Select Page
Hallo Semuanya ,Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Keripik Kulit Pisang yang Enak dan Bikin Nagih. Kulit pisang selama ini hanya dibuang di tempat sampah atau untuk pakan sapi maupun ternak kambing. Bahkan, jika dibuang sembarangan dapat menyebabkan orang terpeleset. Buah pisang banyak disukai karena rasanya yang lezat dan kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya : vitamin A, C, mineral, serat dan gizi lainnya.Baca Selengkapnnya resep keripik pisang yang gurih
Ternyata kulit pisang juga mengandung berbagai gizi yang tidak kalah dengan isinya diantaranya mengandung serat cukup tinggi, vitamin B, C, protein, kalsium dan karbohidrat. Kulit pisang yang tidak punya nilai ekonomis itu, ternyata di tangan Lasio (58), warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, diolah kembali menjadi keripik unik.

Cara Membuat Keripik Kulit Pisang Yang Enak dan Bikin Nagih

Meski hanya dari kulit pisang, keripik kulit pisang hasil olahan Lasio ini terbilang lezat, gurih, dan sedikit sepat di lidah. Lasio yang juga sebagai ketua Koperasi Agro Murasa Boga Bantul (Amboy), Sidomulyo, Bambanglipuro ini juga pernah menciptakan keripik bonggol pisang dengan berbagai varian rasa.

Meski baru ditemukan sekitar April 2013 lalu, bahkan belum memasarkannya dalam jumlah banyak, ia tetap memperbolehkan masyarakat mengintip resep pembuatan keripik kulit pisang miliknya. Ternyata tidak sulit, hampir sama dengan pembuatan keripik lainnya.

Cara membuat keripik kulit pisang Lasio

Cara membuat keripik kulit pisang Lasio itu hampir sama dengan proses pembuatan keripik pada umumnya. Pertama, kulit pisang yang masih hijau mentah dicuci terlebih dahulu, dan kemudian direbus sekitar 1/2 jam.
Setelah ditiriskan, kulit tersebut kemudian dipotong dan diblender untuk diperas airnya. Ampaskulit pisang yang sudah halus, etelah itu dicampur dengan komposisi adonan, yakni tepung tapioka 60 persen berbanding dengan kulit pisang 40 %, serta bumbu dua macam yakni bawang putih dan garam. Jika berminat, bisa ditambah campuran ebi, daun bawang, seledri, atau terasi.
Adonan diulet dan dibungkus daun atau plastik seperti lontong untuk kemudian dimasukkan ke kulkas. Setelah itu, lontong kulit pisang tadi dikukus selama kurang lebih dua jam, untuk diiris tipis, dijemur kemudian digoreng.
Dalam pembuatan keripik kulit pisang, Lasio mengaku sempat menemui kendala seperti saat direbus hancur, karena seharusnya dikukus. Selain itu, sulit diiris karena tidak didinginkan dalam kulkas terlebih dahulu.
Menurut dia, sebaiknya kulit pisang baik digunakan masih yang mentah, karena kalau sudah matang kulit pisang akan lembek dan hitam. “Meski hanya kulit, keripik ini sudah diteliti kandungan gizinya oleh Universitas Gadjah Mada. Hasilnya positif, jadi tidak perlu diragukan,” ujarnya kepada bisnis news Viva.
Lasio mengaku belum memasarkan produknya, melainkan hanya menjual kepada para tetangga. Satu kilogram keripik mentah dibanderol Rp25 ribu atau Rp50 ribu untuk keripik yang sudah matang. Keripik yang masih mentah bisa tahan hingga enam bulan untuk disimpan.
Dari hasil penelitian team Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, ternyata ekstrak kulit pisang dapat berpotensi mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata. Karena selain terkandung vitamin B6, kulit pisang banyak mengandung serotonin yang berfungsi menyeimbangkan suasana.
Dari paparan di atas bagi Anda yang ingin memproduksi keripik kulit pisang tidak perlu ragu lagi dengan kandungan gizinya.

Resep Keripik Kulit Pisang Yang Enak dan Bikin Nagih

Cara Membuat Keripik Kulit Pisang Enak Dan Bikin Nagih

Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi keripik kulit pisang yang enak dan atau keripik kulit pisang goreng kriuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka keripik dan keripik serba kulit buah untuk oleh-oleh khas daerah.

