Select Page

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar – Ubi jalar adalah salah satu tumbuhan yang banyak mengandung karbohidrat. Ubi jalar bisa dijadikan sebagai salah satu bahan masakan yang diolah dengan berbagai jenis pengolahan misalnya cara membuat keripik ubi jalar ini.

Berbagai jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar ubi jalar, contohya ubi jalar dapat dibuat menjadi keripik yang renyah dengan cara membuat keripik ubi jalar yang baik, itulah resep yang akan kami bahas pada artikel kali ini.

Keripik ubi jalar adalah makanan ringan yang banyak diminati oleh semua orang. Selain rasanya yang enak dan renyah, keripik ubi jalar bisa dijadikan sebagai cemilan yang bisa menemani anda disaat sedang santai.

Ubi jalar ternyata mempunyai  beberapa golongan dalam jenis warnanya seperti putih kekuningan atau ada juga ubi jalar yang berwarna ungu. Membuat Keripik Ubi jalar itu mudah dan keripik ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan seperti halnya kerupuk sayuran dengan cara membuat kerupuk sayuran yang benar.

Untuk cara membuat keripik ubi jalar kali ini kami akan menggunakan bahan dasar ubi jalar yang berwarna ungu sehingga membuat makanan ini menjadi lebih menarik lagi. Nah Langsung saja, simak langkah-langkah cara membuatnya dibawah ini kami akan sajikan resep dan cara membuat keripik yang manis dan renyah :

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar

Berikut adalah cara membuat keripik ubi jalar yang manis dan renyah:

?

Bahan Cara Membuat Keripik Ubi Jalar:

  • 1 kg ubi ungu yang masih segar dan sudah matang
  • 200 gr gula pasir
  • 2 sendok makan air kapur sirih
  • air bersih secukupnya
  • minyak untuk menggoreng secukupnya

Langkah langkah Cara Membuat Keripik Ubi Jalar:

1. Kupas kulit ubi jalar ungu lalu dicuci dengan air sampai benar benar bersih.
2. Iris tipis-tipis ubi ungu dengan pisau yang tajam bisa juga menggunakan alat pemotong supaya hasilnya sama dan rapi
3. Campurkan air kapur sirih dengan air yang besih tadi
4. Rendamlah ubi ungu yang sudah bersih dan diiris tipis tadi kedalam air kapur sirih selama kurang lebih sekitar 1–2 jam, kemudian jika sudah angkat dan tiriskan
5. Jemur dibawah terik matahari hingga benar-benar kering
6. Larutkan gula pasir dengan air secukupnya kemudian masukkan ubi yang sudah dijemur tadi kedalam larutan gula
7. Panaskan minyak lalu goreng ubi sedikit demi sedikit hingga matang dan kering, angkat tiriskan dan setelah itu diamkan sampai benar benar dingin
8. Masukkan keripik ubi kedalam toples tutup rapat rapat agar tidak melempem, keripik siap untuk dinikmati
9. Selamat mencoba dirumah

Warna ungu yang sudah menempel pada ubi jalar ini merupakan warna alami yang dimilikinya sehingga ubi jalar ungu ini tidak perlu diberi bahan pewarna tambahan lainnya. Nah, itulah Resep Cara Membuat Keripik Ubi Jalar Ungu yang manis dan renyah, selamat mencoba dirumah semoga bermanfaat.

Apa Itu Ubi Jalar

Ubi jalar (Ipomoea batatas L) atau dalam bahasa Inggrisnya disebut sweet potato adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang sangat tinggi.

Di Negara Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting disana. Di Asia, selain yang dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dapat dibuat menjadi sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dapat dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.

Ubi jalar berasal dari Wilayah Amerika Selatan tropis yang masih diperdebatkan oleh papua. Kalangan yang tidak menyetujui asal muasal ubi jalar adalah dari daerah Papua yang berpendapat bahwa orang Indian telah berlayar menuju ke arah barat melalui Samudra Pasifik dan membantu menyebarkan ubi jalar ke Asia.

Proposal ini banyakyang menentang karena bertentangan dengan fakta-fakta klimatologi dan antropologi. Dikenal dengan nama ketela rambat, huwi boled (Sunda), tela rambat (Jawa), sweetpotato (Inggris),serta shoyo (Jepang) adalah sumber karbohidrat yang cukup penting dalam sistem ketahanan pangan manusia.

Selain karbohidrat sebagai kandungan yang paling utama, ubi jalar juga banyak  mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan) dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa).

Ada beberapa varietas ubi jalar yang terdapat di Wilayah Indonesia seperti di Dayak, Borobudur, Prambanan, Mendut, Kalasan, Muara Takus, Cangkuang, Sewu.

Sedangkan varietas-varietas yang baru dilepas pada tahun 2001 antara lain Ubi Cilembu yang berasal dari Sumedang. Masing-masing varietas mempunyai rasa khas yang berbeda-beda.

Ubi Cilembu merupakan salah satu produk pertanian unggulan dari Pemerintah Kabupaten Sumedang. Daerah yang menghasilkan ubi cilembu adalah Cilembu, Cadas, Pangeran, Sumedang.

Ubi cilembu mempunyai kulit gading, berurat, dan panjang, sedangkan getahnya akan meleleh seperti madu saat dipanggang. Ubi ini sangat manis dan daging buahnya pulen, berbeda dengan kebanyakan ubi.

Rasa manis dari ubi Cilembu akan lebih terasa manis apabila ubi dibakar di dalam open, terutama apabila ubi mentah telah disimpan lebih dari satu minggu.

Manfaat Ubi Jalar

1. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Manfaat ubi jalar sangat baik bagi penderita diabetes. Khusus para penderita diabetes, makanan pokok yang berupa nasi sepertinya harus segera ditinggalkan karena mengandung banyak kadar gula yang tinggi. Pilihan lain yang tepat dan dapat dimakan adalah ubi jalar.

Ubi jalar dapat menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh lewat kerja merangsang produksi insulin. Selain itu, ubi jalar juga dikenal dapat mengurangi resistensi sel terhadap insulin dan bisa menurunkan kadar HbA1C dalam darah yang meningkat pada penderita diabetes.

Namun, khasiat ubi jalar ini sepertinya harus membutuhkan penelitian yang lebih lanjut.

2. Menjaga Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat ubi jalar lainnya adalah dapat menjaga tekanan darah. Kandungan kalium yang ada pada ubi jalar ungu berperan sangat penting dalam mengontrol tekanan darah, detak jantung dan juga mengontrol otot dan saraf  yang ada dalam tubuh.

Selain ubi jalar ungu sumber kalium terbaik bisa Anda dapatkan dari pisang, jeruk dan lainnya.

3. Menurunkan Kolesterol

Khasiat ubi jalar yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kemampuannya yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Hal ini bisa terjadi karena kandugan serat larut yang ada dalam ubi jalar ungu dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi ubi jalar ungu secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan anda. Kandungan karbohidrat komplek yang ada pada ubi jalar ungu dapat membuat perut lebih kenyang dan tahan lama. Sehingga ini akan menghindarkan aktivitas makan yang berulang kali yang dapat meningkatkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian kecil terhadap pasien obesitas disimpulkan bahwa menambahkan dua porsi ubi ungu setiap hari selama satu bulan dalam asupan makanan tidak akan membuat berat bedan naik, akan tetapi justru bisa membuat tekanan darah menurun.

4. Menyehatkan Mata

Ubi jalar ungu mengandung vitamin A yang tinggi dan juga ditunjang adanya beta-karoten, sehingga ubi jalar sangat efektif untuk bisa menjaga kesehatan mata dari berbagai macam penyakit mata seperti katarak.

Selain ubi jalar ungu, beta-karoten juga bisa Anda dapatkan pada buah-buahan yang berwarna ungu, hijau, orange dan kuning serta sayuran hijau lainnya.

Selain itu, vitamin antioksidan C dan E yang ada dalam ubi jalar telah terbukti mendukung kesehatan mata dan mencegah kerusakan degeneratif pada mata.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan beta-karoten yang ada pada ubi jalar memiliki peran yang sangat hebat. Zat ini bekerjasama dengan vitamin C dalam meningkatkan kekebalan tubuh kita. Dua zat yang juga mempunyai sifat antioksidan ini membentuk kombinasi nutrisi yang kuat untuk mendukung peningkatan sistem kekebalan tubuh.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ubi jalar oranye telah terbukti memiliki sifat anti-karsinogenik. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa beta-karoten dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita pramenopause dan kanker ovarium pada wanita pascamenopause.

