Select Page

    Cara Membuat Keripik Pisang Manis  .Bunda punya banyak stock pisang mentah yang banyak dan bingung mau dibikin apa? Di Olah jadi keripik pisang manis saja Bun.Lumayan loh buat camilan keluarga saat bersantai, dibawa ke kantor buat cemilan sambil kerja atau bisa juga di jadikan bisnis keripik pisang rumahan yang menguntungkan. Asyiik!!

Cerita di balik cara membuat keripik pisang manis  yang saya bagikan hari ini adalah karena kebun pisang belakang rumah lagi panen banyak. Jadi  beberapa jenis pisang yang di ambil. Dari pisang raja, pisang ambon,  dan pisang kepok.

Di antara beberapa jenis pisang yang saya sebutkan tadi yang kurang enak di jadikan untuk membuat keripik pisang manis asin gurih adalah pisang kepok.Iya memang sangat benar kan ya, menurut saya sih,kalau pisang kepok di jadiin pisang buah di makan gitu saja kok rasanya kurang mantap yah.

Kalau suah terlanjur matang saya olah jadi pisang goreng yang manis, pisang rebus, cake pisang / bolu pisang, sale pisang dan pisang penyet.

Nah, kebetulan pada waktu itu saya lagi kepengin makan yang kriuk kriuk manis  gurih. Akhirnya dalam hati saya ,saya kepikiran dibuat keripik pisang manis  saja.lihat juga cara pembuatan Keripik dari  Keripik Labu yang Enak dan bikin ketagihan

Artikel terkait Cara Membuat Keripik Semangka yang Enak

Cara membuat keripik pisang manis

Bahan :

  • Pisang ambon 10 buah
  • Gula pasir 200 g
  • Garam halus 1 sdt
  • Kapur sirih 1 sdt
  • Air bersih 2 L
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Kupas kulit pisang lalu iris iris tipis seperti logam koin atau panjang.
  2. Siapkan juga wadah bersih, lalu tuang air 1 liter ke dalamnya.
  3. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan pisang yang sudah diiris tipis tadi ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih 1 jam lamanya.
  5. Siapkan wadah bersih lainnya.
  6. Tiriskan pisang tadi, kemudian taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk hingga rata.
  7. Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.
  8. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  9. Rebus 1 L dengan gula. Aduk hingga gula larut. Rebus hingga larutan gula mengental.
  10. Masukkan keripik pisang manis yang sudah digoreng ke dalam rebusan gula tadi. Aduk hingga semua pisang sudah terselimuti gula.
  11. Angkat dan tiriskan
  12. Keripik pisang manis siap disajikan.

Cara membuat keripik pisang coklat manis

keripik pisang cokelat manis becakcode

Bahan:

  1. Pisang ambon 10 buah
  2. Gula halus 50 g
  3. Coklat bubuk 30 g
  4. Tepung maizena 30 g, sangrai
  5. Kapur sirih 1 sdt
  6. Air bersih 1 L
  7. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Pembuatan keripik pisang coklat manis:

  1. Kupas kulit pisang semua ,lalu iris tipis seperti logam koin atau iris secara memanjang.
  2. Siapkan wadah yang higieanis dan bersih, lalu tuang air ke dalamnya.
  3. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
  4. Pisang yang sudah diiris tipis masukan ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih 1 jam.
  5. Siapkan wadah lainnya yang bersih dan higienis
  6. Tiriskan pisangnya , lalu taruh ke wadah dan taburi garam. Aduk hingga
  7. Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.
  8. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  9. Campur gula jawa, coklat bubuk, dan tepung maizena secukupnya hingga tercampur sempurna.
  10. Masukkan bubuk ke dalam wadah tertutup.Masukkan pisang yang sudah digoreng ke dalam bubuk.
  11. Tutup wadahnya lalu kocok hingga bubuk dapat menempel pada pisang.Keripik pisang coklat manis siap disajikan.

Cara membuat keripik pisang manis dikenal sebagai camilan favorit masyarakat Indonesia. Cara membuatnya pun sangat praktis dan simpel. Nah, mumpung nih masih libur Lebaran, coba deh Bun bikin camilan dari pisang ini.Baca Artikel lainnya cara membuat keripik bonggol pisang.

Kamu bisa mengolahnya menjadi keripik pisang rasa cokelat. Gurih, manis, renyahnya dijamin bikin nagih!

