Select Page

Cara membuat keripik gadung yang enak dan aman dikonsumsi. Apakah kalian tahu gadung? Gadung Merupakan salah satu jenis ubi jalar yang beracun. Gadung mengandung racun atau zat alkaloid yang biasa disebut dioscorin (C13H19O2N) yang dapat menyebabkan pusing dan mual-mual. Oleh karena itu gadung biasanya juga dimanfaatkan oleh petani sebagai pestisida atau pengusir serangga tanaman.

Namun pada kesempatan kali ini, kita tidak akan membahas bagaimana cara mengelola gadungmenjadi  Pestisida.

Kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengelola atau menmbuat gadung sebagai keripik yang enak dengan cita rasa yang khas, dan yang pastinya aman untuk dikonsumsi.

Cara Membuat Keripik Gadung yang Enak dan Aman di Konsumsi

Proses pembuatan keripik gadung tidak sembarangan ,harus benar-benar teliti dan dibutuhkan pula pengalaman agar dihasilkan keripik gadung yang aman konsumsi dan tidak menimbulkan efek samping negatif pada tubuh seseorang yang mengkonsumsinya.

Untuk menghasilkan keripik gadung yang enak dan aman dikonsumsi, berikut ini tips ataupun cara untuk mengelola gadung menjadi keripik yang baik dan benar.Temukan berbagai olahan keripik,seperti keripik sawi dan berbagai analisa bisnisnya

Cara Membuat Keripik Gadung Yang Enak:

Alat dan bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan keripik gadung yang tidak beracun adalah :

  1. Alat-alat  yang  dibutuhkan  meliputi  :  pisau, wadah,  tampah  dan  beberapa sarana penunjang lainnya.
  2.  Bahan-bahan  yang  diperlukan  adalah  :  umbi gadung, garam, abu  dapur,bumbu dan penyedap.

Cara Membuat atau mengelola Gadung Menjadi Keripik Gadung:

  1. Pilihlah umbi gadung yang masih segar. Lalu kupas kulitnya hingga bersih.
  2. Iris tipis-tipis umbi gadung tersebut.
  3. Taburi atau lumuri umbi gadung yang telah diiris tipis-tipis tersebut. Sambil agak diremas-remas sedikit agar lunak.
  4. Jika sudah, jemur irisan gadung yang berlumur abu tersebut sampai benar-benar kering.
  5.  Gadung sudah kering, rendam gadung tersebut di air yang mengalir selama 3 sampai 4 hari. Jika air perendaman tidak
  6. mengalir, maka perendaman gadung juga dapat dilakukan dalam air yang diam atau tidak mengalir, namun airnya harus
  7. diganti secara terus menerus setiap 2 jam sekali selama 3 sampai 4 hari.
  8. Angkatlah irisan gadung tersebut, Lau cuci dengan air bersih. Kemudian rendam gadung dalam air garam (proses ini juga berfungsi untuk pembumbuan).
  9. Jemur kembali gadung dibawah sinar matahari langsung hingga benar-benar kering sempurna.
  10. Jika telah kering, keripik gadung sudah siap digoreng.
  11. Tips Dan Trik Cara Menetralisir Racun Gadung

Cara membuat keripik gadung yang enak

1. Lumuri dengan Abu kayu

Cara yang pertama untuk menetralisir racun yang terdapat di dalam umbi Gadung adalah mengupas kulit umbi Gadung lalu cuci hingga bersih. Setelah mengupas kulit tahu digabung dan dicuci hingga bersih sekali ,langkah selanjutnya adalah mengiris tipis-tipis  Gadung tersebut untuk menghilangkan kandungan racun yang terdapat di dalam umbi Gadung.

Selain diiris tipis-tipis langkah selanjutnya adalah melumuri dengan alur kayu supaya kandungan racun yang terdapat di dalam umbi Gadung hilang.

Jemurlah irisan gadung  tipis tipis yang telah dilumuri dengan Abu kayu di bawah terik matahari. Setelah umbi Gadung cukup kering Angkatlah irisan dari umbi Gadung tersebut Lalu cucilah dengan air sampai bersih.

Air yang dianjurkan untuk mencuci umbi Gadung ini adalah air yang mengalir.Temukan berbagai tips dan trik cara mengolah keripik pare agar tidak pahit

Anda dapat menjadikan Gadung ini sebagai keripik yang enak jika sudah benar-benar kering. Untuk itu agar  Gadung benar-benar kering dan bisa dijadikan sebagai keripik , setelah dicuci dengan air mengalir yang bersih langkah selanjutnya adalah menjemur Gadung lagi Hingga umbi Gadung benar-benar kering semppurna .

