Select Page

       Usaha Keripik Singkong terus bertahan dan seakan akan tak lekang oleh perkembangan zaman. Malah semakin hari, keripik singkong semakin pandai beradaptasi dengan perkembangan selera dan trend sekarang.

   Pada umumnya cita rasa keripik singkong yaitu gurih renyah yang khas. Seiring dengan banyaknya permintaan dari konsumen, para pengusaha produk olahan singkong semakin berinovasi dan menghasilkan varian varian baru seperti keripik singkong dengan rasa pedas-asin,keripik singkong manis-asin, pedas-manis, balado dan juga rasa keju.

Usaha Keripik Singkong Pedas Dan Analisa Bisnisnya

      Bahkan kini untuk varian rasa pedas saja, dihadirkan dengan tingkat level kepedasan. Banyak para pedagang yang beralih mengubah jenis dagangan usaha keripiknya dengan keripik pedas dengan tingkatan level yang berbeda dengan jenis brandnya masing-masing.

Berikut jenis olahan usaha keripik singkong terkenal yakni keripik pedas Maicih, Keripik Setan, Keripik Mang Lada, Keripik Goal dan lainnya.

Pada umumnya pembuat brand keripik pedas tersebut menawarkan kripik pedasnya dalam beberapa tingkatan level yang berbeda seperti membuat tingkatan level satu sampai tingkatan level sepuluh,bahkan ada yang lebih, namun ada juga yang menawarkan tingkatan level anak  TK hingga level Professor.

Semakin tinggi tingkat yang ditawarkan, semakin pedas pula rasa pedas yang ditawarkan,dan itulah yang menjadi daya tarik konsumen.Selengkapnya cara membuat keripik singkong.

Target Bisnis Keripik Singkong Pedas

    Rata-rata penikmat keripik singkong pedas ini adalah kalangan anak muda atau remaja. Tingginya pertumbuhan penduduk dengan banyaknya anak muda tentu juga akan memberikan prospek usaha  yang cukup cemerlang dan menjanjikan. Anda tertarik untuk mencoba usaha keripik singkong pedas seperti ini?

usaha usaha keripik singkong memang seakan tidak pernah akan  pudar .Justru usaha atau Industri olahan singkong banyak kebanjiran order di tiap waktunya.Camilan ringan yang satu ini menjadi salah satu camilan yang tak pernah lupa untuk dinikmati saat santai, berekreasi, berkumpul, dan lain sebagainya.

Peluang usaha keripik singkong pedas juga sangat menjanjikan dengan manawarkan keuntungan  yang tak sedikit jumlahnya.

 Keripik singkong tergolong mudah dikerjakan. Bagi Anda yang berminat dalam usaha Kripik singkong pedas, di bawah ini kami sajikan beberapa hal yang sangat penting yang perlu anda ketahui atau persiapkan sebelum mengawali usaha tersebut:

Artikel terkait Cara Membuat Keripik Bayam yang Enak

 Pertama kenali Dahulu Jenis Singkong Dengan Kualitas yang Baik

usaha keripik singkong dan analisa bisnisnya becakcode (2).jpg

  Untuk dapat mengetahui jenis singkong, akan lebih baik jika Anda menjalin kerjasama usaha langsung dengan para petani singkong . Anda dapat mengetahui jenis singkong yang baik dan mendapat harga yang jauh lebih murah dari mitra tani Anda,dan itu juga dapat menepis biaya produksi.

   Persiapkan perlengkapan atau peralatan yang akan diperlukan untuk memudahkan proses pembuatan usaha keripik singkong pedas seperti mesin perajang singkong, mesin pengemas, merek, plastik kemasan yang sesuai, alat penggorengan dan lainnya.

Sebisa mungkin buat rasa usaha keripik singkong pedas Anda memiliki ciri khas tertentu yang dapat menjadi pembeda diantara produsenatau brand yang sudah ada lainnya. Selain cita rasa yang nikmat dan lezat, tentu kemasan produk juga memiliki daya tarik tersediri kepada konsumen.

