Select Page

Hallo berjumpa lagi dengan saya di artikel yang baru dan kali ini saya akan membahas tentang sayuran yang mengandung vitamin D.

Penasaran ya sayuaran apa saja yang mengandung vitamin D itu coba kita langsung kepembahasan nya, sayuran yang mengandung vitamin D.

Sumer vitamin D sangat bermanfaat untuk tubuh, untuk kamu yang mengalai masalah kesehatan karena kekurangan vitamin D perbaiki mulai sekarang.

Makanan yang Mengandung Vitamin D Super Tinggi

Sumber makanan yang mengandung Vitamin D bisa diperoleh dari berbagai bentuk yaitu buah, daging, sayuran dan sumber lainnya. Apakah kamu pernah berjemur untuk bisa mendapatkan vitamin D? Ya, cara ini memang sangat tepat agar asupan vitamin D terpenuhi secara alami.

Sementara vitamin D didapatkan secara alami dari tubuh dengan adanya bantuan sinar matahari. Kulit yang terkena sinar matahari langsung, akan mengalami proses kimiawi sehingga dapat menghasilkan vitamin D.

1. Jamur Shitake (20.8 IU/100 gram)

Jamur shitake yaitu salah satu jenis jamur yang berasal dari negara Jepang. Ini memiliki bentuk batang yang panjang dan kecil. Kepala jamur memiliki ukuran yang sangat kecil dan hampir menyerupai seperti kecambah.

Produk jamur menjadi salah satu produk impor yang dapat diolah menjadi sup, campuran masakan mie dan beberapa masakan lain. Kandungan dari vitamin D yang ada pada jamur shitake disebabkan karena pada jamur ini tumbuh di lingkungan yang terbuka dan banyak menyerap sinar matahari.

2. Kubis

Kubis atau kol iyalah sayuran yang sangat bermanfaat termasuk di dalam jenis cruciferous family atau Brassica, yang juga termasuk brokoli, kale, dan kembang kol.

Sayuran ini bisa tumbuh di setiap jenis tanah, tetapi akan tumbuh baik terutama di tanah yang sanagt subur, karena semakin subur tanah, akan semakin cepat tumbuhnya.

Manfaat Dari Sayuran yang Mengandung Vitamin D

 

sayuran yang mengandung vitamin d3

1. Manfaat Jamur :

  • Kandungan dari vitamin B komplek di dalam jamur shitake dapat menjadi sumber energi bagi tubuh, membantu produksi sel darah merah dan dapat melindungi tubuh dari anemia.
  • Jamur shitake memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk mengelola sistem kekebalan pada tubuh, mencegah kerusakan tulang dan juga memperkuat kepadatan gigi.
  • Mineral di dalam jamur shitake seperti magnesium, kalsium dan fosfor dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sehat.

2. Manfaat kubis

  • Anti-inflamasi (peradangan) yaitu kubis sebagai sumber dari asam amino glutamine dan diyakini untuk membantu mereka yang menderita semua jenis peradangan.
  •  Mencegah resiko katarak karena kubis juga tinggi beta-karoten yang dapat membantu melindungi terhadap usia terkait degenerasi macular dan mencegah katarak.
  • Kubis adalah pilihan diet yang bagus bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan. Satu cangkir kubis yang dimasak hanya mengandung 32 kalori. Itulah sebabnya mengapa orang yang diet, sup kubis dapat di makan dalam jumlah banyak, dari sup tanpa kenaikan berat badan, sementara tubuh masih tetap sehat.

Baca juga ya artikel saya yang lain seperti semoga bermanfaat Cara Membuat Keripik Labu Siam.

Sumber Vitamin D Lainnya

  1. Susu, Vitamin D 40 IU, 10% DV
  2. Keju , Vitamin D 16 IU/ 100 gram  – 4 % Daily Value
  3. Bayam
  4. Kacang kedelai
  5. Telur, Vitamin D 35 IU, 9% DV
  6. Orange juice
  7. Jamur Tiram
  8. Es krim vannila
  9. Daging Sapi
  10. Es krim cokelat
  11. Queker Oat
  12. Jamur Putih

Fungsi Vitamin D untuk Kesehatan

Vitamin D memiliki karakteristik sangat khusus dibandingkan dengan vitamin lainnya. Tubuh bisa mendapatkan vitamin D secara alami ketika bagian kulit yang terkena sinar matahari.

