Select Page

Resep keripik nangka – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang resep-resep keripik nangka yang mungkin asing ditelinga kalian.

Mungkin kata nangka sudah familier ditelinga kalian, namun bagaimana dengan keripik nangka? Ya, keripik nangka adalah olahan keripik dengan bahan dasar buah nangka yang sudah matang.

Keripik nangka adalah keripik hasil olahan buah nangka yang digoreng dengan cara khusus, biasanya menggunakan mesin penggoreng hampa/mesin vacuum frying.

Jika menggunakan cara penggorengan biasa yakni dengan menggunakan kuali/wajan buah nangka tidak akan menjadi keripik karena buah akan rusak terkena suhu panas yang berlebih.

Dengan menggunakan mesin vacuum frying, maka kualitas buah tidak akan mudah rusak. Selain itu aroma dan warnanya tidak akan berubah banyak dan awet disimpan dalam jangka waktu lama

Olahan keripik nangka memang belum terkenal, namun sangat familier bagi para pemburu kuliner nusantara terutama cemilan.

Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka mempunyai nama ilmiah yaitu Artocarpus heterophyllus. Buah nangka biasanya berbentuk panjang bulat dan dapat mencapai panjang 100cm. Pada sisi luar terdapat duri-duri lunak sebagai perlundungan buah.

Daging pada buah nangka apabila matang akan berwarna kuning keemasan dan mempunyai bau yang khas. Daging yang masak juga biasanya mempunyai daging yang agak lunak tapi liat atau alot, kadang berisi cairan nektar yang manis.

Didalam buah nangka juga terdapat biji yang berbentuk bulat lonjong dan biasanya dimasak sebagai sayur lodeh atau disangrai maupun digoreng.


 

Resep Keripik Nangka

Bagi kalian yang suka ngemil, patut kalian coba jenis keripik satu ini. Keripik nangka sangat udah dibuat, ditemukan, maupun dibeli dipasaran. Keripik ini juga telah menjadi trending keripik jaman now.

Varian keripik nangka juga banyak sekali, namun kalian juga bisa menvariasikan varian sesuka hati kalian dengan cara menambahkan bumbu-bumbu yang dapat kalian beli dipasar maupun toko bahan makanan terdekat.

Pembuatan keripik nangka juga tidaklah rumit karena sekarang sudah ada alat untuk menggoreng, yaitu mesin vacuum frying, dimana mesin ini bekerja untuk menggoreng pada saat membuat keripik buah, maupun kerik sayur.

Berikut ini adalah resep keripik nangka yang dapat kalian ikuti dan dapat kalian variasikan kedalam beberapa varian rasa.

1. Keripik Nangka Muda

Bahan untuk resep kripik nangka muda:

  • 300 gram nangka muda, iris tipis.
  • 200 gram tepung beras.
  • 4 sendok makan tepung sagu.
  • 200 mililiter air putih.
  • Minyak sayur untuk menggoreng.

Bumbu:

  • Garam secukupnya.
  • Kunyit seukuran 0,5 sentimeter.
  • Lada putih bubuk secukupnya.
  • 0,5 sendok teh kaldu bubuk instan.

Resep keripik nangka muda renyah bikin ketagihan:

  1. Haluskan bumbu yang sudah disiapkan.
  2. Larutkan dengan air putih.
  3. Tambahkan tepung beras dan tepung sagu, aduk sampai licin.
  4. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
  5. Celupkan irisan nangka muda ke dalam adonan tepung, angkat, masukkan ke dalam minyak sayur panas. Goreng sambil dibolak-balik sampai matang, kering, dan berwarna cokelat keemasan, angkat, tiriskan.

 

2. Keripik Nangka Tua

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam resep keripik nangka:

  • Buah Nangka Segar, Tidak Terlalu Matang 1 Kg
  • Air 1½ Liter
  • Kapur Sirih 100 Gram
  • Garam 75 Gram
  • Gula Pasir 150 Gram
  • Minyak Goreng 2 Liter

Langkah-langkah:

  1. Kupas buah nangka dan bersihkan kulit beserta  jeraminya, belah daging buah, buang bijinya lalu potong ujung-ujungnya.
  2. Rendam buah nangka dalam air larutan kapur sirih.
  3. Cuci bersih buah nangka kemudian tiriskan.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang mengembang sebaiknya buah yang telah dicuci dijemur dulu .
  5. Kemudian Masukkan ke dalam mesin vacum frying (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90° Celcius.
  6. Goreng hingga matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang. Angkat dan tiriskan hingga tidak ada minyak sama sekali, agar keripik nangka tidak mudah tengik.
  7. Keripik siap disajikan

 

Jenis-Jenis Nangka yang Ada Di Indonesia.

