Select Page

 Cara Membuat Keripik Buah Naga – Buah ini berasal dari daratan Amerika Tengah dan selatan . Seiring dengan  perkembangannya buah ini mulai dibudidayakan di Indonesia.

Buah ini dapat kita jumpai di  daerah Bandung, Pasuruan, Malang, Batam dan beberapa daerah lain.Dibawah ini saya akan menunjukan dua cara Membuat keripik Buah Naga yang Enak dan Renyah.

Cara Pertama Membuat Keripik Buah Naga yang Enak

Cara Membuat Keripik Buah Naga

 

Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Keripik Buah Naga yang Enak:

  • 5 kg buah naga Matang
  • 2 L minyak Goreng

Cara Membuat Keripik Buah Naga yang Enak:

  1. kupas kulit buah naga dan cuci buah naga pada air mengalir
  2. Potong buah naga sesuai selera.Disarankan agar buah naga dipotong sekitar 5 milimeter atau bisa juga dihancurkan menggunakan mixer roti,lalu masukkan ke dalam freezer.
  3. Siapkan mesin vacuum frying yang telah di isi minyak goreng,jumlah minyak goreng dapat disesuikan dengan kapasitas masing-masing mesin.
  4. Masukkan irisan buah naga yang dingin ( setelah di freezer ),kedalam mesin vacuum frying dan goreng pada suhu 85 derajat,supaya keripik nantinya renyah dan tidak gosong.
  5. Apabila keripik buah naga sudah dirasa kering,segera angkat keripik buah naga dari penggorengan dan taruh lah pada mesin spinner.
  6. Keripik buah naga siap di sajikan,sebaiiknya simpan di tempat yang kedap udara atau bisa di simpan dalam plastik yang berbahan alumunium foil

Cara kedua Membuat keripik Buah Naga

Bahan yang dibutukan untuk membuat keripik buah naga yang enak:

  • 5 kg Buah Naga
  • 150 gram gula pasir
  • Air kapur sirih
  • 2 L minyak goreng
  • Garam seberat 2 gram
  • Air sebanyak 1,5 liter

Cara membuat keripik Buah Naga yang Enak:

  1. kupas kulit buah naga, dan iris tipis-tipis kemudia,bentuk irisan sesuia selera
  2. Buah naga yang di iris tadi kemudian rendam pada air kapur sirih selama 5 jam
  3. Buah naga yang direndam kemudian dikeringkan
  4. Setelah kering buah naga kemudian di masukan kedalam mesin vacuum frying 
  5. jika tidak ada buih pada minyak goreng,tandanya telah matang
  6. Angkat dan bisa disajikan

Jika anda tidak mau repot dalam menggoreng keripik, sekarang sudah ada mesin vacuum frying berkualitas yang dapat membantu dalam hal menggoreng.

Manfaat Buah Naga

Cara Membuat KEripik Buah Naga

 

Selain enak untuk diolah cara membuat keripik buah naga yang enak,buah naga juga memiliki banyak manfat bagi tubuh kita lho.Berikut adalah manfaat buah naga bagi tubuh kita

1. Membantu Mengurangi Berat Badan

Mengisi perut dengan makanan yang penuh dengan kandungan serat serta rendah kalori yakni buah naga ini akan membuat perut Anda tetap terasa kenyang tanpa perlu takut akan bertambahnya berat badan. buah naga juga mampu membuat pencernaan semakin lancar karena mengandung banyak air.

2. Camilan Sehat Bagi Anda yang Sedang Diet

Sama halnya dengan poin pertama, bagi Anda yang sedang melakukan masa diet baik untuk menurunkan berat badan maupun untuk menjaga berat badan ideal Anda.

Mengkonsumsi buah naga dengan teratur maka akan membuat perut anda terus merasa kenyang tanpa takut tubuh akan melar.

3. Membantu Proses Detoksifikasi

Sebagai sumber antioksidan, buah naga mampu mengurangi radikal bebas yang ada dalam tubuh sehingga proses detoksifikasi (pengeluaran racun dalam tubuh)akan berjalan lancar.

4. Mampu Mencegah Kanker

 Seperti dengan buah merah lainnya, buah naga mengandung lycopene. Lycopene, bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga, telah terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat.

