Select Page

Macam Macam Keripik Buah – keripik buah memang banyak jenisnya,dan biasanya kripik buah menjadi produk unggulan dari setiap daerah dengan keunggulannya masing-masing. Di Indonesia memang banyak macam macam keripik buah.

Contohnya Yogyakarta unggul dengan kripik buah salak, Malang unggul dengan keripik buah apel dan juga nangka, kemudian misal pemalang unggul dengan keripik buah nanas dan masih banyak macam macam keripik buah yang lainnya.

Dengan adanya macam macam keripik buah ini, sekaligus bisa mengangkat branding  suatu daerah dengan makanan khasnya dan ini baik untuk industri pariwisata di suatu daerah.

Jika anda ingin membuka usaha keripik, anda perlu coba mesin vacuum frying ini agar usaha produksi keripik anda bisa membuat dengan jumlah banyak.

  Macam Macam Keripik Buah

Macam Macam Keripik Buah

Berikut adalah macam macam keripik buah yang akan kami jelaskan pada artikel ini:

  1. Keripik Buah Nangka

Keripik buah Nangka adalah salah satu yang keripik yang paling pavorit diantara lainnya atau The Best Seller.

Rasa buahnya yang manis gurih, penampakannya yang menggugah selera, warnanya yang cerah, membuat siapapun yang melihatnya ingin mencicipinya, bahkan saat di toko oleh-oleh serasa ingin memborong sebagai oleh-oleh unggulan untuk dirumah.

Kelebihan dari buah nangka adalah boleh dikatakan berbuah sepanjang musim, sehingga stok nangkanya dapat terjaga. Bedanya buah ini sedikit lama dalam hal berbuah, jadi harus bersabar. Dan tentunya karena buahnya ini premium, maka harganya pun ikut terdongkrak tinggi.

Tetapi anda jangan untuk khawatir dengan keripik buah ini ada istilah jawa “Ono rego ono Rupa”  artinya ada harga ada barang. Barangnya istimewa, harganya premium, rasanya pun sangat enak.

2. Keripik Buah Salak

Apakah pernah merasakan keripik buah salak? hmmm… Yummi Enak Banget rasanya.  Kami pernah membuat dan mencobanya dirumah, dan rasanya manis, enak serta gurih. Rasanya mirip sekali dengan keripik buah nangka. Hati-hati jika keliru, karena mirip banget.

Buah salak ini sedikit ada keunikan, karena tumbuh bagus hanya ditempat tempat tertentu, idealnya di tempat dingin ataupun kaki gunung, kurang bagus jika ditanam disembarang tempat. Maka bersyukurlah yang di karuniai tempat yang pas untuk membudidayakan salak.

Salak ini enak untuk langsung dimakan, bahkan enaknya ingin cepat-cepat menghabiskannya. Namun jangan khawatir, saat anda ingin makan salak yang versi keripik atau salak yang lebih awet, maka solusinya adalah membuat keripik buah salak sangat tepat. Keripik buah salak ini bisa meningkatkan harganya di pasaran.

Sangat cocok untuk oleh-oleh yang khas Daerah Istimewa Yogyakarta, malang, bogor dan juga tempat-tempat dingin lainnya, yang menjadi tempat favorit untuk mengembangkan keripik buah salak, karena selain wisatanya yang maju, oleh-oleh khasnya juga akan berkembang terus.

3. Keripik Buah Nanas

Rasa buah nanas yang kecut dan masam, seringkali membuat banyak orang yang memakannya cepat terasa ngilu pada giginya. Dan itu yang membuat kurang nyaman bagi pemakannya. Padahal maksud hati masih ingin terus terusan memakannya.

Kelemahan buah nanas adalah rasanya yang kecut ini, sekarang dapat tertutupi dengan merubahnya menjadi sebuah keripik buah Nanas yang Rasanya mmmmh.. Enak sekali. Kita seolah olah masih dibayangkan memakan buah nanas, tetapi mendapatkan sensasi yang berbeda yaitu kriuuk… kress….

Kami pernah membuat dan mencobanya itu dirumah, dan waaah langsung habis dengan sekejap diambil dari mesin vacuum frying dengan kapasitas 5 kg milik kami.

Bagi Anda yang di daerahnya terdapat potensi buah nanas, sangat pas sekali dikembangkan untuk dijadikan keripik buah nanas ini Daerah Pemalang, Malang, Majalengka adalah daerah yang pas untuk dikembangankannya keripik buah Nanas.

Dengan adanya keripik buah nanas ini selain bagus untuk menjadi oleh-oleh, tentunya bisa menambah umur nanas bukan? tentunya akan mengangkat citra suatu daerah dengan makanan khasnya itu sendiri.

4. Keripik Buah Apel

Membayangkan buah apel, tentunya sebuah buah yang berkelas bukan? ya saya setuju karena buah ini sangat banyak untuk diimpor dari luar negeri dengan berbagai kemasan dan berbagai warna warni yang cerah.

Tetapi untuk kami, apel lokal terasa lebih enak dan lebih berharga memakannya daripada apel impor, sebab cinta produk dalam negeri akan meningkatkan produktivitas petani lokal daerah. Dan kesejahteraan petani dalam negeri jauh lebih penting dibandingkan lainnya.

Nah.. masalah pada umumnya para petani apel pada saat panen apel adalah melimpahnya produk buah apel, yang kadang lebih seringnya menurunkan harga jual apel ini.

Untuk meningkatkan produktifitas dari harga apel, maka diperlukan banyak variasi produk apel. Beberapa yang sudah berjalan diantara lain adalah selai apel, sirup apel, dan tak ketinggalan yaitu kripik buah apel.

Keripik buah apel ini terasa lebih enak dimakan dan gurih, dan bagi yang senang apel hijau, rasa kecutnya sudah agak sedikit hilang.

Bagi kami, meski keripik buah apel agak kurang manis dibandingkan aslinya langkah membuat keripik buah apel adalah salah satu cara alternatif pemecahan masalah untuk buah apel itu sendiri. Selainnya juga dapat lebih menggairahkan petani apel bukan?

5. Keripik Buah Mangga

Salah satu hal penting dalam membuat keripik buah mangga adalah memperpanjang usia fungsi / manfaat dari  buah ini. Masalah khususnya yaitu di saat-saat panen, selain seringnya harga mendadak menjadi turun karena melimpahnya bahan baku, juga mangga tidak akan tahan lama.

Alternatif membuat mangga menjadi lebih tahan lama, Long Life Manggo, maka keripik buah mangga adalah salah satu solusi yang paling tepat.

Keripik buah mangga ini hampir sama dengan keripik buah yang lain, aroma yang menusuk ke hidung, rasanya yang manis, tetapi kress kriuk jika dimakan merupakan sebuah sensasi asyik yang punya nilai lebih dari aslinya. Cara membuat keripik mangga juga tidak lah susah, maka dari itu anda patut mencobanya.

Peluang ekspor dari keripik buah mangga ini sangatlah terbuka lebar, yang tentunya akan menaikkan nilai ekonomis dari buah mangga pada umumnya. Thailand adalah salah satu negara yang serius mengembangkan keripik buah mangga ini, dan kita pun tidak boleh ketinggalan sama mereka bukan? pastinya.

Maka dari itu Daerah-daerah penghasil mangga, seperti Indramayu dengan produk mangga Indramayu, kemudian Majalengka, juga temanggung, dan daerah-daerah lainnya, sangat cocok untuk mengembangkan alternatif produk keripik buah Mangga ini.

Dan Menariknya lagi, karena variasi atau jenis mangga yang sangat banyak, maka menghadirkan keripik mangga dengan aneka jenis dan akan lebih menarik lagi untuk dijual. Akan hadir keripik buah mangga Indramayu, Keripik buah mangga Gincu, Keripik Buah Harum Manis, Keripik Buah Manalagi dll…

Asyik dan menarik bukan? maka dari itu carilah hal yang mampu menarik para peminat.

6. Keripik Buah Pepaya

Selanjutnya keripik buah yang menjadi favorit adalah Keripik buah pepaya. Memiliki Warna orange yang sangat menarik peminatnya, sensasinya jika dimakan makriuk, rasanya manis manis enak, membuat keripik buah pepaya ini adalah salah satu yang digemari para pecinta keripik buah.

Untuk membuat keripik buah pepaya ini yang diperlukan adalah sebuah pepaya yang tidak terlalu matang, agar hasilnya dapat sempurna, dan renyah hasilnya.

Sentra pepaya atau tempat-tempat penghasil buah pepaya misalnya Lebak di Banten, Sukabumi di Jawabarat, Kebumen dan Boyolali di jawa Tengah, Kulonrpogo dan Sleman di DIY, dan juga malang di Jawa timur, adalah tempat yang paling cocok untuk dijadikan sentra industri keripik buah pepaya.

Keripik pepaya merupakan camilan yang sehat dan bergizi.

7. Keripik Buah Pisang

Wooooww… Mantap. Ini kesan lama untuk membuat keripik pisang.

Kali ini macam macam keripik buah yang akan dibahas adalah Keripik buah pisang ini sudah sangat lama diproduksi, dan biasanya memakai cara penggorengan manual tidak menggunakan mesin vacuum frying.

Kreasi olahannya pun sangatlah beragam dan banyak,dapat dibuat keripik pisang, sale pisang, keripik pisang aroma dan masih banyak lagi yang lain.

Dengan sedikit beda sentuhan pada prosesnya, yaitu ketika menggunakan mesin vacuum frying Sederhana kami, ternyata sensasi rasa manisnya itu loh yang enggak hilang hilang.

Dan sungguh inilah kelebihan yang membedakan antara cara menggoreng manual dan menggoreng dengan mesin (mesin vacuum frying).

Maka kalau anda ingin memberikan nilai lebih kepada snack pisang, maka membuat keripik buah pisang adalah salah satu produk unggulan yang dapat anda ciptakan. Beda gaya beda juga harganya.

Karena sebuah keunggulan pada produk, sebenarnya tidak harus banyak-banyak cukup seperti kemenangan seekor kuda pacu, terkadang hanya dapat ditentukan oleh sepanjang hidung kuda itu sendiri.

8. Keripik Buah Bengkoang

Dan selanjutnya keripik buah unggulan yang dapat menjadi alternatif usaha anda adalah keripik buah bengkoang.

Nuansa kerenyahan yang bisa di dapatkan dari keripik buah satu ini adalah point penting dari lainnya. Apalagi anda dekat dengan sumber bengkoang, maka membuatnya menjadi kripik buah, pasti akan menambah nilai ekonomis buah ini dan pastinya akan lebih mudah.

Bengkoang ini adalah buah yang murah harganya, apalagi saat panen panen. Kasihan kan untuk petani, maka sentuhan alternatif sedikit proses yang akan mengubah daya tawar buah ini.

Sentra bengkoang di Indonesia seperti purworejo, purwokerto dan kebumen dapat memulai memikirkan alternatif bengkong agar dapat lebih berdaya guna dan menjadi produk unggulan. Salah satunya adalah dengan cara membuat keripik buah bengkoang.

9. Keripik Buah Naga Merah

Keripik Buah Naga Merah ini boleh dikatakan salah satu varian produk yang cukup baru dan dikenal. Buah naga merah merupakan buah yang mempunyai kandungan vitamin C yang lumayan tinggi, dan aslinya rasanya kadang memberikan sensasi kecut-kecut manis.

Dan bagi kalian yang belum terbiasa makan, kadang terasa kurang nyaman untuk di makan. Dan alternatif dengan dirubahnya menjadi sebuah keripik buah naga merah, dengan warna merah menyala, seolah semakin mengundang para peminatnya untuk segera dicicipi.

Untuk kamu yang penasaran dengan keripik buah naga ini, bisa segera mencobanya dirumah.. asyik bukan dengan pengalaman baru? pastinya. 

10. Keripik Buah Semangka

Wah ternyata buah semangka dapat juga dibuat menjadi sebuah keripik buah. Rasa aslinya semangka yang manis dan akan tetep manis meski dibuat menjadi sebuah keripik buah.

Keripik buah semangka ini sangat populer di luar negeri, dan sekarang pun untuk ada di pasar lokal dan sudah mulai menggarapnya sebagai alternatif, dan Keripik buah yang satu ini patut untuk dicoba sebagai keripik yang ekslusif bukan? maka dari itu marilah anda untuk mencoba memproduksi keripik buah ini.

11. Keripik Buah Melon

Secara harga buah melon segar mempunyai harga yang premium dibandingkan buah lainnya. Maka dari itu ide membuat kripik buah melon menjadikannya sebagai kripik buah yang premium juga termsauk sebuah hal yang bagus.

Sasaran dari keripik buah melon ini memang untuk para penikmat kuliner yang tidak mementingkan soal harganya, yang mereka butuhkan adalah sensasi dan kenikmatan rasanya.

Nah apakah anda tertarik untuk menggarap pasar yang sempit namun menjanjikan peluang keuntungan yang lebih besar? Selayaknya anda harus mencoba dulu.

12. Keripik Buah Belimbing

Selanjutnya adalah keripik buah yang dapat dijadikan alternatif adalah berbahan dasar buah belimbing atau star fruit atau Buah Bintang. Keripik buah belimbing ini belum banyak dikembangkan di pasaran lokal, namun pasar mancanegara cukup bagus dan berkembang pesat.

13. Keripik Buah Strawberry

Ide lain untuk membuat keripik buah muncul lagi dari bahan yang merah menyala, yaitu dari buah strawberry. Buah jenis ini tidak banyak diproduksi oleh petani Indonesia. Namun di beberapa daerah yang menghasilkan buah seperti daerah malang dan bandung cukup banyak diproduksi.