1.Bahan keripik pisang cokelat manis

  • 1 kg pisang mengkal
  • 30 gram cokelat bubuk
  • 30 gram tepung maizena, sangrai
  • garam secukupnya
  • kapur sirih secukupnya
  • 50 gram gula halus
  • minyak goreng secukupnya

2. Kupas kulit dan rendam pisangnya

Sebelum membuat keripik pisang manis Kupassemua  pisang , iris secara tipistipis, kemudian masukkan irisan pisang ke dalam air rendaman yang telah diberi garam dapur sekitar satujaman.

Pindahkan irisan pisang ke dalam air yang juga telah diberi kapur sirih, diamkan sekitar 30 menit. Setelahnya pindahkan irisan  pisang tadi  ke dalam air yang telah diberi garam.

  1.  Goreng pisang ke dalam wajan

Panaskan minyak goreng. Lalu, goreng keripik pisang manis dengan menggunakan api sedang hingga matang kecokelatan,INGAT JANGAN SAMPAI GOSONG!!. Angkat ketika sudah berwarna kecokelatan dan tiriskan.

4.Cara membuat lapisan cokelat

Campur tepung maizena yang telah disangrai dengan cokelat bubuk dan gula halus, aduk sampai merata.

Masukkan lapisan cokelat ke dalam tempat tertutup, kemudian masukkan keripik pisang yang telah dingin. Kocok-kocok sampai dapat tercampur merata, sehingga lapisan cokelat menutupi semua permukaan keripik pisang manis.

5.Cara penyajian

cara membuat keripik pisang manis - becakcode

Mumpung Libur Lebaran, Yuk Bikin Camilan Keripik Pisang Cokelat manis

Kamu dapat  menyimpan ke dalam wadah yang tertutup dengan rapat, supaya keripik tidak mudah melempem. Nah, tinggal disajikan dalam stoples cantik untuk camilan keluarga, deh.

Keripik pisang cokelat sangat cocok di sajikan pada saat menemani anda saat nonton tv atau unutk teman bekerja. Selamat mencoba!

Manfaat Pisang bagi tubuh Manusia

Cara membuat keripik pisang manis (2)

  1. Pisang Kaya akan banyak serat, antioksidan dan vitamin yang baik bagi tubuh

Sebagai salah satu buah paling populer, keripik pisang manis gak lagi hanya ada di Asia tenggara, melainkan juga merambah ke seluruh dunia. Ada banyak variasi warna dan bentuk pisang.

Pisang banyak terkandung serat dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Vitaminnya pun banyak, seperti kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat, protein dan sedikit lemak.

  1. Pisang memiliki nutrisi yang menyeimbangkan gula darah

Pisang memiliki kandungan pektin dan pati resistan untuk menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat proses pengosongan perut.

Itu karena pisang sangat baik baik abgi tubuh karena memiliki peringkat rendah pada indeks glikemik yang meningkatkan kadar gula darah.

Meski begitu, orang yang terkena diabetes tipe 2 sebaiknya menghindari makan pisang matang.maka dari itu banyak sekali inovasi salah satunya keripik pisang manis.

Baca Juga Cara Membuat Keripik Bayam yang Enak

  1. Pisang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan

Pisang juga kaya akan serat dan pati resistan yang dapat memberi makan bakteri baik yang ada di usus. Selain itu, Pisang juga dapat melindungi kamu dari risiko penyakit kanker usus besar.keripik pisang manis bisa menjadi salah satu pilihan.

  1. Pisang dapat membantu menurunkan berat badan

Pisang juga dapat membantu menurunkan berat badan karena pisang rendah akan kalori, namun terkandung tinggi nutrisi dan serat.

Prospek Bisnis Keripik Pisang manis dan Analisa Usahanya

Pisang merupakan jenis tumbuhan yang bisa ditemui dengan mudah di Indonesia dan kita dapat menemukannya hampir diseluruh pulau di Indonesia.

Buah pisang manis ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi dan memiliki rasa yang manis dan enak. Buah pisang Manis ini memiliki banyak jenis, selain dimakan secara langsung, enak bila diolah terlebih dahulu menjadi makanan seperti keripik pisang manis.

Keripik pisang manis ini sangat disukai oleh masyarakat karena memiliki rasa yang manis . Cara membuat keripik pisang manis ini juga sangat sederhana dan dapat dikerjakan oleh siapa pun.Baca artikel lainnya tentang macam – macam keripik unik yang ada di indonesia.

Keripik-Pisang Rumah mesin Keripik pisang ini juga bisa dijadikan salah satu peluang usaha yang menguntungkan. Karena proses pembuatan yang mudah dan produk keripik pisang manis ini mudah diterima oleh masyarakat.

Keripik pisang manis juga sudah tak asing lagi sebagai camilan ringan yang manis asin dan gurih di masyarakat, jadi pembeli tidak akan merasa bosan bila terus mencoba keripik pisang.

Pisang menjadi bahan baku pembuatan keripik pisang manis jadi bila akan membuat usaha maka memilih kualitas pisang yang terbaik akan menghasilkan keripik pisang yang berkualitas dengan kualitas yang sangat baik pula.

Pengemasan dari produk juga akan mempengaruhi mutu dari keripik pisang Manis tersebut . Keripik pisang manis ini bisa dijadikan salah satu cemilan ringan dengan harga terjangkau sehingga lebih hemat dan praktis.

Target Pasar

Semua kalangan mulai dari anak – anak sampai orang dewasa akan menyukai cemilan ringankeripik manis ini, sehingga untuk memasarkan keripik pisang tentu akan lebih mudah.

Pilihlah tempat menjual keripik dengan tempat yang ramai, yang banyak dilalui orang dan banyak dikenal, hal ini akan membuat keripik pisang akan lebih cepat laku dan juga dikenal oleh mayarakat.

Promosi

Dalam hal promosi ini supaya bisa lebih cepat terjual maka tempat-tempat yang ramai seperti sekolahan, pasar, kampus, pusat perbelanjaan dan kantor. Tempat tersebut merupakan tempat yang cukup strategis untuk mempromosikan dagangan.

Beberapa cara promosi yang dapat dilakukan, antara lain :

  1. Menggunakana brosur, cara ini terbilang cukup efektif untuk mengenalkan produk yang dijual, brosur ini bisa menerima pesanan seperti delivery.
  2. Menjual secara langsung, cara ini juga efektif karena dapat bertemu secara langsung dengan konsumen yang membeli produk dan bisa mempromiskan secara langsung.
  3. Melalui sosia media, cara in bisa dijalankan dan cukup efektif karena saat ini banyak orang yang memiliki media – media online untuk berkomunikasi dengan banyak orang seperti yahoo, google, facebook, twetter dan sebagainya dan jangan ragu untuk mencoba.
  4. Keunggulan Produk Keripik Pisang

Harga keripik pisang cukup mudah dan bisa dijangkau oleh berbagai kalangan.

Kualitas yang ada pada keripik pisang ini terjamin, sebab proses pembuatan keripik pisang ini sangat mengutamakan kebersihan dan kehigienisan.

Produk keripik pisang manis ini tersedia dalam berbagai ukuran kemasan.

Keripik pisang memiliki rasa yang enak dan gurih.

Keripik pisang manis dapat menjadi alternatif sebagai camilan ringan yang hemat dan praktis.

Kelemahan Produk Keripik Pisang

  1. Bahan baku pisang ini mudah sekali rusak
  2. Keripik pisan manis akan menjadi rusak bila disimpan dengan cara yang salah seperti ditumpuk/terbanting  dan dilakukan sembarangan.
  3. Peluang Berbisnis Keripik Pisang
  4. Permintaan pasar akan keripik pisang yang semakin meningkat
  5. Kondisi masyarakat yang konsumtif sehingga mempermudah pemasaran
  6. Ancaman Berbisnis Keripik Pisang
  7. Saingan antar pedagang yang ketat dan meningkat.
  8. Muncul produk baru dengan kualitas yang lebih unggul.
  9. Naiknya harga bahan baku karena jumlahnya semakin sedikit atau terbatas.

Proses Pembuatan

Cara membuat keripik pisang manis ini sangat mudah, dalam proses pembuatannya membutuhkan alat serta bahan. Jika telah menyiapkan alat dan bahan maka proses pembuatannya pun bisa segera dilakukan.

Alat dan bahan pembuatan keripik pisang manis  ini sangat mudah diperoleh dan juga proses pembuatannya bisa dilakukan oleh semua orang karena memang cukup sederhana

Keripik pisang Rumah mesin

Alat dan Bahan :

  • Alat dan bahan yang sangat diperlukan dalam proses pembuatan keripik pisang manis ini yaitu
  • Penggorengan  dan perlengkapan penggorengan lainnya untuk proses penggorengan.
  • Pisau atau parutan pisang untuk mengiris pisang.
  • Kompor + gas untuk proses penggorengan

Bahan yang dibutuhakan untuk proses pembuatan keripik pisang yaitu :

Pisang, pisang yang biasa digunakan untuk membuat keripik pisang manis ini adalah pisang nangka, karena pisang nangka ini jika digoreng akan menghasikan keripik yang kering dan manis bila dibandingkan dengan jenis keripik lainnya.

