Select Page

Cara Membuat Keripik Kulit Manggis. Manggis adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Semenanjung Malaya dan menyebar ke Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter.

Selain buahnya bisa dimakan langsung, kulit manggis juga bisa dolah menjadi keripik guna dijadikan Bisnis Keripik kulit Manggis dan Anaisis Usahanya.

Cara Membuat Keripik Kulit Manggis

Cara Membuat Keripik Kulit Manggis

 

Bahan yang Dibutuhkan

  • kulit Manggis
  • Gula ( untuk keripik manis )
  • Garam ( untuk keripik asin )
  • Tepung terigu
  • Minyak goreng

Cara Membuat Keripik Kulit Manggis

  1. Cuci bersih kulit manggis, lalu potong kulit manggis itu menurut selera.
  2. Rendam kulit manggis untuk beberapa saat dalam larutan air tawas bersama perasan jeruk nipis, gula/garam. gula untuk keripik manis, dan garam untuk keripik asin.
  3. Jemur hingga kering kurang lebih 8 jam diatas panas matahari
  4. Ulangi langkah nomor 2.
  5. Anda dapat mencelupkan kulit manggis tadi dalam adonan tepung dan air bila anda menginginkan keripik dengan tepung.
  6. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan.
  7. Angkat, tiriskan, dan sajikan selagi panas.

Sekarang sudah ada mesin vacuum frying berkualitas yang bisa mempermudah anda dalam hal penggorengan keripik.

Jenis-jenis Buah Manggis

Cara Membuat Keripik Kulit Manggis

 

Manggis merupakan sebuah pohon tropis yang tumbuh dalam suhu hangat dan stabil, paparan suhu di bawah 0 °C (32 °F) untuk jangka waktu yang lama, umumnya akan membunuh tanaman dewasa.

Ada beberapa jenis buah manggis yang cocok untuk cara membuat keripik kulit manggis. Brikut ini jenis buah manggis yang cocok diolah untuk dijadikan keripik dan beberapa jenis camilan yang enak lainnya.

 

Buah Manggis Tanpa Biji

Manggis yang mendapat gelar sebagai ratu buah tidak saja disukai oleh orang Malaysia dan Indonesia. Masyarakat Jepang dan Eropa pun sangat menyukai buah yang rasanya manis ini.

Terbukti dari data ekspor buah Biro Pusat Statistik, manggis menduduki rangking kedua dengan total 450 ton per tahun. Sayangnya, faktor kualitas dan musim panen menjadi kendala.

Satu Varietas

Masalah yang sama juga terjadi di Malaysia. Karenanya, disana sedang digalakkan penanaman manggis, walau perkembangannya sangat lambat. Masyarakat enggan menanam pohon manggis, sebab untuk berbuah diperlukan waktu yang sangat lama.

Selain itu, belum adanya kultivar yang bisa berbuah setiap tahun dengan mutu dan ukuran buah seragam, juga menjadi kendala dalam menggalakkan perkebunan manggis.

Untuk mengatasi hal ini Institut Penyelidikan dan Kemajuan Pertanian Malaysia (MARDI) terus melakukan penelitian, untuk memperoleh buah bermutu tinggi dengan ukuran seragam.

Panen raya manggis di Malaysia jatuh pada bulan Juni-Agustus, sedang panen kecil pada bulan Desember sampai Februari.

Manggis yang dipercaya berasal dari Malaysia ini bersifat apomiktik, yakni buah bisa terbentuk tanpa ada penyerbukan terlebih dahulu. Dari pengamatan MARDI, di Malaysia hanya ada satu varietas, meskipun pohon manggis ini merupakan pohon berumah dua.

Walaupun tidak ada perbedaan yang nyata, namun diketahui ada beberapa kultivar yang memiliki ciri-ciri khusus dan dinilai bersifat unggul. Sifat unggul itu bisa digunakan sebagai bahan dalam program pemuliaan untuk meningkatkan mutu buah, terutama yang tanpa biji.