Namun, nampaknya ubi jalar ungu lebih efektif untuk melawan kanker dibandingkan dengan ubi jalar oranye.

7. Mengurangi Tekanan Darah

Manfaat ubi jalar yang bisa didapatkan pada tubuh adalah menurunkan tekanan darah karena ubi jalar meningkatkan asupan kalium tubuh. Namun disarankan untuk mengolah ubi jalar tidak menambah garam secara berlebihan, karena kelebihan garam bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah pada tubuh.

8. Mengatasi peradangan

Walaupun tidak termasuk dalam keluarga kentang-kentangan biasa, ubi jalar memiliki efek antiperadangan. Didukung betakaroten, vitamin C, dan magnesium, ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan internal maupun eksternal.

9. Atasi Bronkitis Dan Asma

Menurut Emilia, yang juga ahli nutrisi menjelaskan bahwa kandungan vitamin C, besi, serta nutrisi lainnya dalam ubi jalar efektis membantu mengatasi penyakit bronkitis.

Tidak hanya itu saja, ubi jalar yang juga dipercaya dapat membantu menghangatkan tubuh juga memiliki kemampuan dalam membantu mengatasi penyakit bronkitis. Aroma khas yang terdapat dalam ubi jalar efektif dalam mengatasi hidung mampet serta membantu meredakan asma.

10. Redakan Sakit Artritis

Komposisi betakaroten, magnesium, seng, dan vitamin B kompleks membuat ubi jalar bisa dijadikan pilihan dalam mengatasi penyakit artritis. Caranya, kompres bagian yang mengalami sakit akibat penyakit artritis dengan air rebusan ubi jalar.

11. Sumber Karbohidrat Diabetesi

Diabetesi biasanya mempunyai aturan yang ketat dalam mengelola makannya. Memilih makan yang baik dan sedapat mungkin dapat mengurangi makanan yang manis. Sejumlah sumber karbohidrat lain juga harus dicermati.

Ada juga manfaat ubi jalar yang lain, berikut adalah manfaat ubi jalar yang lain:

  1. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun.
  2. Mengatasi peradangan karena ubi jalar memiliki efek anti-inflamasi atau anti peradangan.
  3. Dapat membantu mengatasi bronkitis.
  4. Bisa membantu menghangatkan tubuh.
  5. Mengatasi hidung tersumbat.
  6. Dapat membantu meringankan asma.
  7. Dapat membantu mengatasi radang sendi atau artritis.
  8. Baik untuk membantu pencernaan seperti meringankan radang perut, serta mengurangi rasa sakit dan peradangan di lambung.
  9. Bisa mengurangi resiko terkena  kanker seperti kanker usus besar, usus, ginjal, prostat, dan kanker lainnya.
  10. Menjaga keseimbangan air dalam tubuh
  11. Menambah berat badan
  12. Dapat menghentikan ketergantungan atau kecanduan rokok, minuman, serta beberapa jenis narkotika.
  13. Baik untuk kesehatan pembuluh darah vena dan juga arteri.
  14. Menjaga kesehatan mata
  15. Baik dalam kesehatan gigi dan gusi
  16. Memperkuat tulang dan melawan berbagai penyakit tulang dan sendi.
  17. Mengatur kadar kolesterol dalam tubuh
  18. Menjaga kesehatan jantung
  19. Mengatur tekanan darah dan baik juga untuk di konsumsi bagi penderita hipertensi
  20. Membantu produksi hormon stres,sehingga dapat mengobati stres
  21. Mencegah penuaan atau oksidasi pada kulit.
  22. Mengontrol kadar gula dalam darah
  23. Meningkatkan distribusi oksigen ke seluruh tubuh, sehingga dapat menghasilkan energi

Nah, ubi jalar, sejauh ini masih bisa dikonsumsi oleh diabetesi karena efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi serta fungsi insulin. Ubi jalar dapat dijadikan pilihan pengganti nasi atau sumber karbohidrat yang lain.

Hanya saja, tidak berarti diabetesi dapat menyantap ubi jalar sesuka hati tanpa aturan. Asupannya tetap harus seimbang dan dijaga.

