Select Page

Cara Membuat Keripik Sawi – berbicara tentang keripik memang tidak ada habisnya . Mulai dari dari keripik yang berbahan dasar daging ayam,Umbi umbian sampai daging sapi, bahkan keripik yang terbuat dari sayur-sayuran pun kini mulai banyak di temukan.

Mungkin bunda saat ini hanya mengenal keripik bayam yang memang sudah populer dibanding keripik  yang lainnya. Tapi ternyata tak hanya bayam saja lho bunda yang bisa dijadikan keripik yang sangat renyah dan gurih.

Sebenarnya semua jenis sayur mayur bisa digunakan sebagai bahan utama dalam membuat keripik, tapi permasalahannya adalah dari setiap sayur tersebut cara pengolahnnya yang agak berbeda.Artikel lainnya cara membuat keripik labu.

Cara Membuat Keripik Sawi Hijau Enak Dan Sehat

 

Pernahkan bunda mendengar atau pernah mencicipi keripik yang terbuat dari sawi hijau? ya sawi hijau bunda, seperti yang kita telah ketahui sawi banyak digunakan untuk membuat masakan sup, dan tambahakan sayur pada pembuatan mie ayam.

Sawi hijau juga biasanya dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengarnice atau mempercantik tampilan masakan.

Tapi kali ini sawi hijau akan di kreasikan menjadikan keripik yang memiliki cita rasa khas dengan rasa gurih dan renyah.

Penasaran bunda tentang gimana rasanya? apakah rasanya masih tetap sama dengan sawi yang di olah biasa atau rasanya sedikit berubah.

Maka dari itu segera bunda bergegas ke dapur untuk mempraktekkannya ya bunda… tapi sebulmnya silahkan simak ulasan saya di bawah ini.

Resep Keripik Sawi Hijau Enak Dan Sehat

Bahan:

  1. 100 gram tepung beras
  2. 1 1/2 sendok makan tepung kanji
  3. 4 butir kemiri, haluskan
  4. 1 siung bawang putih, haluskan
  5. Garam secukupnya
  6. 1 1/2 sendok makan ebi, haluskan
  7. 125 ml air
  8. 10 lembar daun sawi utuh
  9. Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Sawi Hijau Enak dan Sehat

  1. Campurkan tepung beras, tepung kanji, kemiri, bawang putih, garam dan ebi halus
  2. Kemudian tuang air sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata
  3. Lumuri daun sawi yang telah di bersihkan ke dalam adonan
  4. Panaskan minyak goreng dan goreng sawi hingga berubah warna keemasan
  5. Angkat dan tiriskan

Penasaran dengan resep keripik lainnya? silahkan klik link  cara membuat keripik bayam juga pembahasan bisnisnya

Demikian bunda tentang resep cara pembuatan keripik sawi hijau yang renyah dan juga menyehatkan.

Keripik sawi hijau ini cocoko untuk dijadikan sebagai camilan untuk keluarga, terlebih lagi kalau menyantap keripik sawi ini di temani dengan secangkir teh hangat saat sore hari ataupun saat sedang menikmati acara serial televisi kegemaran bunda dan juga keluarga.

Resep Tumis Sawi Putih Praktis Sederhana

Cara membuat keripik dan tumis-sawi-mesinvacuumfrying.id

Siapa yang tidak mengenal sayur sawi yang satu ini. Daun sawi yang sering digunakan untuk tumisan ataupun bisa untuk membuat sup atau steamboat ini.

Sawi putih ini  sering juga  disebut sawi cina atau petsai karena sering kali digunakan dalam masakan Tionghoa dan masakan Korea.

Sawi putih ini merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah untuk dimasak dan mudah sekali didapatnya.

Untuk mengolah daun sawi putih ini Anda dapat juga menumisnya dengan menggunakan tambahan irisan cabai merah dan juga bakso jika suka .

Jika di Korea daun sawi ini juga sering di gunakan untuk olahan Kimchi . Namun, Pada Kesempatan kali ini olahan sawi putih yang akan dimasak adalah sawi putih dengan olahan tumis yang sangat praktis dan cepat untuk bekal Anda ke sekolah atau ke kantor. Cek resepnya Yuk!

