Mesin Vacuum Frying https://mesinvacuumfrying.id Jual Mesin Vacuum Frying - Alat Pembuat Keripik Buah dan Sayur Fri, 05 Jul 2019 10:35:05 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.2 https://mesinvacuumfrying.id/wp-content/uploads/2019/04/favicons-150x150.png Mesin Vacuum Frying https://mesinvacuumfrying.id 32 32 Resep Keripik Daun Singkong Nan Lezat https://mesinvacuumfrying.id/resep-keripik-daun-singkong/ Thu, 04 Jul 2019 10:46:41 +0000 https://mesinvacuumfrying.id/?p=1720 Resep keripik daun singkong – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang resep keripik daun singkong yang mudah diikuti sobat dirumah. Apa Itu Daun Singkong?? Daun singkong adalah daun yang berasal dari tanaman singkong atau ketela pohon. Daun singkong berbentuk lancip dan bertangkai kemerahan. Tanaman singkong banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia, sehingga […]

The post Resep Keripik Daun Singkong Nan Lezat appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Resep keripik daun singkong – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang resep keripik daun singkong yang mudah diikuti sobat dirumah.

Apa Itu Daun Singkong??

Daun singkong adalah daun yang berasal dari tanaman singkong atau ketela pohon. Daun singkong berbentuk lancip dan bertangkai kemerahan. Tanaman singkong banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia, sehingga daunnya dimanfaatkan untuk bahan pangan.

Daun singkong  termasuk sayuran yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Namun patut anda ketahui bahwa mengolah daun singkong gampang-gampang susah. Daun singkong harus diolah secara benar agar tidak menyebabkan keracunan.

Daun singkong umumnya digunakan untuk sayur bersantan. Masyarakat Minangkabau sering menggunakan daun singkong sebagai pelengkap masakan.

Salah satu olahan dari daun singkong yang patut anda coba, yaitu keripik daun singkong. Keripik ini dibuat dengan bahan utama daun singkong dan memiliki rasa yang renyah dan gurih.

Resep Keripik Daun Singkong

Berikut ini saya sajikan cara membuat keripik daun singkong yang renyah dan gurih. Ikuti cara berikut agar daun singkong tidak pahit.

1. Sediakan Bahan-Bahannya

Bahan-bahan resep keripik daun singkong

  • Daun singkong agak tua
  • Tepung terigu secukupnya
  • Tepung beras secukupnya
  • 1 butir kelapa
  • 50 gr gula pasir
  • 0,25 kg telur ayam
  • 50 gr buah kemiri
  • 5 siung bawang putih
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam dapur secukupnya

2. Sediakan Alat-Alat yang Diperlukan

Nah, untuk mengikuti resep keripik daun singkong kamu persiapkan dulu nih alat-alatnya, diantaranya sebagai berikut:

  • Kompor
  • Wadah atau baskom
  • Sendok
  • Panci
  • Wajan
  • Pemarut kelapa
  • Pisau
  • Serok dan sodet
  • Penjepit makanan

3. Mencuci Daun Singkong

Tata cara mencuci daun singkong

  • Cuci daun singkong dengan air sampai bersih.
  • Gulung setiap helai daun singkong dalam bentuk memanjang.

4. Rebus Daun Singkong

Untuk menghasilkan daun singkong yang baik dan sehat sesuai ressep keripik daun singkong ini, ikuti tips berikut.

  • Pilih jenis daun yang akan digunakan.(Tua/Muda)

Pemilihan jenis daun ini akan mempengaruhi tekstur daun singkong dan lama merebus. Untuk daun yang sudah tua, akan memrlukan waktu yang agak lama, namun jika daun yang masih muda akan mempercepat proses perebusan daun.

  • Pisahkan tangkai daun dan daunnya

Pisahkan tangkai daun dengan daun sebelum dimasak. Hal ini proses perebusan dan akan mempengaruhi rasa dari daun singkong.

  • Rebus daun singkong saat air telah mendidih

Pastikan bahwa anda merebus dan singkong saat air telah mendidih agar klorofil cepat larut. Air yang mendidih juga akan membuat daun singkong lebih mudah empuk, layu, dan tidak berbau.

  • Tambahkan sedikit garam saat merebus daun singkong

Garam menetralisir bau tidak sedap pada daun singkong. Garam juga akan membantu daun singkong lebih cepat empuk dan matang sempurna.

5. Cuci Kembali Daun Singkong

Klorofil pada daun singkong dapat menyebabkan keracunan dengan gejala mual, pusing hingga muntah. Sehingga anda perlu mencuci kembali daun singkong yang tadi anda rebus untuk melarutkan klorofil tersebut. Cuci daun singkong hingga hlang warna hijau pada air cucian.

5. Cara pembuatan adonan resep keripik daun singkong

  • Persiapkan adonan yang terdiri dari irisan daun jeruk purut, telur ayam yang sudah dikocok dan tepung beras. Aduk adonan sampai merata.
  • Setelah itu masukkan santan ke dalam adonan lalu aduk lagi sampai merata. Tambahkan sedikit air. Tapi, adonan jangan terlalu encer ya.
  • Panaskan minyak dalam wadah penggorengan.
  • Masukkan gulungan daun singkong ke dalam adonan. Lalu goreng adonan daun singkong ke dalam wadah penggorengan. Tunggu sampai matang, setelah matang angkat lalu tiriskan keripik daun singkong sampai dingin.
  • Keripik daun singkong sudah jadi dan siap disajikan untuk camilan sendiri atau bersama keluarga.

Kandungan gizi daun singkong

Daun singkong adalah bagian dari singkong yang kaya akan zat-zat gizi. Kandungan gizi mikro dan makro ada di dalam daun singkong. Zat gizi makro yang ada pada daun singkong di antaranya adalah serat, karbohidrat, dan protein.

Zat gizi mikro yang dikandung oleh daun singkong yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, tembaga, seng, magnesium, dan mangan. Di dalam singkong mengandung beta karoten dan asam amino esensial.

Asam amino esensial yang dikandung oleh daun singkong di antaranya seperti valin, leusin, lisin, isoleusin, dan arginin. Daun singkong mengandung protein lebih banyak daripada singkong terutama yang masih muda.


 

Manfaat Daun Singkong

Kandungan gizi mikro dan makro dalam daun singkong membuatnya memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, beberapa diantaranya adalah

1. Membantu Regenerasi Sel

Asam amino dalam daun singkong dapat membantu tubuh dalam meregenerasi sel-sel yang rusak. Selain itu asam amino esensial membantu memperbaharui sel-sel tubuh agar tetap berfungsi dengan baik.

2. Mencegah Penuaan Dini

Daun singkong mengandung antioksidan yang sangat melimpah bahkan disebut sebagai sumber antioksidan. Kandungan antioksidan inilah yang dapat mencegah penuaan dini seperti keriput, bintik-bintik karena usia, dan lainnya.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme dalam tubuh perlu dijaga kesehatan dan mekanisme kerjanya. Daun singkong bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh karena adanya kandungan zat-zat gizi seperti protein, vitamin, dan mineral.

4. Menggugah Nafsu Makan

Daun singkong bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Pengonsumsian daun singkong bisa membantu anda memiliki nafsu makan yang baik sehingga bisa menaikka berat badan dengan lebih mudah.

5. Menambah Imunitas Tubuh

Jika annda inngin memiliki imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang baik, konsumsilah daun singkong. Daun singkong mengandung vitamin C dan asam folat. Kedua gizi ini dapat melawan mikroba penyebab infeksi atau radang.

6. Menjaga Kehamilan

Ibu hamil biasanya cenderung memiliki masalah anemia. Daun singkong mengandung zat besi yang sangat tinggi. Ini bisa mencegah terjadinya anemia defisiensi besi. Kandungan asam folat dalam daun singkong juga dapat mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

7. Mengatasi stroke

Stroke bisa menyerang banyak orang dewasa kapan saja tanpa mengenal jenis kelamin. Isoflavon dalam daun singkong dapat mengatasi hal ini.

Isoflavon adalah salah satu jenis flavonoid. Zat ini merupakan zat di dalam tubuh yang mampu mengobati tubuh dari stroke dengan cara menurunkan kadar kolesterol LDL yang merupakan kolesterol jahat penyebab stroke.

8. Mengatasi penglihatan kabur

Apabila Anda memiliki penglihatan yang kabur atau tidak jelas maka mengonsumsi daun singkong merupakan hal yang tepat. Manfaat daun singkong bisa membantu mengatasi penglihatan yang kabur agar menjadi lebih jelas.

9. Mengobati diare

Apakah Anda tahu bila manfaat daun singkong bisa untuk mengobati diare? Selain memperbanyak konsumsi air putih, anda juga sebaiknya mengonsumsi daun singkong dan ingat untuk tidak meminum air rebusan daun singkong dalam jumlah banyak karena mengandung sianida.

10. Mengobati demam

Daun singkong juga bisa untuk mengobati demam. Selain itu, manfaat daun singkong juga bisa untuk mengobati sakit kepala. Konsumsilah daun singkong yang telah direbus. Akan tetapi, jangan terlalu lama merebusnya agar kandungan gizinya tidak hilang banyak.

11. Mengobati masalah rematik

Penyakit rematik ternyata bisa diobati secara herbal tanpa menggunakan obat kimia. Cara ini bahkan lebih baik dan tanpa efek samping.

Daun singkong mengandung zat-zat tertentu yang memiliki sifat antiinflamasi. Zat tersebut akan mencegah terjadinya pelepasan zat lain di dalam tubuh yang menjadi penyebab peradangan. Anda bisa mengonsumsi daun singkong yang dicampur dengan air, jahe, dan sereh sebanyak 3 kali sehari.

12. Mengobati cacingan

Daun singkong juga bisa menjadi obat cacing herbal. Kandungan yang ada pada daun singkong bisa menghancurkan cacing yang merugikan kesehatan tubuh terutama terkait dengan masalah pencernaan.


Bahaya Daun Singkong

Berikut tujuh bahaya daun singkong jika dikonsumsi berlebihan:

1. Mengakibatkan Keracunan
Daun singkong mengandung senyawa linamarin dan lotaustralin yang berpotensi menjadi racun sianida yang jika mengendap dan mengiritasi dijaringan tubuh dapat mengakibatkan keracunan.

2. Sakit Perut
Mengonsumsi terlalu banyak daun singkong dapat membuat asam lambung. Dinding lambung mendapat tekanan dan luka karena senyawa yang ada pada daun singkong bersifat sianida yang mampu mengacaukan sistem dan kinerja jaringan perut. Sehingga akan menyebabkan sakit perut, mual-mual dan disertai muntah.

3. Sakit Kepala
Senyawa linamarin dan lotaustralin yang ada pada daun singkong dapat bertindak sebagai racun yang menghambat kelancaran perdaran darah disekitar kepala. Hal ini emicu ketegangan otot saraf kepala sehingga menimbulkan sakit kepala yang terkadang datang secara berkesinambungan.

4. Gangguan Sesak Nafas
Senyawa sianida yang ada pada daun singkong berpotensi menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pada saluran pernafasan. Dimana hal ini dapat menyebabkan sesak nafas, dada nyeri dan terasa seperti sedang terhimpit benda berat.

5. Meningkatkan Kadar Kolesterol
Bagi seseorang yang memiliki kadar kolesterol terlalu tinggi didalam darahnya sebaiknya menghindari mengonsumsi daun singkong. Karena dapat meningkatkan kadar kolesterol yang nantinya dikhawatirkan dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah sehingga bisa menghambat kinerja organ tubuh vital antara lain jantung.

6. Meningkatkan Asam Urat
Daun singkong tidak cocok bagi penderita asam urat apalagi dikonsumsi secara berlebihan. Karena didalamnya mengandung zat purin yang dapat menyebabkan meningkatnya asam urat dipersendian dan menimbulkan rasa nyeri serta peradangan.

7. Meningkatkan Tekanan Darah
Seseorang yang menderita darah tinggi sebenarnya masih diperbolehkan mengonsumsi daun singkong. Akan tetapi dalam takaran yang moderat (wajar) dan disarankan tidak ditambahkan santan dalam pengolahannya. Lemak pada santan dapat mempengaruhi tekanan darah dan mengganggu aliran darah.


 

Ciri-Ciri Keracunan Sianida

Seperti telah dibahas diatas bahwa daun singkong mengandung sianida yang berbahaya bagi tubuh. Keracunan sianida ditandai dengan:

  • Lemas, bingung, tingkah laku aneh, kantuk berlebihan, koma, sesak napas, sakit kepala, pening, dan serangan bisa terjadi bersamaan bila keracunan sianida dalam jumlah tinggi.
  • Biasanya, kalau seseorang keracunan sianida secara tiba-tiba dan langsung akut (seperti pada kasus kopi sianida), efeknya dramatis. Korban akan langsung terkena serangan cepat, menyerang jantung dan menyebabkan korban pingsan. Bisa juga racun sianida ini menyerang otak dan mengakibatkan koma.
  • Keracunan sianida akibat efek jangka panjang atau akibat faktor lingkungan biasanya tidak mendapat serangan yang langsung akut.
  • Kulit orang yang keracunan sianida biasanya berubah warna menjadi merah muda atau merah ceri yang aneh akibat oksigen yang tidak bisa sampai ke sel dan tetap tinggal di darah. Orang tersebut juga akan bernapas dengan sangat cepat dan bisa jadi memiliki detak jantung yang sangat cepat atau malah sangat lambat.

Cara Mengatasi Keracunan Sianida

  • Obat penawar sianida (antidot), seperti hidroksokobalamin dan natrium tiosulfat. Penggunaan dua jenis obat ini untuk mempercepat proses detoksifikasi, dan diberikan melalui suntikan pada pembuluh darah. Antidot dapat diberikan tanpa menunggu hasil tes darah terhadap orang yang sangat dicurigai keracunan sianida.
  • Epinephrine. Digunakan untuk membantu kerja jantung dan pembuluh darah dalam mengalirkan oksigen.
  • Arang aktif. Terapi untuk pasien yang keracunan akibat menelan sianida bila keracunan masih dalam waktu 4 jam.
  • Natrium bikarbonat. Digunakan bila terjadi asidosis.
  • Obat-obatan anti kejang, seperti lorazepam, midazolam, dan fenobarbital.
  • Amil nitrit. Merupakan antidot sementara yang diberikan dengan dihirup.

 

Tips Membuat Keripik Sayur yang Gurih dan Renyah

Untuk menghasilkan kualitas kripik sayur yang baik, maka kita harus pintar dalam mengolah maupun packing. Berikut ini cara agar keripik sayur berkualitas baik

A. Pilih Sayuran yang Paling Baik.

Kualitas sayuran akan mempengaruhi keripik sayur dari segi kualitas maupun rasa. Sebaiknya anda memilih sayur yang tidak terlalu lembek dan berasa menyengat.

Jika anda akan menggunakan sayur dengan ciri tersebut, sebaiknya setelah diiris sayur dikeringkan.

B. Metode Memasak

Metode memasak biasanya sangat mempengaruhi kualitas, karena jika menggunakan metode yang salah maka akan menurunkan kualitas dari kripik sayur yang anda buat.

Seandaiya tidak ingin menggoreng ada cara lain, yaitu yaitu dengan cara memanggang atau dengan menggunakan microwave.

C. Dengan Kulit atau Tidak.

Jika anda menyukai keripik sayur yang berkulit, anda harus mencuci terebih dahulu bahan utama agar mengurangi resiko penyakit dan bakteri yang menyerang anda.

Selain itu jika anda lebih menyukai keripik sayur tanpa kulit, maka anda harus mengupas terlebih dahulu kulit nya baru mengirisnya.

D. Iris Tipis

Ketebalan dari bahan utama akan memengaruhi kualitas dari keripik sayur. Jika anda mengiris terlalu tebal, maka keripik tidak akan krispi melainkan menjadi lunak.

Untuk itu bahan utama harus diiris tipis agar menjadi krispi seperti yang anda harapkan.

E. Penggunaan Air Garam

Penggunaan air garam pada pembuatan keripik sayur sebelum digoreng akan mengurangi jumlah kadar air dalam bahan.

Cara menggunakan air garam adalah dengan melarutkan garam pada air lalu bahan utama yang telah diiris direndam dalam air garam selama kurang lebih 20-30 menit lalu ditiriskan dan dikeringkan.

F. Packing atau Finishing

Pada proses finishing yaitu harus memperhatikan cara penyimpanan dari keripik sayur. Untuk mempertahankan kualitasnya, keripik disimpan pada toples yang rapat dan kedap udara agar keripik tetap krispi.


Tips Agar Keripik Tetap Renyah

1. Disimpan dalam Wadah atau Toples yang Tertutup Rapat

Jika kamu ingin keripik yang setelah digoreng tetap renyah, maka kamu perlu menyimpannya di wadah atau toples yang tertutup rapat. Pilih toples yang kualitasnya baik pada bagian tutupnya, makin rapat makin baik.

2. Jangan Terlalu Sering Membuka dan Menutup Wadah

Jika kamu terlalu sering membuka dan menutup wadah, maka angin akan masuk. Hal tersebut tentunya bisa membuat keripik menjadi cepat melempem.

