Select Page

Hallo berjumpa lagi dengan saya di artikel terbaru yaitu resep keripik talas, ada yang sudah tau apa itu keripik talas, penasaran apa sih keripik talas itu?

Talas merupakan tumbuhan penghasil umbi-umbian yang bisa disebut penting. Diduga talas asli berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan, talas telah dibudidayakan manusia sejak zaman purba, bahkan pada saat zaman sebelum orang menanam padi.

Merupakan salah satu makanan yang pokok, selain sukun, di kepulauan di Oseania. Di Indonesia sendiri, talas populer ditanam hampir di semua daerah.

Yuk langsung saja menuju pembahasan yang inti yaitu resep keripik talas, simak di bawah ini yaaa…..

Cara Membuat Keripik Talas Renyah

Tumbuhan talas ini tumbuh seukuran hampir sama dengan tanaman lobak, bentuknya bulat atau lonjong dengan kulit yang berserat coklat. Permukaannya ditandai adanya cincin melingkar yang menunjukkan titik penempelan pada daun bersisik.

Warna daging yang putih kekuningan, tetapi akan berwarna beda tergantung pada jenis kultivar. Umbi talas dengan ukuran rata-rata beratnya kurang lebih sekitar 2–4 kilogram.

Selain itu, ternyata talas dapat dijadikan keripik talas yang renyah dan gampang dibuat, berikut cara membuat keripik talas :

Bahan-Bahan

  • Ubi Talas (Mbote)
  • Garam
  • Bawang Putih
  • Pewarna kuning (bisa dengan pewarna kue, atau juga bisa dengan kunyit yang dihaluskan)
  • Air
  • Minyak goreng

Alat Yang Digunakan

  • Pisau
  • Talenan
  • Baskom
  • Mangkuk kecil
  • Wajan
  • Tirisan
  • Solet
  • Sendok
  • Toples
  • cobek

Langkah-langkah

  1. Ubi talas diiris tipis-tipis seperti kripik, atau menggunakan alat khusus yang digunakan untuk membuat kripik supaya lebih mudah dan cepat.
  2. Setelah semua diiris, lalu siapkan bawang putih sesuai selera kemudian dihaluskan.
  3. Siapkan air didalam wadah besar secukupnya, sesuai banyaknya talas yang telah diiris.
  4. Masukkan bawang putih yang telah dihaluskan kedalam air, tambahkan dengan garam dan pewarna kuning secukupnya.
  5. Lalu air campur dengan bawang putih dan garam. Selanjutnya rendam talas kurang lebih 2–3 jam, atau sampai berubah warna menguning.
  6. Sekiranya peredaman sudah cukup, goreng ubi talas sampai kecoklatan.
  7. Tiriskan, dan rasakan hasilnya.
  8. Jika ingin rasa yang bervariasi dapat juga ditambah dengan perasa-perasa lain. Seperti rasa balado atau keju.

Ternyata mudah sekali kan resep keripik talasnya.  Semoga Artikel resep keripik talas ini bisa membantu bagi kamu yang ingin membuat cemilan yang mudah dan murah.

Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Talas Kukus :

resep keripik talas2 
1. Banyaknya Talas Kukus yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
2. Bagian Talas Kukus yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
3. Energi Talas Kukus = 120 kkal
4. Protein Talas Kukus = 1,5 gr
5. Lemak Talas Kukus = 0,3 gr
6. Karbohidrat Talas Kukus = 28,2 gr
7. Kalsium Talas Kukus = 31 mg
8. Fosfor Talas Kukus = 63 mg
9. Zat Besi Talas Kukus = 0,7 mg
10. Vitamin A Talas Kukus = 0 IU
11. Jumlah Kandungan Vitamin B1 Talas Kukus = 0,05 mg
12. Khasiat / Manfaat Talas Kukus : belum tersedia atau belum ada

Apa Saja Manfaat Batang Talas?

Tak hanya rasanya yang enak dan disukai banyak orang, dan tak hanya daapat dibuat menjadi keripik talas artikel resep keripik talas ini juga membagikan manfaat nya, ternyata talas juga dapat memberikan kita berbagai manfaat kesehatan berikut ini :

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Talas bisa berperan penting dalam membantu kesehatan pada lambung dan usus, alias gastrointestinal. Membantu agar makanan dicerna dan diserap oleh lambung dan usus, sehingga proses pencernaan bisa berjalan lancar.

Juga dapat mengurangi masalah-masalah pada pencernaan, seperti produksi gas berlebih, diare, kembung, dan kram perut.

2. Mengatasi Masalah Darah Tinggi

Seperti yang telah diutarakan sebelumnya, talas memiliki kandungan potassium yang dapat mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah. Oleh karena itu, talas dapat dikonsumsi penderita darah tinggi.

