Select Page

Hallo berjumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan kembali dan menyampaikan artikel baru yaitu buah yang mengandung vitamin A.

Siapa yang tidak tau buah yang mengandung vitamin A, ada yang tau apa sajakah buah yang mengandung vitamin A itu? yuk simak ya di bawah ini

Vitamin A yaitu vitamin yang mempunyai fungsi penting bagi tubuh, berkaitan juga dengan penglihatan, sistem kekebalan tubuh, dan pertumbuhan pada sel. Bisa kita dapatkan dari berbagai jenis buah-buahan. Lalu, apa saja buah yang mengandung vitamin A? Apa manfaat vitamin A untuk kesehatan?

20 Buah yang Mengandung Vitamin A

buah yang mengandung vitamin a2

Banyaknya manfaat dari buah yang mengandung vitamin A, alangkah baiknya jika kita mulai sekarang secara rutin mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin A. Berikut ini beberapa buah yang mengandung vitamin A yang dapat kamu konsumsi sehari-hari.

1. Apel

Buah dengan kulit berwarna merah dan ada juga warna hijau, ini mempunyai kandungan vitamin A sebanyak 57 IU setiap 100 gr-nya. Adanya kandungan vitamin A di buah apel menjadikan buah yang satu ini berguna untuk merawat keseahatan pada tubuh, seperti kesehatan pada mata dan kulit.

Selain itu, buah apel juga mengandung antioksidan dan fito nutrient yang dapa berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

2. Anggur

Rasanya hampir semua orang banyak yang menyukai buah yang satu ini. Dengan rasanya yang manis asam dan menyegarkan, juga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin A dan baik untuk kesehatan.

Anggur yang biasanya dijuluki sebagai “ratu buah” ini mengandung 60 IU vitamin A per 100 gr-nya. Tidak hanya vitamin A, anggur ternyata mengandung jenis vitamin lainnya seperti vitamin C, K, E, mineral, fitro nutrient, dan elektrolit.

3. Kiwi

Masih seputar buah dengan rasa yang asam, selanjutnya yaitu buah kiwi. Dengan daging berwarna hijau kandungan vitamin A juga dapat dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin A harian. Setiap 100 gr kiwi mengandung 88 IU.

Di samping itu vitamin A, buah kiwi yaitu buah yang mengandung sejumlah zat bergizi lainnya seperti vitamin C, E, K, fito chemical, dan mineral. Banyak-banyaklah untuk mengkonsumsi kiwi jika ingin mata menjadi sehat.

4. Mangga

Mangga mengandung sekitar 0,5 mg vitamin A di dalam setiap 100 gr-nya. Manfaat dari buah mangga sangat banyak, seperti untuk menjaga kesehatan pada mata, dan merawat kulit.

Buah mangga memiliki rasa yang manis, dan rendah serat. Meskipun menyehatkan, sebaiknya tidak mengkonsumsi  mangga lebih dari 2 buah per harinya.

Ini berlaku terutama untuk orang yang memiliki penyakit diabetes. Berkonsultasi ke dokter terkait terlebih dahulu adalah langkah sangat tepat sebelum kamu memutuskan ingin mengkonsumsi mangga secara rutin.

5. Nangka

Sebagai buah tropis, nangka dapat dengan sanagt mudah kita jumpai di Indonesia. Nangka adalah buah yang memiliki kandunagn vitamin A dengan jumlah tinggi, yaitu 110 IU per 100 gr.

Mengkonsumsi buah nangka secara rutin bisa merawat kesehatan mata dan kulit. Nangka juga memiliki  sejumlah kandunagn zat bergizi lainnya, seperti kalsium, fosfor dan potasium.

6. Jeruk

Jeruk identik dengan kandungan vitamin C. Padahal, buah berwarna oranye ini termasuk kedalam buah yang mengandung vitamin A. Untuk vitamin A setiap 100 gr, jeruk yaitu mengandung 226 IU.