Dalam menjalankan usaha keripik singkong tentu Anda juga perlu mengetahui analisis usaha keripik singkong agar Anda dapat dengan mudah memperhitungkan biaya yang akan dibutuhkan dalam proses usahanya. Lalu, apasaja peralatan yang dibutuhkan seperti Mesin vacum frying sertabiaya yang perlu dikeluarkan dalam usaha keripik singkong?

Analisis Usaha Keripik Singkong Pedas

Modal Awal

Mesin Perajang Singkong = 4.390.000

Kompor dan gas = 400.000

Mesin hand sealer = 329.000

Peralatan dan perlengkapan lainnya = 1.000.000

Total modal awal = 6.119.000

Biaya Operasional

Detail Usaha Keripik Singkong Pedas dan Analisa Bisnisnya

usaha keripik singkong

Dalam menjalankan usaha makanan memang selalu membutuhkan proses yang namanya pengemasan agar makanan yang dikemas tetap terjaga kehegienisannya.

 Jenis makanan sangat banyaksekali dan salah satu makanan yang membutuhkan proses pengemasan agar kualitas makanan tetap terjaga dan higienis yaitu olahan makanan ringan yang berbentuk kripik. Olahan keripik memang bisa dikatakan enak jika tetap renyah.

Mengkonsumsi keripik memang sangat nikmat apabila dikonsumsi dalam keadaan santai bersama keuaraga dan juga ditemani dengan minuman hangat. Olahan camilan kripik juga bisa dijadikan makanan ringan pada saat lebaran. Kebanyakan masyarakat yang tidak menyukai roti dan mereka lebih memilih makanan ringan seperti camilan keripik.

Camilan usaha keripik sebagai camilan yang saat ini sudah mempunyai banyak varian rasa yang banyak sehingga setiap konsumen yang menyukai kripik bisa memilih olahan makanan yang paling disukai.Ketahui juga Cara Membuat Keripik Labu yang Enak

Ada beberapa varian rasa dari camilan keripik diantaranya yang bisa didapatkan yaitu dengan rasa manis, rasa pedas, rasa gurih dan masih banyak lagi varaian rasa dari olahan keripik. Pembuatan usaha kripik juga sangat mudah sehingga banyak masyarakat yang ingin menjalankan usaha olahan keripik. Salah satu jenis olahan keripik yang banyak dicari oleh kalangan masyarakat adalah jenis olahan keripik singkong.

 Usaha Keripik Singkong Pedas

Camilan Keripik singkong merupakan makanan ringan yang sangat nikmat apabila dimakan saat sedang santai bersama dengan keluarga.

Keripik singkong sekarang ini dibuat dengan aneka pilihan rasa sehingga masyarakat dapat dengan mudah memilih keripik singkong yang disukai. Salah satu varian rasa keripik singkong yang banyak dicari oleh berbagai kalangan masyarakat adalah olehan keripik singkong bumbu pedas dan manis.

Panambahan pedas dalam olahan keripik singkong membuat kenikmatan tersendiri sehingga banyak masyarakat yang penasaran dan ingin membeli keripik singkong bumbu pedas.Menikmati camilan keripik singkong  pedas akan terasa nikmat apabila disajikan bersama dengan minuman hangat seperti teh. Baca lainnya resep camilan sehat ala anak kost dan unutk keluarga di rumah.

Proses pembuatan usaha keripik singkong pedas juga terbilang sangat mudah sehingga banyak masyarakat indonesia yang membuat keripik singkong bumbu pedas untuk dijadikan peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan.

Meskipun usaha keripik singkong  pedas sudah banyak dilakukan oleh beberapa pengusaha makanan ringan namun jika sajian keripik singkong  pedas yang dibuat mempunyai cita rasa yang pas di lidah masyarakat pastinya usaha yang Anda jalankan akan dapat berjalan lancar.

Sebelum memulai menjalankan peluang usaha keripik singkong  pedas Anda harus mengetahui tentang beberapa penjelasan strategi yang bisa dilakukan agar usaha yang dijalankan bisa berjalan lancar.