Ada yang menarik loh! Keripik daun Kelor ,cek selengkapnya

Bahan-Bahan

– 2 Buah sawi putih, potong kasar

– 6 Buah cabai rawit merah

– 5 Buah cabai rawit hijau

– 1 Butir telur

– 3 Siung bawang putih, keprek

– Garam secukupnya

– ¼ Sdt gula pasir

– ¼ Sdt lada putih

– Minyak goreng secukupnya

– Air secukupnya

Cara Membuat

– Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Lalu tumis bawang putih hingga harum. Kemudian masukkan telur dan orak-arik sebentar kemudian cabai rawit merah dan hijau, masak hingga agak layu.

– Masukkan sawi putih, aduk rata. Lalu tambahkan garam, gula, dan merica. Terakhir tambahkan air secukupnya lalu aduk kembali dan masak hingga matang.

Segera sajikan keripik sawi ini di rumah dijamin semua anggota pasti akan ketagihan dengan rasanya.

Cara Membuat Keripik Sawi Barbeque

 

Cara Membuat Keripik sawi Barbeque - Mesinvacuumfrying.id (2)

Bahan Bahan Yang Perlu Di Siapkan

– Tepung beras 150 gram –

– Santan  200 ml dari 1/4 butir kelapa –

– Garam secukupnya –

– Sawi daging 200 gram, ambil daunnya –

– Bubuk barbeque 25 gram, siap pakai –

– Minyak goreng 500 ml –

Bumbu Halus :

– Kemiri 3 butir, sangrai –

– Kunyit 1 cm, bakar –

– Bawang putih 3 siung –

Cara Membuat :

  1. Campur tepung beras dan bumbu halus. Tuang santan perlahan sambil diaduk hingga menjadi adonan kental.
  2. Tambahkan garam, aduk rata.
  3. Celupkan sawi dalam adonan, ratakan.
  4. Panaskan minyak, goreng sawi hingg kering dan matang. Tiriskan.
  5. Masukkan dalam wadah, taburi bubuk barbeque. Ratakan.
  6. Sajikan dalam wadah kedap udara

Oseng Oseng Sawi Putih Enak dan Sederhana

Cara membuat tumis sawi mesinvacuumfrying.id

Satu lagi resep sawi simpel untuk anda yang super sibuk atau sedang malas masak resep yang rumit dan neko-neko. Seperti pernah saya bilang saya sangat suka  bereksperimen dengan resep oseng atau tumis

karena banyak variasi bahan, mudah bikinnya, cepat matang dan rasanya juga lezat! Dan inilah salah satu resep hasil iseng iseng berhadiah untuk anda .

Catatan: Daun Sawi putih termasuk salah satu sayuran netral yang tidak mempunyai rasa dominan, bisa dikatakan hampir hambar, lain dengan kacang panjang atau kangkung misalnya.

Karena itu perlu paduan bumbu yang tepat supaya hasil tumis terasa sedap.

Dari uji coba, dengan bumbu clasic oseng atau tumis (cabe rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas) dan garam anda sudah bisa mendapatkan tumis yang enak dan  lezat dengan bahan kangkung atau sawi hijau.Namun, bumbu yang sama tidak akan berlaku dengan bahan sawi putih atau daun kol misalnya.

Di sini kehadiran terasi, garam dan gula sangat menentukan hasil akhir dan rasa dari tumis sawi putih ini . Rasanya yang ideal harus pedas, asin gurih sekaligus agak manis. Baca Artikel lainnya juga macam – macam keripik unik yang tidak banyak di ketahui orang yang bisa menjadi peluang usaha bagi anda.

Cobalah sambil iseng-iseng  mengenali karakter sayuran, anda bisa melatih insting untuk meramu bumbu tumis yang cocok dengan karakter bahan. Selamat Bereksperimen semoga sukses

Cara Membuat:

  1. Potong-potong dan siapkan semua bahan sayuran.
  2. Iris-iris bahan bumbu.
  3. Panaskan penggorengan minyak, tumis bumbu iris sampai benar-benar matang dan tercium bau harum. (kurang lebih 3 menit)
  4. Masukkan sayur wortel dan batang sawi yang keras terlebih dulu.
  5. Masak sambil terus diaduk dengan suhu tinggi sampai sayuran menjadi lunak. (kurang lebih 7 menit).
  6. Tambahkan juga sari atau larutan terasi, aduk-aduk hingga tercampur rata.
  7. Masukkan bagian daun sawi, aduk aduk sebentar hingga layu.
  8. Atur dan cicipi rasanya, tambahkan garam terlebih dahulu hingga terasa asin baru tambahkan gula sesuai selera.
  9. Terakhir masukan daun bawang, aduk-aduk sebentar hingga agak layu. Angkat dari api.
  10. Sajikan Oseng Sawi putih  bersama nasi dengan lauk Ayam Goreng Terasi atau Tahu Tempe Goreng.