Macam Macam Ubi Jalar

  1. Menurut Umur

Menurut umurnya, jenis ubi jalar dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis:

  • Ubi jalar genjah, adalah ubi jalar yang bisa dipanen setelah umur tanamnya mencapai 3—5 bulan.
  • Ubi jalar ostrali, yaitu ubi jalar yang sudah bisa dipanen setelah umur tanamnya mencapai 8—10 bulan. Dinamakan ostrali, karena jenis ubi jalar ini berasal dari Benua Australia.

Dari segi kualitas dan kuantitas, ubi jalar genjah dan ostrali tidak berbeda alias sama. Namun, dari segi kecepatan tanam, jenis genjah lebih menguntungkan dan cepat.

  1. Menurut Daun Dan Warna Umbi

Adapun macam macam jenis ubi jalar menurut bentuk daun dan warna umbinya sebagai berikut.

  • Berdaun lebar tidak berombak, atau memiliki ombak sedikit, bentuknya bulat. Umbi besar dan gemuk, kulit gabus berwarna putih dan merah muda. Pada bagian tengah daging umbi berwarna kuning.
  • Daun berombak dan yang masih muda berwarna jingga. Batang tidak berbulu dan daging umbi berwarna kuning muda agak kemerah-merahan.
  • Daunnya sedikit berombak. Batang tidak memiliki bulu, kulit umbinya berwarna merah tua. Daging umbi memiliki warna putih berbintik-bintik jingga.
  • Pada bagian daun sebelah atas berbulu tebal,kulit umbi berwarna merah tua.  Daging umbinya mempunyai warna putih dan terdapat sedikit bintik-bintik jingga.
  • Daun sangat berombak,batang memiliki bulu tebal. Umbi kecil panjang, berwarna merah muda dan juga kuning muda.
  • Daun berombak dengan memiliki batang yang tidak berwarna. Umbinya besar, berwarna putih hingga merah muda.
  • Daun berombak dengan bentuk kecil, batangnya yang tidak berbulu berwarna jingga. Umbi berwarna kuning muda hingga merah muda.

Jenis Jenis Ubi

1.Ubi Jalar

Terdapat tiga jenis ubi jalar yang populer dibudidayakan di Wilayah Indonesia yaitu ubi jalar berwarna putih kecoklatan, merah dan ungu. Ketiga jenis ubi jalar tersebut mempunyai varietas unggul dengan produktivitas tinggi.

Beberapa varietas ubi jalar yang paling populer antara lain cilembu, ibaraki, lampeneng, georgia, borobudur, prambanan, mendut, dan kalasan. Bagian yang paling dimanfaatkan dari ubi jalar adalah akarnya yang membentuk umbi.

2. Singkong/ Ubi Kayu

Singkong/ubi kayu merupakan tanaman dengan akar tunggang dan sejumlah akar cabang yang membesar menjadi umbi akar. Singkong yang dimakan adalah pada bagian dalam umbinya yang berwarna putih atau kekuning-kuningan.

Umbi singkong sering kali dimanfaatkan sebagai pengganti makanan pokok karena mengandung banyak karbohidrat, namun miskin protein.

3. Talas

Biasanya masyarakat Indonesia mengonsumsi talas hanya untuk camilan. Namun dibeberapa wilayah di Indonesia dan di sejumlah daerah tropis, umbi talas dijadikan sebagai makanan pokok. Karena umbi talas sebagai sumber karbohidrat pengganti beras yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

4. Kentang

Kentang adalah salah satu tanaman tahunan yang paling banyak ditanam diseluruh dunia termasuk Indonesia. Ia merupakan tanaman semusim yang cocok ditanam di dataran tinggi yang dimanfaatkan untuk dimakan umbi batangnya.

Penduduk Eropa dan Amerika Serikat memanfaatkan kentang sebagai makanan pokok sehari hari, namun sekarang banyak orang yang memanfaatkan kentang untuk makanan alternatif untuk program diet.

Itulah ulasan tentang cara membuat keripik ubi jalar dan pengertian yang lainnya mengenai ubi, semoga bermanfaat bagi kalian, selamat mencoba dan sukses selalu. Baca artikel kami yang lainnya.

Sekian dan terimakasih.