 

2. Dengan cara penggaraman

Selain dengan cara pelumuran abu ada pula cara menetralisir racun yang terdapat di dalam umbi Gadung dengan penggaraman. Cara melakukan penetralisiran umbi Gadung dengan penggaraman adalah iris tipis-tipis umbi Gadung tersebut lalu rendamlah di air garam selama beberapa hari. Selanjutnya rendamlah ke dalam air selama 4 hari dan gantilah air tersebut ketika air telah berwarna putih.

Gantilah air tersebut sehingga air rendaman dari  Gadung sudah tidak berwarna. Untuk mengurangi rasa asin yang terdapat di dalam umbi Gadung maka anda dapat merendam umbi Gadung ke dalam air gula.Pelajari juga cara membuat keripik bonggol pisang yang enak dan renyah.

Setelah  Gadung dinetralisir dari racun racun yang terdapat di dalamnya. Anda dapat dengan segera mengkonsumsinya. Cara mengkonsumsi  gadung ini dapat dijadikan sebagai keripik atau dijadikan sebagai umbi Gadung rebus.

 

3. Dengan cara perendaman sederhana

cara menetralisir racun dari Gadung yang paling mudah adalah dengan cara melakukan perendaman sederhana. Adapun cara melakukan perendaman sederhana ini hal yang pertama yang harus Anda lakukan adalah mengiris tipis-tipis umbi Gadung tersebut. Setelah  Gadung diiris tipis-tipis langkah selanjutnya adalah meletakkan umbi Gadung yang telah diiris tipis-tipis ke dalam wadah yang berlubang dan ditutupi dengan lembaran kayu.

Setelah ditutupi dengan lembaran kayu lalu ubi Gadung tersebut ditandai dengan benda berat agar air Gadung dapat merembes keluar. Langkah selanjutnya adalah memindahkan serta merendam di dalam air yang mengalir selama 4 hari atau merendam di air yang mengalir sampai warna putih yang terdapat di dalam umbi Gadung hilang.

Langkah terakhir dalam proses menghilangkan atau menetralisir racun dengan cara rendaman sederhana adalah dengan dijemur . Ketahui juga macam -macam keripik unik yang ada di indonesia yang banyak orang belum mengetahuinya.

 

4. Dengan cara perabuan

Cara Pelabuan ini paling banyak digunakan untuk menghilangkan racun yang terdapat di dalam Gadung. Menetralisir racun yang terdapat di dalam umbi Gadung dengan cara perempuan sangatlah mudah yaitu hal yang pertama anda lakukan adalah mengiris tipis-tipis umbi Gadung lalu lumuri lah dengan abu dapur secara merata selanjutnya dijemur di bawah terik matahari sampai kering.

 

Manfaat dan Khasiat Gadung Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat gadung bagi kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat gadung yang baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya :

1. Sumber Bahan Makanan Pokok

Manfaat dan Khasiat Gadung Untuk Kesehatan Lainnya:

Gadung bisa dijadikan sebagai salah satu sumber makanan pokok pengganti nasi karena gadung memiliki serat karbohidrat. Meski beracun, tetapi racunnya bisa di netralisir dengan cara pengolahan yang baik dan benar. Setelah itu juga, Anda bisa menikmatinya sebagai pengganti nasi maupun sebagai  camilan yang gurih, nikmat, dan lezat.

 

2. Sebagai Tambahan Energi dan Kalori

Anda akan mendapatkan tambahan energi yang besar hanya dengan mengonsumsi umbi gadung. Karena memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang membuatnya sebagai sumber energi. Selain itu, kandungan kalori yang terdapat pada gadung memiliki kesamaan dengan umbi-umbi lainnya, seperti singkong, talas dan kentang.

3. Sebagai Insektisida dan Pestisida

Selain untuk bahan camilan atau makanan, Gadung juga bermanfaat untuk pertanian. Karena sifat alaminya yang beracun, menjadikan umbi ini menjadi salah satu bahan baku pembuatan insektisida dan pestisida. Dengan memanfaatkan racun pada umbi ini, maka hama di kebun bisa dibasmi dengan mudah. Sehingga tanaman yang di beri gadung  akan aman dari serangan dan gangguan hama liar.