Manggis Tanpa Biji

Ukuran buahnya sama seperti manggis biasa, dengan berat rata-rata sekitar 80 gram. Namun  buah manggis tanpa biji ini memiliki kulit yang lebih tipis, sehingga isi buah yang bisa dimakan lebih banyak dibandingkan jenis lainnya.

Kultivar ini sangat potensial untuk dikembangkan atau disilangkan dengan kultivar lain, sehingga bisa didapatkan buah berkualitas tinggi.

Masta

Di daerah Temerloh, Pahang, terdapat pohon manggis yang lebih dikenal dengan nama masta (mesta) atau seta oleh penduduk setempat.

Bentuk buahnya lebih lonjong daripada manggis biasa, kulitnya lebih tebal, rasanya manis tetapi agak kering, dan isi yang bisa dimakan lebih sedikit dibandingkan manggis biasa.

Manggis Buah Kecil

Manggis ini banyak ditemukan di daerah Perak. Ukuran buahnya lebih kecil dengan berat rata-rata hanya 60 g, tetapi rasanya lebih manis daripada manggis biasa. Jumlah biji (buah) lebih banyak daripada manggis biasa.

Manggis Buah Besar

Disebut manggis buah besar, karena jenis ini memang mempunyai ukuran buah paling besar di antara kultivar-kultivar yang ditemukan di Malaysia. Berat buah rata-rata 100 gram namun isinya sedikit. Sosok pohon dan sifat lain sama dengan manggis biasa.

Selain manggis yang buahnya memiliki ciri khusus tersebut, pada tahun 1987 di daerah Linggi ditemukan pohon manggis yang bunganya tidak pernah berubah menjadi buah. Oleh penduduk setempat kultivar ini dinamakan manggis jantan.

 Jenis Olahan Buah Manggis

Cara Membuat Keripik Kulit Manggis, saya juga akan menunjukan jenis olahan dari manggis lainnya.

Kue Bolu Manggis

Selain diolah cara membuat keripik kulit manggis. Manggis juga dapat diolah menjadi camilan enak seperti Kue Bolu Manggis

Bahan untuk Membuat Kue Bolu manggis

  • Tepung terigu protein sedang 100 g
  • Santan bubuk 25 g
  • Baking powder 1/2 sdt
  • Putih telur 150 ml
  • Gula halus 200 g
  • Garam 1/4 sdt
  • Cake emulsifier 1/2 sdm
  • Susu kental manis 40 ml
  • Santan cair 100 ml
  • Esens vanila 1 sdt
  • Pewarna coklat tua secukupnya
  • Buttercream 100 g

Cara Membuat Resep Kue Bolu Manggis

  1. Kocok putih telu dengan gula,garam serta cake emulsifier samapai kental dan mengembang,sambil menuggu terus dikocok kemudian tambahkan susu kental manis.
  2. Kemudian masukkan tepung terigu bersama santan bubuk,baking powder dan esens vanila,aduk hingga tercampur rata.
  3. Tuang santan dan aduk-aduk hingga tercampur rata semua bahan,bagi adonan menjadi 2 bagian,lalu satu bagian tambahkan pewarna coklat tua,aduk rata.
  4. Tuang adonan yang berwarna putih ke dalam 2 loyang bergerigi (20 x 12 x 3 cm) dan adonan berwarna coklat dalam loyang polos (20 x 20 x 3 cm) yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas roti,
  5. Kemudian kukus selama 25 menit,hingga matang,angkat dan dinginkan.
  6. Oles permukaan bolu yang bergerigi dengan menggunakan buttercream,kemudian gulung hingga padat dan lapisi dengan bolu warna coklat yang telah diolesi buttercream.
  7. Gulung bolu hingga agak padat,lalu simpan dalam lemari es selama 30 menit potong bolu hingga menyerupai buah manggis.Kemudian Sajikan.