Keunikan dari vitamin D yaitu ketika ada bagian vitamin D di dalam tubuh yang berubah fungsi menjadi hormon atau kalsitriol. Peran vitamin D dapat sangat beragam untuk membentuk tubuh sehat. Vitamin D bisa di dapat dari sayuran yang mengandung vitamin D, tidak harus dari daging. Berikut ini berbagai macam fungsi vitamin D untuk tubuh :

  1. Vitamin D mampu membantu penyerapan magnesium dan kalsium ke semua bagian tubuh yang memerlukan.
  2. Menjaga kebutuhan kadar kalsium dan fosfor dalam darah.
  3. Vitamin D mempunyai peran yang sangat besar yaitu untuk mengendalikan laju pertumbuhan tulang dan gigi.
  4. Semua vitamin D yang dihasilkan tubuh bisa mendukung fungsi otot tubuh seperti otot pada jantung, paru-paru, dan otak sehingga tubuh dapat melawan infeksi.

Efek Kekurangan Vitamin D

Vitamin D lebih banyak diremehkan dari pada jenis vitamin lain. Namun kekurangan vitamin D dapat menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan yang sangat serius. Jika kekurangan vitamin D terjadi pada tubuh maka dapat menyebabkan masalah kesehatan, yaitu :

  1. Rakhitis adalah jenis gangguan tulang yang dapat terjadi pada anak-anak karena kekurangan vitamin D. Penyakit ini menyebabkan tulang akan menjadi lebih lunak dan rapuh karena pertumbuhan tulang lunak tidak bisa mendapatkan mineral (kalsium) yang cukup. Gejala penyakit ini ditunjukkan dengan adanya kelainan bentuk tulang, tulang menjadi rapuh, bentuk struktur tulang akan menjadi lebih tipis dan rapuh.
  2. Penyakit rakhitis juga bisa menyerang orang dewasa dan lebih sering disebut dengan istilah lain yaitu osteomalacia.
  3. Beberapa penelitian juga menunjukkan kekurangan vitamin D dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan tekena beberapa jenis penyakit degeneratif yaitu, seperti serangan jantung dan kanker.
  4. Tubuh yang memiliki kadar vitamin D yang rendah juga mempunyai resiko terkena beberapa penyakit seperti gangguan kesehatan pernafasan (asma), depresi parah, diabetes, hipertensi dan Alzheimer.

Jika kamu ingin menjalani hidup sehat jangan sampai lupa untuk banyak mengkonsumsi vitamin yaitu salah satunya dengan banyak mengkonsumsi sayuran yang mengandung vitamin D.

Pemicu Kekurangan Vitamin D pada Tubuh

Tubuh selalu memiliki cara yang berbeda untuk bisa merespon berbagai masalah pada kesehatan, termasuk bila tubuh mengalami kekurangan vitamin D.

Gejala otot yang lemah, badan yang kurang bersemangat dan nyeri pada otot biasanya tidak disadari karena dan dianggap hanya karena kelelahan saja. Berikut ini yaitu berbagai masalah pemicu kekurangan vitamin D yang harus kita waspadai :

  1. Pola diet yang salah, Karena pada dasarnya adanya berbagai jenis zat pada makanan yang bisa membantu tubuh untuk bisa mendapatkan vitamin D. Namun banyak orang tidak mau untuk mengkonsumsi makanan ini karena sedang menjalankan program diet. Jenis diet vegetarian adalah salah satu resiko yang paling besar untuk mengalami kekurangan vitamin D. Diet yang tidak seimbang dengan beberapa jenis makanan lain seperti telur, ikan dan daging menjadi salah satu pemicu kekurangan vitamin D yang sangat besar.
  2. Gaya hidup tidak baik atau tidak. Pola hidup dengan pekerjaan yang sibuk di kantor dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin D. Hal ini disebabkan karena tubuh kurang mendapatkan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Untuk dapat mencegah kekurangan vitamin D sebaiknya konsumsilah berbagai jenis makanan yang kaya kandungan vitamin D.
  3. Kelebihan melanin yang dapat menyebabkan kulit tidak dapat menyerap vitamin D juga. Hal ini lebih sering terjadi pada orang dewasa atau orang tua yang sudah mengalami perubahan warna kulit karena faktor usia.
  4. Gangguan kesehatan di ginjal. Orang tua yang memiliki masalah gangguan penyakit pada ginjal juga memiliki resiko kekurangan vitamin D. Ginjal yang tidak mampu mengkonversi vitamin D bagi tubuh akan menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya.
  5. Gangguan penyerapan vitamin D pada organ pencernaan sehingga tubuh tidak bisa mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.
  6. Orang yang mengalami obesitas memiliki resiko kekurangan vitamin D karena proses penyerapan vitamin D oleh darah akan terganggu oleh lemak di dalam tubuh.