Buah Naga tidak hanya megandung lycopene, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh.

Buah Naga  juga kaya akan serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

5. Mampu Mencegah Diabetes

Sifat antioksidannya yang terdapat pada buah naga  berfungsi untuk mencegah terjadinya diabetes melitus karena dapat membunuh sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Buah naga aman bagi penderita diabetes karena buah naga kadar gulanya yang sangat kecil.

6. Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Serangan Jantung

selain berfungsi sebagai pencegah kanker,lycopene juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah serta mencegah penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak.

Karena biji dari buah naga mengandung lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah Naga  mengandung nutrisi dan gizi yang bermanfaat untuk menngkatkan sisitem kekebalan tubuh. JIka anda dengan rajin mengkonsumsi buah naga, maka proses penyembuhan baik luka luar maupun luka luar akan semakin cepat pula.

8. Meningkatkan Nafsu Makan

Vitamin B1 dan B2 yang terkandung pada buah naga dapat membuat nafsu makan anda menjadi meningkat jika rutin mengkonsumsi buah naga terutama untuk anak-anak yang biasanya susah makan.

Memang sangat bertolak belakang dengan manfaat buah naga untuk diet, namun bagi Anda yang diet, cukup dengan mengganti makanan sehari-hari dengan buah naga yang juga mengenyangkan tanpa takut tubuh melar.

9. Membantu Masalah Pencernaan

Buah Naga mengandung serat yang tinggi dapat membantu pencernaan dan mengobati konstipasi atau sembelit. Dengan memakan daging buah naga yang mengandung protein baik,  maka dapat membuat tubuh anda sehat dan segar.

10. Menunda Penuaan Dini

 Buah naga dapat memperlambat penuaan diri. Karena buah naga Mengadung antioksidan yang akan membuat kulit tetap kencang dan beregenerasi dengan baik.

Manfaat Buah Naga Bagi ibu Hamil

Daging buah naga memiliki 4 jenis warna, yaitu merah, hitam, putih dan kuning. Sedangkan bagian kulit luarnya terdiri atas 2 jenis warna yaitu kuning dan merah. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari buah naga:

Sebagai Sumber Energi

Buah Naga merupakan sumber energi yang baik bagi ibu hamil, karena di dalam 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 – 14 gram karbohidrat. .

Mencegah dan Mengatasi Anemia

Mengkonsumsi buah naga selama kehamilan juga dapat mencegah dan mengatasi anemia atau kurang darah

Mengandung zat besi sebagai penyusun utama dari sel darah merah, untuk meperlancar pasokan oksigen ke janin, serta mencegah kelainan darah pada janin, dan meningkatkan kecerdasan otak janin.

Memperlancar Pencernaan

Khasiat dari buah naga untuk ibu yang mengandung bisa memperlancar pencernaan, sebab pengaruh hormonal dan desakan janin, menjadikan Ibu hamil rentan mengalami sembelit.

Oleh Karena itu, Ibu yang hamil harus banyak makan makanan yang mengandung serat. Buah naga sangat kaya akan serat yang berguna untuk memperlancar  pencernaan sekaligus untuk menjaga kesehatan usus.

Mencegah Keguguran dan Kelahiran Prematur

Kedua ancaman tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi buah naga, karena di dalamnya banyak mengandung asam folat yang berperan untuk memperkuat janin, mencegah keguguran maupun kelahiran prematur.

Menjaga kestabilan Tekanan Darah dan Gula Darah

Tekanan darah dan gula darah yang tinggi selama kehamilan, bisa mengakibatkan Ibu hamil mengalami preeklamsi berat yang sangat berbahaya untuk Ibu hami maupun janin yang dikandungnya.

Oleh karena  itu, dengan mengonsumsi buah naga pada masa kehamilan, dapat menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah, sehingga Ibu hamil bisa terhindar dari komplikasi kehamilan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah naga mempunyai kandungan vitamin C dengan dosis yang tinggi. Oleh karena itu, Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini karena, sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh.

Dengan begitu, Ibu terhindar dari berbagai macam penyakit serta melindungi janin dari infeksi bakteri, virus, dan berbagai kuman penyakit.