3. Akali Dengan Tisu atau Kertas Makanan

Letakkan kertas itu pada bagian tutup toples, kemudian tutup toples. Hal ini akan mencegah mengalirnya udara dari luar ke dalam yang menyebabkan keripik dan keripik cepat melempem.

4. Menyimpannya di Lemari Es

Dengan menyimpan keripik dalam lemari pendingin juga akan membuat keripik lebih tahan dan awet dalam waktu lebih dari satu minggu.

 


Demikian pembahasan seputar tentang macam macam keripik sayur dan semoga bermanfaat.

Selamat Mencoba 😊😊😊😊

The post Resep Keripik Daun Singkong Nan Lezat appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Cara Membuat Keripik Terong Ungu https://mesinvacuumfrying.id/cara-membuat-keripik-terong-ungu/ Thu, 04 Jul 2019 10:42:14 +0000 https://mesinvacuumfrying.id/?p=1713 Cara Membuat Keripik Terong Ungu – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat keripik terong ungu yang lezat dan sehat untuk keluarga. Siapa sih yang tidak kenal dengan sayuran terong?? Ya terong adalah jenis sayuran yang berbentuk buah. Terong merupakan tumbuhan perdu yang umumnya setahun. Terong berkerabat dengan kentang, namun agak jauh […]

The post Cara Membuat Keripik Terong Ungu appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Cara Membuat Keripik Terong Ungu – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat keripik terong ungu yang lezat dan sehat untuk keluarga.

Siapa sih yang tidak kenal dengan sayuran terong?? Ya terong adalah jenis sayuran yang berbentuk buah. Terong merupakan tumbuhan perdu yang umumnya setahun. Terong berkerabat dengan kentang, namun agak jauh dari tomat.

Banyak jenis terong yang biasa ditanam oleh masyarakat pedesaan yang mempunyai rumah tinggal kurang dari 1200 mdpl. tinggi pohon terong sendiri sekitar 40-100 cm, daunnya lebar, dan bunga berwarna putih. Batang terong merupakan batang berkayu berbentuk silindris.

Terong merupakan tanaman asli dari daerah tropis negara-negara di Asia, terutama India, dan Birma. Terong juga banyak ditanam di Indonesia, sebagai bahan sayuran.

Buah terong sangat mudah sekali ditemukan apalagi dipasaran. Banyak jenis masakan dari terong yang sangat enak, diantaranya sambal terong, terong goreng, keripik terong dan campuran untuk masakan lainnya.


 

Jenis-Jenis Terong

Sebelum membahas tentang cara membuat keripik terong ungu, ada baiknya kita bahas tentang jenis-jenis terong.

Ada banyak sekali jenis terong di dunia ini, dan namannya pun unik-unik ada yang menggunakan nama negara, warna, bentuk, bahkan telunjuk. Mari kita bahas jenis-jenis terong agar tidak salah terong dalam membuat keripik nanti.

1. Terong Ungu

Sudah tidak asing lagi ditelinga kalian nama terong ungu. Ya, sesuai namanya, terong ungu  berasal dari warna terongnya, yaitu ungu. Terong jenis ini biasanya dibeli oleh ibu-ibu untuk dibuat sayur asem bahkan digoreng krispi.

2. Terong Hijau

Meskipun tidak populer seperti terong ungu, terong hijau sangat populer di Sumatera. Nama terong hijau berasal dari warna kulitnya, yaitu hijau. Terong hijau memiliki ciri khas, yaitu rasanya yang pahit.

3. Terong Bulat

Jenis terong ini mungkin agak langka ditelinga kalian, namun tidak asing dimata para pecinta kuliner. Terong ini mempunyai warna putih kehijauan dan mempunyai tesktur yang renyah dan rasanya cenderung manis.

4. Terong Putih

Bentuk terong putih ini sama dengan jenis terong yang lain, yakni bulat gemuk panjang dengan warna yang putih mengkilat. Rasa terong putih ini cenderung lebih manis dibanding terong ungu, teksturnya pun renyah sehingga terong ini sering dijadikan manisan.

5. Terong Telunjuk

Seperti namanya, terong ini berbentuk telunjuk manusia. Ukurannya pun hampir sama dengan jari telunjuk. Terong telunjuk berwarna hijau dengan sedikit garis putih dan biasanya dicampurkan dalam tumisan tauco udang kacang panjang.

7. Terong Belanda

Sekilas pasti anda berpikir bahwa terong satu ini berasal dari negeri kincir angin, yaitu Belanda. Ya terong ini dibawa oleh bangsa Belanda ketika menjajah Indonesia. Namun terong satu ini berasal dari daerah Amazon di Amerika Latin.

Terong ini mempunyai rasa manis, asam, dan berair. Teksturnya pun renyah, sehingga terong satu ini sering dibuat jus, sirup, atau selai.


Cara Membuat Keripik Terong Ungu

Pembuatan keripik terong merupakan salah satu cara untuk membangkitkan selera makan, terutama pada anak-anak. Keripik terong dapat dimakan bersama dengan makanan lain sebagai lauk. Berikut ini kami sajikan cara membuat keripk terong ungu,

Bahan Cara Membuat Keripik Terong:

  • 6 buah terong ungu, iris bulat
  • Minyak goreng secukupnya
  • 500 gr tepung panir

Pencelup:

  • 400 grm tepung beras
  • 1 sdt garam halus
  • 2 sdt merica bubuk
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sdt ketumbar halus

Bumbu Halus:

  • 4 sium bawang putih
  • 3 cm kunyit
  • 1 cm jahe

Cara Membuat Keripik Terong Ungu:

  1. Cuci terong sampai benar benar bersih lalu potong potong bulat dengan berbentuk lingkaran.
  2. Aduklah menjadi satu, dari bahan yang dihaluskan dan bahan bahan pencelup, beri sedikit air hingga adonan mengental.
  3. Masukan irisan terong yang sudah di iris iris tadi kedalam adonan, lalu lumuri dengan tepung panir hingga merata, goreng ke dalam minyak panas. Setelah terong bewarna kecoklatan kemudian angkat.
  4. Dinginkan keripik terong sebentar, setelah itu masukkan kedalam toples yang tertutup agar tidak melempem.
  5. Keripik terong siap untuk disajikan dan dinikmati bersama.

 

Olahan Lain Berbahan Dasar Terong

Selain cara membuat keripik terong ungu diatas, juga saya sajikan cara membuat menu camilan lain berbahan dasar terong

1. Sambal Terong Kemangi

Nama sambal terong kemangi sudah tidak asing lagi ditelinga kalian. Bagi kalian yang bingung cara membuatnya, berikut ini saya sajikan bagaimana cara membuat sambal terong kemangi.

Bahan yang dibutuuhkan:

  • Terong kermit 5 buah, potong
  • Cabai rawit 5 buah
  • Tomat 1 buah
  • Terasi bakar 1 sdt
  • Garam 1/2 sdt
  • Daun kemangi 1 tangkai
  • Jeruk purut peras 1/2 buah

Cara membuatnya:

  1. Masukkan cabai rawit, garam, terasi, dan tomat kedalam cobekan, haluskan.
  2. Masukkan potongan daun kemangi, terong, dan tambakan perasan jeruk.\
  3. Kemudian aduk rata dan tekan perlahan dengan cobekan.
  4. Sambal terong kemangi siap disajikan.

 

2. Pizza Terong

Bukan hanya tepung yang dapat dibuat pizza, namun terong juga bisa. Kelezatannya j8uga tidak kalah dengan pizza aslinya. Berikut ini adalah cara mmembuat pizza terong.

Bahan:

  • Terong ungu
  • Bawang putih
  • Tomat
  • Oregano
  • Daging giling
  • Keju

Cara membuatnya:

  1. Potong terung secara melintang dengan ketebalan 1 cm.
  2. Setelah itu taburi sedikit garam di atasnya dan diamkan 20 menit. Lalu lap cairan yang keluar diatasnya dengan tissu.
  3. Kemudian olesi permukaan terung dengan minyak dan taburi potongan seledri.
  4. Lalu, buatlah saus dengan cara : tumis bawang putih, tomat, oregano, dan sedikit daging giling pada wajan berisi sedikit minyak. Kamu bisa tambahan sedikit air biar lebih sedap.
  5. Letakkan tumisan tersebut di atas permukaan terung. Lalu tambahkan parutan keju diatasnya. Kamudian panggang selama beberapa menit.
  6. Pizza terung segera tersaji.

 

3. Bakso Terong

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa hanya daging yang dapat dibuat bakso, namun terong juga bisa. Makanan ini sangat cocok bagi kalian yang vegetarian dan pingin cobain bakso. Berikut ini saya sajikan cara membuat bakso terong.

Bahan:

  • Terong ungu ukuran besar 2 buah
  • Garam 1 sdt
  • Bawang putih 4 siung, haluskan
  • Jahe 1 cm, cincang
  • Kecap 1/2 sdt
  • Tepung roti
  • Telur 3 buah
  • Parutan keju

Cara membuat:

  1. Pertama, potong terong dan taburi dengan garam. Diamkan selama 10 menit.
  2. Kedua, tumis dengan sedikit minyak hingga kecoklatan
  3. Tambahkan bawang putih, jahe, kecap, tepung roti, keju, dan kocokan telur. Kemudian uleni bersama dengan potongan terong.
  4. Buatlah bulatan seperti bakso lalu panggang dalam oven.
  5. Sajikan bersama dengan spageti dan saus.

 

4. Grilled Terong

Mungkin grilled terong agak asing ditelinga kalian. Berikut ini saya sajikan bagaimana cara membuat grilled terong.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 2 terung ungu ukuran besar, potong melingkar 1 cm
  • 3 sendok minyak olive atau minyak sayur
  • Garam secukupnya.

Bahan tambahan :

  • Saus barbeque atau kecap pedas instan

Cara membuatnya :

  1. Pertama-tama, cuci terung dan potong melingkar. Lalu olesi seluruh permukaan terung dengan minyak dan garam.
  2. Siapkan papan panggang dan tata terung di atasnya. Jangan lupa dibalik ya agar matangnya rata.
  3. Tunggu hingga warna kecoklatan, dan angkat.
  4. Sajikan bersama saus barbeque tau kecap pedas

 

5. Terong Dadu Crispy

Bahan yang dibutuhkan :

  • 2 terung ungu berukuran besar, potong dadu
  • 240 gram tepung biasa
  • 120 gram tepung
  • 3 telur
  • 90 gram keju (tidak wajib)
  • minyak secukupnya
  • 1 sdt garam yang dicairkan dalam 150 ml air.

Bahan tambahan untuk topping : 

  • Saus pedas

Cara membuatnya :

  1. Pertama-tama, cuci besih dan potong terung menjadi bentuk dadu. Lalu rendam dalam air garam selama 15 menit.
  2. Setelah itu, masukkan dalam tepung. Lalu masukkan dalam panci yang berisi telur kocok bercampur keju.
  3. Kemudian pindahkan dalam wadah bersisi tepung roti.
  4. Lalu goreng pada wajan berisi minyak panas. Pastikan terung dadunya tenggelam ya.
  5. Goreng hingga kecoklatan. Tiriskan pada kertas tisue agar minyaknya keluar.

 

6. Terong Goreng Crispy

Bahan:

  • 1 buah terong ungu
  • 80 gram tepung bumbu siap saji
  • 4 sdm air es
  • 700 ml minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Potong terong jadi 10 bagian.
  2. Campur 2 sdm tepung bumbu dengan air es dan aduk rata.
  3. Tuang sisa tepung bumbu di piring terpisah.
  4. Masukkan terong ke dalam adonan basah, gulingkan, masukkan kembali ke dalam adonan kering, gulingkan, remas dan tepuk-tepuk.
  5. Panaskan minyak goreng, masukkan terong, goreng hingga matang dan berwarna kuning keemasan.
  6. Angkat dan sajikan bersama saus atau sambal kesukaan.

Kenapa Harus Terong?

Setelah membahas tentang cara membuat keripik terong ungu, mari kita membahas tentang manfaat terong bagi tubuh kita.

Terong mempunyai kandungan luar biasa dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Diantara manfaat tersebut antar lain:

1. Menyehatkan Jantung

Mengonsumsi terong dapat menurunkan tingkat kolesterol dan juga membantu menstabilkan tekanan darah. Hal ini akan menurunkan risiko dari penyakit jantung.

2. Mempertahankan Ingatan Otak

Fitonutrien dalam terong yang dapat menjaga membran sel yang melindungi dari segala bentuk kerusakan. Terong juga membantu melestarikan memori otak.

3. Menurunkan Berat Badan

Terong mengandung kadar air yang tinggi namun rendah kalori. Hal ini membuat terong sangat cocok untuk dikonsumsi bagi kalian yang sdang menjalankan program diet.

4. Membantu Pencernaan

Serat dalam terong membantu sistem pencernaan agar tetap sehat. Hal ini akan mencegah terjadinya sembeit dan risiko kanker usus.

5. Mengontrol Gula Darah

Bagi penderita diabetes, terong sangat disarankan karena kandungan serat dan karbohidrat larut yang rendah. Jadi terong sangat bermanfaat dalam mengatur kadar gula darah, dan mengontrol penyerapan glukosa.

6. Kulit Bersinar

Mineral dan vitamin yang terkandung dalam terong sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit karena mengandung kadar air yang tinggi.

7. Melembabkan Kulit Kepala

Terong banyak mengandung mineral yang baik untuk memberikan nutrisi bagi kulit kepala agar tetap sehat. Hal ini akan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit kulit kepala.

8. Sangat Baik untuk Mencegah Penuaan Dini

Vitamin E dalam terong berperan dalam membentuk dan mencegah penuaan dini. Konsumsi terong secara rutin dapat mencegah penuaan dini dan mengatasi kulit keriput.

9. Mengobati Kanker

Ekstrak terong yang disebut dengan solasodine rhamnosyl glycosides merangsang kematian berbagai sel kanker dan bahkan lebih efektif daripada antikanker lainnya.

10. Memerangi Kolesterol Jahat

Nasunin dalam terong mampu melawan radikal bebas. Kelinci dengan kolesterol tinggi yang diberi jus terong dapat mengalami penurunan kolesterol yang signifikan.


 

Efek Samping Mengonsumsi Terong Berlebihan

Selain manfaat yang luar biasa dalam terong, terong juga mempunyai efek samping maka akan menyebabkan masalah kesehatan yang lumayan serius. Efek samping tersebut diantaranya:

  • Merangsang menstruasi yang berlebihan karena adanya kandungan phytohormones.
  • Dapat menyebabkan aborsi karena terong dapat menyebabkan menstruasi yag berlebihan sehingga menyebabkan aborsi. Konsumsi terong dalam jumllah banyak juga dapat menyebabkan masalah keasaman pada wanita hamil yang akan mempengaruhi janin.
  • Meningkatkan reaksi alergi seperti pembengkakan tenggorokan, gatal, mual, dan ruam pada kulit.
  • Mengandung zat semacam nikotin namun bukan nikotin yang bernama nikotinat yang merupakan sumber niasi yang dibutuhkan oleh darah dan otak.
  • Mengganggu kinerja obat antidepresan dan antihipertensi karena kandungan tyramine yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.
  • Menyebabkan keracunan karena kandungan nitrat yang bereaksi dengan asam amino dan membentuk nitrosiamin. Terong tidak baik jika dikonsumsi berlebihan khususnya untuk bayi.

Kandungan Gizi dalam Terong

Terong tidak hanya nikmat diolah, namun kandungan gizi dalam terong banyak sekali, diantaranya adalah

1. Kandungan fitonutrien dan antioksidan yang tinggi

Terong sekalu khas dengan warna ungu atau hijau. Hal ini ternyata juga membuat terong menjadi unggul dibanding dengan bbahan makanan yang lain.

Zat pigmen warna pada terong membuatnya memiliki kkandungan antioksidan yang tinggi yang membuat terong sangat baik dikonsumsi untuk mencegah kanker.

2. Tinggi akan serat

Berapapun ukuran terong, kandungan seratnya tetap sama, yaitu 3 gram. Angka ini termasuk tinggi hampir sama dengan buah jeruk maupun apel. Serat pada terong mampu mengontrol kolesterol dan gula darah.

3. Kaya akan vitamin dan mineral, yaitu vitamin K dan potassium.

Potassium dan vitamin K dalam terong sangat baik untuk kesehatan jantung dan tekanan darah.

4. Kandungan lain

Selain ketiga kandungan diatas, terong juga mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Diantara kandungan tersebut adalah

  • Tiamin
  • Niasin
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Tembaga
  • Serat
  • Asam folat
  • Kalium
  • Mangan
  • Karotin
  • Protein
  • Asam nikotinat

 

Rahasia Kerenyahan Keripik

Cara membuat keripik terong ungu diatas sebetulnya tidaklah sulit. Berikut ini adalah trik agar keripik bisa renyah:

  • Agar keripik kalian bisa renyah, gunakanlah larutan kapur sirih. Sebelum dicampur bumbu dan digoreng, irisan terlebih dahulu harus direndam dengan menggunakan air dingin (suhu normal) yang dicampur dengan kapur sirih.
  • Sebelum digoreng, jemur bahan dibawah sinar matahari hingga kering.
  • Untuk menggoreng, gorenglah 2 kali dengan 2 wajan berbeda wajan pertama digunakan untuk menggoreng bahan hingga setengah atang, wajan kedua digunakan untuk menggoreng hingga matang.
  • Selain itu, saat menggoreng keripik, gunakan minyak sayur dalam jumlah yang banyak agar keripik dapat tercelup semua dan dalam kondisi panas sempurna.

