Select Page

Resep keripik apel – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang resep keripik apel yang mungkin tidak asing lagi di telinga kalian yang suka ngemil.

Apel adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya.

Biasanya apel digunakan untuk bingkisan parsel atau hiasan meja makan bersama dengan buah-buahan yang lainnya. Kebanyakan apel bagus dimakan mentah-mentah (tak dimasak), dan juga digunakan banyak jenis makanan pesta.

Apel dimasak sampai lembek untuk dibuat saus apel. Apel juga dibuat untuk menjadi minuman sari buah apel. Terkadang apel juga dimakan sebagai makanan pembuka sebelum makan besar.

Demi mengurangi apel yang melimpah, sekarang banyak yang berinovasi dengan cara membuat keripik apel. Mungkin awalnya ada yang bertanya-tentang “bagaimana bisa apel bisa dirubah menjadi keripik???”. Namun nyatanya sekarang ada keripik yang dibuat dari apel.

Berbagai varian dari keripik apel telah dbuat, seperti keripik apel coklat, keripik apel manis, keripik apel madu, dan lain-lain.


 

Kandungan Dalam Buah Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat populer di dunia. Buah yang berasal dari Asia Tengah ini telah banyak dibudidayakan oleh berbagai negara dan telah menjadi salah satu makanan sehat bagi hampir seluruh penduduk di dunia.

Beberapa kandungan nutrisi dalam buah apel:

  1. Kalori
  2. Karbohidrat
  3. Air
  4. Protein
  5. Gula
  6. Serat
  7. Lemak yang rendah
  8. Vitamin A, C, D, E, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12
  9. Cholin
  10. Kalsium
  11. Zat Besi
  12. Magnesium
  13. Fosfor
  14. Potassium
  15. Sodium
  16. Seng

Dari banyaknya kandungan nutrisi dalam buah apel tersebut, dapat kita simpulkan bahwa buah apel adalah buah yang sangat sehat untuk dikonsumsi.


 

Manfaat Buah Apel

Buah yang berasal dari pohon apel ini, memiliki banyak manfaat jika kita konsumsi. Diantaranya adalah

1. Mencegah Risiko Alzheimer

Alzheimer adalah kelainan yang ditandakan dengan adanya penurunan daya ingat dan juga penurunan kemampuan berbicara dan berpikir.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Serat larut yang terdapat pada apel akan mengikat lemak di usus sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol.

3. Mengendalikan Berat Badan

Untuk menurukan berat badan, umumnya dokter menyarankan diet yang kaya serat. Apel merupakan salah satu makanan yang kaya dengan jumlah kalori yang relatif rendah.

4.  Meningkatkan SIstem KekebalanTubuh

Apel merah mengandung antioksidan yang disebut dengan Quercetin. Quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama saat mengalami stress.

5. Mencegah Katarak

Buah apel adalah buah yang kaya akan antioksidan yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit katarak sekitar 10% hingga 15%.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Senyawa pada kulit apel dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hati, usus besar, dan payudara.

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Apel merupakan buah yang kaya serat larut yang dapat mengendalikan gula darah dengan melepaskan zat gula kedalam aliran darah. Serat larut juga memiliki anti-inflamasi yang membantu penderita diabetes pulih lebih cepat dari infeksi.

8. Jantung yang Lebih Sehat

Senyawa fenolik yang terdapat pada kulit apel dapat mencegah peningkkatankadar kolesterol dengan memperkuat dinding pembuluh arteri atau pembuluh nadi dan mencegah pembentukan plak di dalam arteri.

9. Mencegah Batu Empedu

Apel yang kaya akan serat dapat membantu kita dalam mengendalikan kolesterol dan berat badan yang merupakan penyebab utama terbentuknya batu empedu.

10. Membantu Sistem Pencernaan

Apel mengandung serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga penyakit sembelit dan diare dapat dicegah. apel juga mengandung pekting yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus.