Olaha dari Buah Naga

 

Selain diolah Menjadi cara membuat keripik buah naga yang enak.Buah naga Juga dapat diolah menjadi beberapa camilan yang menyehatkan lainnya.Berikut saya akan membagikan beberapa jenis camilan dari buah naga.

1. Jus Buah Naga

Selain cara membuat keripik buah naga yang enak.Pada saat merasa kehausan di siang hari, tidak ada salahnya apabila kamu membuat jus buah naga. Kamu hanya perlu memblender buah naga merah, susu cair, madu, dan es batu.

Namun jika ingin lebih sehat, tambahkan plain yoghurt serta buah pisang. Segelas jus buah naga yang sehat sudah siap mengobati rasa hausmu.

2. Es krim Buah naga

Di siang yang panas seperti ini paling cocok makan es krim, daripada membeli es krim di luar, mending buat sendiri es krim rasa buah naga merah di rumah.

Kamu hanya perlu mempersiapkan buah naga, air putih, dan susu kental. Blender semua bahan tersebut lalu bekukan di dalam freezer.Apabila es krim sudah beku, kamu bisa langsung menikmati manis dan segarnya es krim buah naga buatanmu sendiri.

3. Puding buah naga

Selain cara membuat keripik buah naga yang enak.Apabila kamu bosan dengan puding yang itu-itu saja, coba deh kamu buat puding buah naga. Cara membuatnya cukup mudah, seperti halnya saat kamu membuat puding biasa.

Campurkan buah naga yang telah dihaluskan ke dalam larutan puding, lalu masak sampai matang. Selain enak, puding buah naga juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

4. Selai buah naga

Olahan dari buah naga yang satu ini sangatlah cocok untuk menemani sarapan kamu. Tenang saja, cara membuatnya cukup mudah.

Kamu hanya perlu memasak buah naga yang telah dihaluskan bersama gula pasir sampai mengental. Jika sudah dingin, pindahkan selai ke dalam toples. Selai buah naga yang sehat bisa kamu konsumsi kapan pun anda mau.

5. Soda Buah Naga

Minuman yang satu ini merupakan minuman campuran antara buah naga dengan jeruk npis, air soda dan gula. Campurkan ketiga bahan tersebut dengan jus buah naga, dan anda dapat menikmati perpaduan segar soda dan buah naga.

7. Mie Buah Naga

 Hidangan unik yang satu ini terbuat dari buah naga, yaitu mie buah naga. Adonan mi memiliki warna merah serta memiliki bintik-bintik hitam khas buah naga akan membuat tampilannya menarik.

Tak hanya itu,mie buah naga juga mempunyai rasayang gurih dan memiliki tekstur yang kenyal semakin menggugah selera

Efek Samping makan Buah Naga Secara Berlebihan 

 Selain cara membuat keripik buah naga yang enak.Buah naga kaya akan vitamin, buah naga pasti mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Namun tahukah kamu, jika dikonsumsi secara berlebihan, ternyata buah naga juga berbahaya bagi kesehatan tubuh.

 

Menyebabkan Maag.

Kandungan asam yang terkandung pada buah naga cukup tinggi maka bisa menyebabkan maag dalam tubuh kambuh. Selain itu, kandungan asam buah naga yang masuk kedalam tubuh juga bisa menyebabkan rasa mual.

Memicu Diabetes.

Sebenarnya buah naga bisa menurunkan kadar gula dalam darah Jika dikonsumsi secara teratur,namun jika dikonsumsi secara berlebihan justru dapat meningkatkan kadar gula yang terdapat dalam tubuh, sehingga akan memicu penyakit diabetes.

Menyebabkan Diare.

Asam  yang terkandung dalam buah naga juga dapat menyebabkan diare. Jangan pernah mengkonsumsi buah naga  sebelum makan, karena dapat meningkatkan kerja usus secara berlebihan dan semakin memperparah kondisi usus.

Penyebab Kembung.

kandungan mineral yang terdapat di dalam buah naga dapat menyebabkan kembung. Makan buah naga secukupnya, jangan makan secara berlebihan sehingga kamu bisa mendapatkan manfaatnya bukan bahayanya.