Dan talas mampu mengurangi resiko stres pada sistem kardiovaskular, potassiumdi di dalamnya dapat meningkatkan fungsi kognitif.

3. Membantu Masalah Pada Penglihatan

Berbagai macam vitamin yang terkandung pada talas, salah satunya yaitu vitamin A yang dapat membantu penglihatan lebih jernih.

Selain itu, talas mengandung antioksidan, yang terdiri dari beta-carotene dan cryptoxanthin. Berfungsi untuk mencegah terjadinya katarak, beta-carotene juga dapat membantu mengatasi penyakit jantung.

4. Kesehatan Kulit dan Rambut

Talas mengandung vitamin A, B6, dan E. seperti yang telah dijelaskan di sebelumnya. Vitamin ini dapat berfungsi untuk memperbaiki sel kulit. Antioksidan yang terkandung di dalam talas juga bisa untuk mencegah penuaan dini.

Fungsi dari vitamin B6 yaitu memperbaiki jaringan. Dengan cara mengkonsumsi talas secara rutin, kulit akan kembali bersinar, noda hitam pada kulit juga akan menghilang secara alami. Untuk kulit kepala yang kering, vitamin E dalam talas mampu memberikan kelembapan pada rambut juga.

5. Sebagai Penguat Sistem Kekebalan Tubuh dan Aliran Darah

Kandungan vitamin B6 dan vitamin C bisa membantu produksi sel darah merah dan sel darah putih, yang berfungsi menjaga kekebalan pada tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C mengandung antioksidan yang bisa jadi pertahanan dari kanker dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Selain dapat menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi, talas juga dapat mencegah anemia karena kandungan zat besinya yang membantu proses pembentukan sel darah merah, sekaligus membantu melancarkan sirkulasi darah, membentuk sel baru dalam tubuh dan memperlancar metabolisme.

6. Baik Bagi Penderita Diabetes

Mampu mengatur kadar insulin dan glukosa di dalam butuh, yang merupakan faktor penting dapat mencegah perkembangan penyakit diabetes.

Jika kamu rutin mengkonsumsi talas diiringi dengan diet yang sehat, kamu bisa menurunkan risiko terhadap penyakit diabetes karena talas termasuk ke dalam serat yang baik untuk dikonsumsi.

7. Mengurangi Nyeri Otot dan Sendi

Gaya hidup yang tidak sehat, dan juga pola makan yang tidak benar dalam jangka panjang bisa menimbulkan berbagai masalahpada kesehatan. Salah satunya yaitu nyeri pada sendi dan otot.

Atasi nyeri dengan cara tradisional, tumbuk umbi tales lalu haluskan dengan blender. Tambahkan 1,5 sdt minyak wijen dan cuka beras putih, aduk sampai rata. Balurkan pada bagian otot yang terasa sakit.

8. Atasi Biduran

Alergi terhadap udang rebus atau makanan laut lainnya, sering menimbulkan biduran. Nah ini dia, ada solusi terbaik untuk menanganinya yaitu dengan talas.

Siapkan 45 gram akar tales dan 130 gram iga sapi, lalu cuci dengan air mengalir. Kukus keduanya selama kurang lebih 120 menit, kemudian tunggu hingga airnya dingin. Minum lah airnya, dan makan daging sapi tersebut.

9. Obati Disentri

Untuk dapat mengatasi gejala disentri, panaskan 600 ml air, masukkan 20 gram akar talas ke dalam air yang sudah di panaskan. Tambahkan gula aren, tunggu sampai airnya berkurang hingga 250 ml. Minum saat airnya masih hangat.

10. Mengencangkan Kulit

Tidak hanya tampil awet muda, bagi kamu yang memiliki kulit sedikit bergelambir kamu dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi talas secara teratur agar kulit kamu dapat lebih kencang.

11. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi pada ubi talas sangat baik bagi kamu yang sering mengalami anemia berbeda jika kamu melihat manfaat ubi ababio, selain dapat mengatasi anemia ubi talas juga sangat baik untuk mencegah terjadinya anemia.

Bagaimana cara mengkonsumsi talas?

Saat ini memang sudah banyak inovasi ditemukan untuk dapat mengolah talas, sehingga talas bisa dinikmati oleh semua orang dalam berbagai jenis olahan. Ada beberapa cara yang bisa kamu pertimbangkan untuk menikmati talas :

  • Sebagai makanan utama. Talas memiliki kandungan jumlah karbohidrat yang lebih banyak daripada kentang. Sebagai makanan utama, biasanya yang dikonsumsi yaitu akar dari talas tersebut.
  • Sup Talas juga dapat dijadikan sebagai sup. Seperti di Jamaica, sup talas biasanya terdiri atas berbagai jenis sayuran, yang mengandung protein dan karbohidrat.
  • Pudding talas bisa dikombinasikan dengan bahan lain seperti kayu manis, vanilla, santan, dan gula

Baca juga ya artikel saya yang lain seperti semoga bermanfaat Cara Membuat Keripik Labu Siam.