Berikut ini penjelasan strategi yang perlu Anda perhatikan.

usaha keripik singkong pedas dan analisa bisnis

Peluang Usaha Keripik Singkong  Pedas

    Usaha makanan ringan yang berbentuk keripik jugabisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan dan menjanjikan sekali karena cita-rasa keripik yang enak ,gurih dan tekstur renyah banyak dicari oleh berbagai kalangan masyarakat sebagai makanan ringan pada saat sedang santai bersama keluarga sambil menonton televisi.

    Sajian keripik yang bisa menjadi pilihan peluang usaha adalah usaha keripik singkong dengan cita rasa  pedas atau yang dikenal dengan keripik singkong bumbu pedas.

Penambahan bumbu pedas dalam olahan keripik singkong membuat cita rasa keripik singkong semakin melezatkan sehingga peluang usaha keripik singkong pedas sebagai salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan.pelajari cara membuat keripik Keripik labu yanng enak dengan analisa bisnis yang lengkap

Prospek Usaha Keripik Singkong  Pedas

    Usaha keripik singkong  pedas jika dilihat dari segi prospek usaha memang terlihat lebih cemerlang. Jika usaha keripik singkong  pedas dibandingkan dengan usaha lainnya tentunya sangat menonjol.

Usaha ini sangat mudah sekali dikembangkan di wilayah Indonesia karena pada dasarnya bahan yang digunakan memang mudah diperoleh diwilayah Indonesia.

Karena dilihat dari prospek usaha yang sangat cemerlang Anda bisa menjalankan usaha keripik singkong  pedas sebagai salah satu usaha yang Anda lakukan agar memperoleh keuntungan yang menjanjikan.

Memulai Usaha Keripik Singkong  Pedas

Sebenarnya untuk memulai menjalankan usaha keripik singkong  pedas tidak sesulit apa yang sering kita bayangkan.

Penggunaan modal yang diperlukan untuk membeli peralatan serta bahan yang diperlukan tidak terlalu besar sehingga usaha keripik singkong pedas sering menjadi pilihan peluang usaha yang dilakukan oleh masyarakat indonesia secara luas.Usaha keripik singkong pedas memang tidak membutuhkan modal yang besar namun keuntungan yang diperoleh tidak akan pernah di ragukan lagi.

Sukses selalu bersumber dari berbuat dan bertindak

Pelaku Usaha Keripik Singkong  Pedas

Pelaku pengusaha yang bisa menjalankan usaha keripik singkong pedas sebenarnya bisa dilakukan oleh semua kalangan masyarakat.

Dalam menjalankan usaha makanan ringan yang sederhana seperti keripik singkong pedas tidak akan dilihat dari status pendidikan dan jabatannya sebagai apa namun yang paling penting dalam menjalankan usaha keripik singkong pedas harus dapat membuat olahan keripik singkong pedas dengan cita rasa yang berkualitas agar tidak kalah saing dengan pengusaha makanan ringan lainnya.

Lokasi Strategis Usaha Dalam Berjualan Keripik Singkong Pedas

Pemilihan lokasi yang akan tepat digunakan dalam menjalankan usaha keripik singkong pedas tentunya juga akan dapat mendukung  kelancaran dalam menjalankan usaha keripik singkong pedas.

Dalam menjalankan usaha sebaiknya dilakukan dengan cara memasarkannya diberbagai lokasi seperti pasar-pasar tradisional atau ke berbagai warung.

Sebenarnya lokasi yang bisa digunakan untuk menjalankan usaha keripik singkong pedas sangat banyak sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan lingkungan tempat tinggal Anda.

Strategi Promosi Usaha Keripik Singkong  Pedas

Memasarkan olahan keripik singkong pedas sebaiknya dilakukan dengan cara promosi dari mulut ke mulut.

Biasanya jika olahan keripik singkong pedas yang dibuat mempunyai cita rasa yang enak akan memudahkan cara promosi dan usaha yang dijalankan juga akan lebih dikenal oleh masyarakat secara luas.