Berdasarkan resep keripik nangka diatas, pilihlah jenis nangka yang agak tebal agar menghasilkan keripik yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Jenis buah nangka ada banyak sekali, dengan ciri khas masing-masing.

Berikut ini adalah jenis-jenis nangka yang ada di Indonesia.

1. Madu
Nangka madu terkenal akan rasanya yang manis legit. Buah nangka madu berukuran cukup besar, dagingnya tebal dan bertekstur renyah.

2. Mini
Merupakan salah satu tanaman buah nangka yang memiliki batang pohon pendek. Pohon buah nangka ini hanya mampu tumbuh mencapai ketinggian dapat mencapai 3-5 meter saja.

3. Cempedak
Nangka cempedak memiliki keunggulan dimana bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka, namun aromanya sangat menyengat.

4. Nangkadak
Buah nangkadak merupakan hasil perkawinan dari buah nangka dan buah cempedak. Buah nangkadak memiliki keunggulan pada aromanya yang tidak terlalu tajam, dan rasanya sangat manis.

5. Sri Bajong
Nangka sri bajong merupakan salah satu jenis tanaman buah nangka yang berasal dari negara Thailand. Pohon nangka sri bajong memiliki keunggulan buahnya memiliki besar dan tebal sedang bijinya sangat kecil.

6. Merah
Nangka merah memiliki keunggulan daging buahnya yang berwarna merah. Daging buahnyapun relatif cukup besar dan tebal.

7. Jenis Nangka Celeng Atau Nangka Bilulang
Buah nangka celeng merupakan buah nangka yang memiliki keunggulan buahnya tumbuh di pangkal batang mendekati tanah bahkan ada yang muncul dari tanah. Karena ditanah, nangka ini sering dimakan celeng (babi hutan).

8. Dulang
Varietas nangka dulang merupakan salah satu jenis buah nangka unggulan yang keunggulan daging daging buah berwarna kuning cerah dengan bentuk buah yang besar dan tebal.

9. Kandel
Nangka kandel mempunyai bentuk seperti nangka pada umumnya namun memiliki keunggulan daging buahnya yang tebal.

10. Kunir
Nangka kunir memiliki keunggulan bentuk buahnya yang bulat dengan duri yang tumpul dan jarang. Kulit buah nangka kunir berwarna kuning kemerahan. Daging buah besar dengan rasa yang manis.


Manfaat Buah Nangka

Setelah membahas tentang resep keripik nangka, mari kita bahas apa saja sih manfaat buah nangka.

Buah nangka tidak hanya mudah didapat, namun buah ini memiliki banyak sekali manfaat yang sangat bermanfaat bagi tubuh anda. Buah nangka mengandung banyak sekali nutrisi, diantaranya Vitamin A, Vitamin C, Thiamin, Kalium, Kalsium, Riboflavin, Zat Besi, Niasin, dan Seng.

Manfaat dalam buah nangka sangat banyak sekali, diantaranya:

1. Meningkatkan imunitas dan membantu melawan kanker

Di dalam nangka terkandung banyak sekali antioksidan dan senyawa untuk melawan kanker. Didalam nangka juga terkandung vitamin C yang dapat meningkatkan kinerja antioksidan dalam membantu mencegah kanker.

2. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Kardiovaskular adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. contoh penyait ini adalah iskemia, hipertensi, dan aterosklerosis.

Buah nangka juga mengandung kalium yan penting mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Sehingga buah nangka juga penting dalam membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

3. Memperbaiki sistem pencernaan

Nangka mengandung banyak sekali serat yang sangat baik bagi pencernaan terutama untuk memperlancar sembelit.

