Select Page

Cara Membuat Keripik Labu  yang Enak,Buah labu adalah buah yang diperoleh oleh sejumlah labu-labuan atau istilahnya(Cucurbitaceae), terutama juga berukuran cukup besar dan berbentuk bulat atau juga memanjang.

Mengenai pemanfaatannya buah labu dapat dimakan segar atau diolah terlebih dahulu seperti membuat keripik  labu ,namun labu biasanya tidak dimakan sebagai lalapan.

Berikut Adalah Beberapa Jenis Buah yang Biasa Disebut Labu :

  1. Waluh : Cucurbita moschata, C. pepo, C. argyrosperma, C. maxima
  2. Labu air Lagenaria siceraria
  3. Beligo Benincasa hispida
  4. Belonceng
  5. Labu siam Sechium edule

Cara Membuat Keripik Labu  Yang Enak

Rasanya yang manis ikut memaniskan suasana rumah.

Bahan Bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram maizena
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh garam
  • 125 gram labu kuning kukus, dihaluskan
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 3 sendok makan gula tepung untuk taburan

Cara Membuat Keripik Labu Yang Enak:

  1. Pertama tama Campur tepung terigu, maizena, baking powder, dan juga garam. Aduk hingga merata. Tak lupa tambahkan labu kuning. Aduk rata.
  2. Masukkan telur. Aduk rata dan gumpalkan.
  3. Selanjutnya ,Giling tipis di gilingan mie paling tebal no. 7. Setelah dua-tiga kali giling, kecilkan gilingannya. Giling kembali 2-3 kali. Kecilkan lagi gilingan. Begitu seterusnya hingga paling tipis dengan ketebalan no.1.
  4. Lalu Cetak dengan ring diameter 3 cm.
  5. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api yang sedang sampai matang dan kering,tunggu proses Penggorengan,Setelah masak ,tiriskan
  6. Sajikan bersama taburan gula tepung.

Sebelum memulai usaha keripik labu yang enak ini ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu, bagaimana cara memulai usaha ini.

Dengan mengetahui persiapan apa saja yang dibutuhkan maka proses pembuatan keripik labu yang enak ini pun akan semakin lancar untuk usaha. Menjalankan usaha keripik labu yang enak ini perlu mengetahui bahan baku, lokasi usaha, peralatan bisnis, strategi usaha, konsumen dan sebagainya.

Maka simak dengan baik beberapa info dibawah ini, supaya dapat semakin mudah saat akan menjalankan usaha.Berikut adalah informasi tentang Cara Membuat Keripik Rambutan Yang Enak

Bahan Baku Cara Membuat Keripik Labu Kuning yang Enak

Bahan Baku Membuat Keripik Labu Kuning yang Enak

Untuk membuat produk keripik labu yang enak bahan – bahan yang dibutuhkan sangat mudah untuk diperoleh.

Apabila Anda ingin mengetahui bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat keripik labu yang enak maka bahan tersebut ialah labu kuning, tepung terigu, telur, tepung maizena, baking powder, garam dan gula tepung.

Kualitas bahan akan mempengaruhi keripik labu yang enak oleh karena itu buatlah produk keripik labu yang enak dari bahan yang segar, berkualitas dan layak untuk diolah menjadi makanan.

Bahan ini bisa diperoleh dipasaran dengan mudah.

Berikut Adalah Jenis Jenis Olahan Dari Buah labu Selain Dibuat Keripik

  1. Donat labu kuning

Biasanya Donat itu terbuat dari bahan dasar tepung terigu atau kentang, ternyata makanan bulat ini juga bisa dibuat dari daging labu kuning juga, lho.

Cukup campurkan labu kukus yang sudah dihaluskan, tepung terigu, air, susu bubuk, mentega, garam, telur, gula, serta ragi instan hingga merata. Setelahnya, tunggu hingga adonan mengembang.

Selanjutnya, goreng donat yang sudah dibentuk bulat hingga keemasan dan taburi dengan topping sesuai selera. Tekstur yang empuk dari makanan donat labu kuning ini bahkan bisa kamu nikmati hingga beberapa hari tanpa takut basi.