 

Tips Agar Keripik Tetap Renyah

1. Disimpan dalam Wadah atau Toples yang Tertutup Rapat

Jika kamu ingin keripik yang setelah digoreng tetap renyah, maka kamu perlu menyimpannya di wadah atau toples yang tertutup rapat. Pilih toples yang kualitasnya baik pada bagian tutupnya, makin rapat makin baik.

2. Jangan Terlalu Sering Membuka dan Menutup Wadah

Apabila terlalu sering membuka dan menutup wadah, maka angin akan masuk. Hal tersebut tentunya bisa membuat keripik menjadi cepat melempem.

3. Akali Dengan Tisu atau Kertas Makanan

Letakkan kertas itu pada bagian tutup toples, kemudian tutup toples. Hal ini akan mencegah mengalirnya udara dari luar ke dalam yang menyebabkan keripik akan cepat melempem.

4. Menyimpannya di Lemari Es

Dengan menyimpan keripik dalam lemari pendingin juga akan membuat keripik lebih tahan dan awet dalam waktu lebih dari satu minggu.

 

Cara membuat keripik terong ungu diatas dapat kalian aplikasikan jika kalian ingin membuat keripik sebagai camilan sendiri.

Sekian pembahasan tentang cara membuat keripik terong ungu diatas, semoga bermanfaat. Selamat Mencoba!!

Good Luck!!😁😁

The post Cara Membuat Keripik Terong Ungu appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Cara Membuat Keripik Singkong Renyah https://mesinvacuumfrying.id/cara-membuat-keripik-singkong-renyah/ Thu, 04 Jul 2019 10:38:14 +0000 https://mesinvacuumfrying.id/?p=1700 Cara Membuat Keripik Singkong Renyah – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat keripik singkong renyah, gurih, mudah, dan cepat. Cassava atau sering juga disebut dengan Ubi Kayu atau Ketela Pohon adalah makanan umbi-umbian yang mengandung kalori dan karbohidrat yang tinggi. Singkong banyak dibudidayakan dan dikonsumsi dinegara-negara berkembang sebagai bahan makanan pokok. […]

The post Cara Membuat Keripik Singkong Renyah appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Cara Membuat Keripik Singkong Renyah – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat keripik singkong renyah, gurih, mudah, dan cepat.

Cassava atau sering juga disebut dengan Ubi Kayu atau Ketela Pohon adalah makanan umbi-umbian yang mengandung kalori dan karbohidrat yang tinggi. Singkong banyak dibudidayakan dan dikonsumsi dinegara-negara berkembang sebagai bahan makanan pokok.

Singkong adalah sumber makanan yang sangat mudah kita temukan baik di perkotaan maupun di pedesaan. Singkong dapat dimanfaatkan umbinya sebagai makanan pokok, dan daunnya untuk sayuran. Untuk batang singkong dapat ditanam lagi untuk mendapatkan lebih banyak singkong.

Tanaman singkong dikenal dengan nama ketela pohon, yang merupakan perdu tahunan tropika maupun subtropika. Umbi singkong tidak tahan lama meskipun dalam lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru akibat keluarnya asam sianida yang sangat berbahaya bagi manusia.

Singkong dikenal sangat kaya akan karbohidrat namun miskin akan protein. Sumber protein yang baik malah berada pada daunnya. Singkong biasanya dibuat tape, tiwul, combro, lemet, gethuk, keripik, dan lain-lain. Selain itu, singkong biasanya dibuat keripik yang renyah.


 

Kandungan Dalam Singkong

Sebelum membahas tentang cara membuat keripik singkong renyah, ada baiknya kita mempelajari apa saja sih kandungan dalam singkong?.

Singkong mengandung banyak sekalli nutrisi yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Seperti: Kalori, Karbohidrat, Protein, Air, Gula, Serat, Lemak, Vitamin A, C, D, E, K, B1, B2, B3, B6, B9, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Potassium, Sodium, dan Seng.

Kandungan dalam singkong tersebut sangat berguna bagi tubuh, terutama untuk menjaga stamina. Karena kandungan dalam singkong yang lumayan tinggi, maka disarankan untuk anda sebagai cadangan makanan.

Jenis-Jenis Singkong

Cara membuat keripik singkong renyah sebenarnya mudah, tapi kita harus mengetahui apa saja jenis-jenis singkong agar tidak salah pilih, dan akhirnya rasanya tidak enak.

Berikut ini adalah jenis-jenis singkong yang dapat digunakan untuk membuat keripik

1. Manggu

Singkong manggu adalah singkong yang berasal dari Jawa Barat dan mempunyai ciri rasa yang manis. Singkong ini mudah ditanam, mudah dikupas, empuk, dan kadar patinya cukup tinggi.

2. Jenis Singkong Kuning

Disebut singkong kuning, karena mempunyai warna dominan kuning. Ciri khas singkong ini adalah kenyal dan legit dibanding singkong lainnya.

3. Gajah

Bukan Gajah gais, namun disebut singkong gajah, karena bentuk umbinya yang lumayan besar-besar dan rasanya mirip dengan ketan.

4. Varietas Singkong Putih

Singkong yang satu ini memiliki tekstur yang lebih keras dan memiliki warna yang dominan putih. Singkong ini cocok direbus maupun dikukus karena teksturnya yang empuk.

5. Singkong Mukibat

Merupakan hasil percobaan seseorang yang memadukan antara singkong biasa dan singkong karet. Singkong ini biasanya diambil patinya dan terkadang digunakan sebagai bahan pembuatan bioetanol.

6. Emas

Berasal dari percobaan perpaduan antara singkong lokal dengan jenis singkong Thailand. Singkong ini biasanya digunakan untuk berbagai jenis makanan seperti untuk bahan tepung terigu, jamu, dan bahkan pakan ternak.


 

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah

Dalam membuat keripik tentu anda akan mengharapkan keripik yang renyah dan gurih. Nah dalam hal ini kita akan membahas tentang bagaimana sih cara membuat keripik singkong renyah? Ikutilah cara berikut ini!.

a. Original

Bahan:

  • 1 kg singkong yang masih segar
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 250 ml air

Bumbu yang di haluskan:

  • 3 sendok makan garam halus
  • 1 sendok makan gula pasir.
  • 8 butir bawang merah.
  • 4 siung bawang putih.
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya.

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah:

  1. Singkong yang sudah anda pilih dan masih segar harus anda kupas kulitnya terlebih dahulu, kemudian cuci singkong yang sudah anda kupas tersebut dengan air hingga benar-benar bersih.
  2. Iris singkong tipis-tipis dan sama ukurannya agar mudah ketika menggorengnya tidak ada yang kurang matang atau gosong nantinya.
  3. Lalu masukkan singkong yang sudah di iris tipis-tipis ke dalam air yang sudah anda tambahkan kapur sirih agar singkong tersebut nantinya akan lebih renyah rasanya.
  4. Setelah itu haluskan bumbu yang sudah ada di atas, dan setelah halus, anda bisa memasukkannya ke dalam rendaman singkong tersebut, lalu aduk hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  5. Kemudian angkatlah singkong yang sudah anda rendam tadi dan tiriskan hingga tidak ada air yang menempel atau hingga keripik tersebut kering tanpa harus di jemur di bawah matahari.
  6. Lalu panaskan minyak di atas api sedang, kemudian goreng singkong yang sudah kering hingga matang.
  7. Kemudian angkat dari penggorengan dan tiriskan.
  8. Tunggu hingga minyak benar benar telah hilang.
  9. Setelah itu anda bisa menambahkan bumbu tambahan seperti perasa coklat, keju atau perasa lainnya, anda juga bisa membuatnya original dengan tidak menambahkan apapun ke dalamnya.
  10. Keripik siap disajikan.

b. Asin

Keripik singkong asin banyak sekali dijual dipasaran. Berikut ini adalah cara membuat keripik singkong renyah rasa asin bawang putih

Bahan:

  1. 500 gr singkong
  2. Minyak goreng untuk menggoreng
  3. Bawang putih
  4. Garam

Langkah-langkah:

  1. Kupas singkong, cuci, lalu kukus sampai matang
  2. Setelah singkong matang, angkat biarkan dingin
  3. Iris singkong tipis-tipis
  4. Haluskan bawang putih plus garam, lalu beri air secukupnya lalu rendam irisan singkong
  5. Goreng singkong hingga warna kuning kecoklatan
  6. Angkat dan sajikan

 

c. Cokelat

Bila Anda tidak suka asin dan lebih suka rasa yang manis, maka keripik singkong cokelat lebih tepat untuk Anda. Begini cara membuat keripik singkong renyah varian coklat untuk anda.

Bahan:

  • 750 gram singkong, diiris tipis
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • 1 sendok teh garam
  • 500 ml air es
  • Minyak untuk menggoreng

Pelapis:

  • 200 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
  • 2 sendok teh cokelat bubuk
  • 1/4 sendok teh garam

Langkah-langkah:

  1. Larutkan kapur sirih, garam, dan air es, kemudian rendam singkong. Diamkan 30 menit.
  2. Tiriskan singkong. Cuci bersih. Lap sampai kering.
  3. Panaskan minyak,lalu goreng singkong hingga matang.
  4. Siapkan campuran untuk salutan keripik singkong. Salutan dibuat dari campuran garam, air, cokelat bubuk, kayu manis bubuk, dan gula pasir. Aduk hingga bumbu merata.
  5. Masak sambil diaduk sampai berbusa. Masukkan singkong. Aduk rata. Matikan api. Aduk sampai kering.

 

d. Gurih Keju

Setiap ada makanan dengan rasa cokelat, biasanya ada pula yang rasa keju. Inilah cara membuat keripik singkong renyah varian keju nan gurih.

Bahan:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 gram singkong kukus, dihaluskan
  • 20 gram tepung maizena
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • 30 gram margarine
  • 50 gram keju cheddar parut
  • 1 sendok teh garam
  • 25 ml air es
  • Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah:

  1. Aduk bahan sampai bergumpal.
  2. Giling adonan di gilingan mi mulai dari gilingan yang paling tebal (nomor 1). Setelah 2-3 kali giling, masukkan ke nomor 2. Giling lagi 2-3 kali, kemudian masukkan ke gilingan nomor 3. Begitu seterusnya hingga di gilingan nomor 8.
  3. Potong segitiga. Kerat sedikit bagian tengahnya.
  4. Masukkan bagian yang lancip ke tengahnya.
  5. Goreng dalam minyak yang panas.

 

e. Pedas

Suka yang pedas-pedas? Cara membuat keripik singkong renyah nan pedas ini dapat anda coba.

Bahan:

  • ½ kg singkong
  • 8 bawang putih
  • 75 gram cabai merah
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 ½ sendok teh garam
  • Minyak goreng

Rendaman:

  • 1 sendok teh kapur sirih
  • 1 sendok teh garam

Langkah-langkah:

  1. Iris singkong tipis-tipis.
  2. Campurkan sirih dan garam di dalam air untuk merendam.
  3. Masukkan irisan singkong kedalam air rendaman. Angkat.
  4. Rendam kembali di air bersih. Biarkan beberapa waktu agar air sedikit hilang.
  5. Gunakan minyak yang banyak dalam masa penggorengan dan menggunakan api sedang.
  6. Setelah kuning keemasan, tiriskan
  7. Tumbuk cabai dan bawang. Tumis kemudian tambahkan gula dan garam. Biarkan sampai berbau harum.
  8. Masukkan keripik dan aduk merata.
  9. Angkat dan sajikan.

 

f. Sanjai

Rasa pedas biasa tentu berbeda dengan rasa pedas balado padang. Bagi anda orang Padang, mungkin keripik sanjai ini merupakan makanan sehari-hari. Berikut ini adalah cara membuat keripik singkong renyah sanjai

Bahan:

  • Singkong putih 0,5 kg
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng (untuk merendam) secukupnya

Sambal:

  • 15 buah cabai merah (dibuang bijinya)
  • 5 siung bawang putih
  • 5 sdm gula pasir 5 sdm
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt cuka asetat
  • 3 sdm minyak goreng 

Langkah-langkah:

  1. Iris singkong tebal sekitar 0,5 cm.
  2. Balur dengan sedikit garam dan rendam dalam minyak goreng, hingga terendam semua. Perendaman bisa dilakukan hanya beberapa menit saja.
  3. Goreng singkong hingga matang dan berwarna putih agak kekuningan.
  4. Kemudian diangkat dan ditiriskan.
  5. Untuk sambal, cabai merah, bawang putih, gula pasir, dan garam ditumbuk hingga halus,
  6. Cuka asetat ditambahkan dan diaduk-aduk.
  7. Sambal ditumis dengan 3 sendok makan minyak goreng. Setelah matang, api dikecilkan.
  8. Keripik singkong dimasukkan ke dalam larutan sambal hingga terbalur merata.
  9. Celupkan kuas ke dalam sambal, kemudian oleskan ke permukaan atas dan bawah keripik.
  10. Setelah sambal dingin, keripik sanjai bisa disimpan dalam toples atau dikemas dalam plastik.

 

Varian Lain

Selain varian sesuai cara membuat keripik singkong renyah diatas, kalian juga bisa membuat varian sesuai yang kalian suka

Varian Bumbu Tabur :

  • Ayam Bakar
  • Ayam Bawang
  • Keju Pedas
  • Ayam Panggang
  • Balado
  • Cheese
  • Jagung Bakar
  • Jagung Manis
  • Sapi Panggang
  • Jagung Mentega
  • Jagung Pedas
  • BBQ
  • Pizza
  • Seaweed
  • Pedas Manis
  • Original
  • Chili Powder
  • Chili Pedas Raja Setan

Cara pengolahan keripik singkong :

  • Kupas, kemudian dicuci hingga bersih lalu iris tipis-tipis dengan menggunakan alat pengiris untuk membuat keripik.
  • Larutkan kapur sirih dengan air bersih, lalu campurkan bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan, aduk hingga merata. Kemudian rendam irisan singkong kedalamnya hingga 30 menit, angkat lalu tiriskan.
  • Kemudian goreng irisan singkong dengan minyak yang banyak agar terendam semua hingga matang dan kering, angkat lalu tiriskan .
  • Taburkan varian rasa bumbu tabur tersebut yang kita sukai atau selera kita dengan singkong yang sudah di goreng dan di tiriskan. Kocok hingga bumbu tabur dan keripik singkong tersebut merata.
  • Keripik singking siap disajikan

 

Apa Saja Sih Manfaat Singkong?

Setelah membahas tentang cara membuat keripik singkong renyah, kita juga perlu tahu tentang apa sih manfaat singkong itu?. Selain dijadikan makanan cadangan pengganti nasi, singkong memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, diantaranya adalah

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Singkong dapat membantu menurunkan kolesterol LDL yang biasa dianggap sebagai kolesterol jahat. Selain itu, singkong juga dapat membantu menurunkan kadar lemak darah karena seratnya yang tinggi.

2. Mengikat Asam Empedu

Singkong adalah sumber saponin yang baik yang membantu menurunkan kadar kolesterol yang tidak sehat dalam aliran darah dengan mengikat asam empedu dan kolesterol.

3. Mengendalikan Tekanan Darah

Potassium dalam singkong berperan sebagai komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah.

4. Menurunkan Berat Badan

Kandungan amilose dalam singkong sebagai sumber karbohidrat utama yang dapat meningkatkan rasa kenyang. Serat juga membantu menurunkan berat badan dan mempertahankan rasa kenyang yang relatif lama.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Didalam singkong mengandung beberapa antioksidan seperti Vitamin C, Beta Karoten, dan Saponin yang dapat mencegah radikal bebas masuk kedalam tubuh. Antioksidan tersebut membantu tubuh melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, dan memperbaiki DNA yang rusak.

6. Membantu Meringankan Kecemasan dan Stres

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam singkong dan daunnya juga dapat membantu tubuh mengurangi kecemasan dan stres dengan cara meningkatkan suasana hati. Magnesium dalam singkong juga diketahui dapat menenangkan syaraf yang tegang.

7. Mencegah Anemia

Zat Besi yang terkandung dalam singkong dapat membantu tubuh untuk membentuk dua protein penting yaitu hemoglobin daan mioglobin yang berfungsi untuk mengangkut oksigen keseluruh tubuh.

8. Membantu Memperlancar Sistem Pencernaan

Ubi kayu atau Singkong mengandung serat yang berperan untuk meningkatkan sistem pencernaan dengan cara menyerap semua racun dalam usus dan memungkinkan pengurangan peradangan.

Rahasia Kerenyahan Keripik

Cara membuat keripik singkong renyah diatas sebetulnya tidaklah sulit. Berikut ini adalah trik agar keripik singkong kalian bisa renyah:

  • Agar keripik singkong kalian bisa renyah, gunakanlah larutan kapur sirih. Sebelum dicampur bumbu dan digoreng, irisan singkong terlebih dahulu harus direndam dengan menggunakan air dingin (suhu normal) yang dicampur dengan kapur sirih.
  • Sebelum digoreng, jemur singkong dibawah sinar matahari hingga kering.
  • Untuk menggoreng singkong, gorenglah 2 kali dengan 2 wajan berbeda wajan pertama digunakan untuk menggoreng singkong hingga setengah atang, wajan kedua digunakan untuk menggoreng singkong hingga matang.
  • Selain itu, saat menggoreng keripik singkong, gunakan minyak sayur dalam jumlah yang banyak agar keripik singkong dapat tercelup semua dan dalam kondisi panas sempurna.

 

Tips Agar Keripik Tetap Renyah

1. Disimpan dalam Wadah atau Toples yang Tertutup Rapat

Jika kamu ingin keripik yang setelah digoreng tetap renyah, maka kamu perlu menyimpannya di wadah atau toples yang tertutup rapat. Pilih toples yang kualitasnya baik pada bagian tutupnya, makin rapat makin baik.

2. Jangan Terlalu Sering Membuka dan Menutup Wadah

Apabila terlalu sering membuka dan menutup wadah, maka angin akan masuk. Hal tersebut tentunya bisa membuat keripik menjadi cepat melempem.

3. Akali Dengan Tisu atau Kertas Makanan

Letakkan kertas itu pada bagian tutup toples, kemudian tutup toples. Hal ini akan mencegah mengalirnya udara dari luar ke dalam yang menyebabkan keripik akan cepat melempem.

4. Menyimpannya di Lemari Es

Dengan menyimpan keripik dalam lemari pendingin juga akan membuat keripik lebih tahan dan awet dalam waktu lebih dari satu minggu.

 

Berbagai resep keripik ubi diatas dapat kalian aplikasikan jika kalian ingin membuat keripik sebagai camilan sendiri.

Sekian pembahasan tentang resep keripik ubi diatas, semoga bermanfaat. Selamat Mencoba!!

Good Luck!!😁😁

The post Cara Membuat Keripik Singkong Renyah appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Resep Keripik Nangka https://mesinvacuumfrying.id/resep-keripik-nangka/ Thu, 04 Jul 2019 10:32:22 +0000 https://mesinvacuumfrying.id/?p=1686 Resep keripik nangka – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang resep-resep keripik nangka yang mungkin asing ditelinga kalian. Mungkin kata nangka sudah familier ditelinga kalian, namun bagaimana dengan keripik nangka? Ya, keripik nangka adalah olahan keripik dengan bahan dasar buah nangka yang sudah matang. Keripik nangka adalah keripik hasil olahan buah nangka yang digoreng dengan cara […]

The post Resep Keripik Nangka appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Resep keripik nangka – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang resep-resep keripik nangka yang mungkin asing ditelinga kalian.

Mungkin kata nangka sudah familier ditelinga kalian, namun bagaimana dengan keripik nangka? Ya, keripik nangka adalah olahan keripik dengan bahan dasar buah nangka yang sudah matang.

Keripik nangka adalah keripik hasil olahan buah nangka yang digoreng dengan cara khusus, biasanya menggunakan mesin penggoreng hampa/mesin vacuum frying.

Jika menggunakan cara penggorengan biasa yakni dengan menggunakan kuali/wajan buah nangka tidak akan menjadi keripik karena buah akan rusak terkena suhu panas yang berlebih.

Dengan menggunakan mesin vacuum frying, maka kualitas buah tidak akan mudah rusak. Selain itu aroma dan warnanya tidak akan berubah banyak dan awet disimpan dalam jangka waktu lama

Olahan keripik nangka memang belum terkenal, namun sangat familier bagi para pemburu kuliner nusantara terutama cemilan.

Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka mempunyai nama ilmiah yaitu Artocarpus heterophyllus. Buah nangka biasanya berbentuk panjang bulat dan dapat mencapai panjang 100cm. Pada sisi luar terdapat duri-duri lunak sebagai perlundungan buah.

Daging pada buah nangka apabila matang akan berwarna kuning keemasan dan mempunyai bau yang khas. Daging yang masak juga biasanya mempunyai daging yang agak lunak tapi liat atau alot, kadang berisi cairan nektar yang manis.

Didalam buah nangka juga terdapat biji yang berbentuk bulat lonjong dan biasanya dimasak sebagai sayur lodeh atau disangrai maupun digoreng.


 

Resep Keripik Nangka

Bagi kalian yang suka ngemil, patut kalian coba jenis keripik satu ini. Keripik nangka sangat udah dibuat, ditemukan, maupun dibeli dipasaran. Keripik ini juga telah menjadi trending keripik jaman now.

Varian keripik nangka juga banyak sekali, namun kalian juga bisa menvariasikan varian sesuka hati kalian dengan cara menambahkan bumbu-bumbu yang dapat kalian beli dipasar maupun toko bahan makanan terdekat.

Pembuatan keripik nangka juga tidaklah rumit karena sekarang sudah ada alat untuk menggoreng, yaitu mesin vacuum frying, dimana mesin ini bekerja untuk menggoreng pada saat membuat keripik buah, maupun kerik sayur.

Berikut ini adalah resep keripik nangka yang dapat kalian ikuti dan dapat kalian variasikan kedalam beberapa varian rasa.

1. Keripik Nangka Muda

Bahan untuk resep kripik nangka muda:

  • 300 gram nangka muda, iris tipis.
  • 200 gram tepung beras.
  • 4 sendok makan tepung sagu.
  • 200 mililiter air putih.
  • Minyak sayur untuk menggoreng.

Bumbu:

  • Garam secukupnya.
  • Kunyit seukuran 0,5 sentimeter.
  • Lada putih bubuk secukupnya.
  • 0,5 sendok teh kaldu bubuk instan.

Resep keripik nangka muda renyah bikin ketagihan:

  1. Haluskan bumbu yang sudah disiapkan.
  2. Larutkan dengan air putih.
  3. Tambahkan tepung beras dan tepung sagu, aduk sampai licin.
  4. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
  5. Celupkan irisan nangka muda ke dalam adonan tepung, angkat, masukkan ke dalam minyak sayur panas. Goreng sambil dibolak-balik sampai matang, kering, dan berwarna cokelat keemasan, angkat, tiriskan.

 

2. Keripik Nangka Tua

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam resep keripik nangka:

  • Buah Nangka Segar, Tidak Terlalu Matang 1 Kg
  • Air 1½ Liter
  • Kapur Sirih 100 Gram
  • Garam 75 Gram
  • Gula Pasir 150 Gram
  • Minyak Goreng 2 Liter

Langkah-langkah:

  1. Kupas buah nangka dan bersihkan kulit beserta  jeraminya, belah daging buah, buang bijinya lalu potong ujung-ujungnya.
  2. Rendam buah nangka dalam air larutan kapur sirih.
  3. Cuci bersih buah nangka kemudian tiriskan.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang mengembang sebaiknya buah yang telah dicuci dijemur dulu .
  5. Kemudian Masukkan ke dalam mesin vacum frying (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90° Celcius.
  6. Goreng hingga matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang. Angkat dan tiriskan hingga tidak ada minyak sama sekali, agar keripik nangka tidak mudah tengik.
  7. Keripik siap disajikan

 

Jenis-Jenis Nangka yang Ada Di Indonesia.

Berdasarkan resep keripik nangka diatas, pilihlah jenis nangka yang agak tebal agar menghasilkan keripik yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Jenis buah nangka ada banyak sekali, dengan ciri khas masing-masing.

Berikut ini adalah jenis-jenis nangka yang ada di Indonesia.

1. Madu
Nangka madu terkenal akan rasanya yang manis legit. Buah nangka madu berukuran cukup besar, dagingnya tebal dan bertekstur renyah.

2. Mini
Merupakan salah satu tanaman buah nangka yang memiliki batang pohon pendek. Pohon buah nangka ini hanya mampu tumbuh mencapai ketinggian dapat mencapai 3-5 meter saja.

3. Cempedak
Nangka cempedak memiliki keunggulan dimana bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka, namun aromanya sangat menyengat.

4. Nangkadak
Buah nangkadak merupakan hasil perkawinan dari buah nangka dan buah cempedak. Buah nangkadak memiliki keunggulan pada aromanya yang tidak terlalu tajam, dan rasanya sangat manis.

5. Sri Bajong
Nangka sri bajong merupakan salah satu jenis tanaman buah nangka yang berasal dari negara Thailand. Pohon nangka sri bajong memiliki keunggulan buahnya memiliki besar dan tebal sedang bijinya sangat kecil.

6. Merah
Nangka merah memiliki keunggulan daging buahnya yang berwarna merah. Daging buahnyapun relatif cukup besar dan tebal.

7. Jenis Nangka Celeng Atau Nangka Bilulang
Buah nangka celeng merupakan buah nangka yang memiliki keunggulan buahnya tumbuh di pangkal batang mendekati tanah bahkan ada yang muncul dari tanah. Karena ditanah, nangka ini sering dimakan celeng (babi hutan).

8. Dulang
Varietas nangka dulang merupakan salah satu jenis buah nangka unggulan yang keunggulan daging daging buah berwarna kuning cerah dengan bentuk buah yang besar dan tebal.

9. Kandel
Nangka kandel mempunyai bentuk seperti nangka pada umumnya namun memiliki keunggulan daging buahnya yang tebal.

10. Kunir
Nangka kunir memiliki keunggulan bentuk buahnya yang bulat dengan duri yang tumpul dan jarang. Kulit buah nangka kunir berwarna kuning kemerahan. Daging buah besar dengan rasa yang manis.


Manfaat Buah Nangka

Setelah membahas tentang resep keripik nangka, mari kita bahas apa saja sih manfaat buah nangka.

Buah nangka tidak hanya mudah didapat, namun buah ini memiliki banyak sekali manfaat yang sangat bermanfaat bagi tubuh anda. Buah nangka mengandung banyak sekali nutrisi, diantaranya Vitamin A, Vitamin C, Thiamin, Kalium, Kalsium, Riboflavin, Zat Besi, Niasin, dan Seng.

Manfaat dalam buah nangka sangat banyak sekali, diantaranya:

1. Meningkatkan imunitas dan membantu melawan kanker

Di dalam nangka terkandung banyak sekali antioksidan dan senyawa untuk melawan kanker. Didalam nangka juga terkandung vitamin C yang dapat meningkatkan kinerja antioksidan dalam membantu mencegah kanker.

2. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Kardiovaskular adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. contoh penyait ini adalah iskemia, hipertensi, dan aterosklerosis.

Buah nangka juga mengandung kalium yan penting mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Sehingga buah nangka juga penting dalam membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

3. Memperbaiki sistem pencernaan

Nangka mengandung banyak sekali serat yang sangat baik bagi pencernaan terutama untuk memperlancar sembelit.

4. Kalsium yang membantu meningkatkan kesehatan tulang

Kalsium dalam buah nangka sangat baik untuk pertumbuhan dan pencegahan penyakit tulang seperti arthritis dan osteoporosis. Nangka juga mengandung potasium yang berguna untuk mempertahankan kepadatan tulang

5. Baik untuk penglihatan

Beta karoten dalam buah nangka sangat baik untuk kesehatan mata, terutama dalam menjaga fungsi kornea dan membran pada mata.

6. Biji nangka sebagai makanan rendah glikemik

Biji nangka mengandung kadar glikemik yang rendah dan disarankan bagi anda yang perlu mengatur kadar gula darah dalam darah.

7. Membantu mengontrol penyakit diabetes

Daun buah nangka mengandung bahan kimia tertentu yang dapat membantu mengurangi kadar gula dala darah.


 

Efek Samping Kebanyakan Makan Nangka

Setelah membahas resep keripik nangka diatas, ada baiknya kita juga mengetahui efek samping apabila kebanyakan mengonsumsinya.

Selain mempunyai manfaat yang luar biasa, konsumsi nangka berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping yang tidak bisa dianggap sepele, diantaranya:

1. Konsumsi Buah Nangka Bagi Penderita Maag Kronis sama dengan Bunuh Diri

Apabila seorang penderita maag kronis mengonsumsi buah nangka maka akan berefek samping yaitu membuat penyakit ini akan kembali kambuh.

2. Dapat Menyebabkan Reaksi Alergi

Bagi anda yang menderita alergi dengan bah nangka, tidak disarankan untuk mengonsumsinya, karena akan memperburuk keadaan anda.

3. Akan Meningkatkan Koagulasu Pada Orang yang Menderita Kelainan Darah

Koagulasi merupakan proses penggumpalan cairan atau larutan secara keseluruhan maupun sebagian sehingga membentuk gumpalan seperti gel. Sangat disarankan untuk menghindari mengonsumsi buah nangka bagi penderita agar tidak memperburuk keadaan.

4. Mengubah Tingkat Toleransi Glukosa pada Penderita Diabetes

Buah nangka mengandung gula yang apabila dikonsumsi oleh penderita diabetes, maka akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

5. Menyebabkan Feses Tidak Normal

Jika anda mengonsumsi nangka terlalu banyak,maka serat yang terkandung akan mempengaruhi pencernaan dan menyebabkan kondisi feses tidak normal.

6. Perut Kembung Bergas

Jika anda mengonsumsi buah nangka berlebihan, tidak menutup kemungkinan anada akan kembung, diare, dan serasa ingin buang angin secara terus menerus.

7. Meningkatkan Suhu Janin dan Kontraksi Dini

Apabila buah nangka dikonsumsi berlebihan juga tidak baik bagi ibu hamil, karena akan menyebabkan suhu pada janin meningkat, dan kontraksi lebih awal yang akan menyebabkan bayi prematur atau bahkan keguguran.


Tips Menghindari Getah Nangka

1. Pada Peralatan

Dalam mengolah nangka menjadi keripik nangka sesuai resep keripik nangka diatas, pastinya kita akan menjumpai getah. Baik nangka muda maupun nangka tua memiliki getah yang sangat lengket. Ketika memotong nangka, getah akan menempel pada pisau dan talenan. Getah nangka sangat sulit dihilangkan, walaupun sudah direndam atau dicuci dengan air hangat.

Untuk menghilangkan getah nangka yang menempel pada pisau dan talenan, perhatikan tips-tips berikut :

  • Taburkan tepung kanji pada pisau atau talenan yang terdapat getah nangka. Gosok-gosokan bagian yang sudah ditaburi tepung, dan getah pun akan terlepas. Setelah itu, segera cuci pisau dan talenan untuk  mengangkat sisa noda dan tepung dengan mudah.
  • Oleskan minyak kelapa atau minyak sayur pada pisau dan talenan. Gosok-gosokkan minyak secara merata hingga getah terlepas.
  • Biji nangka dilindungi oleh sarung yang mengandung air dan minyak. Anda pun dapat menggunakannya untuk menghilangkan getah nangka yang sulit dihilangkan. Caranya, cukup remas sarung bji nangka hingga minyaknya keluar, lalu oleskan pada pisau dan talenan. Getah pun dapat terangkat dengan mudah.
  • Tuangkan sedikit minyak tanah ke telapak tangan, lalu gosok sampai getahnya hilang. Segera bilas tangan Anda dengan air bersih, lalu cuci kembali dengan sabun pencuci piring atau sabun colek sampai bau minyak tanahnya hilang.

2. Pada Baju

Untuk mempelajari resep keripik nangka diatas paling emosi saat diganggu anak-anak yang akhirnya digunakan untuk mainan, dan biasanya akan terkena baju. Untuk menghilangkan getah nangka pada baju, ikutilah tips-tips berikut.

  • Buatlah adonan dari air dengan tepung kanji, lalu oleskan adonan tersebut ke bagian baju yang ternoda getah nangka. Setelah itu, gosok baju dengan sikat gigi bekas sampai getah nangkanya benar-benar hilang. Ulangi cara yang sama apabila getah nangkanya masih menempel pada pakaian.
  • Potong jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu gosokkan bagian dalam jeruk nipis pada bagian baju yang ternoda getah. Apabila noda getahnya sudah mengering, bantu mengangkatnya dengan menggosoknya pakai sikat gigi bekas.
  • Oleskan mentega pada noda getah nangka, lalu gosok dengan kuku atau sikat gigi bekas. Bilas dengan air bersih untuk sambil terus digosok agar nodanya terkikis. .
  • Pemutih dapat melunturkan noda getah nangka secara cepat dan efektif. Cukup rendam baju putih di dalam air bersih yang sudah dicampur dengan pemutih pakaian secukupnya, lalu tunggu sampai beberapa menit baru angkat baju tersebut.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Keripik Buah

Keripik buah sangat banyak jenisnya, namun ada hal yang harus diperhatikan dalam membuat keripik buah.

Untuk membuat keripik buah yang renyah, jangan menggunakan buah yang sudah terlalu matang. Buah yang terlalu matang mempunyai kandungan kadar gula yang tinggi, sehingga akan mudah gosong saat digoreng.

Buah yang matang juga memiliki tekstur yang lembek, sehingga akan susah diiris dan susah kering saat digpreng. Karena itu gunakanlah buah yang mangkal dan sudah memiliki rasa manis namun teksturya masih keras.

Irisan buah haruslah rendah kadar air. Untuk mengurangi kadar airnya dapat dilakukan dengan metode pengovenan, disimpan dalam freezer maupun dijemur. Saat kering, buah akan lebih mudah digoreng, dan tidak menyerap banyak minyak atau sama sekali tidak menyerap minyak.