4. Kalsium yang membantu meningkatkan kesehatan tulang

Kalsium dalam buah nangka sangat baik untuk pertumbuhan dan pencegahan penyakit tulang seperti arthritis dan osteoporosis. Nangka juga mengandung potasium yang berguna untuk mempertahankan kepadatan tulang

5. Baik untuk penglihatan

Beta karoten dalam buah nangka sangat baik untuk kesehatan mata, terutama dalam menjaga fungsi kornea dan membran pada mata.

6. Biji nangka sebagai makanan rendah glikemik

Biji nangka mengandung kadar glikemik yang rendah dan disarankan bagi anda yang perlu mengatur kadar gula darah dalam darah.

7. Membantu mengontrol penyakit diabetes

Daun buah nangka mengandung bahan kimia tertentu yang dapat membantu mengurangi kadar gula dala darah.


 

Efek Samping Kebanyakan Makan Nangka

Setelah membahas resep keripik nangka diatas, ada baiknya kita juga mengetahui efek samping apabila kebanyakan mengonsumsinya.

Selain mempunyai manfaat yang luar biasa, konsumsi nangka berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping yang tidak bisa dianggap sepele, diantaranya:

1. Konsumsi Buah Nangka Bagi Penderita Maag Kronis sama dengan Bunuh Diri

Apabila seorang penderita maag kronis mengonsumsi buah nangka maka akan berefek samping yaitu membuat penyakit ini akan kembali kambuh.

2. Dapat Menyebabkan Reaksi Alergi

Bagi anda yang menderita alergi dengan bah nangka, tidak disarankan untuk mengonsumsinya, karena akan memperburuk keadaan anda.

3. Akan Meningkatkan Koagulasu Pada Orang yang Menderita Kelainan Darah

Koagulasi merupakan proses penggumpalan cairan atau larutan secara keseluruhan maupun sebagian sehingga membentuk gumpalan seperti gel. Sangat disarankan untuk menghindari mengonsumsi buah nangka bagi penderita agar tidak memperburuk keadaan.

4. Mengubah Tingkat Toleransi Glukosa pada Penderita Diabetes

Buah nangka mengandung gula yang apabila dikonsumsi oleh penderita diabetes, maka akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

5. Menyebabkan Feses Tidak Normal

Jika anda mengonsumsi nangka terlalu banyak,maka serat yang terkandung akan mempengaruhi pencernaan dan menyebabkan kondisi feses tidak normal.

6. Perut Kembung Bergas

Jika anda mengonsumsi buah nangka berlebihan, tidak menutup kemungkinan anada akan kembung, diare, dan serasa ingin buang angin secara terus menerus.

7. Meningkatkan Suhu Janin dan Kontraksi Dini

Apabila buah nangka dikonsumsi berlebihan juga tidak baik bagi ibu hamil, karena akan menyebabkan suhu pada janin meningkat, dan kontraksi lebih awal yang akan menyebabkan bayi prematur atau bahkan keguguran.


Tips Menghindari Getah Nangka

1. Pada Peralatan

Dalam mengolah nangka menjadi keripik nangka sesuai resep keripik nangka diatas, pastinya kita akan menjumpai getah. Baik nangka muda maupun nangka tua memiliki getah yang sangat lengket. Ketika memotong nangka, getah akan menempel pada pisau dan talenan. Getah nangka sangat sulit dihilangkan, walaupun sudah direndam atau dicuci dengan air hangat.

Untuk menghilangkan getah nangka yang menempel pada pisau dan talenan, perhatikan tips-tips berikut :

  • Taburkan tepung kanji pada pisau atau talenan yang terdapat getah nangka. Gosok-gosokan bagian yang sudah ditaburi tepung, dan getah pun akan terlepas. Setelah itu, segera cuci pisau dan talenan untuk  mengangkat sisa noda dan tepung dengan mudah.
  • Oleskan minyak kelapa atau minyak sayur pada pisau dan talenan. Gosok-gosokkan minyak secara merata hingga getah terlepas.
  • Biji nangka dilindungi oleh sarung yang mengandung air dan minyak. Anda pun dapat menggunakannya untuk menghilangkan getah nangka yang sulit dihilangkan. Caranya, cukup remas sarung bji nangka hingga minyaknya keluar, lalu oleskan pada pisau dan talenan. Getah pun dapat terangkat dengan mudah.
  • Tuangkan sedikit minyak tanah ke telapak tangan, lalu gosok sampai getahnya hilang. Segera bilas tangan Anda dengan air bersih, lalu cuci kembali dengan sabun pencuci piring atau sabun colek sampai bau minyak tanahnya hilang.

2. Pada Baju

Untuk mempelajari resep keripik nangka diatas paling emosi saat diganggu anak-anak yang akhirnya digunakan untuk mainan, dan biasanya akan terkena baju. Untuk menghilangkan getah nangka pada baju, ikutilah tips-tips berikut.

  • Buatlah adonan dari air dengan tepung kanji, lalu oleskan adonan tersebut ke bagian baju yang ternoda getah nangka. Setelah itu, gosok baju dengan sikat gigi bekas sampai getah nangkanya benar-benar hilang. Ulangi cara yang sama apabila getah nangkanya masih menempel pada pakaian.
  • Potong jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu gosokkan bagian dalam jeruk nipis pada bagian baju yang ternoda getah. Apabila noda getahnya sudah mengering, bantu mengangkatnya dengan menggosoknya pakai sikat gigi bekas.
  • Oleskan mentega pada noda getah nangka, lalu gosok dengan kuku atau sikat gigi bekas. Bilas dengan air bersih untuk sambil terus digosok agar nodanya terkikis. .
  • Pemutih dapat melunturkan noda getah nangka secara cepat dan efektif. Cukup rendam baju putih di dalam air bersih yang sudah dicampur dengan pemutih pakaian secukupnya, lalu tunggu sampai beberapa menit baru angkat baju tersebut.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Keripik Buah

Keripik buah sangat banyak jenisnya, namun ada hal yang harus diperhatikan dalam membuat keripik buah.

Untuk membuat keripik buah yang renyah, jangan menggunakan buah yang sudah terlalu matang. Buah yang terlalu matang mempunyai kandungan kadar gula yang tinggi, sehingga akan mudah gosong saat digoreng.

Buah yang matang juga memiliki tekstur yang lembek, sehingga akan susah diiris dan susah kering saat digpreng. Karena itu gunakanlah buah yang mangkal dan sudah memiliki rasa manis namun teksturya masih keras.

Irisan buah haruslah rendah kadar air. Untuk mengurangi kadar airnya dapat dilakukan dengan metode pengovenan, disimpan dalam freezer maupun dijemur. Saat kering, buah akan lebih mudah digoreng, dan tidak menyerap banyak minyak atau sama sekali tidak menyerap minyak.


 

Tips Agar Keripik Tetap Renyah

1. Disimpan dalam Wadah atau Toples yang Tertutup Rapat

Jika kamu ingin keripik yang setelah digoreng tetap renyah, maka kamu perlu menyimpannya di wadah atau toples yang tertutup rapat. Pilih toples yang kualitasnya baik pada bagian tutupnya, makin rapat makin baik.

2. Jangan Terlalu Sering Membuka dan Menutup Wadah

Apabila terlalu sering membuka dan menutup wadah, maka angin akan masuk. Hal tersebut tentunya bisa membuat keripik menjadi cepat melempem.

3. Akali Dengan Tisu atau Kertas Makanan

Letakkan kertas itu pada bagian tutup toples, kemudian tutup toples. Hal ini akan mencegah mengalirnya udara dari luar ke dalam yang menyebabkan keripik akan cepat melempem.

4. Menyimpannya di Lemari Es

Dengan menyimpan keripik dalam lemari pendingin juga akan membuat keripik lebih tahan dan awet dalam waktu lebih dari satu minggu.

 


Pembuatan keripik nangka memanglah mudah dan cepat tanpa harus aneh-aneh. Resep diatas dapat kalian praktekkan sendiri dirumah untuk membuat keripik nangka dalam jumlah sedikit untuk camilan sendiri maupun banyak untuk diperjualbelikan.

Gimana pembahasan diatas?? Menarik bukan? semoga artikel resep keripik nangka diatas membantu kalian semua yang ingin mendirikan usaha maupun cuma coba-coba membuat cemilan ala kalian sendiri. Demikian pembahasan seputar tentang resep keripik pepaya nan gurih dan semoga bermanfaat.

Selamat Mencoba 😊😊😊😊