 

Tips Mencegah Kekurangan Vitamin D

Tidak semua jenis makanan  memiliki kandungan vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Untuk dapat mencegah kekurangan vitamin D maka kita dapat menjaga asupan makanan dengan banyak mengkonsumsi sayuran yang mengandung vitamin D dan melakukan olahraga yang dilakukan dibawah sinar matahari.

Berada di bawah sinar matahari selama kurang lebih 20 menit selama tiga kali seminggu bisa mencukupi kebutuhan vitamin D. Tapi, jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi sayuran yang mengandung vitamin D.

Manfaat Vitamin D Saat Puasa

Puasa bisa memengaruhi hormon paratiroid dan bisa berperan penting dalam meningkatkan kesehatan tulang. Hormon paratiroid dipengaruhi adanya perubahan dalam ritme sirkadian dan membantu metabolisme kalsium dan fosfat serta proses pembentukan tulang.

Dengan manfaat tersebut, mengkonsumsi vitamin D saat puasa dapat bekerja sama untuk memudahkan proses penyerapan pada kalsium dan fosfat, sehingga tulang akan tetap sehat.

Selain itu, vitamin D bisa membantu mengatur sistem kekebalan pada tubuh. Jadi mengonsumsi vitamin D pada saat puasa bisa menjaga tubuh agar tetap kuat dan bugar karena sistem kekebalan pada tubuh tetap terjaga. Juga, membuat tubuh agar terhindar dari penyakit.

Oleh sebab itu, kebutuhan kalsium dan vitamin D ketika menjalankan puasa menjadi penting untuk menjaga kesehatan tubuh kamu selama sebulan menjalani ibadah puasa.

 

Menggali Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan

 

sayuran yang mengandung vitamin d2

Sebelum hendak membahas mengenai manfaat vitamin D, perlu kamu ketahui bahwa tubuh membutuhkan sedang membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium dan meningkatkan pertumbuhan pada tulang. Jika kadar vitamin D dalam tubuh kamu sedikit, maka risiko yang bisa dialami adalah tulang rapuh, osteomalasia dan rakitis

Bahkan, kekurangan vitamin D dalam tubuh juga telah dikaitkan dengan kanker payudara, besar, kanker prostat, penyakit jantung, kanker usus depresi, berat badan, dan penyakit lainnya. Vitamin D juga dapat memainkan peran utama dalam siklus hidup sel pada manusia.

Gejala kekurangan vitamin D antara lain yaitu : mual, muntah, konstipasi, berat badan menurun, gatal-gatal, gangguan irama jantung, kurangnya nafsu makan, hingga kerusakan pada ginjal.

Perlu kamu diketahui juga, sebenarnya vitamin D bukanlah semata-mata hanya sekedar vitamin karena vitamin D sendiri dianggap sebagai pro-hormon, vitamin ini mampu diproduksi oleh tubuh manusia. Vitamin D sendiri berasal dari tiga sumber utama yaitu makanan, sinar matahari dan suplemen.

Dengan bantuan sinar matahari, vitamin D yang diserap oleh kulit dibentuk di dalam tubuh. Namun vitamin D juga bisa diperoleh dari daging merah, tuna, salmon, hati, dan kuning telur.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari vitamin D, di antaranya :

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat vitamin D yang pertama yaitu kemampuannya meningkatkan daya ingat. Bagi kamu yang sudah lanjut usia sebaiknya untuk lebih perhatian lagi terhadap asupan vitamin D, sebuah penelitian menemukan orang yang lanjut usia berisiko mengalami kekurangan vitamin D dan mengalami penurunan daya ingat, analisis, dan kemampuan untuk dapat fokus, dibanding orang yang lanjut usia dengan kadar vitamin D yang cukup dalam tubuhnya.

Namun, temuan terkait hal ini masih harus diperlukan penelitan lanjutan terkait apakah penggunaan suplemen vitamin D bisa memperlambat penurunan fungsi mental atau mencegah terjadi gangguan daya ingat.