Peluang usaha budidaya Buah Naga 

 

 

bisnis ini memiliki potensi menghasilkan uang yang menguntungkan. Jika Anda tertarik dengan bisnis budidaya buah naga maka dapat melihat ulasannya di bawah ini:

Memulai Bisnis Budidaya Buah Naga

Bisnis dalam pertanian memang menjadi salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati. Begitupun dengan bisnis budidaya buah naga yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan.

Untuk memulai bisnis budidaya buah naga ini tidak sulit. Bisa anda mulai dengan mudah dan dengan modal yang kecil. Anda dapat memulai bisnis budidaya buah naga di lahan sekitar rumah.

Pelaku bisnis budidaya buah naga

Bisnis budidaya buah naga ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang. Anda yang,kini sedang bingung mencari pilihan bisnis yang tepat. Dengan kemauan dan minat yang tinggi maka bisnis budidaya buah naga ini dapat anda jalankan dengan mudah.

Konsumen Bisnis Budidaya Buah Naga

Konsumen budidaya buah naga memang tidaklah sulit, konsumen budidaya buah naga cukup besar dimana disukai dari anak-anak hingga orang tua. Dimana buah naga menyuguhkan beberapa kandungan yang bagus untuk kesehatan.

Peralatan Bisnis Budidaya Buah Naga

Dalam bisnis budidaya buah naga membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya keranjang panen, cangkul, timbangan, golok dan sabit, timba, hand sprayer, gerobak dorong, pompa air, selang air, gunting dan alat lainnya .

Dengan adanya peralatan tersebut maka bisnis budidaya buah naga makin maksimal.

Lokasi Lahan Budidaya Buah Naga

Untuk lahan dalam budidaya buah naga, Anda bisa memanfaatkan lahan terbuka dengan sistem pengairan yang bagus. Anda bisa membersihkan lahan dari rerumputan dan gulma.

Teknik Menanam Buah Naga

Untuk teknik menanam buah naga memang hampir sama dengan tanaman yang lainnya. Sehari sebelum proses tanam, dapat melakukan pengairan pada lahan terlebih dahulu. Untuk bibit buah naga yang digunakan dapat diambil dari batang yang besar dan sudah tua.

Bibit yang dipilih harus bagus dimana bebas dari penyakit. Anda dapat memilih batang atau cabang tanaman buah naga yang pernah berbuah, setidaknya sebanyak 3-4 kali.

Dengan pemilihan yang tepat tentunya produksi lebih cepat dan produktivitasnya sudah ketahuan dari hasil buah terdahulu. Untuk panjang dari bibit buah naga harusnya memiliki panjang ideal ukuran 30 cm.

Cara penanaman buah naga memang sangat mudah Anda dapat menanam batang buah naga dan dimasukan ke dalam dengan ukuran 10 cm kedalamannya.

Jika buah naga telah tumbuh maka dapat siapkan tiang panjatan agar batang buah naga tidak mudah roboh sehingga dapat menopang buah dengan baik. Sehingga hasilpun akan lebih banyak dan melimpah.

Karyawan Bisnis Budidaya Buah Baga

Karyawan dalam menjalankan bisnis budidaya buah naga bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan.

Harga Jual Budidaya Buah Naga

Patokan harga untuk budidaya buah naga dapat Anda buat dalam hitungan per kg dimana harga mulai Rp 15.000 hingga Rp 25.000. Ini tergantung dari harga buah naga yang ada di pasaran.

Keuntungan Dalam Menjalankan Bisnis Budidaya Buah Naga

Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang bisnis budidaya buah naga ini yakni merupakan bisnis budidaya buah yang paling menguntungkan dengan jual tinggi.

Kekurangan bisnis budidaya buah naga

Segi kekurangan bisnis budidaya buah naga ialah budidaya buah naga memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat.

Nah itu tadi bebrapa cara membuat keripik buah naga yang enak. Semoga dapat menjadi inspirasi untuk mencoba dirumah ya.Serta dapat dijadikan sebagai pandangan untuk memulai usaha keripik buah naga..cara membuat keripik buah naga yang enak

 

× Whatsapp Kami!