pepaya juga mengandung vitamin E dan beragam antioksidan (salah satunya beta karoten) yang dapat melindungi kulit dari dampak radikal bebas. Alhasil kerut dan semua gejala penuaan dini tidak berani mendekat.

9. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Buah pepaya yang satu ini, diperantarai oleh kandungan vitamin A yang dapat merangsang pembentukan sebum, komponen yang penting ketika menjaga rambut tetap lembut, bersinar, dan lembab.

Kamu bahkan dapat menyingkirkan ketombe dengan mudah usai mengaplikasikan di kulit kepala. Selain membuatnya indah, kandungan nutrisi di dalam buah pepaya juga mencegah kerontokan dan dapat merangsang pertumbuhan rambut.

10. Mencegah Kanker

Kaya akan antioksidan, fitonutrien, serta flavonoid, dapat mencegah sel tubuh tercemar oleh radikal bebas. Sebuah studi diadakan di Harvard School menemukan bahwa kandungan beta karoten dalam pepaya baik untuk mencegah kangker prostat dan usus besar.

Apalagi bila dihidangkan menggunakaan teh hijau, maka buah yang kaya likopen ini dapat menurunkan resiko kankerprostat.

11. Mengurangi Stres

Setelah bekerja keras sepanjang hari, maka segera segarkan diri dengan mengkonsumsi buah pepaya. Biarkan kandungan vitamin C-nya membebaskan pikiran dari stress.

Hal ini sudah teruji secara ilmiah saat para ahli dari Universitas Alabama menemukan bahwa 200 mg vitamin C dapat mengatur produksi hormon setres pada obyek percobaan.

Jadi jika kita ketahui manfaat buah pepaya sedemikian hebatnya, maka tunggu apa lagi. Segera jadikan buah pepaya untuk salah satu menu santapan harian yang wajib kamu.

Efek Samping Daun Pepaya

1. Menyebabkan Keguguran

Buah pepaya sering dikonsumsi dapat menyebabkan alergi lateks pada individu yang dapat berpotensi pada ibu serta bayi yang belum lahir.

Enzim papain didalam buah pepaya bisa menekan progesteron dalam pembuahan dan dapat meracuni janin sehingga menyebabkan cacat lahir.

2. Masalah Pencernaan

Papain yang sama dapat menenangkan perut dan menyebabkan gangguan pencernaan bila dikonsumsi berlebihan. Buah pepaya kaya akan serat dan bisa mengakibatkan gangguan pencernaan. Kulit buah pepaya mengandung lateks yang mampu mengiritasi lambung sehingga menyebabkan rasa sakit.

3. Masalah Pernafasan

Orang-orang yang mengonsumsi banyak buah pepaya akan menelan papain secara berlebihan yang menyebabkan alergi pernafasan.

Kandungan Gizi

Daun pepaya merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa diolah pada saat masih muda menjadi makanan yang lezat dan bergizi tinggi.

Disamping dapat diolah menjadi makanan yang lezat, daun pepaya juga bisa pula dijadikan obat untuk beberapa jenis penyakit. Helaian daun pepaya bentuk nya menyerupai tangan manusia. Apabila daun pepaya dilipat tepat di tengah, maka akan terlihat bahwa daun pepaya berbentuk simetris.

Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup beragam diantaranya vitamin A 18255 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, dan air 75,4 gram per 100 gram.

Daun pepaya mengandung carposide yang bisa berfungsi sebagai obat cacing. Juga mengandung zat papain yang sangat tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan.

Sekian dulu ya ulasan yang dapat saya sampaikan ada kurang dan lebih nya mohon maaf. Jangan lupa untuk membuat keripik daun pepyanya. Semoga panduan cara membuat keripik daun pepaya di atas ada manfaatnya. Terimakasih dan selamt mencoba.