 

Tips Agar Keripik Tetap Renyah

1. Disimpan dalam Wadah atau Toples yang Tertutup Rapat

Jika kamu ingin keripik yang setelah digoreng tetap renyah, maka kamu perlu menyimpannya di wadah atau toples yang tertutup rapat. Pilih toples yang kualitasnya baik pada bagian tutupnya, makin rapat makin baik.

2. Jangan Terlalu Sering Membuka dan Menutup Wadah

Apabila terlalu sering membuka dan menutup wadah, maka angin akan masuk. Hal tersebut tentunya bisa membuat keripik menjadi cepat melempem.

3. Akali Dengan Tisu atau Kertas Makanan

Letakkan kertas itu pada bagian tutup toples, kemudian tutup toples. Hal ini akan mencegah mengalirnya udara dari luar ke dalam yang menyebabkan keripik akan cepat melempem.

4. Menyimpannya di Lemari Es

Dengan menyimpan keripik dalam lemari pendingin juga akan membuat keripik lebih tahan dan awet dalam waktu lebih dari satu minggu.

 


Pembuatan keripik nangka memanglah mudah dan cepat tanpa harus aneh-aneh. Resep diatas dapat kalian praktekkan sendiri dirumah untuk membuat keripik nangka dalam jumlah sedikit untuk camilan sendiri maupun banyak untuk diperjualbelikan.

Gimana pembahasan diatas?? Menarik bukan? semoga artikel resep keripik nangka diatas membantu kalian semua yang ingin mendirikan usaha maupun cuma coba-coba membuat cemilan ala kalian sendiri. Demikian pembahasan seputar tentang resep keripik pepaya nan gurih dan semoga bermanfaat.

Selamat Mencoba 😊😊😊😊

 

 

 

 

The post Resep Keripik Nangka appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Resep Keripik Ubi https://mesinvacuumfrying.id/resep-keripik-ubi/ Thu, 04 Jul 2019 10:25:29 +0000 https://mesinvacuumfrying.id/?p=1667 Resep Keripik Ubi – Hello guys, siapakah yang tidak kenal dengan keripik ubi?? Ya, kali ini kita akan membahas tentang resep keripik ubi. Apa Itu Ubi? Nama ubi sangat familiar ditelinga kita. Ubi merupakan istilah yang digunakan untuk umbi,yang berarti pohon yang menyimpan cadangan makanan di akar dan bisa dimakan. Namun orang indonesia sering menyebut […]

The post Resep Keripik Ubi appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Resep Keripik Ubi – Hello guys, siapakah yang tidak kenal dengan keripik ubi?? Ya, kali ini kita akan membahas tentang resep keripik ubi.

Apa Itu Ubi?

Nama ubi sangat familiar ditelinga kita. Ubi merupakan istilah yang digunakan untuk umbi,yang berarti pohon yang menyimpan cadangan makanan di akar dan bisa dimakan. Namun orang indonesia sering menyebut umbi sebagai ubi.

Ada macam-macam jenis ubi, diantaranya ubi akar, ubi batang, ubi rambat. Jenis-jenis ubi tersebut dapat dikonsumsi sebagai pengganti makanan pokok kita, yaitu nasi.

Biasanya kita hanya membuat ubi bakar, ubi kukus, ubi goreng karena mudah dan tidak rumit. Namun apakah kalian pernah mencoba resep keripik ubi?

Ubi tidak hanya dapat dibuat makanan lunak, namun juga dapat dibuat keripik ubi. Keripik ubi sangat mudah dibuat, dan cemilan ini sangat sehat berbahan utama yaitu hasil alam dan tidak memerlukan penyedap.

Jenis-Jenis Ubi

Sebelum membahas tentang resep keripik ubi, kita juga harus tahu macam-macam ubi yang dapat dikonsumsi.

1. Ubi Jalar/Ubi Rambat

Ini adalah sejenis tanaman budidaya yang dimanfaatkan akarnya menjadi salah satu sumber makanan. Ubi jalar dapat dibuat keripik yang sangat gurih.

Macam-macam ubi jalar

  • Ungu
  • Kuning
  • Putih
  • Kalasan
  • Cilembu
  • Sari
  • Boko

2. Ubi Kayu/Singkong

Ubi kayu biasanya disebut dengan singkong. Singkong merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika. Pohon ini juga dikenal sebagai sumber karbohidrat. dan daunnya sebagai sayuran.

Singkong tidak tahan disimpan meskipun dalam lemari pendingin. Gejala kerusakan biasanya ditandai dengan keluarnya warna biru gelap terbentuknya asam sianida yang beracun.


 

Resep Keripik Ubi

Sebenarnya keripik ubi sangat mudah dibuat dan dikreasikan. Namun karena kebanyakan orang hanya membeli tidak salah untuk membuat sendiri cemilan kita. Mari kita bahas resep keripik ubi satu persatu.

1. Jenis Ubi Jalar

a. Keju Pedas

Bahan:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 20 gram tepung sagu
  • 30 gram tepung beras
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 25 gram gula tepung
  • 100 gram ubi jalar kukus, dihaluskan
  • 100 gram keju cheedar parut, diangin-anginkan
  • 75 ml air es
  • 1 sendok makan margarin
  • 1/2 sendok teh garam
  • 500 ml minyak untuk menggoreng

Bahan Taburan (Aduk Rata):

  • 1 sendok teh paprika bubuk
  • 25 gram bubuk balado

Langkah-langkah:

  1. Aduk tepung terigu, tepung sagu, tepung beras, baking powder, ubi jalar, keju cheddar, gula tepung, margarin, garam, dan air es sampai bergumpal.
  2. Giling tipis dengan gilingan mi dari yang paling tebal ( nomor 1) dua sampai tiga kali sampai licin. Giling lagi di ukuran nomor 2, dua sampai tiga kali sampai licin. Kecilkan lagi ukuran gilingan. Giling lagi dua sampai tiga kali sampai licin. Begitu seterusnya hingga ukuran gilingan yang tertipis.
  3. Potong-potong bulat menggunakan ring bulat diameter 4 cm.
  4. Goreng sampai matang, lalu angkat dan tiriskan.
  5. Masukkan keripik ke dalam kantong plastik yang berisi campuran taburan. Kocok-kocok.

 

b. Rasa Manis

Ya, rasa manis merupakan varian yang biasa dijual, karena mudah dibuat. Mungkin terdengar sulit bagi orang awam, dan ragu untuk mencoba. DIbawah ini kami sajikan resep keripik ubi jalar rasa manis

Bahan :

  • 1 kg ubi jalar yang masih segar
  • 200 gr gula pasir
  • 2 sendok makan air kapur sirih
  • Air bersih secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Langkah-langkah

  1. Kupas kulit ubi lalu dicuci dengan air sampai bersih.
  2. Iris tipis-tipis ubi dengan pisau yang tajam atau menggunakan alat pemotong supaya hasilnya sama.
  3. Campurkan air kapur sirih dengan air yang besih.
  4. Rendam ubi ungu yang sudah diiris tipis kedalam air kapur sirih, angkat tiriskan.
  5. Jemur dibawah terik matahari sampai benar-benar kering.
  6. Larutkan gula pasir dengan air secukupnya lalu masukkan ubi yang sudah dijemur kedalam larutan gula.
  7. Panaskan minyak lalu goreng ubi sedikit demi sedikit sampai matang dan kering, angkat tiriskan dan diamkan sampai dingin.
  8. Keripik siap disajikan

 

c. Balado

Biasanya keripik ubi jalar banyak divariasikan menjadi rasa asin atau manis. Namun dalam resep keripik ubi jalar dibawah ini kita bahas tentang varain balado.

Bahan:

  • Ubi jalar
  • Minyak goreng

Bumbu Halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai keriting
  • 10 buah cabai rawit
  • 1 ruas jahe
  • Garam

Bahan Pelengkap:

  • Gula jawa disisir
  • Penyedap rasa
  • Asam kandis secukupnya.

Langkah-langkah:

  1. Kupas ubi, kemudian iris tipis.
  2. Rendam ubi dalam air selama 3 jam
  3. Goreng hingga matang.
  4. Siapkan bumbu halus, kemudian uleg hingga halus.
  5. Tumis bumbu dengan minyak panas sampai harum.
  6. Jika bumbu sudah matang masukkan gula jawa dan penyedap rasa. Aduk hingga mengental
  7. Masukkan asam kandis, dan tunggu hingga meletup letup.
  8. Apabila rasanya udah sesuai, segera matikan kompor tunggu sebentar biarkan agak dingin
  9. Masukkan ubi yang sudah digoreng tadii aduk2 agar bumbunya rata.
  10. Siap sajikan

 

d. Keripik Ubi Jalar Coklat

Siapa yang tidak kenal dengan keripik ubi jalar coklat. Varian ini mungkin terdengar menarik bagi kalian. Berikut ini kami sajikan resep keripik ubi jalar varian coklat.

Bahan:

  • Ubi jalar
  • Minyak goreng
  • Garam
  • Kapur sirih
  • Coklat batang

Langkah-langkah:

  1. Kemudian, garam dan kapur sirih dicampurkan menjadi ke dalam wajan atau loyang yang berisi air bersih, lalu diaduk sampai tercampur merata.
  2. Kupas ubi jalar lalu iris tipis
  3. Masukkan kedalam loyangyang sudah diberi lerutan garam dan kapur sirih.
  4. Setelah itu, ubi jalar diangkat dari larutan
  5. Lalu goreng, tetapi sebelum dimasukkan pastikan dulu minyak goreng telah panas. Selama di dalam penggorengan, ubi jalar diaduk – aduk agar semuanya merata.
  6. Apabila sudah matang, angkat dan tiriskan
  7. Tunggu hingga dingin,
  8. Setelah dingin keripik ubi jalar di balut sama coklat

 

e. BBQ

Mungkin resep keripik ubi jalar satu ini bisa kalian ikuti untuk mengkreasikan keripik kalian.

Bahan:

  • Ubi jalar
  • Jinten 1 sdt
  • Paprika 1 sdt
  • Minyak zaitun 3-4 sdt
  • Bawang putih bubuk 1 sdt
  • Bubuk bawang merah 1 sdt
  • Bumbu barbeque secukupnya
  • Garam 1 sdt
  • Bubuk cabai 1 sdt
  • Lada hitam ¼ sdt
  • Gula merah atau gula kelapa 1 sdt
  • Paprika yang sudah dimasak ½ sdt

Langkah-langkah:

  1. Campurkan semua bahan barbeque ke dalam mangkuk kecil.
  2. Lalu masukkan ke dalam oven dengan panas oven mencapai 325 derajat Fahrenheit.
  3. Iris tipis ubi jalar dengan pisau.
  4. Kemudian masukkan irisan ubi jalar ke dalam mangkuk besar dengan dicampur minyak zaitun, serta taburi dengan bumbu barbeque yang sudah dimasak di oven.
  5. Kemudian aduk sampai semua irisan ubi jalar yang sudah dilapisi dengan minyak zaitun dan bumbunya .
  6. Setelah ubi jalar ditaburi dengan bumbu barbeque, lalu letakkan ubi jalar dengan loyang yang cukup besar dengan diisi dengan rempah-rempahan roti.
  7. Lalu, panggang hingga 20-30 menit, sambil keripik di bolak balik sampai renyah.
  8. Setelah selesai di panggang, biarkan dingin
  9. Keripik siap dihidangkan

2. Ubi Kayu/Singkong

Berikut ini adalah beberapa resep keripik ubi singkong dengan beberapa varian.

a. Original

Keripik singkong yang umum terdapat di pasaran adalah yang rasanya agak asin. Cara membuatnya cukup mudah, silakan ikuti resep keripik ubi singkong rasa original berikut ini.

Bahan:

  • Singkong segar 1 kg
  • Kapur sirih 1 sdm
  • Air 250 ml

Bumbu halus:

  • Garam halus 3 sdm
  • Gula pasir 1 sdm
  • Bawang merah 8 btr
  • Bawang putih 4 siung
  • Minyak secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Singkong segar dikupas dan dicuci sampai benar-benar bersih
  2. Selanjutnya iris singkong tipis-tipis.
  3. Siapkan air dan masukan kapur sirih kemudian singkong yang sudah dipotong tipis rendam kedalam air kapur sirih.
  4. Haluskan bumbu halus, kemudian tambahkan kedalam rendaman singkong. Biarkan selama 60 menit.
  5. Angkat, kemudian jemur.
  6. Selanjutnya goreng singkong pada api sedang sambil terus diaduk. Setelah singkong mengering, angkat lalu tiriskan.
  7. Biarkan sampai kering dan dingin, kripik siap dimasukan kedalam toples dan siap disajikan.

 

b. Asin

Keripik singkong asin banyak sekali dijual dipasaran. Berikut ini adalah reserp keripik ubi singkong rasa asin bawang putih

Bahan:

  • 500 gr singkong
  • Minyak goreng untuk menggoreng
  • Bawang putih
  • Garam

Langkah-langkah:

  1. Kupas singkong, cuci, lalu kukus sampai matang
  2. Setelah singkong matang, angkat biarkan dingin
  3. Iris singkong tipis-tipis
  4. Haluskan bawang putih plus garam, lalu beri air secukupnya lalu rendam irisan singkong
  5. Goreng singkong hingga warna kuning kecoklatan
  6. Angkat dan sajikan

 

c. Cokelat

Bila Anda tidak suka asin dan lebih suka rasa yang manis, maka keripik singkong cokelat lebih tepat untuk Anda. Begini resepnya untuk anda.

Bahan:

  • 750 gram singkong, diiris tipis
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • 1 sendok teh garam
  • 500 ml air es
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis:

  • 200 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
  • 2 sendok teh cokelat bubuk
  • 1/4 sendok teh garam

Langkah-langkah:

  1. Larutkan kapur sirih, garam, dan air es, kemudian rendam singkong. Diamkan 30 menit.
  2. Tiriskan singkong. Cuci bersih. Lap sampai kering.
  3. Panaskan minyak,lalu goreng singkong hingga matang.
  4. Siapkan campuran untuk salutan keripik singkong. Salutan dibuat dari campuran garam, air, cokelat bubuk, kayu manis bubuk, dan gula pasir. Aduk hingga bumbu merata.
  5. Masak sambil diaduk sampai berbusa. Masukkan singkong. Aduk rata. Matikan api. Aduk sampai kering.

 

d. Gurih Keju

Setiap ada makanan dengan rasa cokelat, biasanya ada pula yang rasa keju. Inilah resep keripik ubi singkong keju.

Bahan:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 gram singkong kukus, dihaluskan
  • 20 gram tepung maizena
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • 30 gram margarine
  • 50 gram keju cheddar parut
  • 1 sendok teh garam
  • 25 ml air es
  • Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah:

  1. Aduk bahan sampai bergumpal.
  2. Giling adonan di gilingan mi mulai dari gilingan yang paling tebal (nomor 1). Setelah 2-3 kali giling, masukkan ke nomor 2. Giling lagi 2-3 kali, kemudian masukkan ke gilingan nomor 3. Begitu seterusnya hingga di gilingan nomor 8.
  3. Potong segitiga. Kerat sedikit bagian tengahnya.
  4. Masukkan bagian yang lancip ke tengahnya.
  5. Goreng dalam minyak yang panas.

 

e. Pedas

Suka yang pedas-pedas? Resep keripik ubi singkong pedas ini dapat anda coba.

Bahan:

  • ½ kg singkong
  • 8 bawang putih
  • 75 gram cabai merah
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 ½ sendok teh garam
  • Minyak goreng

Bahan Rendaman:

  • 1 sendok teh kapur sirih
  • 1 sendok teh garam

Langkah-langkah:

  1. Iris singkong tipis-tipis.
  2. Campurkan sirih dan garam di dalam air untuk merendam.
  3. Masukkan irisan singkong kedalam air rendaman. Angkat.
  4. Rendam kembali di air bersih. Biarkan beberapa waktu agar air sedikit hilang.
  5. Gunakan minyak yang banyak dalam masa penggorengan dan menggunakan api sedang.
  6. Setelah kuning keemasan, tiriskan
  7. Tumbuk cabai dan bawang. Tumis kemudian tambahkan gula dan garam. Biarkan sampai berbau harum.
  8. Masukkan keripik dan aduk merata.
  9. Angkat dan sajikan.

 

f. Sanjai

Rasa pedas biasa tentu berbeda dengan rasa pedas balado padang. Bagi anda orang Padang, mungkin keripik sanjai ini merupakan makanan sehari-hari. Berikut ini adalah resep keripik ubi sanjai

Bahan:

  • Singkong putih 0,5 kg
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng (untuk merendam) secukupnya

Bahan Sambal:

  • 15 buah cabai merah (dibuang bijinya)
  • 5 siung bawang putih
  • 5 sdm gula pasir 5 sdm
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt cuka asetat
  • 3 sdm minyak goreng 

Langkah-langkah:

  1. Iris singkong tebal sekitar 0,5 cm.
  2. Balur dengan sedikit garam dan rendam dalam minyak goreng, hingga terendam semua. Perendaman bisa dilakukan hanya beberapa menit saja.
  3. Goreng singkong hingga matang dan berwarna putih agak kekuningan.
  4. Kemudian diangkat dan ditiriskan.
  5. Untuk sambal, cabai merah, bawang putih, gula pasir, dan garam ditumbuk hingga halus,
  6. Cuka asetat ditambahkan dan diaduk-aduk.
  7. Sambal ditumis dengan 3 sendok makan minyak goreng. Setelah matang, api dikecilkan.
  8. Keripik singkong dimasukkan ke dalam larutan sambal hingga terbalur merata.
  9. Celupkan kuas ke dalam sambal, kemudian oleskan ke permukaan atas dan bawah keripik.
  10. Setelah sambal dingin, keripik sanjai bisa disimpan dalam toples atau dikemas dalam plastik.

 

Varian Lain

Selain resep keripik ubi diatas, kalian juga bisa membuat varian sesuai yang kalian suka

Varian Bumbu Tabur :

  • Ayam Bakar
  • Ayam Bawang
  • Keju Pedas
  • Ayam Panggang
  • Balado
  • Cheese
  • Jagung Bakar
  • Jagung Manis
  • Sapi Panggang
  • Jagung Mentega
  • Jagung Pedas
  • BBQ
  • Pizza
  • Seaweed
  • Pedas Manis
  • Original
  • Chili Powder
  • Chili Pedas Raja Setan

Cara pengolahan keripik singkong :

  • Kupas, kemudian dicuci hingga bersih lalu iris tipis-tipis dengan menggunakan alat pengiris untuk membuat keripik.
  • Larutkan kapur sirih dengan air bersih, lalu campurkan bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan, aduk hingga merata. Kemudian rendam irisan singkong kedalamnya hingga 30 menit, angkat lalu tiriskan.
  • Kemudian goreng irisan singkong dengan minayak yang banyak agar terendam semua hingga matang dan kering, angkat lalu tiriskan .
  • Taburkan varian rasa bumbu tabur tersebut yang kita sukai atau selera kita dengan singkong yang sudah di goreng dan di tiriskan. Kocok hingga bumbu tabur dan keripik singkong tersebut merata.
  • Keripik singking siap disajikan

 

Rahasia Kerenyahan Keripik

Resep keripik singkong diatas sebetulnya tidaklah sulit. Berikut ini adalah trik agar keripik singkong kalian bisa renyah:

  • Agar keripik singkong kalian bisa renyah, gunakanlah larutan kapur sirih. Sebelum dicampur bumbu dan digoreng, irisan singkong terlebih dahulu harus direndam dengan menggunakan air dingin (suhu normal) yang dicampur dengan kapur sirih.
  • Sebelum digoreng, jemur singkong dibawah sinar matahari hingga kering.
  • Untuk menggoreng singkong, gorenglah 2 kali dengan 2 wajan berbeda wajan pertama digunakan untuk menggoreng singkong hingga setengah atang, wajan kedua digunakan untuk menggoreng singkong hingga matang.
  • Selain itu, saat menggoreng keripik singkong, gunakan minyak sayur dalam jumlah yang banyak agar keripik singkong dapat tercelup semua dan dalam kondisi panas sempurna.

 

Berbagai resep keripik ubi diatas dapat kalian aplikasikan jika kalian ingin membuat keripik sebagai camilan sendiri. Kita bisa menciptakan keripik ubi yang sehat sesuai selera kita.

Sekian pembahasan tentang resep keripik ubi diatas, semoga bermanfaat. Selamat Mencoba!!

Good Luck!!😁😁

 

The post Resep Keripik Ubi appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Resep Keripik Pepaya Bikin Ketagihan https://mesinvacuumfrying.id/resep-keripik-pepaya/ Thu, 04 Jul 2019 10:17:00 +0000 https://mesinvacuumfrying.id/?p=1655 Resep Keripik Pepaya – Hello guys, keripik pepaya mungkin asing bagi kalian. Namun pada artikel kali ini kita akan membahas tentang resep keripik pepaya. Pepaya adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara Amerika Selatan. Pohon pepaya sekarang sudah tersebar luas dan banyak ditanam di daerah-daerah tropis. Buah pepaya dimakan dagingnya baik […]

The post Resep Keripik Pepaya Bikin Ketagihan appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Resep Keripik Pepaya – Hello guys, keripik pepaya mungkin asing bagi kalian. Namun pada artikel kali ini kita akan membahas tentang resep keripik pepaya.

Pepaya adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara Amerika Selatan. Pohon pepaya sekarang sudah tersebar luas dan banyak ditanam di daerah-daerah tropis.

Buah pepaya dimakan dagingnya baik ketika muda maupun sudah masak. Daging pepaya muda biasanya dimasak sebagai sayuran, Lain hanya dengan daging buah pepaya yang sudah masak yang bisa dimakan secara langsung.

Selain daunnya pepaya dimanfaatkan daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda biasanya dimanfaatkan sebagai lalapan dan dijadikan sebagai pembungkus buntil.

Bunga pepaya biasanya juga dimasak dengan cara dijadikan urap. Untuk getah pepaya dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pelunak daging.

Pohon pepaya umunya tidak bercabang dan hanya mempunyai tinggi sekitar 5-10m dengan daun yang membentuk serupa spiral pada batang ppohon bagian atas


 

Jenis-Jenis Pepaya

Sebelum membahas resep keripik pepaya, mari kita ketahui jenis-jenis pepaya yang ada di dunia

1. Hawai

Jenis pepaya hawai yaitu salah satu tipe pepaya solo. Pepaya solo berarti pepaya yang hanya habis dimakan oleh satu orang saja. Oleh karena itu, pepaya itu memiliki bentuk yang agak bulat kecil dan hanya sekitar 0.5 KG, namun mempunyai buah yang cukup tebal dan berwarna kuning.

2. Bangkok

Pepaya bangkok adalah pepaya yang berasal dari Thailand pada tahun 70an. Pepaya bangkok diunggulkan karena ukurannya yang besar dibandingkan dengan tipe pepaya yang lain. Beratnya dapat mencapai 3,5 Kg perbuahnya dan berwarna jingga kemerahan.

3. Cibinong

Pepaya cibinong yaitu buah yang unik. Pasalnya buah ini jika masak tampak pada warna kulit buahnya yaitu warna kulit ujung buahnya berwarna kuning. Bobot pepaya cibinong biasanya mencapai 2,5 kg.

Pangkal buahnya kecil lalu mmebesar dibagian tengahnya dan lancip di ujungnya. Untuk warna dagingnya merah kekuningan.

4. California

Pepaya california yaitu tipe pepaya yang sangat laku dipasaran. Pohon pepaya california tumbuh subur di Indonesia tanpa mengenal musim.

Pohon pepaya california lebih pendek dari pohon pepaya yang lain, yaitu kurang dari 2 m. Untuk daging buahnya tebal dan kulitnya pun tebal serta berbobot kira-kira 600 Kg – 2 Kg.

5. Pepaya Gunung

Jenis pepaya ini bisanya ditemukan di Wonosobo dan biasanya disebut dengan carica. Untuk buah yang belum masak berwarna hijau dan yang sudah masak biasanya berwarna kuning.


 

Resep Keripik Pepaya

Ada 2 cara dalam membuat keripik pepaya. Berikut ini adalah cara membuat keripik pepaya.

1. Cara Pertama

Berikut ini adalah resep keripik pepaya dengan media mesin vacuum frying

Bahan-bahan

  • 1 buah pepaya muda beratnya 5 kg
  • Minyak goreng sawit banyaknya 2 liter

Alat-alat

  • Pisau
  • Vacuum frying
  • Mesin Pemisah Minyak
  • Alumunium foil

Cara Membuat Keripik Pepaya Muda

  1. Pertama-tama hal yang harus anda lakukan adalah mengupas kulit buah pepaya. Bersihkan biji-bijinya, kemudian dicuci menggunakan air yang mengalir.
  2. Buah pepaya yang sudah dicuci lalu potonglah dengan bentuk sesuai selera anda.
  3. Buah pepaya yang sudah dibentuk sesuai selera bisa langsung dimasukkan ke dalam freezer. Dinginkan selama kurang lebih 24 jam.
  4. Siapkan mesin vacuum frying. Lalu diisi dengan minyak goreng yang jumlahnya disesuaikan dengan kapasitas mesin.
  5. Keluarkan irisan buah pepaya dari freezer.
  6. Masukkanlah irisan buah pepaya tersebut ke dalam mesin penggorengan (vacuum frying). Gorenglah pada suhu 85 derajat celcius.
  7. Pepaya yang sudah kering dapat anda angkat dari penggorengan. Proses terakhir, anda tinggal memasukkannya pada mesin pemisah minyak.
  8. Keripik buah pepaya pun siap disajikan. Agar awet, simpanlag di tempat yang kedap udara seperti plastik yang bahannya dari alumunium foil.

2. Cara Kedua

Berikut ini merupakan resep keripik pepaya dengan digoreng manual.Cara ini umum dilakukan, karena mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus.

  1. Siapkan buah pepaya yang akan dibuat keripik.
  2. Kupas buah pepaya, biang bijinya dan iris setebal 5 mm.
  3. Setelah itu, celupkan irisan buah pepaya kedalam air panas (95-98 derajat celcius) selama 3 menit sambil diaduk perlahan. Untuk 1 Kg irisan pepaya membuatuhkan 2 liter air panas.
  4. Lalu keringkan hingga air tersisa 6-8%.
  5. Goreng dalam minyak panas 165 derajat Celcius hingga 13-17 detik. Untuk masa penggorengan yang tidak lama maka keripik akan meresap minyak, dan jika kelamaan maka akan gosong.
  6. Setelah selesai digoreng, tiriskan dan kemaslah dalam wadah agar tetap renyah.

Manfaat Buah Pepaya Bagi Tubuh

Buah pepaya memang mengandung banyak nutrisi. Dari nutrisi tersebut, buah pepaya mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh. Diantara manfaat tersebut antara lain:

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Buah pepaya adalah salah satu dari banyak buah yang mengandung enzim papain. Enzim tersebut berguna untuk membantu pencernaan terutama dalam memecah protein. Buah pepaya juga mengandung banyak nutrisi lain, seperti vitamin A, karotenoid, lutein, asam amino, dan lain-lain yang mempengaruhi kinerja sel.

2. Sebagai Cadangan Energi

Selain memperlancar sistem pencernaan, buah pepaya juga mempunyai manfaat untuk memberikan cadangan energi bagi tubuh. Yaitu saat banyak melakukan aktivitas fisik, seperti kerja, kuli, olahraga, dan lain-lain agar tidak cepat lelah.

3. Mencegah Insomnia

Insomnia adalah salah satu gangguan tidur seseorang, dimana orang tersebut tidak mendapatkan tidur yang cukup. Buah pepaya merupakan buah yang dapat mencegah insomnia yang terjadi saat tidur, dan mendapatkan tidur yang nyenyak.

4. Memperbaiki Daya Tahan Tubuh

Saat sakit bisanya kuta mengonsumsi buah tak terkecuali jeruk. Namun pepaya adalah buah yang lebih kaya vitamin C dari pada jeruk, yaitu sekitar 33% lebih banyak. Selain itu khasiat buah pepaya juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Membuat Kulit Mulus.

Khasiat buah pepaya sangat baik bagi perempuan yang menyukai perawatan kulit alami. Buah pepaya mengandung vitamin E dimana vitamin tersebut sangat berpengaruh bagi kulit untuk mencegah flek-flek hitam di kulit.

6. Kulit Pepaya Untuk Obat Ruam

Kulit pepaya sangat berguna untuk mengobati ruam dan kulit yang terbakar matahari. Sensasi dingin dari kulit pepaya akan memberikan efek yang baik pada kulit.

7. Bagus Untuk Program Diet

Satu buah pepaya ukuran medium mengandung 119 kalori yang bisa anda konsumsi disela-sela diet anda tanpa harus takut akan mengalami peningkatan berat badan.

8. Daun Pepaya untuk Mengurangi Risiko Kanker dan Tumor

Daun pepaya sangat berguna untuk mencegah kanker dan tumor pada tubuh dan mengendalikan kanker tanpa toksisitas.

9. Menjadi Anti Parasit

Biji kering dalam buah pepaya sangat berguna untuk mengobati parasit pada usus manusia. Biji tersebut mengandung protein dan dapat dikunyah atau ditelan untuk menghilangkan sebagian besar parasit.

10. Baik Untuk Rambut

Pepaya mengandung senyawa yang sangat baik untuk membuat rambut subur dan lebat. Selain pada rambut, pepaya juga sangat baik bagi kuku agar tidak mudah patah.

11. Membantu Mencegah Penyakit Jantung

Pepaya juga sangat baik untuk kesehatan organ vital seperti jantung. Kandungan vitamin C dan likopen pada pepaya dapat menguatkan fungsi jantung.

12. Mehilangkan Risiko Asma

Kandungan beta karoten pada pepaya baik untuk mencegah pengembangan risiko penyakit asma.

13. Menyehatkan Tulang

Asupan vitamin K pada pepaya membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi urine yang berarti ada lebih banyak kalsium didalam tubuuh untuk memperkuat dan membangun kembali tulang.

14. Mengatasi Diabetes

Khasiat pepaya ternyata dapat mengatasi diabetes. Serat yang tinggi pada pepaya dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah. Mengonsumsi pepaya dapat memenuhi 3 gram serat atau 17 gram karbohidrat.

15. Mengurangi Peradangan

Kolin dalam buah pepaya berfungsi untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impuls syaraf, membantu peyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis.

16. Baik untuk Menyehatkan Mata

Antioksidan dalam buah pepaya dapat menyaring sinar biru yang berbahaya. Antioksidan ini memainkan peran protektif dalam kesehatan mata, dan dapat menangkal degenerasi makula.


 

Akibat Makan Pepaya Berlebihan

Disamping manfaat yang luar biasa dari buah pepaya, ada beberapa efek samping jika makan buah pepaya secara berlebihan. Efek samping tersebut antara lain:

1. Dapat Menyebabkan Keguguran

Pepaya sering dapat menyebabkan alergi lateks pada seseorang, dan ini bisa berpotensi berbahaya bagi ibu serta bayi yang belum lahir.

Enzim papain di pepaya dapat menekan progesteron yang diperlukan dalam mempersiapkan uterus untuk pembuahan. Papain juga dapat merusak selaput tertentu di tubuh wanita yang penting untuk perkembangan janin.

Selain itu, papain yang terkandung dalam pepaya dapat meracuni janin dan menyebabkan cacat lahir pada bayi baru lahir.

2. Menyebabkan Masalah Pencernaan

Papain juga dapat menenangkan perut, tetapi juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi dengan berlebihan. Pepaya diketahui kaya serat, namun terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Kulit buah pepaya mengandung lateks, yang dapat mengiritasi lambung dan menyebabkan rasa sakit.

Selain itu, papain dalam buah bekerja dengan baik dalam memecah serat, tetapi jika serat tidak dicerna dengan baik akan mengalami kembung. Sementara pada individu tertentu, pepaya juga dapat menyebabkan diare dan sembelit.

3. Mengakibatkan Gangguan Pernapasan

Papain dalam buah pepaya juga merupakan potensial alergi. Orang yang mengonsumsi banyak pepaya, akhirnya menelan papain berlebihan dan ini dapat menyebabkan alergi pernapasan.

Beberapa di antaranya termasuk asma, mengi, hidung tersumbat, dan dalam kasus yang parah, bahkan menyebabkan kesulitan bernapas. Ini juga bisa menjadi masalah bagi ibu hamil, karena alergi pernapasan dapat memengaruhi janin, yang mengakibatkan komplikasi.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah Terlalu Banyak

Meski penelitian tentang ini masih terbatas, tetapi beberapa sumber menunjukkan orang yang telah minum obat diabetes harus menghindari pepaya karena mungkin akan menurunkan kadar gula darah terlalu banyak.

5. Merusak Esofagus

Terlalu banyak makan pepaya dapat merusak kerongkongan (esofagus). Namun, bila dikonsumsi dalam jumlah normal (sekitar 150 gram) baik-baik saja.

6. Berinteraksi dengan Obat-Obatan

Pepaya diketahui dapat berinteraksi dengan warfarin, obat yang digunakan untuk memperlambat pembekuan darah. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko memar dan pendarahan. Buah pepaya juga dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah.

7. Mengarah ke Batu Ginjal

Vitamin C yang terkandung dalam buah pepaya yang apabila kelebihan dapat menyebabkan gejala toksisitas, termasuk batu ginjal. Setelah vitamin C dimetabolisme dalam tubuh, akan menghasilkan oksalat yang bisa berubah menjadi batu.

8. Bisa Tidak Aman untuk Bayi

Pepaya mungkin tidak aman untuk bayi di bawah usia satu tahun. Kelebihan serat dalam buah pepaya bisa menjadi penyebabnya. Hal ini dapat menyebabkan diare pada bayi, dan bahkan sembelit (karena kelebihan serat).

9. Mengiritasi dan Menghitamkan Kulit

Mengaplikasikan pepaya pada kulit dapat menyebabkan iritasi. Dan terlalu banyak makan pepaya bisa memengaruhi warna kulit menjadi lebih kuning-oranye. Hal ini karena kadar beta-karoten (kelebihan yang menyebabkan perubahan warna kulit) di sistem menurun.