7. Jambu Biji

Jambu biji memiliki manfaat bagi kesehatan sangat banyak. Mengandung vitamin A  624 IU per 100 gr. Selain itu, juga mengandung zat antioksidan, mineral, dan rendah kalori sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi yang sedang melaksanakan program diet.

8. Pepaya

Selama ini, buah pepaya dikenal mempunyai khasiat untuk melancarkan pencernaan berkat kandungan vitamin C yang dimiliki. Ternyata, buah yang pepaya yang dagingnya berwarna oranye ini juga merupakan buah vitamin A. Bahkan, kandungan vitamin A dalam buah pepaya juga tinggi, yaitu 950 IU.

9. Melon

Melon adalah buah dengan kandungan vitamin A yang sangat tinggi, yaitu 3383 IU. Selain itu, melon juga merupakan buah yang rendah akan kalorinya. Jadi, kamu yang tengah dalam program menurunkan berat badan sebaiknya sering untuk mengkonsumsi melon.

10. Aprikot

Setiap 100 gr sama dengan 1927 IU vitamin A, yang menjadikan buah ini menjadi salah satu referensi terbaik kamu yang ingin mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin A.

Kandungan vitamin A di dalam buah aprikot mampu berkontribusi terhadap 65 persen kebutuhan vitamin A harian. Aprikot yaitu buah yang juga berkalori rendah sehingga cocok untuk dimasukkan ke dalam  menu diet kamu.

11. Markisa

Biasa kita jumpai dalam bentuk sirup, buah yang satu ini menyimpan manfaat vitamin A yang baik bagi kesehatan tubuh.

Untuk markisa, terdapat kandungan vitamin A sebesar 1274 IU. Juga kaya akan kandungan mineral dan serat yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

12. Tomat

Kandungan vitamin di dalam setiap 100 gr buah tomat mencapai angka 642 IU. Tomat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, buah merah ini memiliki kandungan lycopene dan rendah kalori.

13. Semangka

Sekitar 19 persen dari total kebutuhan vitamin A harian bisa kamu dapatkan dari buah semangka. Karena buah yang satu ini kaya akan air dan lycopene ini mengandung sekitar 570 IU vitamin A per 100 gr.

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, semangka dipercaya dapat mencegah kanker mulut dan kanker paru-paru.

14. Kurma

Siapa yang tidak kenal buah satu ini? ketika bulan Ramadhan, hampir semua yang menjalani ibadah puasa dan menjadikan kurma sebagai takjil ketika berbuka puasa.

Di samping rasanya yang enak dan di gemarai banyak orang, buah kurma sehat bagi tubuh karena mengandung vitamin, termasuk vitamin A. Kandungan fruktosa dekstrosa dalam kurma juga menjadikan buah ini bisa menjadi sumber energi.

15. Alpukat

Alpukat juga biasa kita konsumsi menjadi jus atau campuran es buah. Tahukah kamu kalau buah dengan warna daging hijau juga merupakan buah yang mengandung vitamin A? Untuk setiap 1 buah alpukat, 146 IU vitamin A di dalamnya.

16. Blewah

Selain kurma, blewah juga jadi salah satu buah yang sering ditemui saat bulan puasa. Rasanya yang segar menjadikan buah blewah cocok untuk dijadikan hidangan berbuka puasa. Kandungan vitamin A di dalam buah blewah mencapai 1,69 gr.

Selain menjaga kesehatan mata, buah yang mengandung vitamin A ini juga mampu mencegah adanya radikal bebas karena juga mengandung zat antioksidan.

17. Kesemek

Buah kesemek rendah lemak dan kaya serat. Merupakan buah yang mengandung vitamin A, sekitar 80 IU per.  Mengkonsumsi buah kesemek ini dapat menjaga kesehatan pada mata, meningkatkan kekebalan tubuh, dan merawat kulit.