Manfaat Umbi Talas Bagi Kesehatan

resep keripik talas

Talas termasuk ke dalam salah satu jenis umbi umbian. Didaerah tertentu biasanya dijadikan sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi, atau pengganti karbohidrat.
Namun pada saat sekarang ini telah banyak makanan olahan umbi talas, seperti dijadikan keripik umbi talas. Merupakan sumber pangan yang penting karena selain sebagai sumber karbohidrat, protein dan lemak, talas juga mengandung beberapa unsur mineral dan vitamin.
Umbi talas memiliki efek farmakologis sebagai anti pembengkakan (antiswelling). Kandungan kimia yang ada di dalam tumbuhan ini yaitu zat besi, kalsium, vitamin A,  garam fosfat, proteindan B. Bagian yang memiliki farmakologis adalah daun, umbi, dan seluruh tumbuhan.
Bahan pangan sempurna, karena setiap cangkir talas mengandung 19% potasium, 31% mangan, dan kalium yang kamu butuhkan.
Potasium dapat berguna untuk menjaga kerja pada jantung dan tekanan darah, mangan menjadi andalan lancarnya metabolisme protein dan lemak dalam tubuh, sementara  kalium baik dapat menjaga kesehatan jantung.

1. Menyehatkan jantung

Memiliki kandungan mineral misalnya besi, magnesium, seng, mangan, dan tembaga serta mineral lainnya yaitu kalium, potassium, yang sangat bagus untuk reaksi tubuh dan bagus untuk membantu pengaturan detak jantung anda.

2. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Kandungan vitamin C bersifat antioksidan yang dapat membuat sistem imunitas di dalam tubuh meningkat dan tubuh pun terbebas dari radikal-radikal bebas yang bersifat karfinogenik atau yang dapat menyebabkan kanker.
 

3. Memperlancar sistem pencernaan

Kandungan serat di dalam talas dapat dibilang cukup tinggi. Dalam 100 gr talas memiliki kandungan serat sebanyak 4 gr yang sudah dapat mencukupi kebutuhan serat harian.
 

4. Sebagai sumber energi

Talas memiliki nilai kalori yang tinggi dari pada kentang karena mempunyai kandungan karbohidrat kompleks yang sangat bagus untuk program diet. Apalagi adanya kandungan protein dan lemaknya sangat rendah.
Jika kamu menghindari nasi, sebaiknya konsumsilah talas sebagai pengganti makanan pokok karena itu menjadi salah satu pilihan yang tepat.

5. Mengatasi kelelahan

Untuk kamu yang banyak bekerja dengan fisik, sangat tepat untuk kamu mengkonsumsi talas karena kandungannya sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah didalam tubuh sekaligus cepat menambah sumber energi.

6. Mengurangi resiko hipertensi

Ubi talas mengandung unsur kalium yang sangat bagus untuk menstabilkan tekanan darah dan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Maka konsumsilah talas secara teratur yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi kamu berada dikisaran normal.

7. Mencegah diabetes

Kandungan serat di dalam talas juga mampu menurunkan terserang resiko diabetes dan dapat mengatur pelepasan insulin dan glukosa di dalam darah.

8. Menghambat penuaan dini

Banyak kandungan zat yang bersifat antioksidan yang mampu membantu pembuangan radikal-radikal bebas dan membantu regenerasi sel, sehingga sel pada jaringan kulit akan selalu dalam keadaan sehat dan mampu menghambat penuaan dini.

9. Menghentikan diare

Alangkah capai dan tersiksa ketika kamu harus pergi ke toilet berulang-ulang dalam sehari, karena kamu mengalami diare. Untuk menghentikan gangguan ini,konsumsilah talas.
Potong-potong batang tales dan patikan kebo masing-masing 35 gram. Panaskan 4 gelas air dengan api kecil, masukkan bahan yang sudah disiapkan ke dalamnya. Biarkan airnya berkurang dan sisa segelas saja, minum lah di pagi dan petang.

10. Mencegah Kanker

Juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah terjadinya kanker, terutama kanker serfiks, kanker payudara dan kanker usus besar.

11. Meningkatkan Sistem Imun

Jika kamu mengkonsumsi ubi talas secara berkala, kamu dapat meningkatkan sistem imun di tubuh sehingga kamu tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Berikut Bahaya Konsumsi Talas Beserta Cara Pencegahannya!

Efek gatal yang ditimbulkan tersebut disebabkan karena kesalahan dalam pengolahan talas. Perlu kamu ketahui bahwa mengolah talas yang benar tidak langsung dimasak setelah dikupas, tetapi harus  dengan menggunakan Teknik khusus, sehingga aman dan baik untuk dikosumsi.

Pasalnya di dalam talas ada senyawa asam oksalat yang menimbulkan rasa gatal pada mulut. Kalsium oksalat memang tidak menyebabkan dan efek tidak yang serius bagi tubuh.

Oleh sebab itu, untuk menghilangkan kalsium oksalat pada talas dapat dilakukan dengan cara mencucinya dengan air bersih sebanyak-banyaknya atau melakukan pengukusan dan perebusan yang intensif. Kemudian untuk dapat menghilangkan rasa gatal yang ditimbulkan dapat menggunakan larutan garam.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Riatyastie dan Arik Purwani menunjukkan bahwa rasa gatal pada talas dapat dihilangkan dengan melakukan perendaman menggunakna larutan garam, dan hasilnya efektif menghilangkan rasa gatal tersebut.

Disamping itu, untuk dapat menurunkan kadar asam oksalat pada talas dapat dilakukan beberapa hal sebagai berikut :

  • Talas harus dicuci hingga bersih selama kurang lebih 5 menit dengan perbandingan talas dan air adalah 1 : 4.
  • Rendam talas selama kurang lebih 20 menit menggunakan larutan garam berkadar 1%.
  • Cuci kembali menggunakan air bersih selama kurang lebih sama pada langkah no.1.

Sebagai hal penting, usahakan air yang digunakan untuk mencuci adalah air yang mengandung mineral dan memakai garam yang murni alias belum terkontaminasi dengan kotiran. Tujuan dari pencucian dan perendaman tersebut tidak lain untuk menghilangkan zat-zat pengotor pada talas.

Dimana garam yang sebelumnya dilarutkan dalam air akan terurau menjadi ion-ion natrium , klorida, dan ion-ion tersebut bersifat magnet. Klorida menarik ion-ion yang bermuatan positif, sedangkan ion natrium akan menarik ion-ion yang bermuatan negative.

1. Aneka Jenis talas

Talas bogor yaitu jenis talas yang paling populer. Sebenarnya tidak hanya berasal dari Kota Bogor saja.

Talas Belitung

Biasanya lebih dikenal dengan sebutan kimpul. Di belitung, kimpul biasanya dikukus dan dijadikan makanan tambahan. Karena memiliki banyak lendir, talas ini tidaklah sepulen talas Bogor.

Talas Padang

Jika berwisata ke Padang, kita pasti dapat menemukan keripik talas. Nah, sebenarnya keripik ini dibuat dari talas Padang. Dibandingkan jenis talas yang lainnya, talas Padang berukuran paling besar.

Talas Bogor

Talas yang satu ini termasuk salah satu oleh khas kota hujan. Di sana, kita bisa menemukan ada dua jenis talas Bogor, yaitu talas ketan dan talas mentega. Jika ingin tekstur pulen, sebaiknya membeli talas ketan. Namun, bila menyukai tekstur berpasir, berarti talas mentega cocok untuk kamu.

Talas Pontianak

Berbeda dari jenis talas lainnya, talas Pontianak berwarna keunguan. Namun, tekstur talas ini tidak terlalu pulen. Makanya talas ini sering diolah menjadi berbagai makanan. Selain nikmat, tampilan makanan tentu menjadi lebih menarik.

2. Cara Memilih

Supaya kita mendapatkan talas yang bagus, kita harus mengetahui cara memilihnya. Carilah talas yang tidak kering serta tidak banyak bintik-bintik hitamnya. Jangan sampai lupa juga untuk menekan bagian bawahnya. Jika terasa lembek, sebaiknya jangan dipilih.

Selain itu, talas yang telas matang memiliki aroma umbi yang khas. Bagian dari batangnya juga memiliki warna kemerahan.

3. Cara Mengolah

Agar keripik talas yang di buat tidak gatal resep keripik talas juka ada cara mengolah talas agar tidak gatal lagi.yuk simak ya

Kita tidak dapat menyentuh talas secara langsung. Karena, talas akan membuat kita gatal. Oleh sebab itu, gunakanlah batang talas sebagai pegangan ketika akan mengupas talas. Lalu, talas perlu dilumuri dengan garam sehingga getahnya hilang.

Setelah getahnya habis atau hilang, barulah talas dapat dipotong-potong dan diolah. Kita bisa mengolahnya dengan cara digoreng, dikukus, atau dibuat menjadi keripik talas.

Demikian artikel resep keripik talas yang dapat saya sampaikan semoga resep keripik talas ini dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan untuk cemilan dirumah bersama keluarga. Jangan lupa bagikan resep keripik talas ini ke orang orang di sekitar kamu. Semoga bermanfaat ya…