Terlebih lagi cara pembuatannya yang sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Kalau bunda bisa membuat sendiri di rumah, mengapa harus ke luar rumah untuk membeli camilan lain yang belum tentu akan ke higienisannya. Selamat mencoba bunda.

Peluang Usaha Keripik Sawi

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan sayur sawi. Sayur sawi ini merupakan salah satu sayuran yang pada umumnya diolahan menjadi tumisan atau disayur.

Pada umumnya jenis sawi yang dipilih oleh masyarakat untuk bahan pembuatan makanan adalah sawi hijau. Masyarakat sangat menyukai sayur sawi ini karena sayur sawi ini memiliki rasa yang sangat khas. Bagi anda yang menyukai sayur sawi ini pastinya Anda sering mengkonsumsi sayur sawi.

Mengkonsumsi sayur sawi memang sangat baik untuk kesehatan. Sayur sawi banyak menyimpan kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan pada tubuh kita.

Manfaat Keripik Sawi Bagi Kesehatan

 1.Sawi Banyak Mengandung Vitamin K

Salah satu manfaat sayur sawi untuk kesehatan adalah dapat menyehatkan tulang. Di dalam sayur sawi ini menyimpan vitamin K yang sangat baik untuk kesehatan pada tulang. Vitamin K yang terdapat pada sayur sawi ini dapat mengubah protein matriks tulang dan dapat meningkatkan penyerapan kalsium yang dapat mengurangi ekskresi kalsium.

Satu cangkir rebusan daun sawi ini terdapat vitamin K sebanyak 770 mg. karena sayur sawi ini sangat baik untuk kesehatan maka tidak heran banyak masyarakat yang memanfaatkan sayur sawi ini untuk baha pembuatan makanan.

  1. Keripik Sawi Juga Kaya Antioksidan

Sawi adalah sumber fitonutrien atau tanaman yang dihasilkan nutrisi serta antioksidan. Selain vitamin C dan A, juga memiliki asam hydroxycinnamic, isothamnetin, quercetin, dan kaempferol yang merupakan fitonutrien antioksidan kunci yang dibawa sawi.

Fitonutrien yang tinggi dalam sawi bergizi untuk mengurangi stres oksidatif pada sel-sel dalam tubuh, dan bahkan membantu mencegah penyakit  kanker payudara, usus besar, kandung kemih, prostat, ovarium, dan paru-paru. Itulah mengapa tubuh butuh banyak antioksidan.

  1.  Sawi Membantu Detoks Tubuh

Sawi juga terkandung kaya serat akan sekaligus menjadi agen detoks yang sangat baik di dalam usus. Selain itu juga , sawi  terkandung sulfur dan antioksidan sehingga sangat baik dalam detoksifikasi tubuh.

Karena sayur sawi kaya akan klorofil, ini juga sangat baik dalam penyerapan karbon dioksida yang akan mengeluarkan limbah atau racun dari dalam tubuh.

  1.  Sawi Dapat Mencegah Kanker

Sawi juga merupakan sayur anti-karsinogenik yang mengandung glucosinolate, yang kemudian dikonversi ke isothiocyanate yang memiliki sifat pencegahan kanker. Selain itu, kandungan antioksidan, vitamin dan mineral dalam sawi juga sangat tinggi sehingga sangat baik menurunkan risiko terserang kanker.

  1.  Bersifat Anti-Inflamasi

Sawi juga mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat juga  mencegah peradangan kronis serta mengurangi risiko penyakit arthritis dan bengkak-bengkak lainnya.

Ini karena sawi banyak kandungan vitamin K dan asam lemak omega-3 yang memperkuat sistem imun dalamtubuh. Selain itu juga mengandung isothiocyanate yang berfungsi mencegah peradangan dan mengurangi risiko stroke.

salah satu olahan makanan yang terbuat dari sayur sawi adalah keripik sawi. Berbicara mengenai keripik pastinya ini sudah tidak asing lagi bagi Anda, banyak jenis keripik yang bisa kita temui, mulai dari keripik buah hingga keripik sayuran.

Cita rasa dari keripik sawi ini memang sangat gurih sehingga banyak masyarakat yang menyukainya mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa. Untuk mndapatkan olahan keripik sawi ini juga sangat mudah.

Keripik sawi ini sudah banyak tersedia di swalayan yang dijual dengan harga yang terjangkau. Olahan keripik sawi ini cukup laris di pasaran.