 

Resep Keripik Apel Renyah

1. Resep Keripik Apel

Berikut ini adalah resep keripik apel original yang dapa anda kreasikan dalam beberapa varian

Bahan :

  • Buah apel segar
  • Minyak goreng

Langkah-langkah:

  1. Kupas kulit buah apel segar menggunakan pisau hingga bersih, atau bisa juga anda menggunakan alat pengupas buah agar lebih cepat.
  2. Cucilah buah apel yang telah dikupas dengan air bersih.
  3. Iris apel tipis-tipis menggunakan pisau, atau juga bisa menggunakan alat pengiris yang memang dikhususkan dalam pengirisan bahan keripik.
  4. Rendamlah kembali irisan buah apel dalam air bersih selama kurang lebih 30 menit.
  5. Setelah warna coklat pada apel sudah agak pudar, angkat dan tiriskan.
  6. Kemudian goreng apel dalam minyak yangg mendidih hingga kecoklatan.
  7. Setelah itu, angkat dan tiriskan

 

Cemilan Lain Selain Keripik Berbahan Dasar Apel

Selain resep keripik apel diatas, dibawah ini kami sajikan resep-resep cemilan berbahan dasar apel

1. Apel Lapis Coklat

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 buah apel Fuji
  • 615 gram chocolate chips
  • 1 sendok makan minyak
  • 225 gram karamel, lelehkan
  • potongan kacang
  • stik es krim

Lengkah-langkah:

  1. Iris apel dan buang bijinya, buat potongan dibagian bawah apel menggunakan pisau agar stik es krim mudah masuk.
  2. Lelehkan chocolate chips lalu tambahkan minyak, aduk hingga rata.
  3. Celupkan apel kedalam lelehan coklat, tuangkan karamel yang telah dilelehkan keatas lapisan cokat dan taburi potongan kacang. Bekukan lalu sajikan.

 

2. Strawberry Yogurt Aple

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah apel merah, iris tebal
  • 1 cup plain yogurt
  • madu
  • strawberry, potong-potong
  • potongan kacang

Cara membuat

  1. Campur madu kedalam yogurt, aduk hingga rata.
  2. Letakkan yogurt diatas irisan apel dan tambahkan potongan strawberry dan taburi dengan kacang

 

3. Donat Apel

Bahan:

  • 3 buah apel hijau
  • 1 batang cokelat, lelehkan
  • 1 batang cokelat putih, lelehkan
  • selai kacang
  • chocolate chips, potongan kacang, meses (untuk topping)

Cara membuat:

  1. Potong apel dan lubangi bagian tengahnya. Untuk mencegah perubahan warna menjadi cokelat, tambahkan perasan lemon.
  2. Tambahkan lelhan cokelat dan selai kacang lalu taburi dengan topping favorit kalian.

 

4. Apel Slice Cookies

Bahan:

  • 1 buah apel merah
  • 1/4 cup selai kacang
  • 1-2 sendok makan kelapa parut
  • 1-2 sendok makan potongan kacang
  • 2 sendokmakan chocolaate chips
  • Air lemon

Cara membuat:

  1. Iris apel dan buang bijinya. agar apel tidak mudah berubah warna, beri sedikit air perasan lemon.
  2. Lapisi apel dengan selai kacang lalu tambahkan topping chocolate chips, kelapa parut, potongan kacang.

 

Efek Samping Makan Buah Apel Berlebihan

Disamping manfaat yang banyak kita ambil dari mengonsumsi buah apel, ternyata buah apel ada efek sampingnya, diantaranya:

1. Meningkatkan Gula Darah

Apel mengandung gula sehaat, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan menyebabkan gula dalam darah meningkat yang dapat menyebabkan penyakit diabetes.

2. Berat Badan Meningkat

Apel kaya aka karbohidrat sehat, serat dan nutrisi lainnya. namun mengonsumsi apel yang berlebihan mencegah tubuh untuk membakar lemak yang dapat mencegah penurunan berat badan.

3. Penyakit Jantung

Apel mengandung fruktosa yang tinggi dan hanya digunakan di hati. Ketika dihati fruktosa tersebut menghasilkan lemak yang disebut dengan trigliserida yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

4. Efek Berbahaya Biji Apel

Biji apel berbahaya karena mengandung sianida yag dimana jika dikonsumsi akan menyebabkan pelepasan sianida dalam lambung dan dapat menyebabkan kematian.

5. Reaksi Alergi

Sebelum mengonsumsi apel disarankan untuk mengonsumsi dokter untuk mengetahui jumlah apel yang boleh dikonsumsi.

6. Diare

Efek samping dari jus buah apel yang berlebihan akan menyebabkan diare. Selain itu, orang yang mengikuti diet jus apel sering menderita sakit kepala, pusing, dan kelelahan.

7. Melemahkan Enamel Gigi

Menggunakan cuka sari apel secara berlebihan dapat melemahkan enamel gigi kerika dikonsumsi dalam bentuk murni. Dianjurkan untuk melarutkan dalam air terlebih dahulu atau minum mengunakan sedotan untuk mengindari kontak langsung dengan gigi.