Bahan :

  • Kulit pisang mentah
  • Air kapur sirih
  • Garam
  • Gula
  • Tepung
  • Minyak goreng

 

Cara Membuat Keripik Kulit Pisang:

 

  1. Cuci bersih kulit pisang.
  2. Siapkan air kapur sirih dengan perbandingan 1 liter air dicampur 1/2 sdt kapur sirih.
  3. Rendam kulit pisang di dalam larutan air kapur + 20 menit, lalu angkat.
  4. Siapkan larutan garam dengan perbandingan 1 liter air dicampur 1 sdt garam.
  5. Rendam kulit pisang kedalam larutan garam + 20 menit, kemudian angkat.
  6. Siapkan larutan gula ,perbandingannya 3 sdm gula dilarutkan dalam 1 liter air.
  7. Rendam kulit pisang dalam larutan gula + 20 menit, kemudian angkat.
  8. Jemur kulit pisang sampai kering + 8 jam.
  9. Kulit pisang kering siap digoreng sampai kuning kecoklatan.
  10. Anda dapat menggunakan adonan tepung, caranya setelah langkah nomor 4-7 masukkan kulit pisang ke dalam adonan tepung.
  11. Setelah keripik kulit pisang berubah warna menjadi kuning, angkat dan tiriskan.
  12. Keripik kulit pisang siap dikemas dan disajikan dengan minuman hangat.

 

Proses pembuatan keripik kulit pisang

keripik kulitSetelah makan buah pisang, jangan buang kulitnya begitu saja. Kulit pisang yang banyak mengandung vitamin B dan C serta serat yang tinggi tersebut dapat kita olah menjadi camilan yang enak yaitu keripik kulit pisang. Adapun bahan-bahan yang perlu dipersiapkan: kulit pisang yang masih segar, larutan air kapur, larutan air garam (1sdt garam dengan 1 liter air), dan larutan air gula (5 sdt gula pasir dengan 1 liter air).

Potong rapi kulit pisang dan bersihkan dengan air. Rendam ke dalam larutan kapur lebih kurang 20 menit, selanjutnya direndam ke dalam larutan garam sekitar 10 menit, dan terakhir ke larutan gula sekitar 30 menit. Setelah proses perendaman rampung, potongan-potongan kulit pisang tersebut dijemur selama sehari. Langkah terakhir adalah menggorengnya hingga kering kuning kecokelatan.

 

Cara Membuat Keripik Kulit Pisang Khas Bantul

Cara Membuat Keripik Kulit Pisang Enak Dan Bikin Nagih (4)

Banyak sekali cara untuk memanfaatkan kulit pisang ini, yang paling mudah dan sering adalah dengan cara di jus  dengan buah-buahan lainnya. Langkah  langkah pembuatan jus itu cukup easy yaitu dimulai dengan mencuci bersih kulit pisang, lalu dicincang kekcil-kecil sebelum dimasukkan  dalam blender dengan buah-buahan lain.

Setelah diblender beberapa menit, jadilah jus yang siap minum Selain dikonsumsi dalam bentuk jus, masih banyak bentuk olahan kulit pisang lainnya lho… Misalnya dibuat selai kulit pisang, yogurt kulit pisang, tepung kulit pisang, Ice Cream kulit pisang, brownies kulit pisang, nugget kulit pisang, keripik kulit pisang dan kerupuk kulit pisang. Dalam pelatihan dari Kantor Ketahanan Pangan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan  Bantul, yaitu pembuatan kerupuk kulit pisang dan berikut ini cara pembuatannya :

Bahan bahan yg dibutuhkan :

  • Kulit pisang
  • Air kapur sirih
  • Tepung tapioka
  • Bawang putih
  • Garam

Peralatan yg dibutuhkan :

  • Blender
  • Panci
  • Kukusan
  • Penggorengan
  • Tampah/ penampan

Cara pengolahan :

  1. Pilih kulit pisang yang bagus, cuci bersih lalu rendam dalam air kapur sirih untuk menghilangkan nodanoda hitam dan getahnya.
  2. Blender buah kulit pisang yang telah direndam air kapur beberapa menit.
  3. Haluskan bumbu (bawang putih dan garam) lalu campurkan dengan hasil blenderan kulit pisang dan tambahkan tepung tapioka. (Dalam praktek kemarin, hasil blenderan 5 kulit  pisang dicampurkan dengan seperempat kg tepung tapioka, dan garam + bawang putih secukupnya).
  4. Uleni adonan tersebut sampai tercampur rata, kemudian masukkan ke dalam plastik silinder, selanjutnya kukus hingga matang.
  5. Setelah matang, iris tipis-tipis lalu ditata diatas tampah/ penampan untuk dijemur.
  6. Setelah kering kerupuk siap digoreng/ dikemas
  7. Kerupuk kulit pisang dapat dikemas dalam kemasan plastik PP (atau  Poliprophilen ). Pilih plastik PP dengan volume ketebalan yang cukup untuk produk tetap renyah. Kemasan harus menggunakan sealer (penyegelan), tidak menggunakan lilin. Masukan label pada kemasan plastik. Tidak harus disertakan dalam paket label sehingga kontak langsung dengan produk.
  8. Hal ini dilakukan untuk menjaga sanitasi dan kebersihan produk.

Keripik+Kulit+Pisang

Nah.. itu dia cara pembuatan keripik kulit pisang khas Kabupaten Bantul yang renyah dan gurihnya tak kalah dengan jenis-jenis kerupuk lainnya. Dengan rasa cukup enak dan harga murah, mereka mengaku sering kewalahan menerima pesanan

Cara Membuat Dodol Kulit Pisang

Cara Membuat Dodol kulit pisang yang enak dan bikin nagih

Dodol Kulit Pisang adalah salah satu inovasi panganan semi basah dengan kadar gula tinggi sehingga dapat awet 2-3 bulanan. Keunikan bahan dan rasanya menjadikan kegiatan pembuatan camilan dodol berbahan kulit pisang sebagai salah satu alternatif usaha yang cukup potensial mendatangkan penghasilan yang lumayan. Mengapa dikatakan potensial?

Hal ini didasari oleh banyaknya orang yang suka dengan kue ini, sementara proses pembuatannya agak lama dan melelahkan sehingga jarang yang mau membuatnya sendiri di rumah, dan pada akhirnya mereka lebih memilih membeli di toko atau warung agar lebih praktis, apa lagi bahan yang unik tentu bikin para konsumen menjadi lebih penasaran untuk membelinya. Bagaimanakah resep cara membuat kue dodol kulit pisang? Silahkan dibaca uraian berikut!

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kulit buah pisang 1 kg
  • Buah pisang 1/4 kg
  • Gula merah 1/4 kg
  • Gula pasir 1/2 kg
  • Tepung ketan 1/4 kg
  • Tepung beras atau tepung terigu 1/8 kg
  • Santan kelapa 1000 ml (sekitar 5 gelas)
  • Vanili 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Air putih secukupnya

Alat-alat yang disiapkan:

Panci untuk Merebus pisau, blender, wajan besar, sodokan (pengaduk dodol), wadah, kompor dan plastik kemasannya.

Proses pembuatan kue dodol kulit pisang

buat dodol unikCuci bersih buah pisang yang telah matang, kemudian dikupas untuk mendapatkan kulit dan daging buahnya. Setelah itu, kulit pisang direbus hingga menjadi empuk.

Langkah berikutnya adalah menghancurkan atau menghaluskan kulit pisang dan buahnya dengan mesin blender sampai menjadi seperti bubur. Tuangkan adonan bubur tersebut kedalam wajan dan ditambahkan airputih dengan perbandingan 1:1. Aduk merata.

Nyalakan terlebih dahulu kompor, lalu tuangkan santan kelapa ke dalam adonan, kemudian aduk hingga mendidih dan berminyak. Jangan lupa tambahkan pula gula dan garam yang telah disiapkan.

Buat adonan tepung ketan dan tepung terigu dengan campuran air putih pada wadah lain. Setelah itu dituangkan kedalam adonan santan yang telah mendidih. Aduk pelanpelan selama 5 jam dengan sodokan agarkue dodol menjadi matang dan legit sempurna.

Untuk pengemasan, sebaiknya dodol lebih enak didinginkan terlebih dahulu, kemudian dipotong-potong sesuai selera dan dibungkus plastik atau kertas kemasan.

 

 

Keunggulan Produk Keripik Kulit Pisang

Produk keripik kulit pisang merupakan produk yang berbeda dari produk olahan keripik lainnya. Di Indonesia khususnya di Malang sangat jarang sekali produsen keripik buah yang menggunakan bahan baku kulit dari buah itu sendiri sebagai produk olahan keripik buah. Dengan adanya peluang pasar, perusahaan kami membuat suatu produk yang berbeda dengan produk sejenis lainnya agar konsumen berpikir atau tertarik untuk mencoba produk kami. Untuk memuaskan konsumen, kami menawarkan produk yang berbeda, berkualitas, serta harga yang relative murah.

Keripik kulit pisang produk kami, memiliki beberapa varian rasa yang berbeda dan menggugah selera. Varian rasa yang kami tawarkan adalah keju ,coklat, balado, dan jagung manis. Ada juga yang original bagi konsumen yang ingin merasakan ke originalan dari kulit pisang itu sendiri. Meskipun dibuat dari kulit pisang, kami memilih bahan baku kulit pisang yang memiliki kualitas terbaik. Kami menerapkan standarisasi untuk memenuhi kualitas produk kami. Proses pembuatan juga dilakukan sesuai dengan standart mutu.

Kami memproduksi kripik kulit pisang dengan 2 macam kemasan. Diantaranya kemasan 200gr dan kemasan 100gr. Harga yang ditawarkan tergolong mudah terjangkau oleh semua kalangan. Hal ini dikarenakan segmentasi pasar dari produk kripik kulit pisang kami adalah meliputi kalangan mahasiswa dan pelajar. Kripik kulit pisang kami bisa dikonsumsi oleh semua kalangan. Dalam proses produksi penggunaan bahan pengawet juga sangat diminimalkan, sehingga produk kripik kulit pisang kami tergolong produk makanan sehat.

Kulit pisang yang kami gunakan sebagai bahan baku kami dapatkan dari penjual pisang coklat. Tentunya dengan melewati tahap proses seleksi untuk mendapatkan kualitas yang baik dan aman bagi konsumen. Jenis pisang yang kami gunakan yaitu yang kulitnya tebal dan sesuai digunakan sebagai kripik kulit pisang.

Target Pasar Keripik Kulit Pisang

Menurut Ariadi Abimanju, targeting adalah mengenal segmen pasar yang telah ditentukan dan merencanakan cara apa yang paling optimal agar segmen pasar memberikan kemungkinan paling besar untuk membeli produk yang akan dijual/dipasarkan. Penentuan targeting sangat tergantung dari hal-hal seperti karakter sebuah produk, karakter segmentasi, dan tingkat persaingan terhadap segmen yang sudah dipilih. Targeting ini menentukan kepada siapa target market dari suatu produk, apakah kepada semua orang, sebagian orang atau orang-orang tertentu yang memiliki kekhususan.

Segmentasi pasar adalah membagi sebuah pasar ke dalam kelompok pembeli yang khas berdasarkan kebutuhan, karakteristik yang mungkin membutuhkan suatu produk atau bauran pemasaran yang terpisah.

Kripik buah adalah salah satu cemilan yang cukup terkenal di Indonesia. Fakta di masyarakat yang kita ketahui bahwa hampir semua produk keripik buah pada umumnya berbahan dasar dari isi buahnya.

Di Indonesia ini jarang sekali ditemukan keripik buah yang berbahan dasar kulitnya, maka dari itu disini kami ingin membuat produk yang berbeda yaitu keripik kulit pisang dimana kulit pisang ini sendiri biasanya hanya sebagai limbah dan tidak dimanfaatkan, dan agar limbah tersebut dapat dimanfaatkan maka kami membuat suatu produk keripik dengan inovasi baru dan juga untuk mengurangi pencemaran lingkungan dari adanya limbah tersebut. Berikut adalah sebuah analisis segmentasi pasar untuk Keripik Kulit Pisang:

Segmentasi Geografis

Produk ini khusus dipasarkan di kota Malang, ditujukan untuk para mahasiswa khususnya mahasiswa di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, anak-anak kost, ibu-ibu dan bapak-bapak yang berada di kota Malang, serta para wisatawan yang berkunjung ke kota Malang.

Segmentasi Demografis

Umur

Keripik kulit pisang ini dapat dikonsumsi oleh segala jenis umur, mulai dari anak kecil sekitar 5 tahun hingga orang dewasa.

Jenis kelamin

Pangsa pasar Keripik kulit pisang ini adalah laki-laki dan wanita karena makanan ini sehat juga bergizi dan tidak menimbulkan efek samping bagi pria maupun wanita.

 

Pendapatan

Karena harganya yang relatif murah, produk ini dapat dinikmati baik mereka yang berpendapatan rendah, menengah, hingga atas. Sehingga masih terjangkau untuk semua kalangan.

Segmentasi Psikografi

Produk keripik kulit pisang ini ditawarkan untuk semua status sosial (baik menengah ke bawah maupun menengah ke atas , hal ini dikarenakan harga produk yang terjangkau dan cukup murah

 

Segmentasi Tingkah Laku

Manfaat

Kulit pisang merupakan hasil samping dari pemanfaatan pisang yang dapat dijadikan makanan ringan seperti keripik kulit pisang. Walaupun kulit pisang adalah hasil samping, namun kandungan gizinya tak kalah dari buahnya. Kulit pisang mengandung serat yang baik dan tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein, dan karbohidrat.

Hasil penelitian dari tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, memperlihatkan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi jugamengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata. Selain tinggi vitamin B6, kulit pisang juga ternyata banyak terkandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood. Selain itu, ditemukan  manfaat ekstrak pisang untuk menjaga retina mata dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina.

Manfaat kulit pisang dapat kita dinikmati dalam keripik kulit pisang. Hal ini menjadi peluang bisnis baru. Para pengusaha keripik pisang tidak perlu ragu untuk memanfaatkan kulit pisang menjadi olahan keripik kulit pisang. Kelezatan keripik kulit pisang tidak diragukan lagi dengan  keripik pisang.

 

Kesetiaan Merk

Keripik kulit pisang merupakan produk yang unik dengan bahan baku kulit pisang bukan isinya, dan keripik kulit pisang ini berbeda dengan produk olahan keripik yang lain, oleh karena itu konsumen akan setia pada merk ini. mungkin sudah banyak perusahaan lain yang mulai meniru produk keripik, tapi karena masyarakat sudah terbiasa mengonsumsi keripik kulit pisang, maka sangat besar kemungkinannya jika masyarakat setia pada produk keripik kulit pisang.

Setelah menganalisis segmentasi pasar, dapat diketahui bahwa konsumen potensial terhadap merk produk kami “Keripik Kulit Pisang” ialah mahasiswa dan anak-anak kost dimana karakteristik konsumen potensial tersebut selalu ingin merasakan sesuatu hal yang baru dan berbeda contohnya seperti olahan keripik yang berbahan baku kulit pisang, serta harganya yang relative murah.

Selain itu berdasarkan analisis segmentasi, daerah-daerah yang merespon positif hadirnya produk baru ini ialah daerah-daerah yang pada umumnya susah untuk menjangkau produk makanan berkualitas tetapi murah harganya, serta daerah-daerah yang masyarakatnya berpendapatan menengah maupun keatas.

Pemasaran dan Promosi

Product atau Produk

Kualitas produk dan fisik produk menjadi bagian yang sangat penting di mata konsumen. Strategi pemasaran dalam hal produk ini kami sebagai produsen baru produk makanan ringan kripik berupaya untuk membuat kripik dengan bahan yang berbeda (belum ada), dimana produk kripik kami terbuat dari kulit pisang yang biasanya menjadi limbah dan dibuang begitu saja. Kami menambahkan beberapa varian rasa sebagai nilai tambah produk kripik kulit pisang kami. Diantara lain, rasa coklat, keju, balado, dan jagung manis.

Price Harga

Harga kripik kulit pisang yang kami pasarkan berkisar antara Rp. 6000 – 12.000,’. dimana harga tersebut termasuk wajar dipasaran mengingat harga kripik di masyarakat sendiri berkisar diantara harga tersebut, sehingga dapat dijangkau oleh berbagai kalangan masyarakat.

 Promotion :

Promosi dilakukan dengan cara menyebarkan informasi melalui mulut ke mulut, selebaran serta media online, serta memberikan tester agar masyarakat dapat mengetahui keunggulan produk kami dan menilai sendiri produk kripik kami.

Place atau Tempat:

Tempat outlet kami berada di tempat yang mudah dijangkau masyarakat, yaitu di tepi jalan raya. Sehingga masyarakat dapat lebih mudah menikmati produk kripik kami. Selain itu kami dapat menjual didalam kampus, untuk camilan mahasiswa.

Public Relation :

Kami bekerjasama dengan penjual goreng pisang sebagai penyedia bahan utama produk kripik kulit pisang. Kami juga bekerjasama dengan pemerintah dalam perijinan usaha yang kami lakukan.

 Power atau Kekuatan

Power didalam strategi pemasaran merupakan kekuatan produsen dalam hal memasarkan produknya. Kekuatan pemasaran pada Kripik kulit pisang ini, kami mampu memenuhi kebutuhan produsen akan produk kami, meskipun perusahaan kami masih terbilang baru dan kecil.