Menurunkan Berat Badan

Sejumlah penelitian mengungkapkan, orang yang mengalami obesitas sering kali memiliki kadar vitamin D yang sangat rendah. Lemak ini dapat membuat vitamin D terperangkap di dalamnya sehingga tidak bisa dimanfaatkan oleh bagian tubuh yang lainnya.

Meski begitu, apakah obesitaslah yang menyebabkan rendahnya kadar vitamin D atau malah justru sebaliknya, para pakar kesehatan belum dapat memastikannya dengan pasti.

Akan tetapi, sebuah penelitian lain menemukan bahwa menambahkan vitamin D pada diet rendah kalori, hal itu dapat membantu orang dengan berat badan berlebih yang memiliki kadar vitamin D yang rendah untuk menurunkan berat badannya.

Mengatasi Depresi

Manfaat dari vitamin D berikutnya yaitu mengurangi risiko gangguan saraf dan depresi. Vitamin D ini diperacaya berperan dalam perkembangan dan fungsi otak. Saat vitamin D di dalam tubuh seseorang tercukupi, risiko terkena depresi bisa berkurang.

Mencegah Kanker

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker payudara, kanker usus besar dan kanker prostat yaitu dengan memenuhi asupan vitamin D.

Manfaat vitamin D bisa didapatkan karena hormon aktif vitamin D yang disebut calcitriol dapat memperlambat perkembangan pembuluh darah baru di jaringan kanker, mengurangi perkembangan sel kanker dengan meningkatkan kematian sel kanker serta mengurangi penyebaran sel kanker.

Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Apabila ibu hamil mengalami kekurangan vitamin D, hal itu bisa berdampak pada kondisi tulang pada janinnya. Pada akhirnya, risiko terkena rakitis pun bisa meningkat.

Penelitian menunjukkan adanya kemungkinan hubungan antara rendahnya vitamin D pada wanita hamil dengan meningkatnya risiko saat kehamilan seperti preeklampsia, diabetes gestasional, kelahiran prematur dan infeksi bakterial vaginosis.

Namun, hal yang penting lain yang harus jadi perhatian adalah terlalu tingginya kadar vitamin D saat hamil juga tidak baik karena akan meningkatkan risiko alergi makanan pada anak.

Mencegah Diabetes

Bagi kamu yang ingin mencegah terjadinya diabetes, sepertinya kamu harus bisa mendapatkan manfaat vitamin D. Meningkatnya kadar vitamin D di dalam tubuh terkait dengan semakin rendahnya risiko diabetes tipe 2. Jika kadar vitamin D di dalam tubuh terlalu rendah, hal itu dapat berdampak pada toleransi glukosa dan produksi insulin.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat vitamin D lainnya iyalah dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Jika kadar vitamin D di dalam tubuh rendah hal itu akan menimbulkan masalah seperti serangan jantung dan stroke. Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk bisa mengetahui dosis vitamin D yang tepat supaya risiko penyakit dapat diturunkan.

Perlu diingat bahwa tingginya kadar vitamin di dalam tubuh dapat membahayakan jantung dan pembuluh darah karena hal itu dapat meningkatkan kadar kalsium di dalam darah.

Meningkatkan Sistem Imunitas

Sebuah penelitian menemukan seseorang dengan kadar vitamin D yang rendah dapat berisiko terkena multiple sclerosis dan beberapa penyakit tiroid, artritis hingga psoriasis. Sedangkan, vitamin D sendiri turut serta dalam memengaruhi sistem imunitas di dalam tubuh. Oleh sebab itu, agar kamu tidak terkena sejumlah penyakit tersebut, kamu harus mengkonsumsi vitamin D.

Sangat menakutkan sekali penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin D, jika anda tidak ingin terkena penyakit – penyakit tersebut mari  kita jaga pola makan kita dengan mencukupi asupan sayuran yang mengandung vitamin D, atau pun mengkonsumsi makanan yang lain.

Demikian dulu ya artikel yang dapat saya ulas kali ini, Ayo perbaiki lagi pola makan anda dengan mengkonsumsi sayuran yang mengandung vitamin D agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit yang dapat membahayakan untuk tubuh, Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bagikan info ini kepada seluruh orang di sekitar anda. Semoga bermanfaat simak artikel ku yang lain ya…