  1. Klepon Labu Kuning

   Jajanan pasar atau tradisional ini juga  terdiri dari tepung ketan yang diisi oleh  gula merah nan lumer dan meleleh saat klepon digigit.

Jika Anda ingin merasakan cita rasa yang berbeda, kamu bisa mencampurkan kukusan labu kuning ke dalam adonan klepon agar menambah cita rasa baru.

Warna kuning alami dari labu akan membuat tampilan klepon semakin cantik. Hampir sama dengan cara pengolahan makanan klepon  umumnya, adonan tepung ketan bersama garam dan santan, lalu tambahkan lumatan labu yang sudah dikukus. Isi dengan gula merah dan bentuk bulat, lalu rebus hingga mengapung.

Gulingkan klepon yang sudah matang di atas parutan kelapa hingga menutupi seluruh permukaannya sebelum menyajikannya. Nikmat!

  1. Bolu Labu Kuning

Sama seperti kentang, tekstur lembut dari labu kuning dapat membuat hidangan roti menjadi semakin empuk. Selain  kudapan donat, labu kuning juga bias Lho, ditambahkan sebagai campuran adonan bolu yang enak.

Cara membuatnya cukup mudah, cukup aduk telur, gula, dan sp dengan mixer berkecepatan tinggi hingga mengembang. Setelahnya, tambahkan labu yang sudah dihaluskan dan tepung terigu, lalu aduk lagi dengan kecepatan lebih rendah. Masukkan mentega, aduk kembalil hingga rata.

Panggang selama kurang lebih 40 hingga 60 menit dengan api kecil. Untuk menambah cita rasa serta tampilannya, tambahkan topping sesuai selera. Voila! Bolu labu kuning empuk nan lembut siap untuk disantap.

  1. Puding Labu Kuning

    Ingin menyantap makanan dari buah labu kuning dengan sensasi kesegaran yang berbeda? Yuk, coba olah menjadi puding yang segar nan menyehatkan. Camilan ini bahkan bisa disantap oleh bayi karena teksturnya yang sangat lembut dan juga kaya akan vitamin .Baca lainnya Sayuran yang mengandung vitamin D.

Campur labu kuning yang sudah dikukus dan dihaluskan bersama susu atau santan serta bubuk agar-agar, lalu saring agar teksturnya lebih halus. Kemudian, masak di atas api kecil dan tambahkan gula secukupnya sambil terus diaduk.

Setelah mendidih, tuangkan ke dalam cetakan dan diamkan hingga dingin. Simpan di dalam kulkas sebelum menyajikannya agar terasa lebih segar.

  1. Kue lumpur labu kuning

Kue lumpur dikenal akan teksturnya yang begitu lembut dan meleleh di dalam mulut. Kira-kira, apa jadinya bila kelembutan dari kue lumpur yang  dipadukan dengan empuknya labu kuning yang manis?

Untuk membuat sajian kue lumpur dari labu kuning, kamu juga  bisa memanaskan santan dan daun pandan terlebih dahulu.

   Setelahnya, lembutkan santan dengan cara di blender  bersama labu kuning, telur, gula, dan garam. Campur hasil blender tersebut dengan tepung terigu dan aduk hingga rata. Jangan lupa, tambahkan pula margarin agar aromanya semakin menggoda.

Cetak adonan tersebut di atas cetakan kue lumpur, tambahkan kismis sebagai topping. Masak hingga matang. Sajian kue lumpur labu kuning yang lembut pun siap menjadi teman kudapan soremu.

Berikut Ini Beberapa Manfaat Dari Keripik Labu Untuk Kesehatan

Cara Membuat Keripik-labu-yang enak dan renyak,gurih

  1. Rendah Kalori

Secangkir labu kuning juga mengandung sekitar 36 kalori, tujuh gram karbohidrat, kurang dari satu gram lemak, dan satu gram protein. Hal ini juga bikin bebas kolesterol.

