Select Page

Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sih cara membuat pisang nugget yang enak nan lezat untuk hidangan makanan di rumah. Pisang nugget sangat sedap dinikmati apalagi ketika waktu hujan, hawa suasana dan rasa pisang nugget akan terasa sangat nikmat.

Membuat pisang goreng yang biasa sudah terasa sangat membosankan. Padahal, olahan pisang goreng ini bisa diolah menjadi lebih “wah” loh. Kreasi pisang nugget adalah jalan alternatif tepat bagi anda yang bosan menyantap pisang goreng.

Proses membuat pisang nugget ini sangat mudah dilakukan di rumah. Sebelum mempelajari bagaimana cara membuat pisang nugget yang enak, simak dulu informasi seputar pisang dan tips pembuatannya.

Jenis Pisang yang Cocok untuk Pisang Nugget

cara membuat pisang nugget

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah pisang?? Ya pisang adalah buah yang banyak digemari oleh kita. Pisang merupakan tumbuhan terna yang rasanya manis.

Ada banyak sekali jenis pisang dan namanya pun unik-unik loh. Terdapat pisang Ambon yang menggunakan nama daerah di Indonesia, lalu pisang mas yang menggunakan nama warna. Selain itu, ada juga pisang raja yang besar buahnya dan lainnya.

Mari kita bahas jenis-jenis pisang yang cocok untuk membuat pisang nugget agar mudah mempraktikkan cara membuat pisang nugget yang enak.

1. Pisang Raja Untuk Cara Membuat Pisang Nugget

Buah yang biasa disebut sebagai segala raja buah pisang ini, merupakan jenis pisang lokal. Ciri-ciri Pisang raja adalah memiliki ukuran medium. Kemudian kulit buahnya tebal dan berwarna kuning kejinggaan ketika sudah matang dengan sedikit corak kehitaman.

Cita rasa yang dimiliki Pisang Raja ini sangat manis dan memiliki aroma yang harum.

2. Pisang Cavendish Sebagai Pisang Nugget

Pisang cavendish merupakan jenis pisang yang menjadi komoditas ekspor dengan nilai jual yang tinggi. Ciri-ciri Buahnya adalah berbentuk melengkung dan memiliki panjang sekitar 13-16 cm. Kulit buahnya berwarna kuning bersih saat sudah matang. Oleh karena itu, masyarakat menganggap pisang ini merupakan produk impor dari luar negeri.

3. Pisang Ambon

Jenis pisang yang satu ini paling banyak ditemui di pasar, baik pasar tradisional dan pasar modern atau supermarket. Ciri-ciri pisang ambon ini adalah memiliki tekstur daging buah yang lembut dan pulen, identik dengan warna kuning segar dan beraroma harum.

4. Pisang Kepok Cara Membuat Pisang Nugget

Kepok ini memiliki karakteristik bentuknya yang paling lebar dan ukurannya pendek pipih. Warna daging buahnya kuning kejinggaan, teksturnya lembut dan pulen ketika dimakan. Pisang kepok memiliki dua jenis, yaitu pisang kepok kuning dan pisang kepok putih

5. Pisang Tanduk Untuk Pisang Nugget

Pisang tanduk memiliki bentuk yang panjang dan melengkung seperti tanduk. Pisang ini merupakan pisang yang paling panjang diantara jenis pisang lainnya. Pisang tanduk juga masuk dalam jenis pisang olahan sama halnya dengan pisang kepok.

Jenis Pisang Selain Diolah Menjadi Pisang Nugget

jenis jenis pisang

Selain jenis-jenis pisang yang telah disebutkan diatas, masih ada pisang-pisang yang lainnya. berikut macam pisang yang tidak cocok digunakan untuk cara membuat pisang nugget, akan tetapi bisa dijadikan berbagai olahan yang lainnya :

1. Pisang Nangka Tidak Cocok Cara Membuat Pisang Nugget

Mengapa nama pisang ini disebut sebagai pisang nangka? ternyata buah ini merupakan hasil persilangan antara tumbuhan pisang dan nangka loh. Kulit pisang ini berwarna hijau dan tebal, baik dalam kondisi mentah maupun matang. Sedangkan daging buahnya berwarna kuning sedikit kemerahan.

Pisang ini juga termasuk jenis pisang olahan. Daging buahnya cenderung kenyal membuat pisang nangka ini kurang enak apabila dimakan secara langsung. Olahan yang sering dibuat adalah keripik pisang dan kolak pisang.

Kini pembuatan keripik apapun bisa menggunakan alat yang praktis, yaitu dengan mesin vacum frying. Selain bisa digunakan untuk membuat kripik pisang, mesin ini juga bisa digunakan untuk cara membuat keripik buah pepaya.

2. Pisang Mas Tidak Cocok Cara Membuat Pisang Nugget

Sesuai namanya pisang mas memiliki kulit buah berwarna kuning cerah layaknya warna emas dan mulus ketika sudah matang. Tidak terdapat bintik coklat kehitaman pada kulit pisang ini. Citarasa daging buah yang tebal ini sangat manis dan lembut.

Pisang mas sedap untuk disantap secara langsung dan bisa diolah menjadi brownies pisang.

3. Pisang Mas Kirana

Kemudian ada pisang mas kirana yang hampir mirip dengan pisang mas, perbedaanya terdapat pada ukuran. Ukuran dari pisang mas kirana lebih besar dibandingkan pisang mas. Pisang ini dijadikan sebagai komoditas ekspor karena memiliki daya tahan yang cukup lama.

Karena memiliki citarasa manis dan daging buah yang lunak, pisang ini dapat langsung dimakan ataupun diolah menjadi pisang sale.

4. Pisang Barangan

Pisang barangan merupakan pisang yang banyak dibudidayakan di Sumatera Utara. Nama lain dari pisang ini adalah pisang medan atau pisang medan barangan. Saat matang, kulit pisang ini berwarna kuning kemerahan. Warna daging pisang ini adalah berwarna putih agak kekuningan.

Pisang ini juga mempunyai citarasa yang manis dengan aroma yang khas. Selain dapat langsung dikonsumsi, kamu dapat mengolah pisang ini menjadi pisang goreng atau roti pisang.

Manfaat dari Mengkonsumsi Cara Membuat Pisang Nugget

jenis jenis pisang

Sebelum membahas bagaimana cara membuat pisang nugget, mari kita simak apa saja manfaat dari mengkonsumsi pisang. Kita tahu bahwa pisang mengandung banyak sekali nilai gizi, seperti karbohidrat, protein, serat, mineral, dan masih banyak lagi. Berikut kegunaan pisang bagi kesehatan:

1. Memperlancar pencernaan Setelah Cara Membuat Pisang Nugget

Pisang memiliki kandungan serat yang baik bagi tubuh. Dengan mencampur susu dengan pisang membuat sistem pencernaan kita menjadi lancar jaya. ditambah lagi dengan vitamin C yang terkandung dalam buah pisang.

2. Membantu mengobati maag Merupakan Manfaat Cara Membuat Pisang Nugget

Manfaat buah pisang yang lain adalah buah ini memiliki kandungan zat penangkal asam dalam lambung sehingga dapat meredakan sakit maag. Kandungan yang dikenal sebagai protease inhibitor ini berfungsi membantu menyingkirkan kuman di lambung yang menghasilkan sakit maag.

3. Membantu mengobati sembelit

Sembelit adalah kondisi dimana ketika seseorang mengalami kesulitan dalam membuang sisa makanan dari perut. Penyebabnya adalah adanya pengerasan pada tinja yang membuat penderita merasa sakit ketika membuang sisa tersebut.

Beruntungnya kita bisa mengambil manfaat pisang sebagai obat alami nan murah meriah untuk mengobati sembelit

4. Mampu mengatasi anemia

Ada juga khasiat buah pisang lainnya yang tak disangka-sangka yaitu dapat mencegah dan membantu mengatasi anemia. Hal ini dikarenakan buah pisang mengandung zat besi.

Zat besi inilah yang merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah. Konsumsi 2 buah pisang perhari dapat meningkatkan produksi darah merah yang akan menghindarkan kita dari penyakit anemia.

5. Manfaat Cara Membuat Pisang Nugget Meningkatkan mood

Agar suasana hati tetap stabil dan tidak mudah marah, apalagi marah karena beban kerja yang menumpuk, konsumsilah pisang. Khasiat buah pisang yang satu ini dikarenakan kandungan Vitamin B6, serotonin yang akan membantu mengatasi perubahan mood yang tidak menentu, dan depresi.

Cara Membuat Pisang Nugget

cara membuat pisang nugget

Pembuatan pisang nugget merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa bosan karena selalu memakan pisang goreng yang biasa. Pisang nugget ini nantinya bisa dikombinasikan dengan bahan pemanis lainnya seperti cokelat, keju, ataupun meses.

Berikut ini kami sajikan cara membuat pisang nugget yang enak

Bahan Cara Membuat Pisang Nugget:

1. Bahan Utama

  • 500 gram pisang matang (bisa berupa pisang tanduk, pisang raja, atau pisang kepok)
  • ½ sendok teh vanili bubuk
  • 2 butir telur
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 sendok makan gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok makan susu bubuk

2. Bahan Pelapis

  • 2 butir telur yang telah dikocok lepas
  • Tepung terigu secukupnya
  • Tepung roti secukupnya
  • Minyak goreng nabati

3. Bahan topping

  • Margarin Blue Band Serbaguna
  • Meses cokelat
  • Keju cheddar parut
  • Selai stroberi
  • Selai cokelat
  • Irisan kacang almond panggang

Catatan : Untuk topping menyesuaikan selera pembuat.

Cara Membuat Pisang Nugget :

  1. Campur semua bahan adonan pisang nugget dalam satu wadah. Aduk seluruh bahan tersebut sampai tercampur rata.
  2. Tuang adonan pisang nugget pada loyang persegi. Lalu kukus dalam panci pengukusan yang airnya telah mendidih. Proses pengukusan harus dilakukan selama minimal setengah jam agar adonan pisang nugget matang secara sempurna.
  3. Setelah pisang nugget matang, segera keluarkan dari panci kukusan. Diamkan sejenak sampai uap panasnya hilang.
  4. Keluarkan pisang nugget dari loyang, lalu potong-potong adonan pisang nugget dengan bentuk dan ukuran sesuai selera Anda.
  5. Taburkan potongan pisang nugget dalam telur yang sudah dikocok lepas. Kemudian selimuti dengan tepung terigu.
  6. Selanjutnya, taburkan lagi pisang nugget tersebut dalam telur sebelum lalu gulingkan pada tepung roti. Lakukan proses ini sebanyak dua kali agar lapisan tepungnya benar-benar sempurna.
  7. Gorenglah pisang nugget dalam minyak panas. Gunakan api kecil agar pisang nugget matang sempurna. Mesin vacuum frying merupakan salah satu mesin yang paling bagus untuk menggoreng
  8. Bila kedua sisi pisang nugget sudah berwarna kuning keemasan, segera angkat dan tiriskan.
  9. Pisang nugget harus didiamkan sejenak agar uap panasnya hilang dan siap dikombinasikan dengan aneka topping.
  10. Lalu, Anda tinggal berkreasi dengan aneka topping sesuai selera. Oleskan permukaan pisang nugget dengan margarin Blue Band Serbaguna lalu lumuri meses cokelat di atasnya.
  11. Anda juga bisa mengolesi pisang nugget dengan selai stroberi, selai cokelat dan kacang almond, atau selai cokelat dengan keju cheddar parut.
  12. Variasi pisang nugget dengan aneka topping yang telah disiapkan tadi dan sajikan untuk keluarga.

Tips Cara Membuat Pisang Nugget agar Crispy dan Memilih Pisang yang Baik

tips memilih pisang yang baik

Sebenarnya cara membuat pisang nugget itu sangat mudah asalkan kita tahu cara membuatnya. Caranya yaitu setelah melakukan proses menyelimuti adonan pisang yang telah dikukus, diamkan di freezer selama 10 -15 menit supaya tepung roti menempel dengan sempurna.

Dengan menempelnya tepung roti yang sempurna, membuat adonan pisang bisa menjadi krispi.

Selain itu, proses pemilihan pisang yang baik merupakan suatu perhitungan yang tidak boleh ditinggalkan. Berikut ini 5 tips yang bisa digunakan untuk memilih pisang yang baik :

1. Pilihlah yang Berbintik Coklat Untuk Cara Membuat Pisang Nugget

Jangan terburu menganggap pisang yang berbintik coklat adalah pisang yang busuk. Sebaliknya pisang dengan bintik coklat adalah ciri pisang yang ranum dan manis. Bintik coklat ini biasa disebut dengan sugar spot. Buah pisang yang memiliki banyak sugar spot siap untuk dimakan dan diolah menjadi pisang nugget.

Biasanya pisang yang terdapat bintik coklatnya memiliki rasa manis dan pisang ini cocok untuk pembuatan pisang nugget

2. Bentuk Buah Melengkung

Buah pisang yang matang sempurna adalah yang permukaannya melengkung sempurna. Hindari memilih pisang yang masih memiliki siku sepanjang kulit. Pisang yang memiliki siku, bisa terbilang pisang itu masih mentah dan biasanya belum matang.

3. Pilih Tandan yang Segar Sebagai Cara Membuat Pisang Nugget

Ketika kamu akan membeli pisang di pasar atau-pun di super market, perhatikan tandannya. Pilih tandan pisang yang masih segar. Cirinya adalah masih terlihat warna hijau. Hindari memilih pisang yang tandannya berwarna kecokelatan atau kering, karena hal ini menandakan pisang sudah dipanen dalam jangka waktu yang lama.

4. Tekstur yang Lembut

Pisang yang matang sempurna memiliki tekstur yang lembut bukan lembek. Pisang yang sudah berwarna kuning, tetapi memiliki tekstur yang keras berarti pisang tersebut dimatangkan dengan cara di-imbuh.

Cara mengecek pisang yang telah matang sempurna adalah dengan menekan perlahan bagian daging pisang, jika terasa lembut maka pisang tersebut berkualitas baik.

Olahan Pisang selain Cara Membuat Pisang Nugget

cara membuat pisang nugget

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat pisang nugget, tidak ada salahnya kita mencoba olahan pisang yang lainnya. Tentunya mudah sekali dibuat dan dapat dilakukan di rumah saja.

1. Pandan banana roll cake

Pandan banana roll cake merupakan kue berbahan dasar pisang daun pandan sebai pewarna dan aromanya. Kue ini bisa dijumpai di daerah Bandung. pisang yang digunakan untuk membuat kue ini adalah pisang raja. bentuk kue ini seperti kue bolu, akan tetapi berisi sebuah pisang. Jadi jika dikiasakan seperti bolu pandan isi pisang.

Pembuatannya pun mudah sama halnya dengan cara membuat pisang nugget, bisa dilakukan di rumah saja.

2. Kolak

Siapa yang tidak kenal dengan olahan pisang yang satu ini? Ya, kolak merupakan makanan yang sering dijumpai ketika Bulan Ramadhan tiba. Kolak biasa dibuat takjil untuk berbuka puasa bagi umat Islam. Biasanya pisang yang digunakan adalah pisang kepok, pisang ambon, atau pisang raja.

3. Nagasari

Nagasari merupakan merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar pisang. Olahan ini biasa menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Oleh karena dibungkus daun pisang, membuat rasa nagasari enak dimakan. Untuk pembuatannya pun juga tidak terlalu rumit. Biasanya jajanan nagasari sering dijumpai di pasar tradisional.

Jajanan ini sekarang sulit ditemukan di daerah perkotaan karena kalah saing dengan jajanan modern, seperti jajanan negara barat. Jika di desa, kalian mungkin sering melihat atau menjumpai jajanan ini

4. Palu Butung

Palu Butung merupakan makanan khas Sulawesi Selatan. Sama halnya dengan kolak, hidangan ini biasa dinikmati ketika berbuka puasa pada Bulan Ramadhan. Jika dilihat dari fisiknya, Palu butung ini hampir mirip dengan es pisang ijo.

Bahan utama dari palu butung ini adalah pisang dan campuran dari tepung beras, santan, gula pasir, daun pandan, vanili, dan garam. Olahan ini sangat nikmat untuk dinikmati ketika hidangan masih hangat.

5. Sauteed Banana

Pisang panggang merupakan produk olahan yang paling mudah untuk pembuatannya. Kita hanya memerlukan sebuah pisang, alat panggang dan topping seperti keju ataupun coklat. Makanan ini cocok untuk keluarga yang lagi kumpul di rumah.

Sekian pembahasan bagaimana cara membuat pisang nugget yang enak. Cara membuat pisang nugget yang telah dijelaskan diatas sangatlah mudah untuk diaplikasikan di rumah. Untuk hasilnya-pun tidak kalah menarik dengan masakan yang ada di restoran. Terlebih lagi masakannya adalah buatan kita sendiri, yang pasti murah, sehat, dan mengenyangkan.

Anda juga bisa membuka usaha pisang nugget ini karena olahan ini merupakan olahan yang lagi kekinian untuk saat ini. Jangan ragu untuk mencoba hal baru. Mungkin ini adalah kesempatan yang bagus untuk anda memulai karier bisnis anda.

Selamat mencoba dan rasakan rasa terbaik…

× Whatsapp Kami!