Kamu yang memiliki masalah pada sistem pencernaan atau sedang diet kiranya wajib menjadikan kesemek sebagai salah satu menu sehat harian.

18. Nanas

Rasanya yang asam menjadikan nanas banyak digemari orang, mungkin termasuk kamu salah satunya. Selain mineral, folat, dan potasium, nanas merupakan buah vitamin A dengan kadar 58 IU .

19. Persik

Persik yakini buah yang mengandung vitamin A dan masuk ke dalam buah genus prunus. Kandungan vitamin A pada buah persik 326 IU per 100 gr. Selain itu, persik memiliki kandungan zat antioksidan yang sangat tinggi, yaitu 1815 TE sehingga efektif menangkal radikal bebas.

20. Labu

Terakhir, yaitu ada buah labu. Buah yang sering dijadikan dekorasi ketika pesta Halloween ini juga memiliki kandungan vitamin A, yaitu 217 IU 100 gr. Angka ini memenuhi 37 persen dari total kebutuhan vitamin A harian. Labu juga mengandung mineral yang bermanfaat banyak untuk kesehatan tubuh.

Berapa Angka Kebutuhan Vitamin A Harian yang Ideal?

Mengenai berapa angka kebutuhan vitamin A harian yang ideal pada tubuh, kamu bisa melihatnya di poin berikut :

  • Pria 0,7 mg/hari
  • Wanita sekitar 0,5 – 0,6 mg/hari
  • Wanita hamil 0,7 – 0,9 mg/hari

Pastikan tubuh kamu terasupi vitamin A setiap hari dengan mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin A, atau jenis makanan lainnya dengan kandungan vitamin yang sama, cotohnya :

  • Ikan salmon
  • Susu
  • Wortel
  • Bayam
  • Telur

Manfaat Lain dari Beberapa Buah yang Mengandung Vitamin A

Manfaat Apel Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mencegah Penyakit Stroke

Ini adalah manfaat buah apel untuk kesehatan yang pertama. Banyak yang belum mengetahui bahwa manfaat dari buah apel bagi kesehatan salah satunya adalah untuk mencegah penyakit stroke.

Hasil penelitian yang diterbitkan di Journal of American Heart Association, faktayang ditemukan cukup menarik bahwa buah dengan daging putih seperti buah apel dapat mengurangi risiko dari penyakit stroke.

Buah daging putih mencerminkan adanya senyawa Phytochemical yang memiliki manfaat seperti karotenoid (warna merah, kuning & oranye pada buah dan sayur) dan Flavanoid di mana fungsinya sebagai antioksidan. Dengan mengkonsumsi minimal 1 buah apel rutin setiap hari maka hal itu akan menghindarkan kamu dari penyakit stroke.

2. Membantu Diet

Manfaat apel bagi kesehatan selanjutnya yaitu membantu program diet. Apel sangat berguna bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Seseorang yang tengah menjalankan program diet membutuhkan banyak makanan yang mengandung serat terutama pada buah dan sayuran.

Dipercaya apel mampu merespon lambung untuk membuat cepat kenyang karena serat yang terkandung di dalamnya sangat tinggi.

3. Menetralisir Kadar Gula Darah

Penyakit gula atau dikenal dengan diabetes militus yaitu penyakit yang sangat menghantui bagi mereka yang sudah mempunyai keturunan penyakit ini. Meski memiliki rasa yang manis, buah apel bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh secara efektif.

Manfaat Nangka

1. Mencegah Anemia

Saat tubuh dangse kekurangan darah merah atau anemia, maka kamu akan merasa lemas dan letih yang bisa membuat kamu enggan untuk melakukan banyak aktivitas.

Untuk mengatasi hal ini, kamu harus mendapatkan manfaat buah nangka untuk mengatasi kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh

2. Baik Untuk Ibu Hamil

Banyak orang yang beranggapan jika buah nangka sebaiknya dihindari ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran. Namun, anggapan ini hanyalah mitos belaka dan belum ditemukan bukti ilmiah untuk mendukung pernyataan tersebut.