Beberapa kalori yang dikandung pada buah labu kebanyakan berasal dari kandungan karbohidrat yang rendah. Jika Anda coba menurunkan berat badan, labu kuning bisa menjadi pilihan bagus untuk mengganti sayuran berkalori tinggi seperti kentang, dan jagung. Pelajari juga cara membuat aartikel alinya? Cara Membuat Keripik Bayam yang Enak dan Analisa Bisnisnya

  1. Kaya Akan Vitamin

Labu kuning merupakan sumber brilian vitamin C, dan merupakan sumber yang sangat baik dari magnesium, vitamin A, khususnya di konsentrasi karotenoid, termasuk beta-karoten, serat, folat, tembaga, riboflavin, dan fosfor.keripik labu yang enak bisa menjadi pilihan anda

Dalam labu kuning juga berlimpah kalium, memberikan 345,60 miligram per porsi. Kalium adalah elektrolit penting dalam keseimbangan cairan dan juga menyediakan energi otot.

Tinggi di mangan, mineral dapat membantu lemak proses tubuh, karbohidrat, dan glukosa.

  1. Pencegahan Kanker

Labu Kuning  juga berlimpah akan  antioksidan yang menjaga radikal bebas. Dengan tingginya kandungan beta-karoten, labu kuning merupakan sumber perlindungan dari polusi dan bahan kimia yang menyebabkan kanker.

Tingginya vitamin C yang terkandung di buah labu membantu mencegah penuaan dini serta Penyakit kanker serta menghambat Proses pembelahan sel.

  1. Kesehatan Jantung

Labu kuning mengandung lemak dan kolesterol yang tidak tinggi Loh!. Satu cangkir labu mengandung 0,2 gram lemak. Mengurangi asupanr lemak dan kolesterol adalah langkah besar ke arah mengurangi risiko penyakit jantung.

Magnesium dapat juga ditemukan dalam labu kuning yang terbukti berkhasiat mengurangi serangan jantung dan stroke. Seiring dengan adanya kandungan kalium dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

Vitamin C dan beta-karoten dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol yang menumpuk di dinding pembuluh darah. Nutrisi tersebut dapat mengurangi perkembangan aterosklerosis.

  1. Kesehatan Colon

Pada 2,52 gram per porsi, kandungan serat yang melimpah dari labu kuning sangat diperlukan untuk eksresi racun dari tubuh, dan merupakan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan usus besar.

  1. Kesehatan Prostat

Labu kuning itu juga terbukti dapat mengurangi gejala kondisi yang  bernama hipertrofi prostat jinak atau BPH.

  1. Kesehatan Mata

Beta karoten dan lutein yang terkandung dalam labu kuning sangat tinggi. Lutein membantu mencegah timbulnya katarak dan degenerasi makula, yang sering menyebabkan kebutaan.

Secangkir labu menyediakan sekitar 135 mikrogram beta karoten, dan 2,400 mikrogram lutein.

  1. Tulang

Vitamin C juga terkandung pada labu kuning cukup tinggi untuk mempertahankan struktur tulang yang sehat, penyerapan kalsium,serta  pembuatan enzim, dan bangunan tulang. Hal ini juga memberikan kontribusi untuk kepadatan mineral tulang belakang.

Vitamin C membantu dalam produksi kolagen yang penting untuk membangun massa tulang. Dan magnesium sangat diperlukan untuk kesehatan sendi serta tulang.

   Besi, folat, seng, dan fosfor ditemukan pada labu kuning, yang semuanya berkontribusi terhadap kesehatan mineral tulang, dan membantu membentengi melawan osteoporosis.

Bingung mau buat camilan apa di rumah.

Lokasi Usaha Keripik Labu yang Enak

Supaya penjualan dalam lancar dan laku maka carilah lokasi untuk berjualan yang strategis dan ramai. Apabila mencari tempat yang ramai maka akan semakin mudah untuk mendapatkan konsumen.

Produk pun akan semakin dikenal oleh masyarakat, beberapa tempat untuk menjalankan usaha yang bisa Anda jadikan lokasi bisnis ialah dekat stasiun, dekat terminal, pinggiran jalan raya, dan sebagainya.

Anda juga bisa menjual produk keripik labu yang enak ini pada beberapa toko oleh – oleh atau menitipkannya di supermarket.

Peralatan Bisnis Keripik Labu Kuning

Agar proses pembuatan keripik labu yang enak bisa berjalan secara lancar dan baik maka persiapkan peralatan usaha misalnya saja mesin giling mie, mesin hand sealer, wajan, spatula, baskom, pengaduk adonan, cetakan keripik labu yang enak dan sebagainya.

