Select Page

Bisnis Keripik Papaya dan Analisis Usahanya.Ada cara lain menikmati buah pepaya selain langsung di makan, yaitu dengan mengolahnya menjadi keripik, penasaran? Kali ini saya akan membagikan cara membuat keripik pepaya untuk bisnis keripik pepaya dan analisis usahanya

Cara Membuat Keripik Pepaya

Bisnis Keripik Pepaya

 

Cara Membuat Keripik Buah Pepaya untuk Bisnis Keripik Pepaya dan Analisis Usahanya.Keripik buah dan sayur kini sedang trend, salah satunya adalah keripik buah pepaya.Berikut cara membuat keripik Pepaya

Bahan-bahan untuk Membuat Keripik Pepaya:

  • Buah pepaya muda beratnya 5 kg
  • Minyak goreng sawit banyaknya 2 liter

Alat-alat:

  • Pisau
  • Vacuum frying
  • Mesin Pemisah Minyak
  • Alumunium foil

Cara Membuat Keripik Pepaya :

1. Pertama-tama hal yang harus anda lakukan adalah mengupas kulit buah pepaya. Bersihkan         biji-bijinya. Buah pepaya kemudian dicuci menggunakan air yang mengalir.
2. Buah pepaya yang sudah dicuci lalu potonglah dengan bentuk sesuai selera anda. Sebaiknya      buah pepaya dipotong tipis-tipis sekitar 5 milimeter. Alasannya agar mudah kering saat              digoreng.
3. Buah pepaya yang sudah dibentuk sesuai selera bisa langsung dimasukkan ke dalam freezer.       Dinginkan selama kurang lebih 24 jam.
4. Siapkan mesin vacuum frying. Mesin tersebut lalu diisi dengan minyak goreng yang                     jumlahnya disesuaikan dengan kapasitas mesin.
5. Keluarkan irisan buah pepaya dari freezer (tentunya setelah 24 jam). Masukkanlah irisan             buah pepaya tersebut ke dalam mesin penggorengan (vacuum frying). Gorenglah pada suhu       85 derajat celcius.
6. Buah pepaya yang sudah kering dapat anda angkat dari penggorengan. Proses tearkhir, anda       tinggal memasukkannya pada mesin pemisah minyak.
7. Keripik buah pepaya pun siap disajikan. Agar awet, simpanlag di tempat yang kedap udara        seperti plastik yang bahannya dari alumunium foil.

Jika anda tidak mau repot menggoreng keripik secara manual. sekarang sudah ada mesin vacuum frying berkualitas yang membantu anda dalam urusan menggoreng.

Olahan dari Buah Pepaya

Selain diolah menjadi keripik untuk dijadikan Bisnis Keripik Pepaya dan Analisis Usahanya,pepaya juga dapat diolah menjadi berbagai camilan yang enak lainnya.Berikut adalah jenis olahan yang dibuat dari buah papaya.Bisnis Keripik Pepaya dan Analisis Usahanya

Puding Pepaya

Bahan untuk Membuat Puding Pepaya:

  • 1 buah pepaya california sedang
  • 1 bungkus agar swalow plan
  • 60 gr gula pasir
  • 150 ml susu segar (bisa diganti santan kental)
  • 1 sdm susu bubuk
  • 500 ml air matang

Langkah Membuat Puding Pepaya:

  1. Kupas pepaya, bagi dua memanjang, lalu pisahkan biji dan serat-seratnya.
  2. Congkel sebagian daging pepaya dengan sendok cocktail, lalu pisahkan bola-bola pepaya.
  3. Campur air, susu cair, susu bubuk, gula, dan bubuk agar. Lalu masak hingga hampir mendidih sambil diaduk dengan wisk.
  4. Angkat biarkan sebentar agar uap panas hilang kira-kira 1 menit. Lalu tuang puding ke dalam celah pepaya.
  5. Sisakan sedikit bagian atasnya lalu taburi dengan potongan bola-bola pepaya. (Sisa larutan puding bisa didinginkan di wadah lain lalu ditaburi dengan potongan bola-bola pepaya)
  6. Dinginkan dan simpan di kulkas. Jika sudah set, potong-potong dan siap disajikan.

Bolu Pepaya

Bahan untuk Membuat Bolu Pepaya:

  • 250 gram terigu
  • 125 gram gula pasir
  • 2 butir telur utuh
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 250 gram pepaya mateng diblander tanpa tambah air
  • 1 sdt kulit jeruk nipis biar tidak terlalu kecium bau pepayanya
  • 200 gram mentega

Langkah Membuat Bolu Pepaya:

  1. Mixer mentega dan gula,setelah itu tambahkan telur 1 per 1
  2. Tambahkan terigu 3x penuangan bergantian dengan pepaya..terigu bisa diayak dulu..
  3. Tambahkan air dan kulit jeruk nipis aduk dengan spatula
  4. Olesi loyang dengan mentega dan terigu
  5. Tuang adonan dan oven sekitar 45 menit

Pepaya Santan

Bahan untuk Membuat Santan Papaya

  • 1/2 buah pepaya matang,potong2
  • 300 ml santan ( parut menggunakan mesin pemarut kelapa kemudian peras menggunakan air hangat )
  • Air gula : 3 sdm gula pasir+1/4 gelas air,masak smp gula larut
  • Seujung sendok teh garam halus

Langkah Membuat Santan Papaya:

  1. Campur santan hangat dengan air gula+garam hingga larut.Tambah sedikit perasan jeruk nipis(kalau ada)..
  2. Tata potongan pepaya dalam mangkuk,siram dengan kuah santan..Note : bagi yang ngga sreg,santannya bisa dimasak dulu dengan gula dan garamnya ya..
  3. Bisa disajikan hangat atau masukkan dalam kulkas jika ingin menikmati dalam keadaan dingin,ngga perlu disiram dulu..
  4. Ini sih sesuai selera ya..mau banyakan kuah santan atau pepayanya..tapi dengan 300 ml masih sisa kuahnya,jadi sisa pepayanya ku potong2 lagi..menurutku maknyuss dingin ya..

Jenis-jenis Papaya

Jenis-jenis Papaya yaang cocok diolah menjadi camilan yang enak dan dijadikan keripik papaya untuk Bisnis Keripik Pepaya dan Analisis Usahanya

Pepaya Cibinong

Pepaya cibinong memiliki bentuk yang panjang serta pada ujungnya terlihat lancip. Pada bagian pangkal buahnya kecil. Pepaya cibinong memiliki warna kulit bagian luarnya hijau. Pada bagian ujung buah akan terlihat warna kuning yang berbeda dengan warna kulit bagian lainnya.

Rasa buah pepaya ini manis serta dan memiliki rasa yang segar ketika dimakan. Satu buah pepaya cibinong memiliki berat 2,4 kg. Kulit pada bagian luarnya terasa kasar sehingga dapat bertahan lama ketika diangkut.

Pepaya Hawai

Buah pepaya yang satu ini merupakan pepaya yang memiliki ukuran yang kecil serta beratnya yang hanya mencapai 0,6 kg. Pepaya jenis ini  hanya bisa dimakan oleh satu orang saja. Pada saat ini pepaya hawai  dikenal dengan sebutan pepaya solo.

.Ciri-ciri dari pepaya hawai adalah memiliki ukuran yang kecil. Kulit buah yang telah matang akan berwarna kuning. Rasa daging buah pepaya hawai ini sangat manis dan memiliki rasa yangrasa segar ketika dimakan.

Buah pepaya hawai ini memang sangat manis. Sangking manisnya ini membuat rasanya tidak akan hilang selama  2 jam setelah memakan buah tersebut.  Buah pepaya hawai memiliki daging yang tebal sehingga dapat memuaskan penikmatnya ketika memakan pepaya hawai ini.

Pepaya California

Buah satu ini termasuk komoditi laris diantara jenis pepaya lain di pasaran. Pepaya yang memiliki bentuk buah lebih kecil serta lonjong ini berasal dari Amerika serta Karibia. Jenis  buah Pepaya ini tumbuh subur sepanjang tahun di indonesia.

Pohon pepaya california lebih pendek di banding jenis pohon pepaya lain, biasanya pohon ini hanya tumbuh kurang lebih 2 meter. Memiliki daun berjari banyak serta terdapat kuncung di permukaan pangkalnya.

Buahnya Papaya satu ini memiliki kulit yang tebal serta permukaannya rata, memiliki daging  yang kenyal, tebal, serta rasayang manis. Bobotnya berkisar antara 600 gram hingga 2 kg.

Pepaya Gunung

Pepaya Gunung dikenal dari daerah Wonosobo Jawa Tengah. Jenis pepaya ini  populer di masyarakat dengan sebutan carica.  Jenis ini mulanya didatangkan dari dataran tinggi andes, Amerika Selatan.

Tanaman pepaya gunung memiliki pohon yang kecil dengan tinggi rata-rata 1 hingga 2 meter. Perbedaan mendasar pepaya gunung dengan jenis lainnya adalah pohon pepaya gunung memiliki cabang bertingkat.Pepaya gunung memiliki panjang 6-10 cm serta diameter 3-4 cm.

Buah masak berupa telur sungsang dengan ukuran 6-15 cm kali 3-8 cm, dagingnya keras, berwarna kuning-jingga, terasa agak asam namun harum, di sekitar rongganya ada banyak sekali biji yang terbungkus oleh sarkotesta yang putih serta berair.

Buah yang belum masak mempunyai kulit yang berwarna hijau gelap serta dapat beralih jadi kuning sesudah masak.

Meski kalah populer di pasaran dengan jenis lain seperti California dan Bangkok, pepaya jenis ini memiliki eksklusifitas sendiri. Penjualannya biasanya sudah dikemas dalam wadah dan buahnya sudah dibuat manisan.

Pepaya Bangkok

Sesuai dengan namanya, pepaya bangkok merupakan pepaya yang berasal dari Bangkok, Thailand.  Pepaya bangkok masuk ke Indonesia pada tahun 1970. Pada saat itulah pepaya bangkok masuk ke Indonesia lalu dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Pepaya bangkok dikenal dengan pepaya yang unggul. Mengapa pepaya bangkok dikatakan unggul? Hal tersebut dikarenakan pepaya bangkok memiliki ukuran buah yang sangat besar.

Bobot buahnya saja bisa mencapai 3,4 kg. Dibandingkan dengan pepaya lainnya, pepaya bangkok inilah yang paling besar.

Selain itu, pepaya bangkok juga memiliki rasa yang manis serta daging buahnya yang tebal. Seperti buah-buah yang berasal dari bangkok lainnya yang besar-besar, pepaya bangkok pun memiliki bentuk yang besar.

Pepaya Mas

Pepaya mas merupakan salah satu dari sekian banyak jenis pepaya yang telah ada di Indonesia. Ciri-ciri dari pepaya mas adalah memiliki tekstur yang keras pada bagian luar kulitnya.

Apabila diangkut, pepaya mas ini tidak mudah rusak karena kulit bagian luarnya memiliki tekstur yang keras sehingga tahan terhadap goncangan.

Kulit pepaya mas berwarna kuning pada saat matang maupun pada saat mentah. Yang membedakan antara pepaya mas matang dengan mentah.

Apabila dipegang pepaya yang telah matang terasa lebih lunak tetapi tidak terlalu lunak. Sedangkan pepaya mas yang masih mentah apabila dipegang masih keras.

Pepaya mas termasuk pepaya yang sudah langka. Hal tersebut dikarenakan seikitnya orang yang membudidayakannya karena sulitnya untuk membudidayakan pepaya mas ini. Hanya pada daerah tertentu saja kita dapat menemukan pepaa mas.

Ragam Manfaat Buah Pepaya

Bisnis Keripik Pepaya

 

Selain enak diolah menjadi keripik pepaya untuk Bisnis Keripik Pepaya dan Analisis Usahanya.Buah pepaya juga mengandung banyak manfaat .Berikut ini adalah manfaat dari buah papaya

Menyehatkan mata

Pepaya mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan kornea dan menghasilkan kelembapan yang cukup agar mata selalu terlumasi dengan baik.

Menyehatkan Rambut dan Kuku

Pepaya kaya akan vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Buah berwarna oranye ini bahkan bisa dijadikan masker rambut untuk menyuburkan rambut.

Menyembuhkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Pepaya mengandung zat yang bernama likopen. Menurut penelitian, mengonsumsi likopen dapat memelihara kesehatan kulit karena aktivitas antioksidan dari zat ini berperan dalam menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas.

Memperlancar Pencernaan

Hal ini karena pepaya mengandung enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Menurut penelitian, mengonsumsi pepaya selama 40 hari diduga dapat menyembuhkan konstipas dan perut kembung.

Kesehatan jantung

Pepaya yang mengandung vitamin C dan likopen bisa menjadi salah satu makanan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, antioksidan dalam pepaya juga dapat meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

Mengurangi risiko kanker

Pepaya mengandung antioksidan likopen yang mampu mengurangi radikal bebas penyebab kanker.Bisnis Keripik Pepaya dan Analisis Usahanya

Antipenuaan

Berbagai nutrisi dalam pepaya mampu membuat kulit tetap sehat dan terlihat muda. Misalnya enzim papain yang membantu melembutkan dan merevitalisasi kulit, serta vitamin A dan C yang membantu mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam.

Tak hanya itu, vitamin C juga berguna membantu tubuh memproduksi kolagen yang dapat mengurangi keriput.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A, C, dan E dalam pepaya bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Bisnis Keripik Pepaya dan Analisis UsahanyaHasilnya, kita pun terhindar dari penyakit infeksi, seperti pilek dan flu.

Baik untuk Penyakit Demam Dengue

Papaya diduga memiliki dampak baik terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dapat menekan jumlah trombosit.

Penelitian menunjukkan penderita infeksi dengue yang mendapatkan ekstrak daun papaya memiliki peningkatan trombosit lebih cepat dibandingkan mereka yang mendapatkan pengobatan biasa. Akan tetapi efek ini masih perlu diteliti secara klinis lebih lanjut.

Efek Samping Makan Papaya Secara Berlebihan

 

BIsnis Keripik PepayaSelain memiliki banyak manfaat dan djadikan camilina yang enak yaitu, dibuat menjadi keripik untuk Bisnis Keripik Pepaya dan Analisis Usahanya,papaya juga memiliki efek samping bagi orang yang sering mengkonsumsi buah pepaya,Berikut efek samping dari buah papaya.

Perubahan Warna Kulit Jadi Lebih Kuning

Buah pepaya berwarna oranye karena kandungan beta karoten di dalamnya. Makan terlalu banyak buah pepaya mampu menyebabkan perubahan warna pada kulit dalam kadar yang rendah yang disebut dengan karotenemia.

Telapak tangan dan telapak kaki adalah bagian tubuh yang paling terlihat akibat perubahan warna ini. Meski terlihat tidak berbahaya, namun anda juga harus mengurangi konsumsi pepaya jikatidak ingin hal ini terjadi pada kulitmu.

Gangguan Pernapasan

Pepaya mengandung enzim yang disebut dengan papain. Enzim ini bermanfaat untuk menangani gangguan pencernaan dan melawan peradangan di tenggorokan.

Bagi mereka yang mudah terkena alergi, enzim papain bisa menyebabkan asma, demam, sesak napas, hingga hidung tersumbat.

Pembentukan Batu Ginjal

Pepaya mengandung vitamin C. Zat ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari beragam gangguan penyakit, mencegah kanker, serta menurunkan tekanan darah.

Mengonsumsi pepaya secara berlebihan bisa juga berarti kamu berlebihan dalam mengonsumsi vitamin C yang dapat mengakibatkan keracunan serta pembentukan asam oksalat yang bisa berujung dengan pembentukan batu ginjal.

Gangguan Pencernaan

Meski buah pepaya tinggi akan serat dan bisa mencegah sembelit, namun terlalu banyak makan pepaya juga bisa menyebabkan sakit perut akibat kandungan enzim papain di dalamnya.

 

Meski dapat menyehatkan, bukan berarti kita diperbolehkan untuk terlalu banyak mengonsumsi buah pepaya. Konsumsi buah papaya dalam porsi secukupnya agar kamu terhindar dari bahaya di atas.Bisnis Keripik Pepaya dan Analisis Usahanya

 

Bisnis Keripik Pepaya dan Analisis Usahanya

Bisnis Keripik Pepaya

 

Peluang Bisnis Keripik Pepaya dan Analisis Usahanya.ini masih sangat besar. Bahan dan cara pembuatannya sederhana. Sehingga, jika tertarik untuk membuat usaha keripik pepaya ini maka simak info usaha dibawah ini :

Info Usaha Keripik Pepaya

Pepaya bisa dijadikan sebagai camilan dan memiliki kandungan gizi cukup tinggi. Kandungan serat tinggi, kalsium, dam vitamin didalamnya sangat baik untuk tubuh. Sehingga keripik pepaya memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan buah pepaya.

Sayang sekali apabila pepaya yang kaya akan kandungan gizi tidak dimanfaatkan sebaik mungkin menjadi keripik. Jadi, manfaatkanlah pepaya untuk membuat produk unik seperti keripik pepaya.

Target Pasar Keripik Pepaya

Camilan ini dapat dikonsumsi oleh siapa pun. Keripik pepaya sangat sesuai dikonsumsi oleh anak – anak, remaja dan orang tua, bisa dikatakan jika semua kalangan usia bisa mengkonsumsi keripik pepaya ini.

Rasanya pas untuk dikonsumsi sebagai cemilan disela – sela santai. Semua kalangan dapat dijadikan sebagai target pasar untuk usaha keripik pepaya ini.

Bahan Baku Usaha Keripik Pepaya

Pembuatan keripik pepaya ini sangat mudah karena bahan baku pepaya mudah ditemukan. Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat keripik pepaya ini misalnya pepaya segar dan minyak.

Peralatan Usaha Keripik Pepaya

Peralatan untuk membuat keripik pepaya ini  ialah baskom, pisau, mesin vacuum frying, spatula, peniris minyak, kompor dan gas serta aneka peralatan pendukung lainnya.

Agar bisa menghasilkan keripik pepaya yang berkualitas maka perlu sekali menggunakan peralatan yang memadai.

Proses Pembuatan Keripik Pepaya

Pembuatan keripik pepaya begitu sederhana dan bisa diikuti oleh siapa pun. Proses pembuatan keripik pepaya ini yaitu dengan mengupas pepaya kemudian memotongnya tipis sesuai dengan keinginan.

Jika sudah pepaya dimasukan dalam mesin vacuum frying kemudian tunggu hingga beberapa waktu. Bila sudah angkat keripik pepaya dan kemas sesuai beratnya dan kemudian dipasarkan.

Pengemasan Produk Keripik Pepaya

Buat kemasan yang menarik dan unik agar produk dibeli oleh konsumen. Cantumkan nama produk dengan label yang unik supaya mudah diingat oleh konsumen. Daftarkan produk keripik pepaya ini ke BPOM supaya produk lebih terpercaya.

Promosi Produk Keripik Pepaya

Anda bisa menawarkan produk camilan keripik pepaya ini dengan cara menawarkan lewat media social, menawarkan pada teman atau saudara.

Dengan proses promosi yang meluas maka bisa meningkatkan penjualan produk. Produk keripik pepaya pun akan lebih dikenal dan pemasaran akan semakin mudah.

Strategi Usaha Keripik Pepaya

Agar produk keripik pepaya ini diminati banyak kalangan maka perlu mengetahui cara strateginya. Misalnya dengan memberi diskon pada setiap produk keripik pepaya yang dijual.

Membuat aneka varian rasa pada keripik pepaya supaya menarik minat dan lebih unik bagi konsumen. Anda pun dapat menjual produk keripik pepaya dengan harga terjangkau supaya siapa pun dapat membelinya. Bisnis Keripik Pepaya dan AnalisisUsahanya

 

Demikialah pembahasan untuk Bisnis Keripik Pepaya dan AnalisisUsahanya. Semoga info untuk usaha keripik pepaya ini bisa bermanfaat untuk para pembaca. Selamat mencoba Bisnis Keripik Pepaya dan Analisis Usahanya.

 

 

× Whatsapp Kami!