 

 Milk Shake Manggis

Selain diolah cara membuat keripik kulit manggis. Manggis juga dapat diolah menjadi camilan enak seperti Milk Shake Manggis

Bahan Untuk Membuat Milk Sake Manggis:

  • 3 buah manggis yang telah matang
  • 50 ml susu cair
  • 1 sdm simple sirup. bisa menggunakan gula pasir
  • Es serut secukupnya

Cara Membuat Milk Sake manggis:

  1. Kupas manggis, buang bijinya
  2. Campurkan semua bahan, yaitu manggis, susu cair, es serut dan sirup. Blender semua bahan hingga halus
  3. Milk Shake manggis Siap disajikan

Manggis juga bisa digunakan untuk bahan dasar penggunakan es krim menggunakan mesin es krim.

Salad Buah

Selain diolah cara membuat keripik kulit manggis. Manggis juga dapat diolah menjadi camilan enak seperti Salad Buah

Bahan Untuk Membuat Salad Buah Manggis

  • 1 buah naga
  • Keju parut secukupnya
  • 1 buah apel fuji
  • 1 buah manggis
  • Mayonaise atau bisapake mayumi

Langkah Membuat Salad Buah Manggis

  1. Kupas dan potong-potong buah.
  2. Tambahkan mayonaise.
  3. Beri keju parut untuk mayonaise dan keju beri sesuai selera.Salad Buah Manggis siap di sjikan .

 Kulit Manggis untuk Obat Amandel

Amandel merupakan penyakit pada kerongkongan, yang biasanya menyerang anak-anak. Penyakit amandel yang membengkak bisa berbahaya jika tidak cepat-cepat diobati, karena dapat menutup jalannya pernapasan.

Gejalanya :

  • Rasa sakit untuk menelan makanan,
  • Pernapasan kurang lancer.
  • Badan lemas, malas dan banyak ngantuk.
  • Badan jadi panas.

Bahan Yang Diperlukan

  • Kulit manggis kering  = 15 gr
  • Minyak permen = 2 sendok.

Cara Membuatnya 

  1.  Rebus Kulit Manggis dengan 2 botol air sampa jmendidih sekali, hingga tinggal 1 botol airnya.
  2. Setelah itu teteskanlah minyak permen kedalamnya dan diaduk.

Cara menggunakan 

  • Gunakan untuk berkumur 3 kali dalam sehari.

Manfaat Buah Manggis

Cara Membuat Keripik Manggis

Selain diolah menjadi cara membuat keripik kulit manggis. Buah manggis juga memiliki banyak manfaat .

Buah manggis juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mencegah perkembangan penyakit jantung serta diabetes.Bahkan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh BioMed Central Akses, buah manggis bisa menurunkan tingkat protein C-reaktif.

Obat Awet Muda

Zat antioksidan yang terdapat pada  buah manggi baik untuk kesehatan serta mampu menghambat penuaan. Zat ini mampu memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang rusak dan dapat menggantinya dengan yang baru.

Menghambat Pertumbuhan Kanker

Manfaat manggis yang perlu Anda ketahui adalah buah ini banyak mengandung xanthoneyang merupakan senyawa anti-kanker.Bahkan ektrak dari kulit manggis yang memiliki sifat apoptosis (penghancur sel kanker).

Bagi Anda yang suka dengan buah manggis jangan terburu-buru membuang kulitnya, karena justru kulitnya banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh.

Perawatan Kulit

Sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-jamur, anti-alergi, dan anti-oksidan pada buah Manggis bisa membantu mengurangi risiko berbagai kondisi seperti peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi, dan infeksi bakteri.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah manggis kaya dengan nutrisi, mineral, vitamin, dan xanthone yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nurtisi tersebut bisa melindungi tubuh dari penyakit yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Sifat Antioksidan

Antioksidan dalam buah manngis mengandung penguat sel yang disebut sebagai xanthone, yang mengandung berbagai sifat memiliki nilai obat. Inilah sebabnya mengapa buah manggis  dapat disebut sebagai buah penyembuhan dan dapat digunakan untuk mencegah penyakit.

Mempercepat Penyembuhan

Buah manggis yang memiliki sifat anti-bakteri dan juga anti-radang, dapat bermanfaat sebagai minuman obat dan bisa juga untuk mempercepat penyembuhan luka.

Daun serta kulit pohon manggis bisa juga dicampur dengan ramuan obat lain dan bisa  diterapkan pada luka untuk mempercepat proses pemulihan .

Cara membuat minuman obat dari buah manggis ini sangan mudah dengan hanya merebus daun dan kulit pohon.

Mengobati Diare dan Disentri

Kulit manggis dan daging buah manggis sangat efektif dalam upaya membantu menyembuhkan gangguan perut seperti diare serta disentri.

Mengobati Masalah Menstruasi

Untuk para perempian  kalian bisa coba buah manggis untuk mengatasi menstruasi kalian, karena akar manggis dapat membantu mengatur siklus menstruasi.

Manfaat manggis  bisa juga unuk meringankan gejala yang sering terjadi ketika sebelum menstruasi yang membuat sulit bagi wanita untuk melakukan rutinitas mereka sehari-hari mereka.

Mengontrol Diabetes

Manggis merupakan obat alami, yang sangat efektif dalam mengelola dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Selain khasiat manggis yang begitu besar, buah manggis ini juga mudah untu didapatkan dan sangat mudah dijangkau!

 

Cara Mengolah Kulit Manggis

Selain diolah Untuk bisa memperoleh manfaat dari buah manggis secara maksimal kita hanya menyeduh potongan kulit manggis.

Caranya,kita hanya perlu potong-potong kulit manggis , setelah itu kulit manggis direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Kemudian saring air rebusan kulit manggis dan konsumsi secara teratur sebanyak 2-3 kali sehari.

Efek Samping Akibat Makan Buah Manggis Secara Berlebihan

Cara MEmbuuat Keripik Kulit Manggis

 

 

Selain enak diolah menjadi  Cara Membuat Keripik Kulit Manggis dan aneka macam camilan enak serta memiliki banyak manfaat. Buah manggis juga memiliki efek sampig bagi orang yang terlalu sering mengkonsumsi buah manggis.

Menyebabkan Reaksi Alergi

Dilaporkan bahwa mengonsumsi buah manggis bisa menyebabkan reaksi alergi ringan seperti gatal-gatal, kulit kemerahan, bengkak dan ruam pada penderita hipersensitif.

Tak hanya itu, buah manggis juga dapat menyebabkan gejala serius seperti pembengkakan mulut, bibir atau tenggorokan, sesak pada dada atau nyeri. Gejala-gejala ini tidak boleh diabaikan dan konsumsi buah manggis harus segera dihentikan secepatnya.

Penyebab Asidosis Laktat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Memorial Sloan-Kettering Cancer Centre, mengamati bahwa konsumsi jus manggis setiap hari selama 12 bulan dapat menyebabkan asidosis laktik berat.

Kondisi ini ditandai dengan terjadinya akumulasi asam laktat yang tidak normal dalam aliran darah. Gejalanya mencakup  mual dan lemas. Jika tidak ditangani dengan cepat, hal ini bisa menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius seperti syok.

Segera hubungi dokter jika kamu mengalami salah satu gejalanya setelah mengonsumsi jus atau ekstrak manggis. ‘

Mengganggu Proses Kemoterapi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah manggis dapat mengganggu efek pengobatan radiasi dan obat kemoterapi. Hal ini karena obat kemoterapi tertentu bergantung pada produksi radikal bebas untuk melawan dan menghancurkan tumor.

Antioksidan kuat yang terkandung dalam buah manggis bisa menghilangkan radikal bebas tersebut dan menjadi penghalang dalam pengobatan kanker.

Tidak Cocok Untuk Penderita Diabetes

Salah satu efek samping jus buah manggis yang ada di pasaran  adalah kandungan kadar gulanya yang tinggi, terutama jika dicampur dengan buah-buahan lainnya. Sebenarnya buah manggis segar tidaklah berbahaya bagi penderita diabetes.