Nangka memiliki kandungan yang kaya akan vitamin B3 yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mengatur hormon dan mengendalikan tingkat stres ibu hamil.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Buah nangka memiliki kalium yang penting dalam mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Kandungan kalium dan vitamin B6 di dalam buah nangka akan membantu kamu mengurangi risiko terkena stroke dan serangan jantung.

Selain itu, juga mengandung resveratrol yang memiliki efek proteksi kardio yang dapat membantu mengobati penyakit kardiovaskular seperti iskemia, aterosklerosis, dan hipertensi.

Manfaat Anggur

1. Anggur Dapat Mencegah Kanker Payudara

Penelitian menunjukkan bahwa jus anggur dapat membantu dalam mencegah resiko kanker payudara yang secara signifikan dan dapat mengurangi massa tumor payudara.

2. Mengobati Sembelit Atau Susah BAB

Anggur juga mengandung asam organik, gula dan selulosa dikenal sebagai obat pencahar. Jadi, anggur  sangat bagus bila dikonsumsi untuk mengatasi sembelit.

3. Mampu Mengobat Asma

Memiliki daya serap yang dapat meningkatkan kadar air di paru-paru. Sangat baik jika dikonsumsi penderita asma agar bisa mengurangi masalah sesak napas.

Manfaat Melon

1. Tinggi Kandungan Kalium

Kekurangan kalium dapat menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur dan aliran darah yang tidak lancar.  Salah satu manfaat buah melon yaitu mengandung dosis kalium seimbang untuk tubuh, pada satu cangkir (100 gram) daging buahnya.

Kalium dalam melon ini dapat membantu mencegah naiknya tekanan darah. Kamu bisa memodifikasi buah melon, semangka, dan blewah sebagai menu salad sarapan pagi kamu dan mencukupi asupan vitamin A.

2. Mengandung vitamin C

Melon mengandung vitamin C yang baik untuk  kesehatan. Perharinya, kamu bisa mengkonsumsi satu cangkir melon, sama dengan kebutuhan harian vitamin C kamu. Vitamin C berguna sangat baik untuk tubuh, karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit serta infeksi yang menyerang.

3. Baik Untuk yang Sedang Diet

Buah melon mengandung sejumlah serat yang dapat membantu mengatur pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan.

Pencernaan yang baik, biasanya berhubungan juga dengan buang air secara teratur. Artinya, dengan mengkonsumsi buah melon, dapat  mengurangi kemungkinan adanya masalah pencernaan, seperti sembelit contohnya.

Selain itu, merupakan buah yang rendah kalori. Jadi kalau kamu ingin diet, boleh memperhitungkan melon sebagai asupan diet.

Manfaat dari buah melon ini sangat banyak sekali dapat membantu tubuh untuk dapat menjaga kestabilan berat badan, serta dapat menghindari tubuh dari penyakit-penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi bahkan hingga kanker.

Manfaat Semangka

1. Menghidrasi Tubuh

Buah semangka mengandung 95% air dan elektrolit yang sangat baik untuk menghidrasi tubuh agar tidak kena dehidrasi. Manfaat dari semangka juga baik untuk membantu suhu tubuh tetap stabil dalam keadaan cuaca panas yang menyengat.

2. Kesehatan Rambut dan Kulit

Siapa sangka kalau manfaat dari semangka baik untuk rambut dan kulit manusia. Vitamin A yang terdapat pada manfaat semangka dapat membantu menjaga kulit dan batang rambut kamu agar tetap lembap.

Selain itu, buah ini  juga dapat membantu mendorong pertumbuhan sel kolagen dan elastin yang sehat dan baik untuk menjaga kulit wajah.