8. Melemahkan Tulang

Mengonsumsi cuka sari apel juga dapat menyebabkan kadar kalium rendah dalam darah dan kepadatan tulang yang randah. Cuka sari apel juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi para penderita osteoporosis.

9. Kerusakan Kulit

Cuka sari apel dosis tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan tenggorokan. untuk menghindarinya cuka harus diencerkan dengan air sebelum dikonsumsi.

10. Efek Lain

Sari apel juga dapat memperburuk gejala seperti pembengkakan, gatal-gatal, dan kesulitan bernafas serta gangguan pencernaan dan mulas.


Tips menggoreng dengan mesin vacuum frying secara teknis sebagai berikut:

Untuk menghasilkan keripik sesuai dengan resep keripik apel diatas, disarankan menggunakan mesin vacuumfrying. Selain digunakan untuk menggoren, mesin tersebut juga mempunyai prinsip untuk menguraangi kadar air dalam keripik dengan bahan utama buah.

Prinsip Kerja Mesin Vacuum Frying

Berikut adalah prinsip kerja mesin vacuum frying

1. Bahan yang dimasukkan ke dalam penggorengan vacuum akan digoreng secara vacuum. Penggorengan secara vacuum ini akan menghasilkan kadar air pada pada buah atau sayuran akan dimuntahkan serta digantikan dengan minyak.

Dengan suhu penggorengan homogen-rata yg digunakan berkisar 80-90 derajat celsius dan tekanan bisa mencapai 76 cm/hg, menggunakan usang penggorengan antara 45 menit hingga 60 menit (perlakuan ini tergantung jenis dan ciri buah atau sayuran).

Karena setiap buah mempunyai kadar air dan tekstur daging buah yg tidak sama. Karena penggorengan dengan mesin vacuum frying ini mampu menurunkan titik didih dibawah 90 derajat celcius, maka yang akan terjadi kripik tak akan sampai gosong.

2. Untuk menggoreng diperlukan minyak goreng sekitar 75 liter. Menggunakan adanya penurunan titik didih pada bawah 90 derajat celsius pada penggorengan maka struktur kandungan minyak goreng tidak cepat rusak. Menggunakan demikian mampu menghemat penggunaan minyak goreng.

3. Untuk hasil yang terbaik sebaiknya menggunakan minyak goreng yg bermerk dan  jernih, karena minyak goreng yg kualitasnya rendah akan mempengaruhi warna dan aroma kripik buah.

Cara Kerja Mesin Vacuum Frying

  1. Pastikan bagian-bagian mesin sudah terangkai dengan benar.
  2. Isi bak Vacuum Frying dengan air secukupnya (hingga lubang masukan menuju pompa air terendam seluruhnya).
  3. Hubungkan selang regulator dari kompor gas ke Panel Kontrol, dan dari Panel Kontrol ke tabung gas elpiji.
  4. Hubungkan Panel Control dengan sumber arus listrik.
  5. Setelah arus listrik terhubung dengan Panel Kontrol, nyalakan Thermo Control dan atur suhu setting sesuai keinginan (suhu setting ideal antara 80° – 85° C).
  6. Nyalakan Kompor Gas dan tunggu sampai Thermo Control mencapai suhu yang diinginkan.
  7. Setelah suhu setting tercapai, buka tutup Tabung Penggorengan dan masukkan bahan ke dalam keranjang. Posisikan keranjang bahan tetap di atas minyak.
  8. Tutup kembali tabung penggorengan dan kencangkan mur di kedua sisi tutup.
  9. Pastikan semua keran dalam keadaan tertutup dan hidupkan pompa air dengan menekan saklar “POMPA”. Perhatikan jarum Vacuum Meter sampai menunjukkan minus 65 – 70 cm/Hg.
  10. Bila jarum Vacuum Meter telah menunjukkan minus 65 – 70 cm/Hg, masukkan keranjang bahan ke dalam minyak dengan menggunakan Tuas Pengaduk.
  11. Setelah bahan masuk ke dalam minyak, buka kran di atas Jett Injector.
  12. Setelah bahan matang, angkatlah bahan dari dalam minyak menggunakan Tuas Pengaduk. Cara mengetahui produk sudah matang atau belum, dengan mengamati kondisi di dalam Tabung Penggorengan.
  13. Tekanlah saklar “LAMPU” pada panel control untuk melihat kondisi di dalam Tabung Penggorengan. Jika kondisi minyak tidak ada pergolakan gelembung udara maka bahan sudah matang.
  14. Biarkan pompa dalam keadaan hidup dan bukalah keran di atas tabung penggoreng sedikit demi sedikit hingga jarum Vacuum Meter menunjukkan angka 0 cm/Hg.
  15. Setelah jarum Vacuum Meter menunjukkan angka 0 cm/Hg, buka tutup Tabung Penggorengan.
  16. Ambil produk hasil penggorengan dan tiriskan minyak pada produk menggunakan Mesin Spinner.
  17. Setelah dingin, kemas produk dalam kemasan plastik atau Aluminium Foil.
  18. Setelah proses selesai, air kondensat dibuang dengan membuka kran di bagian bawah kondensor.
  19. Terakhir bersihkan tabung penggoreng dari sisa-sisa bahan.

 

Tips Membuat Keripik Sayur yang Gurih dan Renyah

Untuk menghasilkan kualitas kripik sayur yang baik, maka kita harus pintar dalam mengolah maupun packing. Berikut ini cara agar keripik sayur berkualitas baik

A. Pilih Buah yang Paling Baik.

Kualitas buah akan mempengaruhi keripik buah dari segi kualitas maupun rasa. Sebaiknya anda memilih buah yang tidak terlalu lembek dan berasa menyengat.

Jika anda akan menggunakan buah dengan ciri tersebut, sebaiknya setelah diiris buah dikeringkan.

B. Metode Memasak

Metode memasak biasanya sangat mempengaruhi kualitas, karena jika menggunakan metode yang salah maka akan menurunkan kualitas dari kripik buah yang anda buat.

Seandaiya tidak ingin menggoreng ada cara lain, yaitu yaitu dengan cara memanggang atau dengan menggunakan microwave.

C. Dengan Kulit atau Tidak.

Jika anda menyukai keripik buah yang berkulit, anda harus mencuci terebih dahulu bahan utama agar mengurangi resiko penyakit dan bakteri yang menyerang anda.

Selain itu jika anda lebih menyukai keripik buah tanpa kulit, maka anda harus mengupas terlebih dahulu kulit nya baru mengirisnya.

D. Iris Tipis

Ketebalan dari bahan utama akan memengaruhi kualitas dari keripik buah. Jika anda mengiris terlalu tebal, maka keripik tidak akan krispi melainkan menjadi lunak.

Untuk itu bahan utama harus diiris tipis agar menjadi krispi seperti yang anda harapkan.

E. Penggunaan Air Garam

Penggunaan air garam pada pembuatan keripik buah sebelum digoreng akan mengurangi jumlah kadar air dalam bahan.

Cara menggunakan air garam adalah dengan melarutkan garam pada air lalu bahan utama yang telah diiris direndam dalam air garam selama kurang lebih 20-30 menit lalu ditiriskan dan dikeringkan.

F. Packing atau Finishing

Pada proses finishing yaitu harus memperhatikan cara penyimpanan dari keripik buah. Untuk mempertahankan kualitasnya, keripik disimpan pada toples yang rapat dan kedap udara agar keripik tetap krispi.


Tips Agar Keripik Tetap Renyah

1. Disimpan dalam Wadah atau Toples yang Tertutup Rapat

Jika kamu ingin kerupuk yang setelah digoreng tetap renyah, maka kamu perlu menyimpannya di wadah atau toples yang tertutup rapat. Pilih toples yang kualitasnya baik pada bagian tutupnya, makin rapat makin baik.

2. Jangan Terlalu Sering Membuka dan Menutup Wadah

Jika kamu terlalu sering membuka dan menutup wadah, maka angin akan masuk. Hal tersebut tentunya bisa membuat kerupuk menjadi cepat melempem.

3. Akali Dengan Tisu atau Kertas Makanan

Letakkan kertas itu pada bagian tutup toples, kemudian tutup toples. Hal ini akan mencegah mengalirnya udara dari luar ke dalam yang menyebabkan kerupuk dan keripik cepat melempem.

4. Menyimpannya di Lemari Es

Dengan menyimpan kerupuk dalam lemari pendingin juga akan membuat kerupuk lebih tahan dan awet dalam waktu lebih dari satu minggu.


Demikian pembahasan seputar tentang macam macam keripik sayur dan semoga bermanfaat.

Selamat Mencoba 😊😊😊😊!!!