Select Page

Di kesempatan kali ini, saya akan membagikan sedikit resep keripik usus yang rasanya bikin nagih. Nagih disini bukan ketergantungan seperti menggunakan obat terlarang ya…, namun nagih disini adalah yang membuat lidah tidak bisa berhenti untuk memakan keripik ini.

Keripik merupakan camilan terpopuler untuk saat ini. Di setiap perkumpulan, ataupun di dalam keluarga jika sedang berkumpul tidak lengkap rasanya jika tidak ada yang namanya keripik.

Keripik bisa terbuat dari berbagai macam bahan, mulai dari sayuran seperti cara membuat keripik buah pepaya, buah-buahan, sampai ke organ hewani seperti usus ini. Pembuatan keripik usus bisa menggunakan mesin vacuum frying untuk hasil yang maksimal.

Sebelum membahas resep keripik usus, simak yuk fakta-fakta menarik tentang bahan dasar keripik ini.

Usus Ayam Pada Keripik Usus

resep keripik usus

Usus adalah bagian dari sistem pencernaan. Pada usus terdapat dua bagian yaitu usus kecil dan usus besar (kolon). Di dalam usus terjadi gerakan peristaltik. Untuk melatih gerak peristaltik ini, kita dianjurkan setelah bangun tidur pada pagi hari, langsung meminum air putih.

BIasanya sistem organ usus dimiliki oleh makhluk hidup kecuali tumbuhan. Pada hewan, Organ usus hampir dimiliki semua hewan. Terutama pada usus ayam. Usus ayam merupakan salah satu organ dari hewan yang dapat dijadikan resep keripik usus. Selain itu juga ada usus sapi ataupun usus kambing.

Dalam sistem pencernaan, usus merupakan urutan sistem pencernaan nomer 2 dari belakang sebelum anus. Di usus ini bekerja terjadi penyerapan sari-sari makanan yang masih mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh atau bahasa teknisnya adalah terjadi pemfilteran.

Jika dicari di pasar memang mendapatkan bahan utama untuk pembuatan keripik usus yang merupakan usus yang masih mentah. Akan tetapi, jika kalian sangat menyukai keripik usus, memesan usus kepada pedagang daging ayam adalah salah satu cara alternatif yang bisa kita lakukan.

Kita bisa memesan ke pedagang ayam atau juragan ayam untuk tidak membuang bagian jeroan usus ini. Biasanya kan pedagang daging ayam akan membuang seluruh jeroan, termasuk usus. Mungkin yang dipikirkan pedagang bahwa orang-orang akan membeli daging ayam saja, padahal banyak juga yang membeli jeroan ini.

Resep Keripik Usus

resep keripik usus

Resep keripik usus sangatlah mudah Kalian lakukan di rumah. Sama halnya resep keripik lain, keberhasilan sebuah keripik adalah kerenyahan yang didapat.

Selain itu, dengan hanya budget tak lebih dari 50 ribu, kita pun bisa dapatkan keripik usus yang super gurih dan renyah. Tentunya bikin mulut tidak bisa berhenti untuk makan keripik ini. Penasaran bagaimana cara membuat keripik usus? Berikut ini resep keripik usus :

Bahan-Bahan Resep Keripik Usus

  • 1 sdt garam
  • 250 gram usus ayam
  • 1 sdt kapur sirih
  • 1 sdt air perasan jeruk nipis

Bumbu Halus Resep Keripik Usus

  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 1 butir kemiri
  • Merica dan kaldu bubuk secukupnya
  • 1/4 sdt ketumbar

Bahan Tepung Keripik Usus

  • 15 sdm tepung terigu
  • 3 sdm tepung maizena
  • daun jeruk secukupnya

Cara Membuat Resep Keripik Usus

  1. Cuci bersih usus di air mengalir sampai benar bersih dan kesat lalu potong-potong.
  2. Sediakan baskom, larutkan kapur sirih, garam, air jeruk nipis, usus dengan air sampai usus tenggelam.
  3. Diamkan Selama 30 menit. Lalu cuci sampai bersih, tiriskan.
  4. Lumuri dengan bumbu halus sambil diremas-remas, diamkan 30 menit.
  5. Campur semua bahan tepung dengan irisan daun jeruk secukupnya.
  6. Gulingkan usus di bahan tepung sambil ditekan-tekan.
  7. Panaskan minyak, goreng usus sampai garing. Jika kalian menggunakan mesin vacuum frying untuk menggoreng, kalian akan mendapatkan sebuah keripik yang sangat renyah
  8. Angkat dan tiriskan. Simpan di wadah atau stoples kedap udara.

Varian Rasa Untuk Keripik Usus

Apakah kalian tahu, bahwa keripik usus bisa dinikmati dengan berbagai varian rasa. Resep keripik usus bisa menggunakan bumbu instan atau bumbu bubuk sebagai penyedap. Kalian bisa membelinya di supermarket dan pastinya cocok untuk keripik usus. Sehingga kalian tidak pernah akan bosan dengan keripik usus.

Berikut varian rasanya :

  • Jagung Bakar
  • Jagung Manis
  • Sapi Panggang
  • Jagung Mentega
  • Jagung Pedas
  • BBQ
  • Chili Powder
  • Chili Pedas Raja Setan

Biasanya rasa dari jajan keripik usus yang dijual dipasaran memiliki rasa yang ori, atau rasa yang asin gurih. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mencoba jenis rasa sesuai selera lidah anda. Mungkin yang suka manis bisa menggunaka rasa jagung manis atau jagung mentega.

Penggunaan bumbu instan ini sangat mudah dilakukan, karena cukup taburkan bumbu bubuk ke dalam keripik usus.

Cara Menghilangkan Bau Amis dan Kotoran Pada Usus Sebagai Resep Keripik Usus

Pernahkah kalian mecoba keripik usus, dan rasanya ada pahit-pahitnya. Kalau anda pecinta keripik usus, kalian pasti tau rasa pahit itu berasal dari mana. Ya, benar rasa pahit tersebut berasal dari usus yang kurang bersih.

Sebenarnya ada teknik khusus yang mungkin bisa kalian diikuti. Walaupun kalian sudah menjadi pedagang makanan hebat, tak ada salahnya kan, membaca tips ini hingga tuntas, supaya pelanggan makin senang dan betah jajan di warung makan kalian.

Berikut ini tips menghilangkan bau amis dan kotoran pada usus untuk resep keripik usus :

1. Memilih Usus yang Bagus

Usus ayam yang disuguhkan di pasar tidak selalu bagus. Ada usus yang sudah lama. Bahkan ada yang lebih parah lagi, ada usus yang sengaja diberi formalin supaya awet. Oleh sebab itu, anda haris mengetahui cara memilih usus ayam yang masih layak.

Berikut ini cara memilih usus yang bagus

  1. Warnanya kekuningan segar
  2. Tekstur tidak kenyal
  3. Tidak berbau busuk
  4. Kalau beli di supermarket, cek tanggal kemasnya

2. Cuci Usus Ayam berkali-kali Hingga Bersih

Oleh karena usus merupakan jeroan dan saluran pencernaan ayam, usus harus dipastikan benar-benar dibersihkan hingga kotorannya hilang tanpa jejak. Cuci usus ayam di bawah air mengalir sekitar tiga kali. Gosok-gosoklah secara perlahan, terutama di sela-sela bagian lipatan usus yang sering ditemukan kotoran yang bersarang.

Jika sudah kinclong dari kotoran, taburkan usus ayam dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Biarkan usus ayam direndam selama 10 menit sebelum akhirnya diolah.

3. Rebus Usus Ayam dengan Jahe, Lengkuas, dan Daun Salam untuk Resep Keripik Usus yang Nikmat

Usus ayam perlu direbus dulu sebelum diolah supaya empuk dan bau amis pada usus menghilang sempurna. Rebus usus ayam pada air panas, kemudian masukkan jahe, lengkuas, dan daun salam untuk mengusir bau amis.

Tipsnya adalah diamkan usus selama lima menit di atas kompor, lalu matikan kompor, angkat panci dan jangan diletakkan di kompor lagi. Biarkan selama 10 menit usus ayam berada di rebusan bumbu. Setelah itu buang airnyai, lalu cuci bersih lagi usus sebelum dimasak.

4. Rebus Usus Ayam Hingga Matang Menjadikan Resep Keripik Usus Berjalan Mulus

Kalau Sebelumnya, tujuan direbusnya usus adalah untuk menghilangkan bau amisnya, sedangkan pada rebusan yang kedua bertujuan untuk mematangkan dan mengempukkan teksturnya.

Kali ini, gunakan air kelapa sebagai air rebusannya. Bukan hanya membikin usus ayam cepat empuk, air kelapa juga menjadikan usus ayam terasa lebih gurih nanti saat dinikmati. Rebus usus ayam sampai matang dan empuk, kurang lebih sekitar lima menit.

Kunci kenikmatan usus ayam terdapat pada cara membersihkan dan menghilangkan bau amisnya. Oleh karena itu, pastikan tahapan tersebut dilakukan dengan baik, ya.

Manfaat Resep Keripik Usus Ayam

resep keripik usus

Setelah mengetahui bagaiman resep keripik usus, alangkah baiknya kita juga mengetahui manfaat apa saja saat kita mengonsumsi olaham makanan dari usus. Usus juga termasuk dalam bagian jeroan. Secara umum kandungan 3,5 ons jeroan terdapat :

  • 223 kalori
  • 44 gram protein
  • 4 gram lemak
  • 3.2 mg zat besi
  • 4.4 mg zinc
  • 2.4 mikrogram vitamin B12

Karena kandungan tersebut, resep keripik usus memiliki beberapa manfaat sebagai berikut :

1. Resep Keripik Usus Mengandung Banyak Protein

Dalam satu porsi jeroan ( hati, usus, jantung ) terdapat protein yang sangat banyak. Seperti yang kita ketahui, manfaat protein adalah untuk memproduksi energi serta mengisi sel-sel yang membentuk otot dan jaringan pada tubuh.

Selain itu makan makanan tinggi protein dapat mengurangi nafsu makan sekaligus mencegah obesitas dan penumpukan lemak di perut. Hal ini cocok sekali buat kalian yang lagi program diet

2. Mengandung Selenium pada Resep Keripik Usus

Kandungan selenium pada jeroan ayam mamapu meningkatkan fungsi hormon tiroid. Dengan zat ini, tubuh akan mampu melawan efek buruk dari radikal bebas. Selenium juga dapat membantu menjaga kesehatan area reproduksi. Selain itu, Selenium dapat mencegah bermacam jenis kanker.

3. Mencegah anemia

Dalam 3 setengah ons jeroan ayam terkandung di dalamnya 3.2 mg zat besi. Manfaat zat besi dapat memulihkan sel-sel di dalam tubuh agar kembali bekerja sesuai fungsinya, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan penyembuhan luka, serta melancarkan peredaran oksigen ke seluruh tubuh. 

Jadi jika kalian merasa pusing, jantung berdebar-debar, ataupun sering merasa lelah, tak ada salahnya mencoba memakan jeroan di dalam menu makanan kita sebelum meminum obat penambah darah.

4. Keripik Usus Menyehatkan otak

Manfaat lainnya adalah jeroan dapat menyehatkan otak. Dalam 3,5 ons jeroan ayam terdapat 2,4 mikrogram vitamin B12 yang Anda butuhkan setiap hari. Kandungan vitamin B12 berfungsi menaikkan level kinerja otak sekaligus produksi sel darah merah dalam tubuh.

Bahaya Memakan Resep Keripik Usus Secara Berlebihan

Selain banyak manfaat yang terdapat pada resep keripik usus, ternyata keripik usus memiliki bahaya jika kita mengonsumsinya berlebihan.

Bahaya yang paling ditakuti adalah kandungan kolesterol pada jeroan ayam, termasuk usus. Jeroan ayam termasuk usus memiliki kolesterol yang tinggi. Dalam 3.5 ons jeroan ayam memiliki 370 mg kolesterol.

Padahal, kadar kolesterol yang dibutuhkan setiap orang pada umumnya adalah tiap harinya tidak boleh lebih dari 300 mg.

Jika Anda makan jeroan ayam berlebihan, maka dapat meningkatkan risiko penyakit stroke, jantung, dan berbagai jenis kanker. 

Olahan Usus Selain Resep Keripik Usus

Selain Resep Keripik Usus, ternyata banyak sekali lho olahan dari usus. Soal rasa jangan ragukan lagi. Sudah pasti sangat enak dan lezat. Jika resep keripik usus disantap untuk camilan rumahan, olahan lain ini bisa dibuat lauk bersama nasi. Rasa pedas, gurih, dan manisnya membuat siapapun akan ketagihan.

Tak perlu banyak banyak kata lagi, berikut ini olahan lain dari bahan usus :

1. Usus Ayam Kuning

Olahan makanan ini adalah olahan yang cocok untuk dijadikan lauk pauk. Warna kuning disni terdapat pada efek dari kunyit, sama halnya dengan warna kuning pada makanan yang lain. Berikut ini cara membuatnya :

Bahan yang Dibutuhkan Untuk Usus Ayam Kuning:

  • 250 gr usus ayam
  • Gula dan garam, secukupnya
  • 3 cabai keriting merah, iris serong
  • 1/2 tomat ukuran besar
  • 1/2 bawang bombai, iris serong
  • 4 cm lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • Kecap manis, secukupnya

Bumbu Halus Usus Ayam Kuning:

  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 3 cabai rawit
  • 2 butir kemiri
  • 4 cm jahe
  • 4 cm kunyit

Cara membuat Usus Ayam Kuning:

  1. Potong usus ayam sesuai selera.
  2. Kemudian cuci hingga bersih.
  3. Rebus usus ayam yang telah dipotong potong dan dicuci hingga bersih selama kurang lebih 10 menit.
  4. Tumis bumbu halus yang telah disebutkan di atas tadi sampai harum.
  5. Masukkan cabai, daun salam, dan lengkuas.
  6. Masukkan potongan usus, tambahkan air secukupnya. Tambahkan gula, garam, kecap, dan ungkep sampai bumbu meresap.
  7. Letakkan daun jeruk, daun bawang, bawang bombai, dan tomat. Masak sebentar, koreksi rasa.
  8. Sajikan makanan usus ayam kuning.

2. Tumis Usus Ayam Daun Jeruk

Resep masak tumis usus daun jeruk ini bakal dijamin bikin perut anda keroncongan seketika. Karena aromanya yang sangat menggoda. Membuatnya mudah dan butuh waktu sebentar saja, lo. Dijamin enak dan lezat.

Bahan – Bahan Tumis Usus Ayam Daun Jeruk

  • 200 gr usus ayam, bersihkan dan potong-potong
  • 1 lbr daun salam
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula merah
  • 200 ml air
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Ramuan Halus Tumis Usus Ayam Daun Jeruk

  • 2 cm kunyit, bakar
  • 4 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 3 siung bawang putih
  • 3 bh cabai merah keriting
  • 8 butir bawang merah
  • 3 bh cabai rawit merah

Cara membuat Tumis Usus Ayam Daun Jeruk

  1. Rebus usus ayam bersama dua lembar daun salam dan 2 cm jahe yang dimemarkan hingga mendidih. Cuci bersih.
  2. Tumis bumbu halusnya, masukkan daun salam, dan lengkuas sampai harum.
  3. Masukkan usus ayam. aduk rata.
  4. Bubuhi kecap manis, garam, dan gula merah. Tuang air sedikit demi sedikit. Aduk rata.
  5. Masak sampai meresap.
  6. Sajikan dengan nasi hangat.

3. Pepes Usus Ayam

Bagi penggemarnya, usus ayam akan dinikmat menjadi olahana apa saja. Tidak salah, sih, karena jeroan ayam khususnya usus ini punya rasa yang gurih. Dimasak menjadi pepes usus ayam bikin rasanya bisa nambah berlipat-lipat juga loh.

Yang Dibutuhkan Untuk Bahan Pepes Usus Ayam

  • 500 gr usus ayam
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 buah tomat, potong jadi 4 bagian
  • 2 cm lengkuas
  • 3 batang daun bawang, potong-potong
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai
  • Daun pisang untuk pembungkus secukupnya
  • Tusuk lidi secukupnya

Bumbu Halus Pepes Usus Ayam

  • 7 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 4 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula

Langkah-Langkah Pepes Usus Ayam

  1. Cuci bersih usus ayam.
  2. Lumuri jeruk nipis dan tambah sedikit garam.
  3. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, lengkuas, dan serai. Sisihkan.
  4. Petik daun pisang seperlunya, menata bumbu dan usus, kemudian tutup bumbu lagi. Lipat daun pisang dan semat dengan lidi. Lakukan hingga habis.
  5. Kukus pepes usus ayam sampai matang, sekitar 25-30 menit.
  6. Sajikan.

Sekian ulasan tentang resep keripik usus. Kemudahan untuk membuatnya memungkinkan kita bisa  membuatnya di rumah saja. Peluang bisnis dari camilan ini apakah cukup worth it?, Sudah pasti bisa dong. dengan syarat kita mau berusaha dan tak pantang menyerah

Selamat mencoba…

× Whatsapp Kami!