Select Page

Hello teman-teman. Bagaimana kabar kalian hari ini ? Semoga kalian tetap sehat selalu walau kondisi pandemi ini sungguh merepotkan. Kali ini saya akan membagikan cara buat keripik tempe yang super renyah.

Seperti yang kita tahu, tempe merupakan makanan endemik atau makanan khas dari Indonesia. Di daerah perkotaan maupun desa sering kita jumpai produk ini. Salah satu resep makanan atau cemilan yang dapat diolah dari tempe ini dan namanya cukup terkenal dan populer adalah cara buat keripik tempe.

Tempe yang terbuat dari kacang kedelai memiliki rasa gurih yang bikin nagih. Harganya murah dan mudah diolah jadi berbagai makanan enak. Salah satunya keripik tempe.

Keripik adalah makanan ringan renyah yang dapat dibuat dari aneka macam bahan utama seperti cara membuat keripik buah pepaya dan salah satunya lagi ada yang menggunakan tempe. Oleh karena terbuat dari bahan dasar tempe sehingga dinamakanlah keripik tempe. Tempe yang biasa dibuat menjadi berbagai masakan lezat ternyata dapat juga diracik menjadi sajian cemilan garing renyah seperti keripik.

Sebelum membahas bagaimana cara buat keripik tempe, mari kita simak ulasan mengenai tempe.

Bahan Dasar Cara Buat Keripik Tempe

cara membuat keripik tempe

Siapa tidak kenal makanan tempe, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa kenal yang namanya tempe. Apalagi orang Indonesia. Makanan endemik ini terbuat dari biji kedelai yang difermentasi. Secara umum, tempe berwarna putih.

Tempe banyak dikonsumsi di Indonesia. Akan tetapi sekarang telah mendunia. Kaum pecinta sayuran di seluruh dunia pastibpasti yang telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging. Apa akibatnya ?, saat ini tempe tidak hanya diproduksi di Indonesia loh, tetapi juga di banyak tempat di dunia.

Makanan ini dapat dijadikan sebagai camilan atau bisa juga dijadikan sebagai lauk karena memiliki rasa gurih yang nikmat. Tempe memliki harga yang murah namun mempunyai manfaat yang tidak murahan. Kualitas produk ini selalu dijaga dan dijamin kesehatannya.

Jenis-Jenis Tempe

cara membuat keripik tempe

Apa yang kalian pikirkan setelah mendengar kata tempe ? sudah jelas tempe adalah sebuah kacang kedelai yang dilakukan fermentasi terhadapnya. Tapi tahukah kalian, jenis tempe ada banyak sekali macamnya. Bukan hanya berbahan dasar kedelai tetapi juga ada yang berbahan dasar lain. Berikut ini adalah macam-macam jenis tempe yang ada di Indonesia dan cocok untuk cara buat keripik tempe :

1. Tempe Kedelai untuk Cara Buat Keripik Tempe

Inilah jenis tempe yang populer di Inonesia. Tempe ini berasal dari fermentasi kacang kedelai. Ragi yang digunakan tentu saja berbeda dengan ragi yang digunakan untuk roti atau tape. Urutan proses tempe yang berasal dari kacang kedelai ini dapat diklasifikasikan menjadi dua berdasarkan media pembuatannya atau yang biasa kita kenal dengan bahan pembungkusnya.

Ternyata oh ternyata perbedaan bahan pembungkus ini lah yang menghasilkan cita rasa tempe & karakteristik yang berbeda.

2. Tempe Bongkrek

Tempe bongkrek sebenarnya sudah populer sebelum akhirnya terjadi suatu insiden keracunan terhadap tempe bongkrek. jenis ini merupakan tempe khas Jawa Tengah yang bahan dasarnya dari ampas kelapa. Karakteristiknya memiliki warna hijau tua dan rasa yang gurih.

Jika kalian menemukan tempe bongkrek yang sudah bewarna kekuningan, jangan dimakan ya teman-teman!, Untuk menghindari terjadinya bahaya keracunan. Hal ini merupakan pertanda kerusakan dari tempe bongkrek.

3. Jenis Tempe Gembus atau Menjos

Jenis tempe gembus merupakan tempe yang berbahan dasar dari ampas tahu dan memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang empuk. Tempe ini wajib sekali dikonsumsi minimal 28 jam setelah proses pembuatan selesai. Jadi kita harus menunggu selama itu. Biasanya tempe ini diolah menjadi tempe goreng atau dimasak dengan sayuran dan cabai.

Salah satu olahan tradisional yang cukup terkenal dari tempe gembus ini adalah sate kere.

4. Tempe Koro Pedang untuk Keripik Tempe

Tempe ini merupakan makanan khas Yogyakarta. Bahan dasar tempe ini berasal dari kacang koro. Memiliki bahan baku yang berbeda dengan tempe biasa menyebabkan tempe ini memiliki warna cokelat yang tua. Akan tetapi rasa dan kandungan gizi yang diberikan tidak jauh berbeda dengan tempe dari kacang kedelai. Selain itu, harganya relatif lebih murah daripada tempe kedelai.

Masakan dari tempe kacang koro yang terkenal adalah sengek tempe benguk.

5. Varietas Tempe Kecipir

Walaupun tempe ini sekarang sudah jarang ditemukan di pasar tradisional, namun tempe ini masih dapat kamu ditemukan di wilayah Tulungagung, Jawa Timur. Kecipir tumbuh sehat di sekitaran Tulungagung sehingga masyarakat disana sering memanfaatkan biji kecipir sebagai bahan baku pembuatan tempe.

Dalam proses pembuatannya, diperlukan waktu yang lebih lama untuk merebus biji kecipir karena teksturnya yang sangat keras. Prosesnya yang sangat sulit ini menyebabkan tempe kecipir menjadi kurang diminati untuk diproduksi luas dibandingkan tempe kedelai.

7. Tempe Menjes

Permukaan tempe menjes adalah kasar karena berasal dari kacang tanah. Rasa yang diberikan dari tempe ini sendiri lebih ke hambar dengan tempe kedelai. Mudah dijumpai di Yogyakarta dan Jawa Timur, tempe ini bisa disajikan menjadi berbagai macam hidangan seperti digoreng atau ditumis. Namun olahan terpopuler tempe jenis ini adalah tempe goreng dengan tepung yang disajikan bersama cabe rawit tentunya.

Cara Buat Keripik Tempe

cara membuat keripik tempe

Bagi anda yang ingin mencoba cara buat keripik tempe yang super renyah, anda bisa sekali untuk mencobanya. Yang pasti pembuatannya sangat mudah dan kalian tidak perlu lagi menunggu oleh-oleh dari teman atau kerabat dulu untuk menikmatinya. Kamu bisa bikin keripik tempe sendiri di rumah. Simak cara buat keripik tempe yang super renyah berikut ini :

Bahan-Bahan Cara Buat Keripik Tempe:

  •  Tempe yang telah diiris tipis-tipis
  •  5 sdm tepung beras
  •  3 sdm tepung terigu
  •  Air putih 1800 cc / sampai adonan encer
  •  Minyak goreng secukupnya
  •  Kaldu ayam bubuk secukupnya
  •  1/2 sendok teh merica bubuk
  •  4 siung bawang putih, yang sudah halus
  •  Garam 3/4 sendok teh
  •  Daun bawang prei secukupnya

Cara Buat Keripik Tempe :

  1. Iris tipis tempe kemudian jemur.
  2. Buat adonan pencelup, tambahkan air sampai encer.
  3. Haluskan bahan untuk bumbu kemudian simpan dalam wadah. Tambahkan bumbu halus aduk lagi sampai merata.
  4. Panaskan minyak, kemudian ambil tempe yang sudah mulai kering, kemudian masukkan ke dalam adonan tepung.
  5. Selanjutnya, ambil tempe lalu diiris tipis-tipis kemudian rendam dalam adonan bumbu dalam wadah. Tunggu hingga campuran bumbu meresap ke dalam tempe.
  6. Goreng dengan api sedang sampe warna kuning  & matang Selanjutnya goreng tempe yang sudah direndam dalam campuran bumbu hingga matang dan garing.
  7. Angkat kemudian tiriskan. Keripik dapat langsung disajikan.
  8. Simpan keripik tempe ke dalam toples kedap udara atau bungkus dengan plastik kedap udara agar kriuk renyah

Bumbu untuk Cara Buat Keripik Tempe

Untuk bumbu cara buat keripik tempe bisa memakai bumbu instan ataupun bumbu buat sendiri. Akan tetapi, yang sering dijual di pasaran adalah keripik tempe dengan bumbu yang instan. Berikut ini rasa yang cocok untuk keripik tempe :

  • Jagung Bakar
  • Jagung Manis
  • Sapi Panggang
  • Jagung Mentega
  • Jagung Pedas
  • BBQ
  • Chili Powder
  • Chili Pedas Raja Setan

Biasanya rasa dari jajan keripik tempe yang dijual dipasaran memiliki rasa asin. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mencoba varian rasa sesuai selera lidah anda. Mungkin yang suka manis bisa menggunaka rasa jagung manis atau jagung mentega. Penggunaan bumbu instan ini sangat mudah dilakukan, karena cukup taburkan bumbu bubuk ke dalam wadah bersama keripik tempe, kemudian kocok sampai bumbu merata.

Tips Menggoreng Cara Buat Keripik Tempe yang Renyah

Kesuksesan membuat camilan, seperti cara buat keripik tempe adalah kerenyahan dari keripik tersebut. Seringkali kita menggoreng kerupuk atau keripik tidak mendapatkan sensasi kerenyahan. Kini saya akan membagikan tips cara menggoreng keripik tempe agar renyah :

  1. Pertama memanaskan minyak dari tungkat panas yang medium ke tingkat yang tinggi. Temperatur terbaik untuk menggoreng adalah 177- 190 derajat celcius. Jika tidak punya, masukkan secuil roti saat warnanya sudah berubah setelah 60 detik maka temperatur sudah mencapai 185 derajat celcius. Untuk praktisnya bisa menggunakan mesin vacuum frying.
  2. Jangan terlalu banyak memasukkan bahan dalam gorenganya. Meskipun masih terlihat banyak ruang untuk menggoreng, masukkan saja beberapa bahan terlebih dahulu sehingga lebih cepat matang.
  3. Jangan menggarami bahan makanan sebelum digoreng. Kenapa ? karena garam akan menarik kelembapan ke permukaan makanan. Garam juga menurunkan titik asap minyak sehingga makanan tidak akan garing.
  4. Menjaga suhu minyak tetap stabil dengan menggunakan dasar penggorengan yang berat. Selain itu, perhatikan juga jumlah minyak yang akan Anda masukkan.
  5. Tiriskan makanan dan serap minyak dalam makanan tadi

Kandungan Nutrisi Dalam Keripik Tempe

Tempe ternyata sudah banyak diteliti kandungannya. Bukan hanya oleh orang Indonesia, tapi bahkan warga negara asing pun ikut meneliti nutrisi di dalamnya. Makanan tradisional yang mengalami fermentasi tidak akan menurunkan citra tempe sebagai produk yang mudah diterima dan diteliti.

Menurut Hermana, Mien Karmini, dan Darwin Karyadi (1996), dijelaskan disana bahwa kandungan zat protein, zat besi, karbohidrat, hingga fosfor pada tempe lebih unggul dibandingkan daging dengan takaran 100 gram. Bahkan kandungan yang terdapat pada tempe tidak ada pada daging seperti karbohidrat, serat, Riboflavin, dan asam pantotenat.

Manfaat Keripik Tempe bagi Tubuh Kita

Setelah mengetahui cara buat keripik tempe dan kandungan nutrisnya, sudah pasti keripik tempe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mulai sumber protein hingga sebagai antioksida. Berikut manfaat tempe bagi tubuh :

1. Keripik Tempe Merupakan Sumber yang Kaya Akan Protein

Terlihat bahwa jika kandungan protein pada tempe bisa disetarakan dengan daging dan bahkan lebih besar daripada daging. Selain itu, di dalam sebuah tempe terdapat lemak yang lebih sedikit. Sedanglkan kandungan karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, biotin, vitamin B12, dan akt retinol jauh lebih banyak dibandingkan dengan daging.

2. Tempe dari Cara Buat Keripik Tempe Sumber Kalsium yang Setara dengan Susu Sapi

Setelah melakukan penelitian, ditemukan bahwa kandungan kalsium pada tempe setara dengan susu sapi. Maksud dikatakan setara dalam hal ini jika kita mengonsumsi 4 potong tempe.

3. Mengobati Penyakit Pusing

Tempe mengandung vitamin B12 yang menjadikan tempe adalah satu-satunya sumber vitamin B12 pada sumber nabati. Sekarang para pecinta sayuran tidak perlu takut untuk kehilangan vitamin B12 lagi. Jika kekurangan dapat menyebabkan pusing, lemas, lekas lelah, kulit menguning, dll. Karena kandungannya sudah cukup untuk nutrisi dalam satu hari

4. Keripik Tempe Sebagai antioksidan

Bukan hanya memiliki kandungan gizi yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh kita sehari-hari, tempe juga mengandung antioksidan. Dengan kata lain, tempe memiliki vitamin E. Vitamin E terbukti sebagai zat antioksidan alami

Olahan Tempe Selain Cara Buat Keripik Tempe

Setelah kalian mengetahui bagaimana cara buat keripik tempe, tidak ada salahnya kalian juga mengetahui olahan-olahan lain yang berbahan dasar tempe. Tempe sendiri bisa dijadikan mulai dari sayuran hingga makanan khas tradisonal. Selain itu ada juga yang mengkreasikan tempe menjadi makanan modern seperti steak ataupun nugget

Untuk mengetahui apa saja jenis makanan yang bisa diolah dari tempe, simak penjelasan berikut ini :

1. Sate Kere

Sate kere merupakan sebutan untuk salah satu kuliner khas Solo yang terbuat dari tempe gambus. Tempe gambus adalah tempe yang dibuat dari sisa ampas tahu. Selain tempe, bahan dasar pembuatan makanan ini juga menggunakan jeroan sapi, contohnya paru-paru dan usus sapi.

Sate ini juga dilengkapi dengan bumbu kacang dan sambal kecap yang sama halnya seperti sate pada umumnya.

Zaman dahulu, sate adalah salah satu jenis makanan termewah yang hanya bisa dilahab oleh kalangan menengah ke atas. Kalangan menengah ke bawah pasti sangat sulit untuk membeli sate. Hingga pada akhirnya dibuatlah sate kere.

Kere disini memiliki makna gelandangan. Jadi bisa dikatakan orang menengah ke bawah mencari terobosan baru untuk menikmati sate dengan menganti daging menjadi tempe dan jeroan sapi yang pastinya semua bahan tersebut sangat murah.

2. Nugget Tempe

olahan tempe selain cara buat keripik tempe selanjutnya adalah nugget tempe. Bila selama ini kita sudah bosan dengan tempe goreng yang itu-itu saja, coba bikin nugget tempe yang padat dan empuk. Cara membuatnya pun juga tidak terlalu sulit kok

Kalian hanya melakukan empat langkah utama untuk membuat nugget tempe ini. Mulai dari menyiapkan bahan hingga kalian goreng. Gunakan mesin vacuum frying untuk hasil yang lebih memuaskan.

3. Steak Tempe

Steak bukan melulu tentang daging kok, kini steak tempe juga ada di Indonesia. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kandungan gizi dari tempe lebih unggul dibandingkan dengan daging. Mulai dari segi protein hingga kalsium di dalamnya. Bagi kalian yang ingin mencoba varian lain dari steak, steak tempe sangat direkomendasikan.

Dari segi rasa, steak tempe juga tidak kalah dengan steak daging. Bahkan steak tempe akan membuat kita lebih kenyang di bandingkan dengan steak daging. Karena kandungan karbohidrat yang terkandung dalam tempe sangat besar.

4. Sengek Tempe Benguk

Makanan ini merupakan makanan khas dari jogja lho, tepatnya di kota Kulonprogo. Kalau berbicara tentang jogja memang tidak ada duanya. Selain tempat wisata, jogja juga bisa dibilang sebagai kota wisata kuliner. banyak sekali kuliner-kuliner yang unik dari sana. Besengek tempe benguk salah satunya.

Makanan diolah bdengan berbahan dasat tempe benguk. Tempe benguk sendiri adala tempe yang berasal dari kacang-kacangan. Sedangkan besengek sendiri adalah mengolahnya, yaitu dengan ditambahi santan yang kental.

Sekian pembahasan tentang cara buat keripik tempe yang super renyah. Anda bisa melakukan resep ini di rumah masing masing. Apakah untuk membuka bisnis lewat kuliner ini bisa?, tentu saja bisa. Syaratnya adalah kita harus berani mencoba hal-hal baru.

Selamat Mencoba

× Whatsapp Kami!