10. Risiko Alergi lain

Buah pepaya bisa menyebabkan alergi lainnya, karena papain dalam buah ini atau serbuk sari dari bunga yang bisa saja menempel pada kulit buah. Adapun beberapa reaksi yang ditimbulkan antara lain, pembengkakan pada mulut dan wajah, pusing, sakit kepala, gatal dan ruam di sekitar mulut dan lidah, serta kesulitan menelan.


 

Tips Memilih Buah Pepaya yang Baik

Jika ingin membeli pepaya, ada beberapa hal yang patut diperhatikan agar tidak tertipu bagian luarnya saja. Berikut adalah tips dalam memilih buah pepaya.
  • Tekstur

Sebelum anda membeli, cek dulu kepadatan buah pepaya. Pastikan pepaya yang anda beli sedikit empuk saat ditekan. apabila keras, berarti pepaya tersebut belum masak, dan apabila terlalu lunak, pepaya tersebut hampir busuk.

  • Warna

Perhatikan warna buah pepaya yang anda beli. Pastikan bahwa pepaya yang telah matang akan berwarna kuning kemerahan. Pepaya yang masih hijau rasanya tidak manis, dan cocok bagi anda yang suka memasak pepaya muda.

  • Aroma

Salah satu jaminan kematangan buah adalah dari baunya. Anda perlu mencium dasar pepaya atau batangnya yang telah dipotong. Pepaya yang bagus memiliki aroma yang khas dan manis lembut. Anda sebaiknya menghindari pepaya yang baunya terlalu menyengat, karena kemungkinan pepaya tersebut sudah lama.


Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Keripik Buah

Keripik buah sangat banyak jenisnya, namun ada hal yang harus diperhatikan dalam membuat keripik buah.

Untuk membuat keripik buah yang renyah, jangan menggunakan buah yang sudah terlalu matang. Buah yang terlalu matang mempunyai kandungan kadar gula yang tinggi, sehingga akan mudah gosong saat digoreng.

Buah yang matang juga memiliki tekstur yang lembek, sehingga akan susah diiris dan susah kering saat digpreng. Karena itu gunakanlah buah yang mangkal dan sudah memiliki rasa manis namun teksturya masih keras.

Irisan buah haruslah rendah kadar air. Untuk mengurangi kadar airnya dapat dilakukan dengan metode pengovenan, disimpan dalam freezer maupun dijemur. Saat kering, buah akan lebih mudah digoreng, dan tidak menyerap banyak minyak atau sama sekali tidak menyerap minyak.


 

Tips Agar Keripik Tetap Renyah

1. Disimpan dalam Wadah atau Toples yang Tertutup Rapat

Jika kamu ingin keripik yang setelah digoreng tetap renyah, maka kamu perlu menyimpannya di wadah atau toples yang tertutup rapat. Pilih toples yang kualitasnya baik pada bagian tutupnya, makin rapat makin baik.

2. Jangan Terlalu Sering Membuka dan Menutup Wadah

Apabila terlalu sering membuka dan menutup wadah, maka angin akan masuk. Hal tersebut tentunya bisa membuat keripik menjadi cepat melempem.

3. Akali Dengan Tisu atau Kertas Makanan

Letakkan kertas itu pada bagian tutup toples, kemudian tutup toples. Hal ini akan mencegah mengalirnya udara dari luar ke dalam yang menyebabkan keripik akan cepat melempem.

4. Menyimpannya di Lemari Es

Dengan menyimpan keripik dalam lemari pendingin juga akan membuat keripik lebih tahan dan awet dalam waktu lebih dari satu minggu.

 


Gimana pembahasan diatas?? menarik bukan? semoga artikel diatas membantu kalian semua yang ingin mendirikan usaha maupun cuma coba-coba membuat cemilan ala kalian sendiri. Demikian pembahasan seputar tentang resep keripik pepaya nan gurih dan semoga bermanfaat.

Selamat Mencoba 😊😊😊😊

 

 

 

 

The post Resep Keripik Pepaya Bikin Ketagihan appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Cara Membuat Emping Jagung dan Penjelasannya https://mesinvacuumfrying.id/cara-membuat-emping-jagung/ Fri, 21 Jun 2019 13:54:23 +0000 https://mesinvacuumfrying.id/?p=1646 Cara membuat emping jagung – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat emping jagung sederhana namun enak dan tahan lama. Siapa sih yang tidak kenal dengan emping jagung? Ya emping jagung adalah camilan yang dibuat dengan bahan utama yaitu jagung. Jagung ini sering dibuat menjadi olahan makanan ringan yang disukai oleh berbagai […]

The post Cara Membuat Emping Jagung dan Penjelasannya appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Cara membuat emping jagung – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat emping jagung sederhana namun enak dan tahan lama.

Siapa sih yang tidak kenal dengan emping jagung? Ya emping jagung adalah camilan yang dibuat dengan bahan utama yaitu jagung.

Jagung ini sering dibuat menjadi olahan makanan ringan yang disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Salah satu olahan makanan ringan yang banyak disediakan adalah emping jagung..

Cemilan emping jagung ini sangat cocok untuk menemani waktu santai, harganya yang sangat terjangkau ini membuat makanan ringan yang gurih ini laris dipasaran. Saat ini sudah ada banyak pabrik dan pengusaha makanan ringan yang memproduksi keripik jagung karena banyaknya minat dari kalangan masyarakat.

Sebetulnya jenis olahan yang dibuat dengan menggunakan bahan baku jagung ini memang tak terbatas. Untuk olahan makanan ringan yang banyak digemari masyarakat dan bahkan sudah tidak asing lagi adalah olahan makanan ringan seperti emping jagung ini.

Varian rasa dari emping jagung banyak sekali, seperti balado, keju, dan aneka varian rasa lainnya sesuai dengan kreatifitas si pembuatnya. Saat ini emping jagung sangat mudah didapatkan karena sudah banyak tersedia di berbagai pasar tradisional maupun di swalayan dan supermarket.

Harga dari olahan emping jagung ini pun juga sangat terjangkau sehingga semua kalangan masyarakat bisa menikmati olahan emping jagung.

Tidak hanya dijadikan sebagai cemilan saja, emping jagung juga sering dijadikan jajanan pada saat lebaran atau acara-acara tertentu lainnya. Cita rasa dari olahan emping jagung sangat renyah sehingga banyak masyarakat yang ketagihan dengan cita rasa yang dihasilkan dari emping jagung ini.


Kandungan Gizi Dalam Jagung

Gizi dalam jagung juga tidak bisa dianggap sepele. Jagung mengandung banyak nutrisi, diantaranya yaitu serat, folat, tiamin, fosfor, vitamin C, dan magnesium. Sayuran yang seringnya ditemukan dengan warna kuning ini masuk sebagai sumber karbohidrat.

Jika kamu merebus 100 gram jagung kamu akan mendapatkan 96 kalori. Jagung juga mengandung cukup banyak air, namun jagung juga rendah lemak dan protein. Bahkan jagung mengandung omega 3 dan 6 meski hanya sedikit.

Seperti halnya sayuran lain, jagung juga mengandung serat. Pada setiap 20.32 cm jagung kamu bisa mendapatkan 3 gram serat. Selain itu, jagung juga mengandung antioksidan yang bagus untuk tubuhmu.

Vitamin A dalam biji jagung 10 kali lebih tinggi dibandingkan tanaman biji-bijian lain. Biji jagung adalah biji yang bebas gluten sehingga banyak dimasukkan dalam makanan diet rendah gluten.


Jenis-Jenis Jagung

Mungkin kebanyakan orang hanya mengenal jagung manis yang biasa mereka gunakan untuk bahan makanan. Tapi tahukah anda jika ada banyak jenis jagung di dunia ini, diantaranya:

1. Dent Corn (Jagung Gigi Kuda)

Jagung ini memiliki ciri khas berupa lekukan dibagian tengah atau bagian atas biji. Bijinya berukuran besar dan terbagi dalam beberapa baris dan warna kuning, putih, kadang berwarna lain dan cocok untuk dibuat tepung jagung.

Di Indonesia, jenis jagung ini jarang ditanam karena tidak tahan terhadap hama bubuk. Sedangkan di Amerika, jenis jagung ini sering dijadikan sebagai makanan ternak.

2. Flint Corn (Jagung Mutiara)

Jenis jagung ini memiliki bentuk biji agak bulat dan ukurannya lebih kecil dari pada biji jagung gigi kuda. Warna biji bervariasi, yakni putih, kuning, dan ada juga yang merah.

Di Amerika Serikat dan Argentina sebagian besar jagung mutiara digunakan untuk keperluan pakan ternak. Di Indonesia jagung ini dimanfaatkan untuk pakan ternak.

3. Sweet Corn (Jagung Manis)

Di Indonesia jagung ini biasanya dibuat sirup atau pemanis buatan. Ciri jagung ini, yaitu biji-biji yang masih muda dan berwarna cerah, sedangkan biji yang telah tua akan berkerut.

Sweet corn biasanya diolah menjadi campuran masakan sayur asem, sayur sop, sayur bayam, bakwan jagung, jagung bakar, bahkan jenang jagung

4. Pop Corn (Jagung Berondong)

Ciri jagung berondong adalah bijinya kecil dan hampir seluruh endosperm merupakan bagian yang keras. Jagung ini akan mengembang 30X lipat jika terkena panas dari volume awal.

Jenis jagung ini dibedakan menjadi 2, yaiu ripe popcorn yang bijinya pipih, meruncing, dan pear popcorn yang bijinya bulat.

5. Pod Corn (Jagung Pod)

Jagung ini pertama kali ditemukan di Amerika Selatan. Ciri khas jagung ini, yaitu bijinya diselubungi oleh kelobot sehingga biji pod cornnya seakan tidak nampak.

6. Waxy Corn (Jagung Ketan)

Jagung ketan biasanya disebut dengan jagung pulen karena kadar amilo peptinnya yang tinggi. Bijinya kecil berwarna mengkilap seperti lilin dan zat patinya menyerupai tepung tapioka.

Waxy Corn berasal dari Asia dan memiliki ekonomis tinggi karena dapat menggantikan kedudukan tepung tapioka dan bahan pengganti pakan ternak.

7. Flour Corn (Jagung Tepung)

Banyak dikembangkan di Amerika Selatan, dan berchiri khas, yaitu hampir seluruh bijinya terdiri atas pati yang menyerupai tepung dan lunak. Jenis jagung ini sangat cocok diolah menjadi tepung maizena.


Manfaat Jagung Bagi Tubuh

Kandungan gizi jagung banyak sekali dan sangat bermanfaat bagi tubuh, sehingga jangan sepelekan jagung. Beberapa diantara manfaat jagung adalah

Melancarkan Pencernaan

Serat dalam jagung membantu proses pencernaan. Menurut penelitian, satu porsi jagung dapat memenuhi kebutuhan 10% serat setiap hari.

Baik Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil perlu mengonsumsi jagung. Sebab makanan ini kaya akan asam folat. Sementara asam folat sendiri adalah nutrisi yang diperlukan untuk menurunkan risiko bayi lahir cacat.

Menyehatkan Mata

Mengonsumsi jagung setiap hari juga mampu menyehatkan mata. Pasalnya jagung mengandung carotenoid yang menurunkan risiko kerusakan pada mata di usia senja.

Menyehatkan Jantung

Mengonsumsi jagung dalam porsi yang tepat akan sangat berguna bagi kesehaatan jantung. Kegunaannya carotenoid pada jagung berperan dalam menurunkan risiko penggumpalan dara pada pembuluh arteri.

Kaya Kalori dan Vitamin

Setiap 100 gram jagung, anda akan mendapat 342 kalori yang terkandung di dalamnya. Jagung juga kaya akan vitamin B kompleks yang berguna untuk menjaga kesehatan saraf.

Kaya Mineral

Jagung mengandung beberapa mineral,yaitu magnesium, mangan, zat besi, tembaga, seng, dan selenium. Seluruh mineral tersebut berperan dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mencegah Anemia

Jika terserang anemia, mungkin konsumsi jagung perlu ditingkatkan. Sebab anemia biasanya disebabkan oleh kondisi kekurangan vitamin B12, asam folat, dan zat besi.

Mengontrol Diabetes

Didalam jagung terdapat senyawa yang dapat mengontrol diabetes, sehingga jika anda menderita diabetes disarankan mengonsumsi jagung pada porsi yang tepat.

Melawan Kanker

Jagung juga kaya akan antioksidan yang membantu melawan beberapa jenis kanker, misalnya kanker payudara dan kanker hati. Jagung punya peran dalam membunuh sel kanker yang megganggu kesehatan tubuh.

Menyehatkan Kulit

Produk jagung dalam bentuk minyak adalah produk kecantikan yang mulai banyak ditemukan di pasaran. Minyak jagung juga daoat menyehatkan kulit secara alami. Ini sangat cocok bagi anda yang ingin cantik secara alami.

Dari manfaat-manfaat tersebut dapat disimpulkan bahwa kandungan dalam jagung memiliki fungsi yang sangat baik bagi tubuh dan mengonsumsi jagung sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dari tubuh.


 

Cara Membuat Emping Jagung

Cara membuat emping jagung memang tidaklah sulit, namun harus tetap memperhatikan beberapa hal agar kualitas dari emping jagung bisa maksimal. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan emping jagung yang harus anda ketahui.

1. Pemilihan Bahan

Untuk menghasilkan emping yang berkualitas, pilihlah jagung yang sudah tua dan memiliki kualitas yang baik dalam arti tidak berpenyakit dan memiliki butiran jagung yang bagus.

Selain itu untuk menghasilkan ukuran emping yang sedang atau agak besar, pilihlah biji jagung dengan ukuran yang lumayan besar. Selain itu pemilihan biji jagung yang besar memudahkan kita dalam membuat emping jagung agar tidak mudah hancur.

2. Proses Memipil Jagung

Memipil jagung yaitu memisahkan biji jagung dengan tongkolnya dan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Namun untuk menghemat waktu dan tenaga, proses ini disarankan menggunakan mesin pemipil jagung.

3. Perebusan dengan Kapur

Jagung yang telah dicuci hingga bersih, selanjutnya adalah direbus dalam air yang sudah diberi campurn kapur. Jumlah kapur yang digunakan dalam perebusan ini adalah sekitar 2-4% dari total berat jagung yang direbus.

Tujuan dari perebusan inni adalah untuk menghilangkan kulit ari atau kulit tipis yang menyelimuti biji jagung. Jika kulit arinya sudah hancur maka jagung akan licin bila dipegang.

4. Proses Perendaman

Setelah direbus dengan kapur, biji jagung dicuci sampai bersih sampai bau kapur tidak ada lagi. Barulah jagung tersebut direndam semalaman dalam air bersih agar biji jagung lebih mudah diolah ketika proses pengukusan jagung.

5. Pengukusan Jagung

Setelah direndam, jagung akan dikukus selama satu jam yang akan membuat biji jagung mengalami gelatinisasi, namun pastikan agar jagung tida terlalu matang. Bila gelatinisasi ini berlebihan,maka biji jagung akan mudah sekali untuk hancur saat dipipihkan.

6. Proses Mengemping

Proses selanjutnya adalah mengemping atau memipihkan biji jagung yang telah dikukus. Agar mudah dipipihkan biji jagung haruslah dalam keadaan masih panas dan lunak.

Untuk proses memipihkan ini sebaiknya menggunakan mesin pemipih yan dilengkapi dengan roll yang terbuat dari bahan plastik. Jagung yang telah dipipihkan dan baru keluar dari mesin biasanya lunak dan mudah hancur.

7. Pengeringan dan Penyortiran

Jagung yang sudah dipipihkan, kemudian dikeringkan dengan cara dijemur dibawah terik panas matahari.Biasanya proses penjemuran ini akan memakan waktu sekitar 1-2 hari.

Emping yang sudah kering lalu disortir dengan cara diayak untuk mendapatkan ukuran emping yang seragam.

8. Penggorengan

Emping yang sudah benar-benar kering bisa langsung digoreng. Saat menggoreng sebaiknya tidak terlalu sering diaduk agar tidak hancur. Proses penggorengan juga tidak membutuhkan waktu lama karena emping mudah mengembang dan cepat matang.

Untuk penirisan emping sebaiknya menggunakan mesin peniris atau sering disebut dengan spinner. Bila emping masih mengandung banyak minyak, maka akan mempegaruhi rasa, kualitas, sekaligus ketahanan dari emping tersebut.

9. Penambahan Bumbu

Bumbu biasanya digunakan untuk menambah cita rasa dari suatu makanan. Penambahan bumbu dalam emping jagung ini dilakukan ketika proses penggorengan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan cara menambahkan bumbu pada emping berikut.

  • Siapkan larutan bumbu yang terbuat dari campuran bawang putih dan garam.
  • Goreng emping mentah dalam minyak panas.
  • Saat emping mulai mengembang, tuang larutan bumbu pada emping yang sedang digoreng.
  • Goreng emping beberapa saat, kemudian angkat dan tiriskan.

*Penambahan bumbu saat digoreng tersebut hanya berlaku pada cara membuat emping jagung rasa gurih. untuk varian lain seperti balado, pedas, dan lain-lain tidak dianjurkan karena bumbu akan larut dalam minyak.


 

Olahan Lain Selain Emping Jagung

Selain olahan emping jagung diatas, ada olahan lain dari jagung, simaklah resep olahan berikut!