Mengganggu obat yang berkaitan dengan gula darah. Jika kamu sedang menjalani pengobatan diabetes, dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan praktisi medis sebelum mengkonsumsi buah ini, ya!

Menghambat Proses Pembekuan Darah

Tubuh kita memiliki kemampuan alami untuk mencegah pendarahan. Konsumsi buah manggis secara berlebihan bisa mempengaruhi proses tersebut, karena xanthone yang terkandung di dalamnya dapat mengganggu proses pembekuan darah normal

. Zat tersebut juga bisa bereaksi dengan obat pengencer darah seperti warfarin dan menyebabkan perdarahan gastrointestinal.

Bisinis Keripik Kulit Manggis Dan Analisis Usahanya

Carr Membuat Keripik Kuit Manggis

 

Selain untuk  Cara Membuat Keripik Kulit Manggis. Kripik dari manggis dapat dijadikan alternatif usaha untuk meningkatkan penghasilan keluarga, khususnya masih duduk di bangku kuliah, merupakan peluang yang sangat besar.

Mengingat bahan bakunya sangat mudah didapatkan dan tidak memerlukan biaya yang sangat besar.Pada umumnya biaya yang dikeluarkan hanya biaya bahan baku, pengangkutan dan tenaga kerja.

Target Konsumen dari Produk Kripik Manggis

semua lapisan masyarakat baik dari kalangan menengah ke atas hingga kalangan menengah ke bawah.

Potensi dan Segmen Pasar

Kripik ini mempunyai harga yang relatif murah dan dapat terjangkau untuk semua kalangan masyarakat serta mempunyai khasiat obat herbal yang mampu mencegah dan menyembuhkan pendarahan.

Pesaing dan Peluang Pasar

Pesaing usaha ini ada satu tipe yaitu pesaing dekat.Pesaing dekat adalah produk kripik yang telah ada terlebih dahulu di pasaran dengan berbagai rasa.

Usaha ini memiliki peluang yang sangat besar mengingat inovasi dalam memanfaatkan manggis yang belum diproduksi berupa kripik, terlebih lagi di dalam produk kripik  ini ditambahkan rasa manis, gurih yang banyak diminati oleh banyak masyarakat.

Media Promosi

Ada beberapa alternatif yang dapat digunakan dalam mempromosikan produk ini, sehingga dapat dikenal oleh masyarakat dan menjadi pilihan masyarakat. Media ini berupa pamflet, brosur, iklan di media massa cetak dan elektronik, serta dapat dipromosikan secara langsung.

Strategi Pemasaran

Pertama yang dilakukan untuk mempromosikan produk ini adalah dengan mempublikasikan dan mengenalkan produk kripik manggis ini kepada masyarakat

.Cara yang bisa ditempuh yaitu pertama dengan membuat kesan pertama yang baik dan unik kepada masyarakat yaitu dengan membuat sempel yang diserasikan dengan roti lalu masyarakat diminta untuk mencicipinya dengan gratis.

Yang kedua dengan selembaran tentang produk kripik kulit manggis ini.Selembaran ini dapat ditempel di tempat-tempat umum atau tempat-tempat yang mudah dilihat orang banyak guna mempublikasikan dan kripik manggis lebih jauh.

Cara yang lain dengan mempublikasikan produk ini melalui koperasi mahasiswa dan koperasi desa.

Setelah melewati tahap pempublikasian, kripik  manggis ini diluncurkan ke masyarakat.Cara yang dapat ditempuh dengan menitipkan produk-produk ini ke warung-warung atau toko, bisa juga dititipkan di koperasi-koperasi.

Mengikut sertakan produk ini dalam bazar juga merupakan pilihan tepat untuk memasarkan produk ini karena dapat menjaring konsumen baru.

Demikian sekilas info Cara Membuat Keripik Kulit Manggis yang bisa Saya sampaikan. Semoga saja dengan adanya ulasan artikel yang kami suguhkan ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan usaha untuk dijalankan, selain itu kami juga membahas mengenai cara membuat keripik melon jadi jangan lewatkan artikel kami yang lain

 

× Whatsapp Kami!