Select Page

Macam-macam keripik sayur – saat ini sangat disukai oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Selain mudah ditemukan, macam-macam keripik sayur sangat mudah dibuat.

Ada beberapa jenis yang selalu laris dijual di pasaran, seperti keripik bayam, wortel, kentang, dan masih banyak lainnya.

Di Indonesia sendiri, keberadaan dan keanekaragaman sayuran itu sangat melimpah.

Tapi sayangnya, banyak juga orang yang kurang suka mengkonsumsi sayur-sayuran dengan alasan yang beragam.

Dan sebetulnya semua itu tergantung dari bagaimana kita mengolahnya. Salah satu alternatifnya adalah dengan mengolahnya menjadi macam-macam jenis keripik sayur.

 


Macam-Macam Keripik Sayur yang Lagi Trending

1. Keripik Kentang

Dari berbagai macam keripik ada yang bernama keripik kentang.

Keripik kentang atau potato chips merupakan camilan populer jaman sekarang, selain murah, kripik kentang juga mudah didapat dan dibuat.

Mengonsumsi kentang sangat baik karena mengandung polifenal asam klorogenik yang bisa berperan sebagai antioksidan dan mencegah penyakit kanker.

Dulu hanya ada beberapa varian rasa saja, namun sekarang banyak orang yang mengkreasikan varian dari keripik kentang sehingga menambah daya tarik dari keripik kentang.

Berikut cara membuat keripik kentang yang enak dan sederhana

Bahan

  1. 4 buah kentang (kupas kulit, iris tipis)
  2. Minyak goreng

Bumbu

  1. 1/2 sdt bubuk bawang putih
  2. 1/2 sdt garam
  3. Sejumput gula halus
  4. Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

Langkah-langkah

  1. Pertama-tama kupas kentang dan cuci lalu iris tipis-tipis.
  2. Lalu panaskan minyak
  3. Kemudian goreng kentang hingga warnanya menjadi kuning dan kering.
  4. Angkat lalu tiriskan di wadah yang telah diberi alas tisu.
  5. Terakhir ketika keripik kentang sudah dingin, campur keripik dengan bumbu halus
  6. Keripik kentang siap untuk disajikan.

 


2. Keripik Bayam

Bayam merupakan tumbuhan hijau yang kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E. Sedangkan mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Bayam juga mengandung banyak serat dan antioksidan.

Namun siapa sangka, ternyata bayam dapat diolah menjadi kripik yang enak dan gurih. Keripik bayam pun sekarang banyak diminati sebagai cemilan di waktu luang.

Berikut cara membuat keripik bayam:

Bahan

  1. 50 lembar daun bayam segar
  2. 250 gr tepung beras
  3. 50 gr tepung kanji
  4. 4 siung bawang putih
  5. 1/2 sdt ketumbar
  6. 1 cm kunyit
  7. 2 butir kemiri
  8. secukupnya garam
  9. minyak goreng
  10. secukupnya air

Langkah-langkah

  1. Cuci bersih daun bayam dan tiriskan.
  2. Haluskan bawang putih, kemiri, ketumbar, garam, dan kunyit
  3. Buat adonan tepung beras dan tepung kanji dengan air secukupnya. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan.
  4. Kemudian tambahkan air hingga encer. Untuk adonan kripik bayam jangan terlalu kental
  5. Panaskan minyak, setelah panas, kecilkan apinya. Celupkan daun bayam satu persatu. Goreng sampai kuning keemasan.
  6. Setelah dingin, simpan keripik bayam di wadah tertutup

 


3. Keripik Wortel

Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa wortel dapat dijadikan makanan cemilan. Seperti yang kita tahu, biasanya wortel dimasak bersama sayur bening dan disajiakan dalam keadaan masih hangat.

Namun ada suatu ide dimana wortel dapat dibuat menjadi cemilan keripik. Walaupun masih asing tapi patut dicoba untuk menambah nafsu makan terutama anak anak yang suka ngemil tapi tidak suka sayur.

Kandungan dalam wortel sangat baik untuk tubuh terutama mata karena vitamin A yang dikandung wortel.

Dibawah ini adalah cara membuat keripik wortel:

Bahan

  1. Wortel sebanyak 1 kg
  2. Garam 1 ons
  3. Bawang putih sebanyak ½ ons
  4. Bawang merah sebanyak ½ ons
  5. Penyedap rasa sebanayk 20 gram
  6. Gula sebanyak 50 gram
  7. Tepung terigu sebanyak 1 kg
  8. Ketumbar secukupnya

Langkah-langkah

  1. Wortel yang sudah dicuci bersih dikupas kulitnya.
  2. Setelah dikupas dan dicuci bersih, wortel kemudian direbus hingga lembek. Setelah itu tiriskan.
  3. Wortel yang sudah direbus lalu ditumbuk hingga halus.
  4. Bubur wortel kemudian dicampur dengan tepung dan bumbu-bumbu lainnya. Setelah itu campur hingga rata dan sempurna.
  5. Adonan keripik yang sudah tercampur rata kemudian dikukus kurang lebih selama 1 jam.
  6. Setelah dirasa matang, angkat adonan kemudian dinginkan selama kurang lebih 24 jam sampai adonan mengeras.
  7. Selanjutnya, potong adonan yang sudah mengeras dengan ketebalan 1-2 mili agar tidak terlalu keras dan bisa mengembang dengan sempurna ketika digoreng.
  8. Adonan yang sudah dipotong kemudian dijemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.
  9. Goreng keripik wortel lalu sajikan sebagai cemilan sehat untuk keluarga.

 


4. Keripik Pegagan

Banyak jenis keripik sayur yang dibuat oleh perusahaan terkenl, namun sekarang yang lagi trending sekarang keripik pegagan.

Pegagan atau biasa disebut dengan rumput teki dikenal masyarakat luas termasuk keluarga rumput liar. Banyak orang bertanya tanya apakah rumput liar seperti pegagan bisa diolah?

Ternyata rumput tersebut dapat diolah menjadi cemilan yang enak dan gurih. Selain sebagai cemilan, daun pegagan juga bermanfaat untuk mengurangi stress, melancarkan pencernaan, menyembuhkan luka kulit, dan pencegah kanker.

Dibawah ini cara membuat keripik pegagan:

Bahan

  1. 200 gram atau 1 ikat daun pegagan (disiangi)
  2. 250 gram tepung beras
  3. 4 siung bawang putih
  4. 1 sdt ketumbar bubuk
  5. 1 ruas kencur
  6. secukupnya garam
  7. secukupnya air
  8. minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah

  1. Cuci bersih daun pegagan
  2. Untuk bumbu, haluskan bawang putih, ketumbar, kencur
  3. Adonan tepung, masukkan tepung beras, bumbu halus, garam dan air secukupnya
  4. Panaskan wajan dan minyak, diatas api sedang.
  5. Masukan daun yg sudah ditiriskan kedalam adonan tepung,
  6. Masukan kedalam minyak panas
  7. Goreng daun pegagan sampai kuning, atau kering.
  8. Simpan dalam toples kedap udara
  9. Keripik Pegagan siap disajikan

 


5. Keripik Terong

Terong dijadikan keripik mungkin tidak asing ditelinga kita. Ya, terong merupakan sayuran yang berwarna ungu namun ada juga yang berwarna hijau. Untuk kandungan gizi tertinggi terletak pada terong ungu terong biasanya dijadikan sambel atau cuma digoreng biasa dan langsung dimakan.

Terong mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

  1. Menyehatkan jantung
  2. Membantu otak berfungsi sebagaimana mestinya
  3. Menurunkan berat badan
  4. Membantu malancarkan pencernaan
  5. Mengontrol kadar gula dalam darah
  6. Mencegah diabetes
  7. Mengobati penyakit kanker
  8. Mengurangi lemak jenuh
  9. Menurunkan tekanan darah
  10. Menguatkan tulang

Berikut ini cara membuat keripik terong mudah dan sederhana:

Bahan

  • 6 buah terong ungu, iris bulat
  • Minyak goreng secukupnya
  • 500 gr tepung panir

Bahan Pencelup

  1. 400 grm tepung beras
  2. 1 sdt garam halus
  3. 2 sdt merica bubuk
  4. 1 butir kuning telur
  5. 1 sdt ketumbar halus

Bahan Halus

  1. 4 sium bawang putih
  2. 3 cm kunyit
  3. 1 cm jahe

Langkah-langkah

  1. Pertama-tama cuci terong sampai benar benar bersih lalu potong potong bulat dengan berbentuk lingkaran.
  2. Kemudian aduklah menjadi satu, dari bahan yang dihaluskan dan bahan bahan pencelup, beri sedikit air hingga adonan mengental.
  3. Masukan irisan terong yang sudah di iris iris tadi kedalam adonan, lalu lumuri dengan tepung panir hingga merata, goreng ke dalam minyak panas. Setelah terong bewarna kecoklatan kemudian angkat.
  4. Dinginkan keripik terong sebentar, setelah itu masukkan kedalam toples yang tertutup agar tidak melempem.
  5. Keripik terong siap untuk disajikan dan dinikmati bersama.

 


6. Keripik Pare

Pare🤔🤔 ? Ya, pare adalah sayuran yang identik dengan warna hijau dan rasanya pahit. Pare juga banyak diminati karena rasa pahitnya yang khas.

Di indonesia, pare biasanya diolah menjadi masakan atau bahan lalapan. Pare juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, B2, B3, dan folat yang baik untuk kesehatan.

Beberapa manfaat pare diantaranya

  1. Mengatasi ganggua pencernaan
  2. Melawan infeksi
  3. Meningkatkan imun pada penderita HIV maupun kanker
  4. Mengurangi peradangan pada penyakit liver
  5. Menurunkan kolesterol buruk
  6. Merunkan berat badan

Berikut adalah cara membuat keripik pare:

Bahan

  1. 450 gram pare, belah 2. Buang bijinya
  2. 3 sdm garam untuk merendam pare
  3. 1 sdm kapur
  4. 1 butir telur
  5. 4 siung bawang putih
  6. 1/4 sdt ketumbar
  7. 1 sdt garam
  8. 10 sdm terigu
  9. 5 sdm tepung beras
  10. 1 sdm maizena
  11. Secukupnya merica bubuk
  12. 1 sdm garam
  13. 1 sdm bubuk bawang putih
  14. 4 siung bawang putih
  15. 1 sdm bubuk bumbu tempe goreng
  16. Minyak goreng

Langkah-langkah

  1. Pertama-tama, belah pare buang bijinya iris tipis2 biar tidak pahit. Remas-remas dengan 1 sdm garam sampai keluar air dan pare lemas.
  2. Lalu rendam dengan air yang ditambah 2 sdm garam sampai semua pare terendam kira kira 10 menit.
  3. Kemudian rendam dengan air kapur selama 10 menit.
  4. Cuci bersih sampai air cucian bening kira kira 2-3 kali. Tiriskan sampai air sangat berkurang.
  5. Buat adonan basah. Campur telur dengan bawang putih+ketumbar+1sdt garam yang diulek. Celupkan pare ke dalam adonan telur.
  6. Selanjutnya masukkan ke adonan kering terigu+tepung beras+maizena+bubuk bawang putih+garam+merica bubuk bumbu tempe.
  7. Goreng sampai kering. Tiriskan
  8. Keripik pare siap dimakan

 


7. Keripik Lobak

Ketika anda belanja di pasar atau supermarket ataupun swalayan, maka anda akan menemukan sayuran berbentuk seperti wortel berwarna putih dan bentuknya lebih besar. Itulah lobak.

Lobak sangat baik untuk kesehatan mengingat kandungannya yang baik. diantara kandungan dalam lobak antara lain asam folat, vitamin C, kalium, tinggi cairan, dan kalsium.

Sayuran ini berasal dari tiongkok, dan banyak dibudidayakan di daerah pegunungan dan dataran rendah.

Diantara macam macam keripik sayur, ada yang bernama keripik lobak.

Berikut cara pembuatan keripik lobak:

Bahan:

  1. 700 gram tepung beras
  2. 150 gram tepung maizena
  3. 650 ml air
  4. 1 bungkus kaldu ayam
  5. 5 siung bawang putih, haluskan
  6. 1 sendok makan gula pasir
  7. 1/2 sendok teh merica bubuk
  8. 150 gram ebi, rendam dalam air panas, tiriskan
  9. 4 buah lobak putih, parut halus, rebus dengan 300 ml air hingga matang
  10. 6 sendok makan margarin untuk menggoreng dan menumis

Langkah-langkah

  1. Pertama-tama campur tepung beras dengan tepung maizena, air, kaldu ayam, gula dan merica. Aduk hingga rata.
  2. Selanjutnya panaskan 3 sendok makan margarin, tumis bawang putih sampai harum, masukkan lobak dan campuran beras, aduk rata.
  3. Kemudian bungkus seperti lontong dengan plastik. Kukus adonan selama 60 menit menggunakan api sedang. Setelah matang, angkat dan potong sesuai selera.
  4. Panaskan margarin dalam wajan anti lengket, goreng kue hingga berwarna kecokelatan. Angkat lalu sajikan.

8. Keripik Jamur

Kata jamur atau cendawan sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Jamur biasanya digoreng krispy menggunakan tepung maupun dikeripik.

Macam macam keripik sayur sudah mendunia tidak terkecuali jamur, namun hanya beberapa jenis jamur yang dapat dikonsumsi karena ada jamur yang beracun.

Jamur yang dapat dikonsumsi antara lain, jamur tiram, jamur kancing, jamur enoki, jamur shitake, jamur kuping, jamur merang.

Untuk membuat keripik jamur, ikutilah langkah-langkah berikut ini!

Bahan

  1. 1000 g jamur
  2. 300 g tepung beras
  3. 100 g tepung kanji
  4. Minyak untuk menggoreng

Bumbu

  1. 10 siung bawang putih
  2. 1 sdt merica bubuk
  3. 1 sdt kaldu bubuk
  4. 2 sdt garam

Langkah-langkah

  1. Pertama-tama buang tangkai jamur, lalu suwir-suwir kasar bagian ‘payung’nya. Taruh/ratakan di atas tampah/nampan atau wadah datar yang lebar.
  2. Bumbu: Haluskan bawang putih, aduk bersama merica, kaldu bubuk, dan garam. Lumurkan bumbu halus pada jamur, aduk rata, sisihkan.
  3. Selanjutnya, campur tepung beras dan tepung kanji hingga rata, taburkan ke atas jamur, aduk-aduk hingga tepung melekat pada jamur
  4. Kemudian panaskan minyak yang banyak dalam wajan. Goreng sambil aduk hingga jamur setengah kering, angkat, tiriskan,
  5. Keripik jamur siap dinikmati

 


Tips Membuat Keripik Sayur yang Gurih dan Renyah

Untuk menghasilkan kualitas kripik sayur yang baik, maka kita harus pintar dalam mengolah maupun packing. Berikut ini cara agar keripik sayur berkualitas baik

A. Pilih Sayuran yang Paling Baik.

Kualitas sayuran akan mempengaruhi keripik sayur dari segi kualitas maupun rasa. Sebaiknya anda memilih sayur yang tidak terlalu lembek dan berasa menyengat.

Jika anda akan menggunakan sayur dengan ciri tersebut, sebaiknya setelah diiris sayur dikeringkan.

B. Metode Memasak

Metode memasak biasanya sangat mempengaruhi kualitas, karena jika menggunakan metode yang salah maka akan menurunkan kualitas dari kripik sayur yang anda buat.

Seandaiya tidak ingin menggoreng ada cara lain, yaitu yaitu dengan cara memanggang atau dengan menggunakan microwave.

C. Dengan Kulit atau Tidak.

Jika anda menyukai keripik sayur yang berkulit, anda harus mencuci terebih dahulu bahan utama agar mengurangi resiko penyakit dan bakteri yang menyerang anda.

Selain itu jika anda lebih menyukai keripik sayur tanpa kulit, maka anda harus mengupas terlebih dahulu kulit nya baru mengirisnya.

D. Iris Tipis

Ketebalan dari bahan utama akan memengaruhi kualitas dari keripik sayur. Jika anda mengiris terlalu tebal, maka keripik tidak akan krispi melainkan menjadi lunak.

Untuk itu bahan utama harus diiris tipis agar menjadi krispi seperti yang anda harapkan.

E. Penggunaan Air Garam

Penggunaan air garam pada pembuatan keripik sayur sebelum digoreng akan mengurangi jumlah kadar air dalam bahan.

Cara menggunakan air garam adalah dengan melarutkan garam pada air lalu bahan utama yang telah diiris direndam dalam air garam selama kurang lebih 20-30 menit lalu ditiriskan dan dikeringkan.

F. Packing atau Finishing

Pada proses finishing yaitu harus memperhatikan cara penyimpanan dari keripik sayur. Untuk mempertahankan kualitasnya, keripik disimpan pada toples yang rapat dan kedap udara agar keripik tetap krispi.

 


Tips Agar Keripik Tetap Renyah

1. Disimpan dalam Wadah atau Toples yang Tertutup Rapat

Jika kamu ingin kerupuk yang setelah digoreng tetap renyah, maka kamu perlu menyimpannya di wadah atau toples yang tertutup rapat. Pilih toples yang kualitasnya baik pada bagian tutupnya, makin rapat makin baik.

2. Jangan Terlalu Sering Membuka dan Menutup Wadah

Jika kamu terlalu sering membuka dan menutup wadah, maka angin akan masuk. Hal tersebut tentunya bisa membuat kerupuk menjadi cepat melempem.

3. Akali Dengan Tisu atau Kertas Makanan

Letakkan kertas itu pada bagian tutup toples, kemudian tutup toples. Hal ini akan mencegah mengalirnya udara dari luar ke dalam yang menyebabkan kerupuk dan keripik cepat melempem.

4. Menyimpannya di Lemari Es

Dengan menyimpan kerupuk dalam lemari pendingin juga akan membuat kerupuk lebih tahan dan awet dalam waktu lebih dari satu minggu.

 


Demikian pembahasan seputar tentang macam macam keripik sayur dan semoga bermanfaat.

Selamat Mencoba 😊😊😊😊