 

4. Menyembuhkan Rematik

Selain beracun gadung juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit rematik. Rematik merupakan sejenis penyakit generativ yang muncul seiring dengan bertambahnya usia. Mengonsumsi umbi ini bisa mencegah terjadinya gejala-gejala dari penyakit rematik yang sering muncul.

5. Menyembuhkan Kejang Pada Perut

Meski gadung beracun tetapi umbi ini baik Loh! untuk kesehatan, terutama lambung. Jenis Umbi ini bisa membantu mencegah dan juga menyembuhkan gejala kejang pada otot di bagian perut. kejang kejang pada otot perut dapat menyebabkan perut menjadi sakit dan menyiksa, serta bisa mengganggu kelancaran dalam proses pencernaan dalam tubuh.

6. Sebagai Racun Pada Mata Kail

Racun pada umbi gadung sering dimanfaatkan untuk memancing. Selain di gunakan untuk memancing juga dioleskan pada anak panah untuk perburuan binatang liar. Dengan memakai  racun alami dari umbi satu ini, maka hewan-hewan akan dilumpuhkan dan mudah untuk di tangkap.

 

 

7. Menyembuhkan Penyakit Kusta

Penyakit kusta merupakan penyakit kulit yang mengerikan. Akan tetapi tidak perlu dikawatirkan karena gejala dari penyakit ini bisa disembuhkan atau diminimalisir dengan memanfaatkan umbi gadung.

8. Mengurangi Kemungkinan Penyakit Jantung

Gadung mempunyai sifat alami yang dapat mengontrol dan menolong untuk menurunkan kandungan kolesterol berlebih  di dalam darah. Hal inilah yang berpengaruh pada kesehatan jantung dan baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki kandungan kolesterol sangat tinggi.

 

4 Manfaat dan Khasiat Gadung Untuk Kesehatan Lainnya:

  1. Mempercepat penyembuhan luka.
  2. Menghilangkan kutil, mata ikan, dan kapalan pada kulit.
  3. Menyembuhkan luka akibat sipilis.
  4. Mengobati radang kandung empedu.

Info Usaha Keripik Gadung

Camilan dari bahan gadung ini bisa dijadikan usaha dengan prospek keuntungan yang menarik. Camilan ini memiliki target pasar yang tinggi, hampir semua kalangan tahu akan keripik gadung. Mengelola usaha ini juga sangat mudah hanya membutuhkan beberapa modal untuk membeli bahan baku dan peralatan.

Modal Usaha Keripik Gadung

Usaha keripik gadung modal hanya membutuhkan modal kecil. Bahan dan peralatan mudah didapatkan. Dengan modal sedikit ini maka bisa menghasilkan keuntungan lebih apabila mampu menjalankan usaha keripik dengan baik dan benar.

 

Bahan Baku Keripik Gadung

Bahan baku gadung bisa dibeli dengan mudah pada para petani. Harga bahan baku gadung ini sangat terjangkau dan mudah ditemukan. Bahan membuat keripik gadung sangatlah sederhana seperti garam, abu dapur, bumbu penyedap dan minyak untuk menggoreng.

 

Siapkan Peralatan Membuat Keripik Gadung

Peralatan untuk membuat keripik gadung misalnya mesin penghalus bumbu, pisau, wadah, talenan, wajan penggorengan, peniris minyak, pengemas dan peralatan lainnya.

 

Lokasi Usaha Keripik Gadung

Bisnis keripik gadung ini dapat dijalankan dirumah, usaha keripik gadung mampu dikerjakan dalam skala rumah tangga . Jika keripik gadung disukai maka bisa merambah ke usaha keripik gadung skala besar dengan menyewa tempat produksi.

Konsumen Produk Keripik Gadung

Camilan keripik gadung bertekstur empuk ,gurih dan renyah jadi semua usia dapat mencobanya. Anak, remaja dan orang tua bisa menjadi target pasar yang empuk untuk usaha keripik gadung ini.

 

Karyawan Usaha Keripik Gadung

Usaha keripik gadung bisa dijalankan sendiri bersama dengan keluarga, sehingga akan lebih menghemat biaya pengeluaran. Namun jika usaha semakin besar maka bisa menambahkan karyawan untuk membantu pekerjaan.

Pengolahan Produk Keripik Gadung

Supaya dapat mengilangkan racun yang ada dalam keripik gadung maka membutuhkan beberapa cara misalnya dengan meremas umbi supaya lunak dengan garam. Lalu jemur dengan abu dapur hingga benar – benar kering sempurna. Jika sudah gadung direndam dalam air selama 3 hingga 4 hari uuntuk menghilangkan abu. Lakukan sampai bersih dan jemur kembali sampai kering. Gadung selanjutnya bisa segera digoreng dan dikemas.