Tingginya pecinta olahan keripik sawi ini telah memberikan kesempatan bisnis yang sangat baik untuk dimanfaatkan. Peluang bisnis keripik sawi ini masih terbuka lebar jika Anda ingin terjun di dalamnya.

Dengan menjalankan kegiatan usaha membuat keripik sawi ini bisa mendatangkan keuntungan untuk Anda.

Untuk menjalankan kegiatan usaha membuat  keripik sawi ini sangat mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar.

Jika Anda merasa tertarik untuk menjalankan kegiatan usaha keripik sawi ini di bawah ini akan kami berikan contoh analisa usaha dari usaha keripik sawi. Pelajari juga bisnis aneka keripik yang sangat menjanjikan .

Adapun contoh analisa usaha keripik sawi ini adalah sebagai berikut.

Analisa Usaha Keripik Sawi

Strategi Pemasaran

 Produk

Agar produk keripik sawi yang Anda buat ini dapat dengan mudah diterima oleh komsumen maka Anda harus membuatnya sebaik mungkin.

Pada umumnya yang pertama akan dilihat konsumen ketika akan membeli seseuatu adalah kemasannya.

Pada saat mengemas olahan keripik sawi ini gunakan kemasan yang baik dan juga lakukan proses pengemasan yang rapi.

Harga

Agar lebih menarik minat konsumen agar meraka bersedia untuk membeli produk keripik daun sawi buatan Anda ini maka Anda harus menjualnya dengan harga yang terjangkau.

Sebelum Anda menentukan harga jual dari keripik sawi yang akan Anda jual terlebih dahulu Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu.

Tentukan harga yang sesuai dengan harga pasar agar pembeli tidak merasa kemahalan atau kemurahan ketika meraka akan membeli olahan keripik sawi yang Anda buat.

Analisa Keuangan Usaha Keripik Sawi

  • Pada masa penggunaan pada kompor dan gas selama waktu 3 tahun
  • Selanjutnya masa penggunaan pada pemggoreng selama waktu 4 tahun
  • Setelah itu masa penggunaan pada pisau selama waktu 1 tahun
  • Masa penggunaan pada meja selama waktu 2 tahun

Pembelian Peralatan Usaha

Peralatan                    Harga

Etalase           Rp.      191,000

Kompor dan gas         Rp.      359,000

Panci  Rp.      18,000

Pengaduk       Rp.      57,000

Wadah            Rp.      34,000

Meja dan Kursi           Rp.      682,000

Peralatan tambahan  Rp.      256,000

Jumlah Investasi         Rp.      1,597,000

Biaya Tetap

Penyusutan etalse 1/50 x Rp 191.000            Rp.      3,820

Penyusutan kompor dan gas 1/50 x Rp 359.000       Rp.      7,180

Penyusutan panci 1/50 x Rp 18.000  Rp.      360

Penyusutan pengaduk 1/50 x Rp 57.000       Rp.      1,140

Penyusutan wadah 1/50 x Rp 34. 000           Rp.      680

Penyusutan meja dan kursi 1/50 x Rp 682.000         Rp.      3,640

Penyusutan alat tambahan 1/50 x Rp 256.000         Rp.      5,120

Total Biaya Tetap       Rp.      31,940

Biaya Variable

Tepung beras   Rp.      3,600   x         30       =         Rp.      108,000

Tepung kanji   Rp.      15,000 x         30       =         Rp.      450,000

Kemiri Rp.      4,600   x         30       =         Rp.      138,000

Bawang putih Rp.      8,000   x         30       =         Rp.      240,000

Garam Rp.      9,300   x         30       =         Rp.      279,000

Ebi      Rp.      3,300   x         30       =         Rp.      99,000

Lain-lain          Rp.      49,000 x         30       =         Rp.      1,470,000

Total Biaya Variabel          Rp.      2,784,000

Total Biaya Operasional

Biaya tetap + biaya variabel = Rp.      2,815,940

Pendapatan Penjualan

60    bungkus          x         Rp.      12,000 =         Rp.      720,000

Rp.       720,000           x         30        hr        =         Rp.      21,600,000

Keuntungan Penjualan

Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional

Rp.      21,600,000      –         2,815,940        =         Rp.      18,784,060

Demikianlah informasi tentang Cara membuat keripik sawi dan berbagai olahannya sekaligus analisa bisnisnya yang bisa kami bagikan kepada anda, semoga dengan informasi yang telah kami bagikan ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca.