Select Page

Cara membuat emping jagung – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat emping jagung sederhana namun enak dan tahan lama.

Siapa sih yang tidak kenal dengan emping jagung? Ya emping jagung adalah camilan yang dibuat dengan bahan utama yaitu jagung.

Jagung ini sering dibuat menjadi olahan makanan ringan yang disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Salah satu olahan makanan ringan yang banyak disediakan adalah emping jagung..

Cemilan emping jagung ini sangat cocok untuk menemani waktu santai, harganya yang sangat terjangkau ini membuat makanan ringan yang gurih ini laris dipasaran. Saat ini sudah ada banyak pabrik dan pengusaha makanan ringan yang memproduksi keripik jagung karena banyaknya minat dari kalangan masyarakat.

Sebetulnya jenis olahan yang dibuat dengan menggunakan bahan baku jagung ini memang tak terbatas. Untuk olahan makanan ringan yang banyak digemari masyarakat dan bahkan sudah tidak asing lagi adalah olahan makanan ringan seperti emping jagung ini.

Varian rasa dari emping jagung banyak sekali, seperti balado, keju, dan aneka varian rasa lainnya sesuai dengan kreatifitas si pembuatnya. Saat ini emping jagung sangat mudah didapatkan karena sudah banyak tersedia di berbagai pasar tradisional maupun di swalayan dan supermarket.

Harga dari olahan emping jagung ini pun juga sangat terjangkau sehingga semua kalangan masyarakat bisa menikmati olahan emping jagung.

Tidak hanya dijadikan sebagai cemilan saja, emping jagung juga sering dijadikan jajanan pada saat lebaran atau acara-acara tertentu lainnya. Cita rasa dari olahan emping jagung sangat renyah sehingga banyak masyarakat yang ketagihan dengan cita rasa yang dihasilkan dari emping jagung ini.


Kandungan Gizi Dalam Jagung

Gizi dalam jagung juga tidak bisa dianggap sepele. Jagung mengandung banyak nutrisi, diantaranya yaitu serat, folat, tiamin, fosfor, vitamin C, dan magnesium. Sayuran yang seringnya ditemukan dengan warna kuning ini masuk sebagai sumber karbohidrat.

Jika kamu merebus 100 gram jagung kamu akan mendapatkan 96 kalori. Jagung juga mengandung cukup banyak air, namun jagung juga rendah lemak dan protein. Bahkan jagung mengandung omega 3 dan 6 meski hanya sedikit.

Seperti halnya sayuran lain, jagung juga mengandung serat. Pada setiap 20.32 cm jagung kamu bisa mendapatkan 3 gram serat. Selain itu, jagung juga mengandung antioksidan yang bagus untuk tubuhmu.

Vitamin A dalam biji jagung 10 kali lebih tinggi dibandingkan tanaman biji-bijian lain. Biji jagung adalah biji yang bebas gluten sehingga banyak dimasukkan dalam makanan diet rendah gluten.


Jenis-Jenis Jagung

Mungkin kebanyakan orang hanya mengenal jagung manis yang biasa mereka gunakan untuk bahan makanan. Tapi tahukah anda jika ada banyak jenis jagung di dunia ini, diantaranya:

1. Dent Corn (Jagung Gigi Kuda)

Jagung ini memiliki ciri khas berupa lekukan dibagian tengah atau bagian atas biji. Bijinya berukuran besar dan terbagi dalam beberapa baris dan warna kuning, putih, kadang berwarna lain dan cocok untuk dibuat tepung jagung.

Di Indonesia, jenis jagung ini jarang ditanam karena tidak tahan terhadap hama bubuk. Sedangkan di Amerika, jenis jagung ini sering dijadikan sebagai makanan ternak.

2. Flint Corn (Jagung Mutiara)

Jenis jagung ini memiliki bentuk biji agak bulat dan ukurannya lebih kecil dari pada biji jagung gigi kuda. Warna biji bervariasi, yakni putih, kuning, dan ada juga yang merah.

Di Amerika Serikat dan Argentina sebagian besar jagung mutiara digunakan untuk keperluan pakan ternak. Di Indonesia jagung ini dimanfaatkan untuk pakan ternak.

3. Sweet Corn (Jagung Manis)

Di Indonesia jagung ini biasanya dibuat sirup atau pemanis buatan. Ciri jagung ini, yaitu biji-biji yang masih muda dan berwarna cerah, sedangkan biji yang telah tua akan berkerut.

Sweet corn biasanya diolah menjadi campuran masakan sayur asem, sayur sop, sayur bayam, bakwan jagung, jagung bakar, bahkan jenang jagung

4. Pop Corn (Jagung Berondong)

Ciri jagung berondong adalah bijinya kecil dan hampir seluruh endosperm merupakan bagian yang keras. Jagung ini akan mengembang 30X lipat jika terkena panas dari volume awal.

Jenis jagung ini dibedakan menjadi 2, yaiu ripe popcorn yang bijinya pipih, meruncing, dan pear popcorn yang bijinya bulat.

5. Pod Corn (Jagung Pod)

Jagung ini pertama kali ditemukan di Amerika Selatan. Ciri khas jagung ini, yaitu bijinya diselubungi oleh kelobot sehingga biji pod cornnya seakan tidak nampak.

6. Waxy Corn (Jagung Ketan)

Jagung ketan biasanya disebut dengan jagung pulen karena kadar amilo peptinnya yang tinggi. Bijinya kecil berwarna mengkilap seperti lilin dan zat patinya menyerupai tepung tapioka.

Waxy Corn berasal dari Asia dan memiliki ekonomis tinggi karena dapat menggantikan kedudukan tepung tapioka dan bahan pengganti pakan ternak.

7. Flour Corn (Jagung Tepung)

Banyak dikembangkan di Amerika Selatan, dan berchiri khas, yaitu hampir seluruh bijinya terdiri atas pati yang menyerupai tepung dan lunak. Jenis jagung ini sangat cocok diolah menjadi tepung maizena.


Manfaat Jagung Bagi Tubuh

Kandungan gizi jagung banyak sekali dan sangat bermanfaat bagi tubuh, sehingga jangan sepelekan jagung. Beberapa diantara manfaat jagung adalah

Melancarkan Pencernaan

Serat dalam jagung membantu proses pencernaan. Menurut penelitian, satu porsi jagung dapat memenuhi kebutuhan 10% serat setiap hari.

Baik Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil perlu mengonsumsi jagung. Sebab makanan ini kaya akan asam folat. Sementara asam folat sendiri adalah nutrisi yang diperlukan untuk menurunkan risiko bayi lahir cacat.

Menyehatkan Mata

Mengonsumsi jagung setiap hari juga mampu menyehatkan mata. Pasalnya jagung mengandung carotenoid yang menurunkan risiko kerusakan pada mata di usia senja.

Menyehatkan Jantung

Mengonsumsi jagung dalam porsi yang tepat akan sangat berguna bagi kesehaatan jantung. Kegunaannya carotenoid pada jagung berperan dalam menurunkan risiko penggumpalan dara pada pembuluh arteri.

Kaya Kalori dan Vitamin

Setiap 100 gram jagung, anda akan mendapat 342 kalori yang terkandung di dalamnya. Jagung juga kaya akan vitamin B kompleks yang berguna untuk menjaga kesehatan saraf.

Kaya Mineral

Jagung mengandung beberapa mineral,yaitu magnesium, mangan, zat besi, tembaga, seng, dan selenium. Seluruh mineral tersebut berperan dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mencegah Anemia

Jika terserang anemia, mungkin konsumsi jagung perlu ditingkatkan. Sebab anemia biasanya disebabkan oleh kondisi kekurangan vitamin B12, asam folat, dan zat besi.

Mengontrol Diabetes

Didalam jagung terdapat senyawa yang dapat mengontrol diabetes, sehingga jika anda menderita diabetes disarankan mengonsumsi jagung pada porsi yang tepat.

Melawan Kanker

Jagung juga kaya akan antioksidan yang membantu melawan beberapa jenis kanker, misalnya kanker payudara dan kanker hati. Jagung punya peran dalam membunuh sel kanker yang megganggu kesehatan tubuh.

Menyehatkan Kulit

Produk jagung dalam bentuk minyak adalah produk kecantikan yang mulai banyak ditemukan di pasaran. Minyak jagung juga daoat menyehatkan kulit secara alami. Ini sangat cocok bagi anda yang ingin cantik secara alami.

Dari manfaat-manfaat tersebut dapat disimpulkan bahwa kandungan dalam jagung memiliki fungsi yang sangat baik bagi tubuh dan mengonsumsi jagung sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dari tubuh.


 

Cara Membuat Emping Jagung

Cara membuat emping jagung memang tidaklah sulit, namun harus tetap memperhatikan beberapa hal agar kualitas dari emping jagung bisa maksimal. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan emping jagung yang harus anda ketahui.

1. Pemilihan Bahan

Untuk menghasilkan emping yang berkualitas, pilihlah jagung yang sudah tua dan memiliki kualitas yang baik dalam arti tidak berpenyakit dan memiliki butiran jagung yang bagus.

Selain itu untuk menghasilkan ukuran emping yang sedang atau agak besar, pilihlah biji jagung dengan ukuran yang lumayan besar. Selain itu pemilihan biji jagung yang besar memudahkan kita dalam membuat emping jagung agar tidak mudah hancur.

2. Proses Memipil Jagung

Memipil jagung yaitu memisahkan biji jagung dengan tongkolnya dan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Namun untuk menghemat waktu dan tenaga, proses ini disarankan menggunakan mesin pemipil jagung.

3. Perebusan dengan Kapur

Jagung yang telah dicuci hingga bersih, selanjutnya adalah direbus dalam air yang sudah diberi campurn kapur. Jumlah kapur yang digunakan dalam perebusan ini adalah sekitar 2-4% dari total berat jagung yang direbus.

Tujuan dari perebusan inni adalah untuk menghilangkan kulit ari atau kulit tipis yang menyelimuti biji jagung. Jika kulit arinya sudah hancur maka jagung akan licin bila dipegang.

4. Proses Perendaman

Setelah direbus dengan kapur, biji jagung dicuci sampai bersih sampai bau kapur tidak ada lagi. Barulah jagung tersebut direndam semalaman dalam air bersih agar biji jagung lebih mudah diolah ketika proses pengukusan jagung.

5. Pengukusan Jagung

Setelah direndam, jagung akan dikukus selama satu jam yang akan membuat biji jagung mengalami gelatinisasi, namun pastikan agar jagung tida terlalu matang. Bila gelatinisasi ini berlebihan,maka biji jagung akan mudah sekali untuk hancur saat dipipihkan.

6. Proses Mengemping

Proses selanjutnya adalah mengemping atau memipihkan biji jagung yang telah dikukus. Agar mudah dipipihkan biji jagung haruslah dalam keadaan masih panas dan lunak.

Untuk proses memipihkan ini sebaiknya menggunakan mesin pemipih yan dilengkapi dengan roll yang terbuat dari bahan plastik. Jagung yang telah dipipihkan dan baru keluar dari mesin biasanya lunak dan mudah hancur.

7. Pengeringan dan Penyortiran

Jagung yang sudah dipipihkan, kemudian dikeringkan dengan cara dijemur dibawah terik panas matahari.Biasanya proses penjemuran ini akan memakan waktu sekitar 1-2 hari.

Emping yang sudah kering lalu disortir dengan cara diayak untuk mendapatkan ukuran emping yang seragam.

8. Penggorengan

Emping yang sudah benar-benar kering bisa langsung digoreng. Saat menggoreng sebaiknya tidak terlalu sering diaduk agar tidak hancur. Proses penggorengan juga tidak membutuhkan waktu lama karena emping mudah mengembang dan cepat matang.

Untuk penirisan emping sebaiknya menggunakan mesin peniris atau sering disebut dengan spinner. Bila emping masih mengandung banyak minyak, maka akan mempegaruhi rasa, kualitas, sekaligus ketahanan dari emping tersebut.

9. Penambahan Bumbu

Bumbu biasanya digunakan untuk menambah cita rasa dari suatu makanan. Penambahan bumbu dalam emping jagung ini dilakukan ketika proses penggorengan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan cara menambahkan bumbu pada emping berikut.

  • Siapkan larutan bumbu yang terbuat dari campuran bawang putih dan garam.
  • Goreng emping mentah dalam minyak panas.
  • Saat emping mulai mengembang, tuang larutan bumbu pada emping yang sedang digoreng.
  • Goreng emping beberapa saat, kemudian angkat dan tiriskan.

*Penambahan bumbu saat digoreng tersebut hanya berlaku pada cara membuat emping jagung rasa gurih. untuk varian lain seperti balado, pedas, dan lain-lain tidak dianjurkan karena bumbu akan larut dalam minyak.


 

Olahan Lain Selain Emping Jagung

Selain olahan emping jagung diatas, ada olahan lain dari jagung, simaklah resep olahan berikut!

1. Perkedel Jagung

Bahan-bahan :

  1. 5 Buah Jagung Manis
  2. 250 Gram Tepung Terigu
  3. 1/2 Sendok Teh Garam
  4. 2 Buah Seledri
  5. 3 Siung Bawang Putih
  6. 3 Siung Bawang Merah
  7. 1 Buah Bawang Prei
  8. 1 Buah Telur

Cara Membuat :

  1. Kupas kulit jagung, lalu iris jagung sampai habis
  2. Haluskan bawang putih
  3. Iris tipis bawang merah, bawang prei, seledri
  4. Campurkan jagung yang sudah diiris dengan semua bahan beserta telur
  5. Lalu, campurkan tepung ke dalam adonan
  6. Setelah itu goreng adonan sampai berwana cokelat keemasan
  7. Finally, perkedel jagung ready to serve

2. Pudding Jagung

Bahan :

  1. 1 Buah Jagung Rebus Manis
  2. Bubuk Pudding Plain
  3. 500 ml air

Cara Membuat :

  1. Iris jagung yang sudah direbus
  2. Masukkan air, bubuk pudding plain dan jagung rebus yang sudah diiris ke dalam panci
  3. Rebus sampai mendidih
  4. Lalu angkat dan letakkan di cetakan
  5. Tunggu sampai dingin dan puding jagung siap dihidangkan

3. Jagung Parut Kelapa

Bahan :

  1. 5 Buah Jagung
  2. Kelapa Parut (ditambahkan sesuai selera)
  3. 1/4 Sendok Teh Garam
  4. 1 Sendok Makan Gula

Cara Membuat :

  1. Rebus jagung hingga matang
  2. Angkat dan tiriskan, lalu iris jagung
  3. Campurkan gula, parutan kelapa, dan garam dengan irisan jagung
  4. Aduk hingga merata
  5. Terakhir, sajikanlah Jagung Kelapa Manis

4. Jagung Goreng Pedas

Bahan :

  1. 3 Buah Cabai Rawit
  2. 1 Buah Cabai Besar
  3. 5 Buah Jagung
  4. 5 Siung Bawang Putih
  5. 3 Siung Bawang Merah
  6. 1/4 Sendok Teh Garam
  7. 1/2 Sendok Teh Gula

Cara Membuat :

  1. Potong jagung hingga tersisa butiran-butiran jagung saja
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, garam, gula, cabai rawit, dan cabai besar
  3. Tumis semua bumbu sampai Wangi
  4. Lalu, masukkan butiran jagung ke dalam tumisan
  5. Aduk terus sampai benar-benar merata dan meresap
  6. Terakhir, Jagung Goreng Pedas siap dihidangkan

5. Omellette Jagung

Bahan-bahan :

  1. 1 buah jagung
  2. 1 buah telur
  3. 3 buah seledri
  4. 2 buah bawang prei
  5. 1 siung bawang merah
  6. 1/4 sdt garam

Cara Membuat :

  1. Iris jagung hingga tersisa butir-butir jagung
  2. Hancurkan kasar butir-butir jagung
  3. Iris tipis bawang merah, bawang prei, seledri
  4. Siapkan mangkuk, campurkan seluruh bahan di dalam mangkuk beserta telur
  5. Setelah minyak panas, tuang adonan
  6. Tunggu sampai matang
  7. Omellette jagung siap disantap

 

Efek Samping Makan Jagung Berlebihan

Mengonsumsi jagungg secara berebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Bukannya manfaat yang didapat, namun penyakit yang serius. Berikut adalah efek samping makan jagung berlebihan.

1. Sulit Dicerna

Kandungan selulosa pada jagung membuat makanan ini sulit dicerna oleh tubuh.

2. Tinggi Gula

Jagung kaya akan gula dan bahan pati. Kondisi ini membuat jagung tidak baik jika dikonsumsi setiap hari.

3. Menyebabkan Masalah Pada Sistem Pencernaan

Kandungan protein pada jagung akan diubah tubuh menjadi gluten. Akibatnya kinerja dari usus akan terganggu.

4. Menyebabkan Peradangan

Kandungan lektin atau protein pada jagung tidak bisa dipecah oleh lektin. Hal ini menyebabkan iritasi pada usus dan menyebabkan peradangan.


 

Gimana penjelasan tentang seputar Cara Membuat Emping Jagung diatas. Sudah + bonus tentang manfaat, kandungan, dan olahan lain dari jagung. Tips diatas sangat mudah iikuti oleh sahabat cooker semua.

Masih banyak lagi varian yang dapat dikreasikan, dan sekarang mana yang ingin anda coba?? semoga artikel ini dapat membantu sahabat cooker semua untuk mengisi waktu luang. Emping jagung juga dapat dimakan bersama makanan seperti bakso dan lain-lain.

GOOD LUCK 👌 👌!!