Sebenarnya strategi pemasaran yang bisa dilakukan dalam menjalankan bisnis keripik singkong pedas sangat banyak sekali sehingga Anda bisa memilih strategi yang cocok dengan bisnis yang Anda jalankan.

Keuntungan Pilihan Menjalankan Usaha Keripik Singkong  Pedas

Menjalankan usaha keripik singkong pedas terbilang sangat menjanjikan sehingga semua kalangan masyarakat yang ingin memperoleh keuntungan yang besar bisa menjalankan usaha keripik singkong pedas.

Semoga saja keuntungan yang diperoleh dalam menjalankan usaha ini bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya bisa bermanfaat.

Setelah Anda mengetahui strategi yang perlu anda dilakukan sebelum menjalankan usaha keripik singkong pedas yang tentunya Anda ingin mencoba mengembangkannya sebagai peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

Peluang menjalankan usaha ini memang sangat menguntungkan sehingga Anda harus membuat olahan keripik singkong pedas dengan cita rasa yang pas.

Apabila Anda belum mengetahui proses pembuatan usaha keripik singkong pedas sebaiknya Anda membuat dengan menggunakan sajian resep di bawah ini.

Resep Keripik Singkong  Pedas

usaha keripik singkong pedas

Bahan:

  • Singkong 6 kg
  • Air 15 liter
  • Air kapur sirih 150 ml (2 sendok teh kapur sirih dilarutkan dengan150 ml air)
  • Garam 3 sendok makan
  • Gula pasir 600 gram
  • Air asam sekitar 300 ml (35 gram asam jawa dan 300 ml air)
  • Garam 5 sendok teh
  • Minyak untuk menumis 200 ml

Bumbu yang harus dihaluskan:

  • Bawang merah 600 gram
  • Bawang putih 250 gram
  • Cabai merah 500 gram
  • Cabai rawit 60 gram
  • Ketumbar 3 sendok makan

Cara membuat :

  • Iris tipis singkong menggunakan alat pengiris.
  • Rendamlah irisan singkong yang dengan air, air kapur sirih, dan garam.
  • Tiriskan singkong dan lap sampai kering.
  • Selanjutnya,Goreng hingga renyah dan kering dalam minyak yang sudah dipanaskan.
  • Jika sudah matang angkat dan tiriskan.
  • Lalu,panaskan minyak kemudian tumis bumbu-bumbu halus hingga harum.
  • Masukkan beberapa bumbu -bumbu,seperti gula pasir, air asam, garam, dan air aduk sampai kental.
  • Tambahkan singkong.
  • Kemudian,Aduk sampai terbalut rata.
  • Jika sudah matang biarkan dingin.
  • Keripik singkong pedas siap dinikmati.

Setelah Anda mengetahui proses pembuatan usaha keripik singkong pedas yang sangat mudah sekali dalam proses pembuatannya pastinya Anda juga ingin mencoba mengembangkannya sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan lagi  menguntungkan untuk dijalani.

Semoga setelah adanya resep keripik singkong pedas  Anda jalankan dalam usaha bisa berjalan lancar.

Analisa Usaha Keripik Singkong Pedas

Asumsi Penggunaan Alat

  • Penggunaan etalase selama masa waktu 4 tahun.
  • Selanjutnya,penggunaan kompor serta tabung gas selama masa waktu 4 tahun.
  • Kemudian penggunaan wajan selama masa waktu 4 tahun.
  • Dan penggunaan wadah selama masa waktu 3 tahun.
  • Lalu penggunaan piring selama masa waktu 3 tahun.
  • Setelah itu penggunaan pisau selama masa waktu 3 tahun.
  • Berikutnya penggunaan meja dan kursi selama masa waktu 3 tahun.
  • Terakhir penggunaan peralatan tambahan selama masa waktu 3 tahun.

Investasi

Peralatan                             Harga

Etalase                        Rp.1,250,000

Kompor dan gas         Rp. 300,000

Wajan                         Rp.100,000

Wadah                        Rp.80,000

Piring                         Rp. 150,000

Pisau                          Rp.50,000

Meja dan Kursi         Rp. 850,000

Peralatan tambahan  Rp. 80,000

Jumlah Investasi       Rp. 2,860,000

Biaya Operasional Per Bulan

Biaya Tetap

Penyusutan etalase 1/60 x Rp. 1.250.000                Rp.                    21,000

Penyusutan kompor 1/50 x Rp. 300.000  Rp.                      6,000

Penyusutan wajan 1/50 x Rp. 100.000      Rp.                      2,000

Penyusutan wadah 1/45 x Rp. 80.000       Rp.                      2,000

Penyusutan piring 1/45 x Rp. 150.000      Rp.                      3,000

Penyusutan pisau 1/45 x Rp. 50.000          Rp.                      1,000

Penyusutan meja dan kursi 1/60 x Rp. 850.000     Rp.                    14,000

Penyusutan alat tambahan 1/35 x Rp. 80.000       Rp.                      2,000

Total Biaya Tetap             Rp.                    51,000

Biaya Variabel

Singkong              Rp.              60,000             x              30           =             Rp.                1,800,000

Air                        Rp.5,000                    x              30           =             Rp.                  150,000

Air kapur              Rp. 5,000                    x              30           =             Rp.                  150,000

Garam                     Rp. 1,000                x              30           =             Rp.                    30,000

Gula pasir            Rp.  10,000                 x              30           =             Rp.                  300,000

Asam jawa          Rp.  2,000                    x              30           =             Rp.                    60,000

Minyak goreng    Rp.25,000                   x              30           =             Rp.                  750,000

Bawang merah    Rp. 10,000                  x              30           =             Rp.                  300,000

Bawang putih     Rp. 10,000                  x              30           =             Rp.                 300,000

Cabai merah       Rp.10,000                   x              30           =             Rp.                  300,000

Cabai rawit          Rp.10,000                  x              30           =             Rp.                  300,000

Ketumbar            Rp.5,000                   x              30           =             Rp.                  150,000

Total Biaya Variabel                                                                           Rp.                4,590,000

Total Biaya Operasional

Biaya tetap + biaya variabel =        Rp.            4,641,000

Pendapatan per Bulan

Penjualan rata – rata =  36   Bungkus       x        Rp.6,000              =             Rp.216,000

Rp. 216,000      x    30hr  =             Rp. 6,480,000

Keuntungan per Bulan

Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional

Rp.            6,480,000          –                4,641,000          =             Rp.            1,839,000

Lama Balik Modal

Total Investasi / Keuntungan =   Rp.2,860,000    :    1,839,000          =                2          bln

Jadi, keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda ingin menjalankan usaha ini setiap satu bulannya akan menghasilkan omzet sebesar Rp. 1.839.000.

Keuntungan yang diperoleh dari usaha ini umayan sangat besar dan menjanjikan jika Anda ingin menjalankannya.

   Usaha keripik singkong pedas juga tidak membutuhkan modal yang besar sehingga bisa dilakukan oleh semua kalangan masyarakat.

Modal yang digunakan untuk membeli peralatan atau yang dikenal dengan modal investasi dalam menjalankan bisnis keripik singkong  pedas bisa diperoleh kembali setelah bisnis yang dijalankan bisa berjalan selama 2 bulan.

Waktu untuk mengembalikan modal investasi tentunya tidak lama dan keuntungan yang akan diperoleh dibulan berikutnya adalah keuntungan bersih.pelajari cara membuat keripik Pisang Manis dengan enak dan analisa bisnis yang menjanjikan

    Bagi Anda yang menjalankan bisnis ini pastinya ingin segera mengetahui keuntungan yang diperoleh setiap satu bulannya dalam menjalankan bisnis keripik singkong pedas dihitung dengan menggunakan hitungan  yang disediakan di atas.

Proses penghitungan keuntungan yang diperoleh setiap satu bulannya akan semakin jelas dan lebih merinci.