Jika ingin memberikan hasil tambahan pada buah ini, kenapa tidak diproduksi menjadi keripik buah saja?Malang, Bandung, wonosobo  dan daerah dingin lainnya adalah daerah yang cocok untuk dikembangkan sebagai alternatif pengolahan buah Strawberry.

14. Keripik Buah Rambutan

Selanjutnya keripik buah yang dapat dijadikan alternatif unggulan adalah buah rambutan. Buah Rambutan ini boleh dikatakan dapat tumbuh dimana-mana. Sangat mudah berkembang. bahkan hampir setiap rumah pun memiliki pohon ini.

Manfaat Macam Macam Keripik Buah

Berikut adalah macam macam keripik buah, tapi saya akan menjelaskan manfaat dari keripik apel:

1. Melancarkan Pencernaan

Pertama bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan kalori yang ada di dalamnya akan bermanfaat untuk menunjang dan melancarkan sistem pencernaan sehingga akan terhindar dari gangguan pencernaan.

2. Mendukung perkembangan otak

Manfaat lainnya dari keripik apel juga mampu mendukung perkembangan dari otak. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam berperan penting untuk mendukung perkembangan dan juga fungsi otak agar bekerja dengan baik. Oleh karena itu, kalian dapat mengkonsumsinya untuk perkembangan otak anda.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh dapat dilakukan dengan cara yang mudah yaitu rutin mengkonsumsi keripik apel. Kandungan yang ada dalam makanan ini terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh anda sehingga tidak mudah terjangkit oleh kuman, bakteri dan pasarit yang masuk ke dalam tubuh anda.

4. Mengontrol Berat Badan

Jika saat ini anda mengalami masalah karena kelebihan berat badan maka anda dapat mengkonsumsi keripik apel ini sebagai solusi untuk mengontrol berat badan.

Kandungan kalori yang rendah yang ada pada makanan ini sangat berguna untuk mengontrol berat badan sehingga anda tidak akan kelebihan lemak dan berat badan anda akan tetap terkontrol.

5. Menunjang Aktifitas Tubuh

Mengkonsumsi keripik apel juga sangat berkhasiat untuk menunjang aktifitas tubuh kita. Kandungan protein yang ada di dalamnya akan menunjang aktifitas dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah merasa capek, dengan begitu aktifitas anda tidak akan terganggu.

6. Mencegah Liver

Liver adalah penyakit kerusakan pada fungsi hati. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan banyak mengkonsumsi keripik apel. Kandungan yang ada di dalam makanan ini dipercaya dapat mencegah timbulnya penyakit liver,Oleh karena itu, anda dapat mengkonsumsinya.

7. Mencegah Diare

Sering mengkonsumsi makanan pedas dan tidak sehat juga dapat menyebabkan diare. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan rutin mengkonsumsi keripik apel ini. Kandungan yang ada di dalam keripik buah ini mampu mengatasi diare dengan proses yang lebih cepat.

Konsumsilah makanan ini sebagai obat alami mencegah diare.

8. Menguatkan Gigi

Khasiat lainnya dari mengkonsumsi keripik apel juga berguna untuk menguatkan gigi anda. Jika anda ingin menjaga gigi agar tidak mudah berlubang maka dapat dilakukan dengan banyak mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada d idalamnya mampu melindungi dan juga menguatkan gigi agar tidak mudah berlubang dan keropos.

9. Melindungi Mata

Selain menguatkan gigi keripik apel ini juga mampu melindungi mata anda. Kandungan vitamin A dan juga mineral yang ada di dalamnya akan banyak bermanfaat untuk melindungi mata dari penyakit katarak. Hal inilah yang menjadikan makanan ini baik untuk dikonsumsi oleh kita.

10. Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara biasa terjadi pada kebanyakan wanita. Penyakit ini juga bisa menyebabkan kematian jika tidak diobati. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan rutin mengkonsumsi keripik apel ini. Kandungan yang ada pada buah ini akan mencegah sel kanker dalam payudara sehingga anda akan terhindar dari resiko penyakit kanker payudara.

Alat Pemotong Buah dan Sayur

Bagi kalian yang memiliki kendala saat memotong buah atau sayur, kalian bisa mencoba menggunakan Alat Pemotong Buah dan Sayur agar pekerjaan kalian bisa menjadi lebih cepat dan juga lebih efisien nantinya

Itu ulasan tentang macam macam keripik buah dan pengertiannya serta manfaat dari keripik buah apel, semoga bermanfaat bagi anda.

Sekian dan terimakasih.

× Whatsapp Kami!