Select Page

Cara Membuat Keripik Sukun –  Dalam artikel ini kami akan membahas bagaimana Cara Membuat Keripik Sukun.

Buat kalian yang suka ngemil di siang maupun malam hari kami merekomendasikan anda sekalian mempelajari Cara membuat keripik sukun untuk cemilan. Keripik ini seperti halnya dengan keripik apel

Seperti namanya keripik ini terbuat dari bahan dasar sukun yang di racik dengan bahan dan bumbu lainnya menjadi sajian yang sangat renyah dan gurih.

Kalian mempunyai sukun dirumah dan bingung untuk mengolahnya? Tak perlu khawatir inilah Cara membuat keripik sukun yang gurih dan renyah.

Keripik ini bisa kalian buat sedikit maupun dengan jumlah banyak. Biasanya pembuatan dengan jumlah banyak untuk suatu usaha atau acara. Adapun daerah yang menjadi pusat penghasil buah sukun yang paling terkenal yakni kabupaten cilacap dan juga kepulauan seribu.

Nah, untuk penyajianya, kalian bisa membuat sendiri di rumah maupun membelinya . Untuk Cara membuat keripik sukun memang tidak terlalu sulit seperti halnya cara membuat keripik pepaya serta proses pembuatanya juga tidak memerlukan waktu yang berjam-jam.

Sehingga bisa cepat untuk di sajikan bersama keluarga kalian di rumah. Namun memang ada beberapa tahap  yag mesti kalian lakukan agar berurutan. Berikut Cara Membuat Keripik Sukun

CARA MEMBUAT KERIPIK SUKUN

Persiapan untuk Cara Membuat Keripik Sukun:

  1. 1 buah sukun matang, kupas kemudian cuci hingga bersih dan potong serta iris tipis.
  2. kapur sirih 2
  3. air kurang lebih 2 liter
  4. Siapkan minyak goreng secukupnya

Bahan dan bumbu untuk Cara Membuat Keripik Sukun :

  1. garam 1 sdm
  2. ketumbar bubuk 1 sdm
  3. bawang putih 4 siung, haluskan
  4. gula pasir 1 sdt
  5. jari kunyit 1 ruas, haluskan

Cara Membuat Keripik Sukun :

  1. Pertama siapkan wadah dan kemudian campurkan kapur sirih dan air.
  2. Setelah itu masukkan irisan sukun dan rendam sekitar 4 sampai 5 jam.
  3. Angkat lalu kemudian cuci sukun hingga bersih lalu tiriskan.
  4. Setelah itu campurkan bumbu yang telah di siapkan tadi ,kemudian di aduk hingga terampur rata, aduk manual atau bisa juga menggunakan mixer roti.
  5. Setelah itu lumuri irisan sukun dengan bumbu yang sudah disiapkan hingga merata. Biarkan bumbu meresap selama kurang lebih 15 menit.
  6. Lalu goreng sukun di atas minyak panas dalam wajan hingga matang dan warna keripik menjadi kuning agak kecokelatan.
  7. Selesai, angkat kemudian tiriskan dan masukkan keripik sukun ke dalam wadah.
  8. Keripik sukun siap disajikan.

Apa Itu Buah Sukun?

Sukun adalah buah yang dihasilkan oleh tumbuhan Artocarpus altilis. Bentuknya bulat seperti bola hingga cenderung lonjong.

Warnanya hijau terang dan bisa berubah menjadi kuning kecoklatan saat matang. Untuk beberapa varietas saat matang berwarna oranye kemerahan.

Orang-orang Eropa menyebut buah sukun sebagai buah roti (breadfruit), karena saat dipanggang teksturnya menjadi empuk seperti roti.

Di negara-negara Pasifik Selatan buah sukun dimanfaatkan sebagai makanan pokok sehari hari. Di Indonesia buah sukun ini dimanfaatkan sebagai makanan fungsional atau sekedar panganan.

Tanaman sukun bisa tumbuh pada rentang ekologi yang luas, namun habitatnya yang paling cocok adalah di dataran rendah beriklim tropis. 

Tanaman ini dapat bertahan pada tanah bersalinitas tinggi seperti pesisir pantai. Sukun masih bisa tumbuh di dataran tinggi dan daerah pegunungan, hanya saja sulit untuk berbuah.

Asal Usul Buah Sukun

Tanaman sukun merupakan tanaman asli yang berada di kawasan Oceania,sebuah daerah yang membentang mulai dari bagian timur Indonesia hingga ke bagian barat Amerika.

Wilayah Oceania memiliki daerah yang banyak.

Mencakup Melanesia (dari kepulauan Maluku, Papua Nugini hingga ke Fiji), Micronesia ( dari Mariana, Palau hingga ke Kiribati) dan Polynesia (mulai dari Hawaii, Selandia Baru hingga ke Easter Island).

Di kawasan Oceania buah sukun telah dimanfaatkan untuk sumber makanan sejak 3000 tahun yang lalu. Buah sukun mulai di kenal dan menyebar ke seluruh dunia setelah tahun 1500-an.

Ada banyak dokumen sejarah mengenai penyebarannya ke berbagai daerah belahan dunia. Dokumen tersebut sebagian besar berasal dari catatan para penjelajah Bangsa Barat(eropa).

Awal abad ke-17 penjelajah Spanyol membawa buah sukun ke daerah Guam dan Filipina.

Akhir abad ke-17 penjelajah Inggris menemukan buah sukun dan menyebarkannya ke daerah Hindia Barat meliputi Guyana, Haiti, serta Kepulauan Karibia.

Di akhir abad ke-18 diketahui juga ekspedisi Perancis membawa tanaman sukun ke daerah Jawa dan ke Maritius, Afrika.

Kini tanaman sukun dapat ditemukan di hampir semua daerah beriklim tropis dan sebagian daerah temperate.

Sukun dibudidayakan di lebih dari 145 negara, yang terbentang mulai dari Kepulauan Pasifik, Australia bagian Utara, Asia Tenggara, Asia Selatan, Madagaskar, Afrika, Amerika Tengah, Amerika Selatan ,dll.

Di Indonesia produksi sukun terbesar ada di daerah Jawa, disusul Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Kandungan Buah sukun

Buah sukun kaya akan karbohidrat oleh karena itu cocok dijadikan makanan pokok. Sayangnya buah ini tidak dapat disimpan lama dalam keadaan segar. Kandungan buah sukun setara dengan wortel

Bila disimpan pada suhu ruang buah ini hanya bisa bertahan sekitar kurang lebih 5 hari. Sukun bisa disimpan lama jika diolah menjadi makanan terlebih dahulu.

Buah sukun mempunyai kandungan lemak yang rendah, bebas kolesterol dan tidak mengandung gluten.

Indeks glikemik buah sukun lebih baik dibandingkan dengan sumber pangan lain seperti kentang, beras dan gandum.

Indeks glikemik merupakan angka yang menerangkan bahwa pengaruh makanan terhadap kadar gula darah.Buah sukun juga mengandung zat karotenoid seperti beta karoten serta lutein.

Zat-zat tersebut berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Manfaat Buah Sukun

1. Sukun Dapat Menurunkan Gula Darah

Sukun mempunyai kandungan serat yang tinggi dan serat inilah yang akan mengontrol gula dalam darah anda.

Rutin makan sukun dapat mengurangi penyerapan gula berlebih dari makanan lain sehingga tidak akan menyebabkan diabetes.

2. Sukun Adalah Salah Satu Sumber Energi

Buah ini bisa menjadi salah satu alternatif makanan untuk menghasilkan tenaga tanpa menambah jumlah kalori.

Sukun juga baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan juga kelebihan kolesterol jahat.

3. Sumber Omega-3 Dan Omega-6

Omega-3 dan omega-6 sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut.

Selain itu, zat omega ini juga baik untuk kinerja liver dan otak.

Penelitian menunjukkan bahwa anak yang suka makan sukun bisa mempunyai kecerdasan yang lebih baik dari yang lain.

4. Melancarkan Buang Air

Kandungan serat yang sangat tinggi sukun akan melancarkan pencernaan pada manusia.

Selain melancarkan buang air besar,sukun juga dapat melancarkan buang air kecil.

5. Cocok Dimakan Ketika Sedang Diet

Sukun juga salah satu makanan yang paling ideal dikonsumsi bagi kalian yang sedang menjalani diet.Rasanya enak,rendah kalori dan tinggi serat,mengonsumsinya dengan direbus supaya lebih sehat.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain sukun mempunyai kandungan omega-3 dan omega-6 yang banyak,  sukun juga mengandung vitamin C yang bisa sekaligus menjaga kesehatan kulit.

7. Sukun Kaya Antioksida

Kandungan antioksida yang ada didalamnya sangat baik untuk menjaga elastisitas dan mencegah penuaan dini.Kulit akan terlihat cantik dan sehat dari dalam maupun dari luar.

8. Sukun Sumber Vitamin Dan Mineral

Sukun sama halnya seperti buah-buahan lain yang kaya vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

9. Sukun Menjaga Kesehatan Rambut

Sukun bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut dan menguatkan akar rambut.

10. Menambah Ketebalan Rambut

Kandungan mineral yang ada di dalam sukun akan merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih tebal.Sukun juga dapat mengurangi ketombe pada kulit kepala.

Olahan Sukun

Buah sukun dapat dipanen dalam berbagai tingkat kematangan. Baik saat masih muda maupun setelah matang sempurna.

Buah yang sudah matang bisa dimakan langsung atau dimakan dengan pengolahan sederhana. Sedangkan buah yang belom matang biasanya memerlukan pengolahan lebih lanjut.

Sebagai sumber karbohidrat buah sukun bisa dijadikan sebagai makanan pokok pengganti beras atau gandum. Namun hanya sebagian kecil masyarakat yang melakukan hal itu.

Hal ini karena buah sukun tidak tahan jika disimpan dalam jangka yang panjang.

1. Dikonsumsi Langsung

Buah sukun yang telah matang dapat dimakan langsung. Namun kebanyakan orang mengolah buah sukun terlebih dahulu dengan cara dipanggang.

Setelah dipanggang daging buah akan menjadi empuk seperti roti dan bisa dinikmati dengan daging atau lauk pauk lainnya.

Selain itu buah sukun juga bisa dikukus, direbus,dan juga digoreng. Untuk memperpanjang umurnya,buah sukun disimpan dengan cara dijadikan keripik karena akan membuat sukun menjadi tahan lama. Caranya yaitu daging buah diiris tipis-tipis kemudian dijemur agar kering. Setelah itu digoreng dengan minyak panas.

Di daerah Fiji, buah sukun biasanya disimpan setelah difermentasi terlebih dahulu. Hasil fermentasinya berbentuk pasta dan berwarna putih kekuningan. Pasta sukun merupakan bahan dasar untuk membuat roti khas daerah Fiji.

2. Dibuat Tepung

Buah sukun dapat diolah menjadi tepung. Tepung sukun bisa dijadikan sebagai pengganti tepung terigu sebagai bahan baku kue dan roti. Hanya saja tepung sukun tidak mengandung gluten sehingga untuk membuat makanan olahan masih perlu dicampur dengan jenis tepung lain seperti tepung terigu.

Perbandingan pencampurannya beragam tergantung jenis makanan yang akan dibuat. Secara umum tepung sukun dapat mensubtitusi tepung terigu hingga 75%. Penggunaan tepung sukun bisa menghemat penggunaan terigu yang harganya lebih mahal dibandingkan tepung sukun.

3. Contoh Olahan Sukun

  1. sukun goreng
  2. donat sukun
  3. sukun goreng crispy
  4. sukun goreng asin
  5. kolak suku dan kacang hijau
  6. gulai sukun telor ceplok
  7. kue bolu sukun
  8. sukun goreng gula merah
  9. perkedel sukun
  10. keripik balado sukun
  11. getuk sukun dengan gula merah
  12. getuk sukun dengan pandan
  13. cake sukun
  14. kue lumpur cokelat sukun
  15. sayur sop sukun 
  16. growol sukun
  17. bola bola sukun
  18. nugget sukun
  19. stick sukun keju
  20. brownies sukun
  21. kroket sukun
  22. sawut sukun
  23. bika ambon sukun
  24. sepan sukun
  25. sayur lodeh sukun
  26. kue pukis sukun
  27. kue nastar sukun
  28. cendol sukun
  29. pudding sukun

Perbedaan Sukun,Kluwih,Nangka, Dan Cempedak

Keempat buah tersebut memang familiar dengan bentuk buah yang nampak sama, rasanya bahkan dengan pohonnya pun menyerupai satu sama lain.Membuat orang keliru untuk bisa membedakannya.

Dari keempat buah tersebut, ada 2 macam bentuk yang disekapati menyerupai 2 buah lainnya.

Maksudnya seperti ini, buah sukun sering disamakan dengan buah kluwih, begitupun sebaliknya. Buah nangka sering disamakan dengan buah cempedak. Walaupun begitu mereka berasal dari genus yang sama, Artocarpus, namun mereka benar-benar berbeda. Nah, agar mudah membedakan, artikel kali ini akan memberikan ulasan singkat mengenai perbedaan buah-buahan tersebut yang akan dijabarkan dengan memperbandingkan 2 kelompok buah yang selama ini membingungkan anda.

1. Perbedaan Sukun Dan Kluwih

Jika dilihat sekilas, bentuk buahnya sama yaitu bulat lonjong dan berwana hijau atau hijau kekuningan. Terlebih jika anda melihat pohonnya, nyaris persis. Namun jika anda ingin melihat perbedaannya, lihatlah tekstur kulit buahnya.

Buah Sukun mempunyai tekstur kulit yang agak kasar saat buahnya belum matang dan bertekstur lembut saat buahnya sudah matang. Sedangkan buah kluwih memiliki tekstur kulit yang banyak durinya,seperti kulit buah durian yang belum matang.

Kemudian, perhatikanlah daging buahnya. Saat Anda membelah buah sukun, akan nampak daging buah yang berwarna putih dengan tebal kurang lebih 7 cm, full daging buah, tanpa biji.

Sedangkan ketika Anda membelah buah kluwih, maka dagingnya akan terlihat biji-bijinya di dalamnya.

2. Perbedaan Nangka Dan Cempedak

Nangka dan cempedak pun kadang membuat orang-orang kebingungan. Dari tampilan fisik buahnya, bentuknya hampir sama yaitu lonjong dan besar juga sama-sama mempunyai biji dalam dagingnya yang terselubung didalam buahnya.

Untuk membedakannya tekstur kulit nangka sedikit ada duri kecil, sedangkan cempedak bertekstur sama dengan kulit sukun. Kemudian untuk ukuran nangka biasanya lebih gemuk dan besar, sedangkan cempedak lebih panjang dan agak langsing.

 

Jika dijabarkan satu persatu, maka akan seperti ini:


Sukun
  •  Nama latinnya Artocarpus altilis.
  • Tekstur kulitnya tidak berduri.
  • Daging buahnya tidak berbiji.
Kluwih

Kluwih atau bahasa inggrisnya disebut Seeded breadfruit, mungkin sebagian orang asing dengan buah yang satu ini. Buah ini mirip sukun dan mirip nangka,bijinya enak kalau direbus, sedangkan daging buah kluwih muda enak untuk dimasak.

Tanaman ini sudah jarang kita jumpai di daerah kita, entah karena nilai ekonomisnya rendah atau masyarakat kita yang belum tahu pengolahanya sehingga punya nilai jual yang tinggi.

Nama latin kluwih yaitu Artocarpus Communis atau Artocarpus altilis, dan memiliki Divisi : Spermatophyta Sub divisi : Angiospermae, Kelas : Dicotyledoneae, Bangsa : Orticales, Suku : Moraceae, Marga : Artocarpus, Jenis : Artocarpus camasi, Nama umum/dagang : Kluwih.

Orang- orang di daerah pulau SumateraKulu (Aceh), Otal, Kulu (Batak), Kalawi(Minangkabau), Kaluwih, Pulor (Lampung), Gomu (Melayu).

JawaKelewih, Kalewih, Koluih, Keleih, Kulur (Sunda),KluwihKaluih, Kalueh, Klueh (Jawa), Timbul (Betawi), Kolor(Madura).

BaliKalancang, Kalewih, Timbul (Bali)

NusaTenggaraKolo (Bima), Laku, Naun Maufe (Timor).

SulawesiGamasi (Makassar), Kuloro (Selayar).

MalukuUlo (Bugis) Lines, Umasi (Seram), Dolai (Halmahera).

Ciri cirinya:

  • Nama latinnya Artocarpus camansi.
  • Tekstur kulitnya berduri.
  • Daging buahnya berbiji.
Nangka

Nangka adalah buah-buahan yang memiliki kulit yang kasar berwarna hijau dan tekstur seperti durian namun tidak memiliki duri setajam durian. Di dalamnya terdapat daging nangka yang berwarna kuning dan memiliki wangi yang sangat khas dan sangat tajam.

Buah nangka memiliki biji berwarna coklat dan berukuran cukup besar. Nangka memiliki rasa yang manis dan aroma khas nangkanya yang sudah tercium dari luar kulit durian. Nangka memiliki getah yang lengket jika tersentuh.

Ketika dibelah maka akan terlihat tumpukan nangka di dalamnya dan cukup mengambilnya lalu dimakan,nangka dapat dijadikan berbagai macam olahan masakan. Biasanya nangka yang kuning digunakan untuk campuran es teler, es cendol, keripik,dan masih banyak lagi.

Tidak hanya daging buahnya saja yang bisa dimakan tetapi biji nangka ini juga dapat dijadikan camilan dengan cara menggorengnya atau direbus.

Ciri cirinya:

  • Nama latinnya Artocarpus heterophyllus.
  • Kulit berduri, tapi durinya lebih kecil daripada duri kulit buah durian.
  • Ukuran buah bervariasi, ada yang bulat lonjong,dan ada juga yang lonjong gemuk.
  • Aromanya tidak terlalu menyengat/bau sebelum dibelah.
Cempedak

Cempedak adalah buah yang mirip dengan buah nangka, tapi berbeda. Buah ini banyak dijumpai di daerah pulau kalimantan dengan sebutan Tiwadak (banjar), Nanakan (dayak maanyan).

Cempedak adalah tanaman buah-buahan dari famili Moraceae,bentuk buah, rasa dan keharumannya itu seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kuat seperti buah durian.

  • Nama latinnya Artocarpus Integer.
  • Tekstur kulitnya lebih lembut, serta hampir seperti kulit buah sukun.
  • Ukuran buahnya lonjong dan lebih ramping daripada nangka.
  • Aromanya sudah sangat menyengat bahkan sebelum buahnya dibelah.

Itulah ulasan tentang cara membuat keripik sukun dan pengertian yang lainnya,semoga artikel kali  ini bermanfaat untuk anda para pembaca. Baca juga artikel kami yang lainnya,pastinya akan menambah wawasan anda.

Sekian dan terimakasih.