Garam.

Minyak goreng.

Cara Membuat atau Mengolah Keripik Pisang :

  • Pilih pisang muda untuk membuat keripik pisang manis.
  • Beri garam pada wajan atau loyang yang telah diisi air bersih dan aduk sampai tercampur merata.
  • Kupas pisang, iris tipis – tipis dan masukan ke dalam wajan yang telah berisi air garam.
  • Jika sudah, maka angkat irisan pisang sari larutan garam tersebut dan masukan ke dalam penggorengan yang telah berisi minyak goreng dan telah dipanaskan.
  • Saat proses penggorengan, keripik pisangharus di aduk aduk hingga merata.
  • Jika sudah kecoklatan maka angkat keripik pisang manis  dan tiriskan. Tunggu sampai dingin, lalu kemas ke dalam kantong plastik secara rapi dan keripik pisang siap dipasarkan.

Analisa Usaha Membuat Keripik Pisang Manis

Pisang    Rp. 6.000 / kg

Bumbu  Rp. 15.000

Minyak  Rp. 12.000 / liter

Pengemasan  Rp. 15.000

Tranportasi  Rp. 20.000

Tenaga kerja Rp. 25.000 / orang

Keperluan lainnya  Rp. 20.000

Perhitungan Laba atau rugi dalam proses produksi sampai proses pemasaran keripik pisang manis, mulai dari 1 hari, 1 minggu sampai 1 bulan dan laba yang didapatkan selama 1 hari, 1 minggu dan 1 bulan yaitu :

Modal

Pisang 55 kg x Rp. 6.000

Bumbu  Rp. 330.000

Minyak 18 Liter x Rp. 12.000

Tenaga Kerja 4 orang x Rp. 25.000

Pengemasan  Rp. 25.000

Transportasi  Rp. 216.000

Keperluan lainnya

Rp. 100.000

Rp. 15.000

Rp. 20.000

Rp. 20.000

Total      Rp. 726.000

Harga Jual Keripik Pisang : Rp. 25.000 / kg

Jadi dalam sehari harga keripik jualnya : 35 x Rp. 25.000 = Rp. 875.000

Jadi laba dai Keripik manis  : Harga Jual – Modal = Rp. 875.000 – Rp. 726.000 = Rp. 147.000 / hari

Kesimpulan :

Modal

1 hari : Rp. 726.000

1 minggu : Rp. 5.082.000

1 bulan : Rp. 21.780.000

Laba

1 hari : Rp. 147.000

1 minggu : Rp. 1.029.000

1 bulan : Rp. 4.410.000

Itulah perkiraan hitungan dari usaha keripik pisang manis, semua itu hanya kira-kira saja ya. Pada setiap daerah harga dari bahan baku tentu berbeda jadi hasil hitungan juga akan berbeda.

mesin pengiris pisang proses pembuatan keripik pisang dengan skala yang cukup besar tentu akan menjadi kewalahan bila dijalankan dengan cara manual, oleh karena itu saat ini telah ada mesin yang akan membantu proses produksi membuat keripik pisang menjadi lebih mudah yaitu dengan mengunakan mesin perajang pisang.

Mesin perajang ini akan membantu proses pengirisan bahan baku pisang menjadi irisan yang serasi dengan waktu kerja yang cepat, jadi Anda tidak perlu lagi menggunakan cara manual lagi. Proses produksi akan menjadi semakin mudah dan ringan bila menggunakaan mesin perajang pisang.

Nah, bila Anda tertarik maka bisa dengan mudah mendapatkannya di toko terdekat yang menyediakan mesin perajang pisang(mesin vacuum Frying) ini dengan kualitas yang terbaik sehingga proses pengirisan pisang pun bisa lebih cepat dan menghasilkan irisan yang berkualitas.

Demikian Cara membuat keripik pisang manis dan analisa usahanya semoga informasi tersebut bisa membantu bagi yang akan mencoba menggeluti usaha pembuatan keripik pisang manis dan bisa menemukan mesin berkualitas untuk membantu proses produksi.