Pastikan menggunakan peralatan yang higienis dan bersih karena peralatan yang bersih akan mempengaruhi kualitas dari produk.

Strategis Bisnis Keripik Labu yang Enak

Saat menjalankan usaha keripik labu kuning ini cara jitu agar selalu laris manis dipasaran ialah menawarkan keripik labu kuning dengan tampilan unik dan menarik, selain itu beri tambahan aneka jenis rasa agar para konsumen bisa memilih sesuai keinginan.

Selain itu promosikan selalu produk keripik labu kuning ini di berbagai macam media, seperti media social online.

Anda akan memiliki banyak konsumen bila mampu menjualnya secara online. Kemas produk dengan rapi dan menarik, daftarkan produk pada BPOM agar nantinya produk semakin dipercaya oleh konsumen.

Konsumen Keripik Labu Kuning Yang Enak

Camilan yang renyah, gurih dan masih memang sangat disukai banyak kalangan masyarakat untuk menemani waktu santai. Hal ini pun juga sama dengan keripik labu kuning yang disukai banyak kalangan.

Oleh karena itu bisnis keripik labu kuning begitu menguntungkan, target pasar bisa datang dari berbagai kalangan. Anda bisa mendapatkan konsumen yang besar jika mampu mengolah keripik labu kuning dengan rasa dan kualitas yang baik. Artikel membuat keripik lainya ?Cara Membuat Keripik Semangka Yang Enak

Proses Cara Pembuatan Keripik Labu Yang Enak

Alat dan Bahan 

Peralatan yang digunakan dalam pembuatan keripik labu kuning adalah: dandang, pisau, baskom, penggorengan, sutel, sutelpenyaringan, kompor gas, Plastik (20 x 27 cm),  dan keranjang.

Sedangkan bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan keripik labu kuning cukup sederhana yaitu: labu lilin, garam, penyedap rasa, daun pisang, minyak goreng, dan air.

Prosedur Cara Pembuatan Keripik Labu Kuning Yang Enak

Proses Pembuatan Keripik Labu Kuning Cukup Sederhana yaitu:

  1. Terlebih dahulu labu dicuci hingga bersih dan dibelah menjadi 6 bagian (sesuai ruasnya), kemudian dibersihkan dari hati dan bijinya. Labu yang digunakan haruslah jenis labu lilin. Ciri-ciri labu lilin adalah bergetah, isinya berwarna kuning, berbentuk bulat atau lonjong, dan pada umumnya lebih ringan dari labu-labu jenis lain.
  2. Labu tersebut kemudian dimasukan ke dalam dandang dan dikukus. Proses pengukusan dilakukan hingga labu menjadi lembek, namun tidak boleh dikukus hingga menjadi terlalu lembek karena akan mudah hancur.
  3. Jika labu sudah berubah menjadi lembek maka segera diangkat, dikeluarkan dari dandang dan ditaruh di dalam keranjang dan dibiarkan hingga dingin.
  4. Setelah dingin, isinya diambil dengan menggunakan sendok, dan kulitnya tidak digunakan. Kulitnya dapat dimanfaatkan sebagai makanan ternak. Jika isi labunya masih berair maka perlu angin angin terlebih dahulu selama 3 – 4 jam.
  5. Selanjutnya Isi yang telah diambil masukan ke baskom, lalu penyedap rasa serta garam juga jangan lupa dimasukkan, ditambah dengan tepung terigu yang dimasukan sedikit demi sedikit sambil selalu  diaduk hingga tercampur merata. Untuk 4 buah labu yang berukuran sedang, hanya menggunakan tepung terigu sebanyak 1 kg, penyedap rasa (masako 1 bungkus kecil), dan garam juga  secukupnya.
  6. Setelah itu siapkan daun pisang yang sebelumnya telah dibersihkan, dipotong bentuk persegi panjang dengan ukuran 15 x 25 cm.
  7. Adonan setelah itu ditaruh secukupnya hingga memenuhi setengah bagian  permukaan daun pisang tadi setelah itu  lalu daun tersebut digulung sehingga membungkus adonan.
  8. Setelah dibungkus, selanjutnya dimasukkan kedalam dandang untuk dikukus selama setengah jam.
  9. Setelah itu keluarkan dan dibiarkan hingga dingin, kemudian buang kulit pisangnya.
  10. Iris tipis-tipis adonan yang telah matang tadi dengan menggunakan pisau tajam.
  11. Selanjutnya labu  dijemur di terik matahari selama 2 – 3 hari hinggadapat berbentuk seperti keripik.
  12. Keripik labu tersebut kemudian digoreng dalam minyak yang panas hingga dapat mengembang dan menjadi masak (berwarna kuning kecokelatan), kemudian jangan lupa angkat dan ditiriskan kemudian siapuntuk di kemas.

Strategi Pemasaran Keripik Labu 

  1. Strategi Produk

Produk yang dipasarkan atau dijual hendaknya produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga dengan demikian maka konsumen akan merasa puas.

Produk ini akan di daftarkan kebadan POM agar mendapat pengakuan sehingga bisa dipasarkan kemasyarakat luas.

Dari sisi kemasan keripik labu ini di kemas dalam kemasan plastik transparan yang diberi stempel nama produk  yaitu”RAJANYA KERIPIK YANG ENAK ” danperusahanpengelola.

  1. Strategi Harga

       Harga merupakan faktor yang sangat kritis dalam bauran pemasaran karena konsumen sangat berkepentingan dengan nilai yang mereka peroleh dalam suatu pertukaran.

Disamping itu juga merupakan satu-satunya dari faktor pemasaran yang memberikan keuntungan sedangkan faktor lainnya merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.

Dalam menetapkan harga perlu diperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi baik langsung maupun tidak langsung. Faktor yang mempengaruhi secara langsung adalah bahan baku, biaya produksi, biaya pemasaran dan faktor lainnya.

Faktor yang tidak langsung namun erat hubungan dengan penetapan harga adalah harga produk sejenis yang dijual oleh para pesaing.

No. Ukuran Kemasan Harga
1 250 gram Rp. 5.000,-
2 500 gram Rp. 10.000,-
3 1 Kg Rp. 20.000,-
  1. Strategi Saluran Distribusi

     Dalam rangka kegiatan untuk memperlancar arus barang dari produsen ke konsumen, maka salah satu faktor penting yang harus juga  diperhatikan adalah memilih secara tepat saluran distribusi yg akan digunakan.Distribusi yang terlalu panjang dapat menyebabkan makin banyak mata rantai yang ikut kedalam kegiatan pemasaran keripik labu yang enak.

Hal ini berarti kemungkinan penyebaran barang produksi secara luas, tetapi sebaliknya menimbulkan biaya yang lebih besar sehingga dapat menyebabkan harga yang mahal sampai ke konsumen ataupun keuntungan perusahaan kecil.

  Sebaliknya saluran distribusi yang terlalu pendek kurang efektif untuk penyebarluasan, tetapi karena mata rantai pemasaran lebih pendek maka biaya produksi dapat ditekan sehingga harga sampai ke konsumen dapat lebih rendah.

Saluran distribusi menjelaskan bahwa produk keripik labu yang enak yang yang berasal dari petani selaku pemasok bahan baku kemudian di olah oleh produsen dan di pasarkan ke konsumen lewat super market dan kios-kios.Beberapa informasi tentang pembuatan keripik Cara membuat Keripik Daun Singkong yang Enak

  1. Promosi Keripik Labu Yang Enak

Kegiatan promosi merupakan kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat mengenali produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut (Gitosudarmo, 1994).

     Cara mempromosikan keripik labu yang enak dapat dilakukan dengan membagikan kartu nama, brosur,  melalui media, distributor, dan dengan cara bersosialisasi ke parakonsumen. Dampak yang akan  timbul atau pengaruh dari kegiatan promosi tersebut yaitu orang akan lebih tahu tentang produk keripik labu yang enak.

Dari konsep pemasaran diatas diketahui bahwa untuk bisa meningkatkan volume dari penjualan perusahaan tersebut perlu melakukan langkah dalam penjualan produk yang lebih bervariasi, serta mampu menyampaikan kepada masyarakat tentang betapa hebatnya product keripik labu kuning dalam hal rasa,mutu dan kualitas,kemasan dan dan tak lupa pula bisnis yang menjanjikan.