 

Promosi Usaha Keripik Gadung

Lakukan promosi keripik gadung dengan membuat spanduk lalu dipasang didepan lokasi usaha. Promosi juga bisa memanfaatkan media sosia supaya produk lebih dikenal.

 

Pemasaran Usaha Keripik Gadung

Titipkan produk keripik gadung ini di toko, toko oleh – oleh, warung makan, swalayan dan tempat lainnya. Jalin kerjasama dengan para pengelola toko supaya lebih mudah dalam memasarkan produk.

Strategi Usaha Keripik Gadung

Strategi bisa dilakukan dengan cara mengemas keripik gadung secara apik dan menarik. Dengan menambahkan label unik dan beberapa gambar. Kemas dalam kemasan yang transparan dan tebal. Buat produk sesuai dengan tahapan pengolahan supaya hasil produk tetap terjaga dan disukai.

 

Contoh Analisa Usaha Keripik Gadung

cara membuat keripik gadung

Bisnis keripik gadung perlu dihitungan secara akurat untuk mempermudah kegiatan keuangan, oleh karena itu simak dengan baik analisa usaha yang ada pada peluang bisnis keripik gadung yaitu sebagai berikut :

Asumsi  Masa Penggunaan

Kompor dan gas selama waktu 4 tahun
Wajan selama waktu 3 tahun
Pisau selama waktu 2 tahun
Talenan selama waktu 2 tahun
Padah selama waktu 3 tahun
Peniris mnyak selama waktu 4 tahun
Pengemas produk selama waktu 3 tahun
Peralatan tambahan selama waktu 1 tahun
Peralatan Harga
Kompor dan gas Rp. 545,000
Wajan Rp. 170,000
Pisau Rp. 24,000
Talenan Rp. 32,000
Wadah Rp. 150,000
Peniris minyak Rp. 650,000
Pengemas produk Rp. 300,000
Peralatan tambahan Rp. 95,000
Jumlah Investasi Rp. 1,966,000

Biaya Operasional per BulanBiaya Tetap Nilai
Penyusutan kompor dan gas 1/48 x Rp. 545.000 Rp. 22,708
Penyusutan wajan 1/36 x Rp. 170.000 Rp. 7,083
Penyusutan pisau 1/24 x Rp. 24.000 Rp. 1,000
Penyusutan talenan 1/24 x Rp. 32.000 Rp. 2,667
Penyusutan wadah 1/36 x Rp. 150.000 Rp. 4,167
Penyusutan peniris minyak 1/48 x Rp. 650.000 Rp. 18,056
Penyusutan pengemas produk 1/36 x Rp. 300.000 Rp. 25,000
Penyusutan peralatan tambahan 1/12 x Rp. 95.000 Rp. 3,958
Total Biaya Tetap Rp. 84,639

 

Biaya Variabel

Gadung Rp. 240,000 x 30 = Rp. 7,200,000
Bumbu halus Rp. 75,000 x 30 = Rp. 2,250,000
Abu dapur Rp. 50,000 x 30 = Rp. 1,500,000
Minyak goreng Rp. 130,000 x 30 = Rp. 3,900,000
Kemasan Rp. 28,000 x 30 = Rp. 840,000
Gas Lpg Rp. 26,000 x 4 = Rp. 104,000
Biaya listrik Rp. 50,000 x 1 = Rp. 50,000
Biaya air Rp. 80,000 x 1 = Rp. 80,000
Biaya tambahan lain Rp. 68,000 x 30 = Rp. 2,040,000
Total Biaya Variabel Rp. 17,964,000

 

Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel = Rp. 18,048,639

Pendapatan per Bulan
Penjualan rata – rata =
96 kemasan x Rp. 6,500 = Rp. 624,000
Rp. 624,000 x 30 hr = Rp. 18,720,000

Keuntungannya per BulanLaba = Total Pendapatan Keripik– Total Biaya Operasional
Rp. 18,720,000 – 18,048,639 = Rp. 671,361

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan = Rp. 1,966,000 : 671,361 = 3 bln

 

Usaha keripik gadung ini dapat menghasilkan keuntungan menjajikan. Pada analisa usaha diatas apabika mampu menjual sebanyak 100 kemasan maka dapat menghasilkan keuntungan perbulan mencapai Rp. 671.361 dengan waktu balik modal ialah 3 bulan