3. Mengatasi Nyeri Otot

Bahwa minum jus semangka sebenarnya dapat menenangkan otot setelah berolahraga. Atlet yang mengonsumsi  lebih dari 15 ons jus buah ini dalam 1 jam sebelum melaksanakan olahraga cenderung lebih kebal dari risiko nyeri otot dan menunjukkan denyut jantung yang stabil sehari-hari.

Baca juga ya artikel saya yang lain seperti semoga bermanfaat Cara Membuat Keripik Labu Siam.

Manfaat Nanas

1. Membuat tulang lebih sehat

Mengkonsumsi nanas dalam jumlah yang seimbang akan membuat tulang menjadi lebih sehat. Nanas mengandung senyawa mangan yang sangat baik untuk tulang dan juga tendon dari otot yang mengelilinginya.

2. Menyehatkan mata

Selain vitamin C yang memliki banyak manfaatnya, juga mengandung vitamin A. Kamu yang mengalami masalah pada penglihatan ketika sudah tua, maka sebaiknya konsumsilah nanas secara rutin dalam bentuk jus atau dimakan secara langsung.

3. Mengobati arthritis

Khasiat dari buah nanas mampu mengurangi radang sendi dan otot, terutama yang berkaitan dengan radang sendi. Mengandung enzim proteolitik langka yang disebut bromelain, yang mampu membantu dalam pemecahan protein kompleks dan mempunyai efek anti-inflamasi.

Apa Bahayanya Jika Tubuh  Kurangan Vitamin A?

 

buah yang mengandung vitamin a3

 

Vitamin A banyak ditemukan di sayuran dan buah-buahan. Vitamin A ini memegang memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bukan hanya untuk kesehatan mata seperti yang selama ini dipahami banyak orang. Berikut akibatnya jika kamu tidak mencukupi kebutuhan vitamin A harian kita.

1. Daya Tahan Tubuh Menurun

Kekurangan vitamin A sering dihubungkan dengan masalah kebutaansehari-hari, tetapi mikronutrisi yang terdapat dalam vitamin A berperan penting sebagai pendukung sistem imun.

Minimnya kadar vitamin A di dalam tubuh bisa menyebabkan sistem kerja imun terganggu untuk melawan penyakit. Akibatnya lebih rentan terserang diare, campak, dan infeksi gangguan pada pernapasan.

Selain itu, kulit juga bisa cepat kering dan kusam, rambut mudah rapuh dan patah, jika tubuh kekurangan asupan vitamin A.

2. Gangguan Penglihatan, Bahkan Kebutaan Pada Anak-Anak

Kalau kamu sering mengalami mata kering, ini bisa menjadi pertanda bahwa tubuh baru mengalami kekurangan vitamin A. Defisiensi vitamin A juga menjadi salah satu penyebab kebutaan pada anak-anak, yang sebetulnya dapat dicegah.

Diperkirakan sekitar 300.000 sampai 500.000 anak di negara berkembang yang mengalami kebutaan setiap tahunnya dikarenakan kekurangan vitamin A. Sebagian dari mereka yang mengalami kebutaan ini meninggal dalam waktu setahun setelah kehilangan penglihatan mereka.

3. Mengganggu Perkembangan Janin dalam Kandungan

Selain anak-anak, ibu hamil menjadi golongan yang rentan mengalami kekurangan vitamin A. Risiko ini paling tinggi dialami saat menjalani trimester ketiga, ketika pertumbuhan janin sedang berlangsung pesat.

Namun demikian, bukan berarti ibu hamil bisa seenaknya untuk mengkonsumsi suplemen vitamin A. Perlu diingat ketika sembarangan konsumsi vitamin A selama hamil bisa berbalik membahayakan janin.

Demikian ulasan tentang buah yang mengandung vitamin A semoga dapat membantu, dan semoga anda terhindar dari penyakit akibat kekurangan vitamin A. Ayo mulai perbaiki hidup sehat anda dari sekarang, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya…