Select Page

Cara membuat keripik wortel – Dalam artikel ini saya akan mengulas tentang cara membuat keripik yang berbahan dasar dari wortel yaitu keripik wortel. Cara membuat keripik wortel itu tidaklah sulit. Jika kalian ingin mempelajari tentang cara membuat keripik wortel, ini adalah artikel yang tepat bagi anda.

Keripik wortel ? Mungkin makanan yang satu ini masih sangat asing di telinga kalian. Sebab, wortel selama ini kita kenal sebagai sayuran dan bahan makanan yang kaya akan vitamin dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Wortel lebih sering diolah menjadi sop, tumis, atau jus biasa juga sering digunakan sebagai bahan sayer pelengkap resep masakan ataupun dibuat untuk jus minuman seperti jus pepaya.

Pada wortel terdapat banyak kandungan nutrisi, serat dan Vit. A serta ada magnesium Vit. B1 zat besi dll. Selain disayur, ternyata wortel bisa dijadikan berbagai macam jenis makanan, misalnya wortel dibuat menjadi keripik.

Keripik wortel ini adalah inovasi baru olahan camilan yang berbahan dasar wortel. Wortel yang kaya akan gizi ini akan diolah menjadi cemilan yang sehat dan enak berupa keripik. Berikut cara membuat keripik wortel.

Cara Membuat Keripik Wortel

Berikut ini adalah cara membuat keripik wortel yang enak dan tahan lama serta dapat anda coba di rumah.

Bahan Cara Membuat Keripik Wortel :

  • 150 gr wortel yang masih segar (diparut halus).
  • Garam 1 ons.
  • Bawang putih sebanyak ons.
  • Bawang merah sebanyak ons.
  • Penyedap rasa sebanayk 20 gram.
  • Gula sebanyak 50 gram.
  • Tepung terigu sebanyak 300 g.
  • Ketumbar secukupnya.
  • 30 gr tepung maizena.
  • Minyak goreng untuk menggoreng.

Bahan Tambahan Seperti :

  • 50 gram gula tepung.
  • 2 sendok teh kayu manis bubuk.
  • 1/2 sendok teh baking powder.
  • 1 butir telur ayam.

Cara Membuat Keripik Wortel :

Berikut cara membuat keripik wortel:

  1. Siapkan satu wadah untuk tempat membuat adonan keripik wortel.
  2. Masukkan wortel yang sudah diparut tadi, tepung terigu, baking powder, tepung meizena, gula halus, garam dan telur, aduk sampai menggumpal kemudian campurkan semua bahan lalu diaduk sampai tercampur rata.
  3. Kemudian adonan dibungkus dengan daun pisang gulung memanjang dan kukus selama kurang lebih 2-3 jam sampai adonan benar-benar matang. Pada proses ini kalian bisa pula menggunakan gulungan mie.
  4. Angkat dan dinginkan adonan tadi lalu iris tipis, jemur sampai benar-benar kering dan mengeras ( 2 sampai 3 hari ).
  5. Kemudian pipihkan adonan tadi diatas tempat yang datar, setelah itu adonan kita cetak dengan menggunakan ring bulat dari ukuran yang lebih kecil sesuai selera.
  6. Setelah itu, adonan yang selesai di cetak, panaskan minyak goreng diatas api sedang dan goreng adonan yang sudah kering sampai merekah dan tunggu sampai matang, jangan lupa di bolak-balik agar matang secara merata dan tidak gosong.
  7. Lalu angkat keripik wortel dan tiriskan.
  8. Taburi keripik wortel dan aduk rata dengan bahan taburan yang sudah disiapkan tadi: yaitu bubuk kayu manis dan gula halus.
  9. Keripik wortel siap disantap.

Agar tidak melempem, kalian bisa pula menyimpannya dalam wadah toples dan menutupnya rapat rapat.

Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan yang sangat nikmat pada saat sedang santai dan sangat cocok jika disandingkan bersama keripik apel dengan cara membuat keripik apel yang benar.

Tentunya keripik wortel ini mempunyai rasa yang gurih, renyah dan khas wortel. Itulah cara membuat keripik wortel yang enak dan tahan lama.

Apa Itu Wortel?

Wortel adalah salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki akar dibawahnya. Wortel ini mempunyai tiga jenis warna yaitu, oranye, ungu, dan merah cenderung pink. Ukuran dari wortel ini adalah panjang serta memiliki akar dibawahnya dan daun tumbuh diatasnya.

Rasa yang dihasilkan dari wortel biasanya manis sehingga banyak orang suka mengkonsumsinya langsung secara mentah setelah dicuci bersih ada juga wortel yang rasanya masam. Wortel ini memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan mata kita.

Wortel ini memiliki banyak cara untuk diolah misalnya, wortel dapat dimasak, dijus, ataupun sebagai masker. Mengolah wortel menjadi masakan yang sangat mudah dan sehat karena selain lezat juga bergizi tinggi.

Cara mudah memasak wortel yaitu dengan cara merebusnya kemudian dapat dimakan langsung dengan menggunakan cocolan mayones.

Selain itu, wortel sering digunakan untuk bahan untuk membuat sayur sop, sayur bayam, cap cay, dan ada juga yang menjadikannya sebagai keripik seperti cara membuat keripik wortel yang diatas.

Sejarah Wortel

Ketika orang menyebut nama wortel, maka yang terbayang yaitu warna oranye. Ya, warna oranye memang sekarang ini seolah identik dengan sayuran yang satu ini dan menjadi ciri khas sayuran wortel.

Meskipun demikian, selain oranye ternyata wortel  sendiri mempunyai warna yang bermacam-macam: putih, kuning, merah, ataupun ungu.

Berbagai catatan sejarah menyebutkan,bahwa wortel sudah dikenal orang sejak abad ke-1 Masehi. Lantaran aromanya yang sangat khas dan kuat, dulu orang menanam wortel untuk mengambil daun dan bunganya saja, bukan akarnya seperti sekarang.

Secara garis besar, para ahli botani mengelompokkan wortel ke dalam dua kategori yaitu wortel timur dan juga wortel barat. Wortel timur dibudidayakan pertama kali di daerah Afganistan pada abad ke-10 Masehi,Warna wortel ini ungu.

Sementara itu, wortel barat dibudidayakan pertama kali di daerah Belanda, sekitar abad ke-15. Warna wortelnya oranye.

Untuk mendapatkan wortel yang lebih berkualitas baik, tanaman wortel sebaiknya ditanam pada tanah yang sedikit berpasir, namun tidak berbatu. Cuaca dan kondisi tanah secara keseluruhan akan mempengaruhi rasa wortel yang dihasilkan.

Ukuran wortel pun beragam, ada yang kecil, sedang, besar, dan bahkan ada yang superbesar. Wortel yang ditanam oleh John Evans dari daerah Alaska, Amerika Serikat, sekarang ini masih tercatat sebagai wortel yang terbesar di dunia dengan berat sekitar 8,61 kg.

Di samping wortel kaya akan sumber vitamin A, wortel juga kaya akan sumber vitamin C, vitamin K, serat, dan potasium.

Dengan zat-zat yang dikandungnya tersebut, wortel diyakini oleh para ahli kesehatan dapat melindungi tubuh dari risiko serangan penyakit jantung dan kanker, serta meningkatkan kesehatan mata.

Selain dinikmati dalam bentuk sayur atau lalap, wortel kerap pula dinikmati dalam bentuk jus wortel.

Negara Penghasil Wortel?

Berdasarkan catatan dari FAO (Organisasi Makanan dan Pertanian PBB), Cina merupakan penghasil terbesar wortel di dunia, disusul oleh Rusia serta Amerika Serikat. Sepertiga wortel dunia dihasilkan di daerah Cina.

Dalam hal itu, Hotville sebuah kota di California Amerika Serikat, menyatakan bahwa dirinya sebagai “Carrot Capital of the World” alias “Ibu Kota Wortel Dunia” Di kota ini setiap tahunnya diselenggarakan acara festival wortel.

Manfaat Dan Khasiat Wortel

1. Mencegah Penyakit Jantung

Karena wortel sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, maka wortel juga dapat digunakkan  untuk mencegah penyakit jantung.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan falcarinol yang terdapat di dalam wortel ini adalah senyawa yang mampu mencegah penyakit kanker sekaligus sebagai senyawa anti kanker.

3. Dapat Menyehatkan Kulit

Vitamin A yang terdapat di dalam buah wortel ini mampu menyehatkan dan mencerahkan kulit kita. Selain itu, wortel juga dapat menghilangkan bercak hitam atau yang biasa disebut dengan flek hitam pada wajah. Khasiat wortel bagi kesehatan rupanya tidak hanya untuk mata.

Sebuah penelitian di bidang kesehatan kembali mengungkap khasiat yang ada didalam wortel. Siapa yang menyangka bahwa wortel bisa membuat seseorang tampil lebih menarik dan tampak sehat.

Penelitian itu menunjukkan bahwa wanita dan pria yang kulitnya memiliki cahaya kuning dianggap lebih menarik dan sehat. Cahaya kuning itu timbul dari pigmen kuning yang biasa disebut karotenoid.

Karotenoid mempunyai fungsi untuk mencerahkan kulit serta memberikan rona pada wajah. Karotenoid dapat ditemukan dalam sayur dan buah-buahan seperti wortel dan plum.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Wortel sudah sangat terkenal dapat menjaga kesehatan mata kita, vitamin A yang terkandung di dalam wortel inilah yang sangat baik untuk kesehatan mata.

5. Membuat Awet Muda

Beta karoten yang terdapat di dalam buah wortel ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh kita untuk melawan pengaruh negatif dari radikal bebas. Untuk itu wortel sangat baik untuk dikonsumsi agar terhindar dari beberapa penyakit.

6. Mampu Mencegah Stroke 

Ada sebuah penelitian yang terbukti bahwa wortel mampu menurunkan resiko terserang penyakit stroke. Cukup hanya dengan mengkonsumsi wortel sebanyak 6 buah setiap hari anda bisa menurunkan resiko terserang penyakit stroke.

7. Kaya Akan Vitamin & Mineral 

Manfaat wortel bagi kesehatan sudah banyak dipercayai oleh sebagaian besar orang. Sayuran wortel dikenal sebagai sumber vitamin A yang sangat tinggi. Kandungan vitamin A yang ada di dalam wortel sebesar 12000 Sl.

Wortel juga memiliki banyak kandungan zat lain di dalamnya, antara lain kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, beta karoten, zat besi, vitamin B1 serta vitamin C.

Mengetahui kandungan zat penting yang berlimpah dalam wortel ini, tentu kita semakin yakin bahwa wortel memiliki manfaat wortel untuk kesehatan

Bagi kalian yang jarang mengkonsumsi wortel, mungkin ini akan berat. Tapi jika kalian mengkonsumsi secara teratur anda dapat merasa lebih ringan.

8. Wortel Juga Bermanfaat Untuk Menurunkan Kolesterol

Minum air parutan/jus wortel kemudian di minum rutin setiap hari. Untuk menurunkan kolesterol, konsumsi air wortel ini pun harus rutin juga.

9. Mempertajam Memori

Anda pasti sering mengalami kesulitan untuk mengingat sesuatu yang penting? Jika benar, berarti sudah saatnya jika Anda mencoba mengonsumsi wortel. Manfaat wortel bisa membantu untuk mempertajam memori Anda, karena sayuran ini kaya akan vitamin B.

Bila mengonsumsi wortel secara rutin dan teratur, memori Anda akan semakin cemerlang dan tentu saja hal tersebut akan membuat Anda semakin lebih mudah untuk mengerjakan atau mempelajari banyak hal.

10. Wortel Kaya Kandungan Antioksidan

Hidup di masa kini membuat banyak orang yang harus terpapar polusi setiap harinya. Belum lagi jika mengkonsumsi makanan yang tidak sehat bisa membuat seseorang semakin sulit untuk terhindar dari radikal bebas.

Agar radikal bebas dapat ditangkal sehingga tidak memberikan efek merugikan bagi dalam tubuh, sangat penting untuk menyantap makanan yang kaya kandungan antioksidan seperti wortel.

Manfaat wortel bagi kesehatan yang ke-10 ini dalam jangka panjang bisa membuat tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang berbahaya seperti kanker dan sebagainya.

11. Menguatkan Janin

Khasiat wortel tidak hanya baik untuk mata, ternyata vitamin A yang banyak terkandung dalam wortel juga dapat membantu memperkuat janin wanita. Makanya, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi wortel secara rutin agar kandungannya tetap kuat.

12. Memperbaiki Daya Tahan Tubuh Setelah Sakit

Khasiat wortel selanjutnya adalah bisa memperbaiki daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam wortel dapat memperbaiki daya tahan tubuh setelah sakit.

Jadi, jika Anda baru saja mengalami penyakit seperti flu atau pun infeksi, jangan lupa untuk mengonsumsi wortel agar penyembuhan semakin cepat dan Anda bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.

13. Memperkuat Tulang Dan Gigi

Manfaat wortel bagi kesehatan berikutnya yaitu dapat memperkuat tulang dan gigi. Wortel mempunyai kandungan vitamin K yang cukup tinggi sehingga sayuran yang satu ini bisa membantu menguatkan tulang dan gigi.

Wortel juga sangat baik untuk rutin dikonsumsi oleh lanjut usia agar terhindar dari osteoporosis.

14. Membuat Kualitas Sperma Semakin Bagus

Tidak hanya itu, khasiat wortel bagi kesehatan ternyata juga berpengaruh besar pada fungsi reproduksi terutama bagi laki-laki.

Kadar vitamin A yang tinggi yang ada di dalam wortel ternyata dapat membuat kualitas sperma semakin bagus, sehingga wortel mempunyai manfaat besar untuk Anda yang tengah mendambakan untuk memiliki keturunan.

15. Kualitas Penyembuhan

Khasiat wortel memiliki kualitas penyembuhan yang hebat dan bagus. Wortel mentah atau yang telah diparut bisa diterapkan pada luka dan peradangan, penyembuhannya cepat. Sifat anti-inflamasi yang ada pada wortel membantu merevitalisasi dan menyamarkan kulit.

16. Perawatan Rambut Rontok

Manfaat wortel sangat bagus untuk melawan kerontokan rambut sebab mereka menyediakan vitamin vital bagi rambut Anda, membuatnya lebih kuat, lebih tebal dan lebih bersinar. Minum jus wortel bisa buat rambut Anda sehat. Ini adalah manfaat terbaik wortel untuk rambut.

17. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Manfaat mengonsumsi wortel 3 sampai 4 ons jus wortel setiap hari dapat menstimulasi pertumbuhan rambut dan menebalkan rambut Anda.

Vitamin C dan Vitamin E yang ada di dalam wortel meningkatkan sirkulasi di kulit kepala, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah penuaan dini pada rambut Anda.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Penyakit apa saja yang dapat diobati jika kita sering mengkonsumsi wortel? Berikut adalah contoh penyakit yang dapat diobati dengan sering mengkonsmusi wortel:

1. Kejang Jantung

Bahan: umbi wortel, 2 makan sendok madu, serta 1 potong gula aren.
Cara membuat: wortel diparut kemudian diperas dengan 2 gelas air
lalu dioplos dengan bahan lainnya sampai merata.
Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari secara rutin.

2. Eksim

Bahan : 1 wortel serta 1 sendok makan kapur sirih.
Cara membuat: buah wortel diparut dan dicampur dengan kapur sirih
sampai merata semua.
Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian yang sakit dan
dibalut dengan perban.

– Bahan: 3 umbi wortel.
Cara membuat: diparut dan diseduh dengan menggunakkan 2 gelas air masak.
Cara menggunakan: air diminum 2 kali sehari.

3. Cacing Kremi

Bahan: 5 sampai 7 umbi wortel, garam dan santan kelapa secukupnya.
Cara membuat: wortel diparut, kemudian ditambah dengan bahan
yang lainnya.

Cara menggunakan: diperas dan disaring, lalu diminum
menjelang tidur malam.

4. Mata Minus

Bahan: umbi wortel secukupnya.
Cara membuat: diparut dan diperas untuk diambil air perasannya
Cara menggunakan: diminum setiap pagi hari sebelum beraktivitas secara teratur.

Jenis Jenis Wortel

1.Jenis Imperator adalah jenis wortel yang mempunyai bentuk bulat memanjang dengan ujung meruncing seperti kerucut. Wortel ini sedikit tipis, dan mempunyai umbi berwarna oranye.

Wortel jenis ini kurang disukai oleh kebanyakan orang karena rasa yang dimiliki wortel jenis ini kurang manis.

2. Jenis Chantenay, Jenis wortel ini mempunyai bentuk tebal meruncing dengan ujung yang tumpul. Jenis wortel Chantenay memiliki panjang kurang lebih sekitar 12 cm serta banyak disukai orang karena memiliki rasa yang manis.

Dibandingkan dengan jenis wortel lainnya wortel jenis ini memiliki tekstur lebih kasar. Biasanya, wortel jenis ini sering dimasak dengan di potong menjadi bentuk dadu .

3. Jenis Nantes,  Wortel jenis ini adalah gabungan dari wortel jenis Imperator dan jenis Chantenay. Wortel jenis ini mempunyai ukuran sedang, memiliki warna oranye gelap, berbentuk bulat tumpul dan mempunyai diameter dari atas hingga bawah sama .

Kandungan air pada wortel nantes lebih tinggi dari jenis wortel lainnya sehingga jika dimasak rasa manis yang ada pada wortel jenis ini akan berkurang

 4. Chantenay Red Cored
Berbentuk kerucut pada bagian pangkal besar, garis tengah ±4—5 cm dan panjangnya ± 15 cm. Berwarna oranye tua dan mempunyai daging yang halus dan manis. Umur panennya mencapai ± 70 hari.

5.  Royal Chantenay
Ciri-cirinya sama seperti jenis Chantenay Red Cored, namun memiliki ukuran yang lebih panjang, yaitu mencapai ± 18 cm.

Itulah ulasan tentang cara membuat keripik wortel dan pengertian yang lainnya,semoga artikel kali  ini bermanfaat untuk anda para pembaca. Baca juga artikel kami yang lainnya, pastinya akan menambah ilmu anda.

Sekian dan terimakasih.