1. Perkedel Jagung

Bahan-bahan :

  1. 5 Buah Jagung Manis
  2. 250 Gram Tepung Terigu
  3. 1/2 Sendok Teh Garam
  4. 2 Buah Seledri
  5. 3 Siung Bawang Putih
  6. 3 Siung Bawang Merah
  7. 1 Buah Bawang Prei
  8. 1 Buah Telur

Cara Membuat :

  1. Kupas kulit jagung, lalu iris jagung sampai habis
  2. Haluskan bawang putih
  3. Iris tipis bawang merah, bawang prei, seledri
  4. Campurkan jagung yang sudah diiris dengan semua bahan beserta telur
  5. Lalu, campurkan tepung ke dalam adonan
  6. Setelah itu goreng adonan sampai berwana cokelat keemasan
  7. Finally, perkedel jagung ready to serve

2. Pudding Jagung

Bahan :

  1. 1 Buah Jagung Rebus Manis
  2. Bubuk Pudding Plain
  3. 500 ml air

Cara Membuat :

  1. Iris jagung yang sudah direbus
  2. Masukkan air, bubuk pudding plain dan jagung rebus yang sudah diiris ke dalam panci
  3. Rebus sampai mendidih
  4. Lalu angkat dan letakkan di cetakan
  5. Tunggu sampai dingin dan puding jagung siap dihidangkan

3. Jagung Parut Kelapa

Bahan :

  1. 5 Buah Jagung
  2. Kelapa Parut (ditambahkan sesuai selera)
  3. 1/4 Sendok Teh Garam
  4. 1 Sendok Makan Gula

Cara Membuat :

  1. Rebus jagung hingga matang
  2. Angkat dan tiriskan, lalu iris jagung
  3. Campurkan gula, parutan kelapa, dan garam dengan irisan jagung
  4. Aduk hingga merata
  5. Terakhir, sajikanlah Jagung Kelapa Manis

4. Jagung Goreng Pedas

Bahan :

  1. 3 Buah Cabai Rawit
  2. 1 Buah Cabai Besar
  3. 5 Buah Jagung
  4. 5 Siung Bawang Putih
  5. 3 Siung Bawang Merah
  6. 1/4 Sendok Teh Garam
  7. 1/2 Sendok Teh Gula

Cara Membuat :

  1. Potong jagung hingga tersisa butiran-butiran jagung saja
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, garam, gula, cabai rawit, dan cabai besar
  3. Tumis semua bumbu sampai Wangi
  4. Lalu, masukkan butiran jagung ke dalam tumisan
  5. Aduk terus sampai benar-benar merata dan meresap
  6. Terakhir, Jagung Goreng Pedas siap dihidangkan

5. Omellette Jagung

Bahan-bahan :

  1. 1 buah jagung
  2. 1 buah telur
  3. 3 buah seledri
  4. 2 buah bawang prei
  5. 1 siung bawang merah
  6. 1/4 sdt garam

Cara Membuat :

  1. Iris jagung hingga tersisa butir-butir jagung
  2. Hancurkan kasar butir-butir jagung
  3. Iris tipis bawang merah, bawang prei, seledri
  4. Siapkan mangkuk, campurkan seluruh bahan di dalam mangkuk beserta telur
  5. Setelah minyak panas, tuang adonan
  6. Tunggu sampai matang
  7. Omellette jagung siap disantap

 

Efek Samping Makan Jagung Berlebihan

Mengonsumsi jagungg secara berebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Bukannya manfaat yang didapat, namun penyakit yang serius. Berikut adalah efek samping makan jagung berlebihan.

1. Sulit Dicerna

Kandungan selulosa pada jagung membuat makanan ini sulit dicerna oleh tubuh.

2. Tinggi Gula

Jagung kaya akan gula dan bahan pati. Kondisi ini membuat jagung tidak baik jika dikonsumsi setiap hari.

3. Menyebabkan Masalah Pada Sistem Pencernaan

Kandungan protein pada jagung akan diubah tubuh menjadi gluten. Akibatnya kinerja dari usus akan terganggu.

4. Menyebabkan Peradangan

Kandungan lektin atau protein pada jagung tidak bisa dipecah oleh lektin. Hal ini menyebabkan iritasi pada usus dan menyebabkan peradangan.


 

Gimana penjelasan tentang seputar Cara Membuat Emping Jagung diatas. Sudah + bonus tentang manfaat, kandungan, dan olahan lain dari jagung. Tips diatas sangat mudah iikuti oleh sahabat cooker semua.

Masih banyak lagi varian yang dapat dikreasikan, dan sekarang mana yang ingin anda coba?? semoga artikel ini dapat membantu sahabat cooker semua untuk mengisi waktu luang. Emping jagung juga dapat dimakan bersama makanan seperti bakso dan lain-lain.

GOOD LUCK 👌 👌!!

The post Cara Membuat Emping Jagung dan Penjelasannya appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Resep Keripik Apel Menggugah Selera https://mesinvacuumfrying.id/resep-keripik-apel/ Thu, 20 Jun 2019 10:11:37 +0000 https://mesinvacuumfrying.id/?p=1617 Resep keripik apel – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang resep keripik apel yang mungkin tidak asing lagi di telinga kalian yang suka ngemil. Apel adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau […]

The post Resep Keripik Apel Menggugah Selera appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Resep keripik apel – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang resep keripik apel yang mungkin tidak asing lagi di telinga kalian yang suka ngemil.

Apel adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya.

Biasanya apel digunakan untuk bingkisan parsel atau hiasan meja makan bersama dengan buah-buahan yang lainnya. Kebanyakan apel bagus dimakan mentah-mentah (tak dimasak), dan juga digunakan banyak jenis makanan pesta.

Apel dimasak sampai lembek untuk dibuat saus apel. Apel juga dibuat untuk menjadi minuman sari buah apel. Terkadang apel juga dimakan sebagai makanan pembuka sebelum makan besar.

Demi mengurangi apel yang melimpah, sekarang banyak yang berinovasi dengan cara membuat keripik apel. Mungkin awalnya ada yang bertanya-tentang “bagaimana bisa apel bisa dirubah menjadi keripik???”. Namun nyatanya sekarang ada keripik yang dibuat dari apel.

Berbagai varian dari keripik apel telah dbuat, seperti keripik apel coklat, keripik apel manis, keripik apel madu, dan lain-lain.


 

Kandungan Dalam Buah Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat populer di dunia. Buah yang berasal dari Asia Tengah ini telah banyak dibudidayakan oleh berbagai negara dan telah menjadi salah satu makanan sehat bagi hampir seluruh penduduk di dunia.

Beberapa kandungan nutrisi dalam buah apel:

  1. Kalori
  2. Karbohidrat
  3. Air
  4. Protein
  5. Gula
  6. Serat
  7. Lemak yang rendah
  8. Vitamin A, C, D, E, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12
  9. Cholin
  10. Kalsium
  11. Zat Besi
  12. Magnesium
  13. Fosfor
  14. Potassium
  15. Sodium
  16. Seng

Dari banyaknya kandungan nutrisi dalam buah apel tersebut, dapat kita simpulkan bahwa buah apel adalah buah yang sangat sehat untuk dikonsumsi.


 

Manfaat Buah Apel

Buah yang berasal dari pohon apel ini, memiliki banyak manfaat jika kita konsumsi. Diantaranya adalah

1. Mencegah Risiko Alzheimer

Alzheimer adalah kelainan yang ditandakan dengan adanya penurunan daya ingat dan juga penurunan kemampuan berbicara dan berpikir.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Serat larut yang terdapat pada apel akan mengikat lemak di usus sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol.

3. Mengendalikan Berat Badan

Untuk menurukan berat badan, umumnya dokter menyarankan diet yang kaya serat. Apel merupakan salah satu makanan yang kaya dengan jumlah kalori yang relatif rendah.

4.  Meningkatkan SIstem KekebalanTubuh

Apel merah mengandung antioksidan yang disebut dengan Quercetin. Quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama saat mengalami stress.

5. Mencegah Katarak

Buah apel adalah buah yang kaya akan antioksidan yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit katarak sekitar 10% hingga 15%.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Senyawa pada kulit apel dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hati, usus besar, dan payudara.

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Apel merupakan buah yang kaya serat larut yang dapat mengendalikan gula darah dengan melepaskan zat gula kedalam aliran darah. Serat larut juga memiliki anti-inflamasi yang membantu penderita diabetes pulih lebih cepat dari infeksi.

8. Jantung yang Lebih Sehat

Senyawa fenolik yang terdapat pada kulit apel dapat mencegah peningkkatankadar kolesterol dengan memperkuat dinding pembuluh arteri atau pembuluh nadi dan mencegah pembentukan plak di dalam arteri.

9. Mencegah Batu Empedu

Apel yang kaya akan serat dapat membantu kita dalam mengendalikan kolesterol dan berat badan yang merupakan penyebab utama terbentuknya batu empedu.

10. Membantu Sistem Pencernaan

Apel mengandung serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga penyakit sembelit dan diare dapat dicegah. apel juga mengandung pekting yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus.


 

Resep Keripik Apel Renyah

1. Resep Keripik Apel

Berikut ini adalah resep keripik apel original yang dapa anda kreasikan dalam beberapa varian

Bahan :

  • Buah apel segar
  • Minyak goreng

Langkah-langkah:

  1. Kupas kulit buah apel segar menggunakan pisau hingga bersih, atau bisa juga anda menggunakan alat pengupas buah agar lebih cepat.
  2. Cucilah buah apel yang telah dikupas dengan air bersih.
  3. Iris apel tipis-tipis menggunakan pisau, atau juga bisa menggunakan alat pengiris yang memang dikhususkan dalam pengirisan bahan keripik.
  4. Rendamlah kembali irisan buah apel dalam air bersih selama kurang lebih 30 menit.
  5. Setelah warna coklat pada apel sudah agak pudar, angkat dan tiriskan.
  6. Kemudian goreng apel dalam minyak yangg mendidih hingga kecoklatan.
  7. Setelah itu, angkat dan tiriskan

 

Cemilan Lain Selain Keripik Berbahan Dasar Apel

Selain resep keripik apel diatas, dibawah ini kami sajikan resep-resep cemilan berbahan dasar apel

1. Apel Lapis Coklat

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 buah apel Fuji
  • 615 gram chocolate chips
  • 1 sendok makan minyak
  • 225 gram karamel, lelehkan
  • potongan kacang
  • stik es krim

Lengkah-langkah:

  1. Iris apel dan buang bijinya, buat potongan dibagian bawah apel menggunakan pisau agar stik es krim mudah masuk.
  2. Lelehkan chocolate chips lalu tambahkan minyak, aduk hingga rata.
  3. Celupkan apel kedalam lelehan coklat, tuangkan karamel yang telah dilelehkan keatas lapisan cokat dan taburi potongan kacang. Bekukan lalu sajikan.

 

2. Strawberry Yogurt Aple

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah apel merah, iris tebal
  • 1 cup plain yogurt
  • madu
  • strawberry, potong-potong
  • potongan kacang

Cara membuat

  1. Campur madu kedalam yogurt, aduk hingga rata.
  2. Letakkan yogurt diatas irisan apel dan tambahkan potongan strawberry dan taburi dengan kacang

 

3. Donat Apel

Bahan:

  • 3 buah apel hijau
  • 1 batang cokelat, lelehkan
  • 1 batang cokelat putih, lelehkan
  • selai kacang
  • chocolate chips, potongan kacang, meses (untuk topping)

Cara membuat:

  1. Potong apel dan lubangi bagian tengahnya. Untuk mencegah perubahan warna menjadi cokelat, tambahkan perasan lemon.
  2. Tambahkan lelhan cokelat dan selai kacang lalu taburi dengan topping favorit kalian.

 

4. Apel Slice Cookies

Bahan:

  • 1 buah apel merah
  • 1/4 cup selai kacang
  • 1-2 sendok makan kelapa parut
  • 1-2 sendok makan potongan kacang
  • 2 sendokmakan chocolaate chips
  • Air lemon

Cara membuat:

  1. Iris apel dan buang bijinya. agar apel tidak mudah berubah warna, beri sedikit air perasan lemon.
  2. Lapisi apel dengan selai kacang lalu tambahkan topping chocolate chips, kelapa parut, potongan kacang.

 

Efek Samping Makan Buah Apel Berlebihan

Disamping manfaat yang banyak kita ambil dari mengonsumsi buah apel, ternyata buah apel ada efek sampingnya, diantaranya:

1. Meningkatkan Gula Darah

Apel mengandung gula sehaat, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan menyebabkan gula dalam darah meningkat yang dapat menyebabkan penyakit diabetes.

2. Berat Badan Meningkat

Apel kaya aka karbohidrat sehat, serat dan nutrisi lainnya. namun mengonsumsi apel yang berlebihan mencegah tubuh untuk membakar lemak yang dapat mencegah penurunan berat badan.

3. Penyakit Jantung

Apel mengandung fruktosa yang tinggi dan hanya digunakan di hati. Ketika dihati fruktosa tersebut menghasilkan lemak yang disebut dengan trigliserida yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

4. Efek Berbahaya Biji Apel

Biji apel berbahaya karena mengandung sianida yag dimana jika dikonsumsi akan menyebabkan pelepasan sianida dalam lambung dan dapat menyebabkan kematian.

5. Reaksi Alergi

Sebelum mengonsumsi apel disarankan untuk mengonsumsi dokter untuk mengetahui jumlah apel yang boleh dikonsumsi.

6. Diare

Efek samping dari jus buah apel yang berlebihan akan menyebabkan diare. Selain itu, orang yang mengikuti diet jus apel sering menderita sakit kepala, pusing, dan kelelahan.

7. Melemahkan Enamel Gigi

Menggunakan cuka sari apel secara berlebihan dapat melemahkan enamel gigi kerika dikonsumsi dalam bentuk murni. Dianjurkan untuk melarutkan dalam air terlebih dahulu atau minum mengunakan sedotan untuk mengindari kontak langsung dengan gigi.

8. Melemahkan Tulang

Mengonsumsi cuka sari apel juga dapat menyebabkan kadar kalium rendah dalam darah dan kepadatan tulang yang randah. Cuka sari apel juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi para penderita osteoporosis.

9. Kerusakan Kulit

Cuka sari apel dosis tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan tenggorokan. untuk menghindarinya cuka harus diencerkan dengan air sebelum dikonsumsi.

10. Efek Lain

Sari apel juga dapat memperburuk gejala seperti pembengkakan, gatal-gatal, dan kesulitan bernafas serta gangguan pencernaan dan mulas.


Tips menggoreng dengan mesin vacuum frying secara teknis sebagai berikut:

Untuk menghasilkan keripik sesuai dengan resep keripik apel diatas, disarankan menggunakan mesin vacuumfrying. Selain digunakan untuk menggoren, mesin tersebut juga mempunyai prinsip untuk menguraangi kadar air dalam keripik dengan bahan utama buah.

Prinsip Kerja Mesin Vacuum Frying

Berikut adalah prinsip kerja mesin vacuum frying

1. Bahan yang dimasukkan ke dalam penggorengan vacuum akan digoreng secara vacuum. Penggorengan secara vacuum ini akan menghasilkan kadar air pada pada buah atau sayuran akan dimuntahkan serta digantikan dengan minyak.

Dengan suhu penggorengan homogen-rata yg digunakan berkisar 80-90 derajat celsius dan tekanan bisa mencapai 76 cm/hg, menggunakan usang penggorengan antara 45 menit hingga 60 menit (perlakuan ini tergantung jenis dan ciri buah atau sayuran).

Karena setiap buah mempunyai kadar air dan tekstur daging buah yg tidak sama. Karena penggorengan dengan mesin vacuum frying ini mampu menurunkan titik didih dibawah 90 derajat celcius, maka yang akan terjadi kripik tak akan sampai gosong.

2. Untuk menggoreng diperlukan minyak goreng sekitar 75 liter. Menggunakan adanya penurunan titik didih pada bawah 90 derajat celsius pada penggorengan maka struktur kandungan minyak goreng tidak cepat rusak. Menggunakan demikian mampu menghemat penggunaan minyak goreng.

3. Untuk hasil yang terbaik sebaiknya menggunakan minyak goreng yg bermerk dan  jernih, karena minyak goreng yg kualitasnya rendah akan mempengaruhi warna dan aroma kripik buah.

Cara Kerja Mesin Vacuum Frying

  1. Pastikan bagian-bagian mesin sudah terangkai dengan benar.
  2. Isi bak Vacuum Frying dengan air secukupnya (hingga lubang masukan menuju pompa air terendam seluruhnya).
  3. Hubungkan selang regulator dari kompor gas ke Panel Kontrol, dan dari Panel Kontrol ke tabung gas elpiji.
  4. Hubungkan Panel Control dengan sumber arus listrik.
  5. Setelah arus listrik terhubung dengan Panel Kontrol, nyalakan Thermo Control dan atur suhu setting sesuai keinginan (suhu setting ideal antara 80° – 85° C).
  6. Nyalakan Kompor Gas dan tunggu sampai Thermo Control mencapai suhu yang diinginkan.
  7. Setelah suhu setting tercapai, buka tutup Tabung Penggorengan dan masukkan bahan ke dalam keranjang. Posisikan keranjang bahan tetap di atas minyak.
  8. Tutup kembali tabung penggorengan dan kencangkan mur di kedua sisi tutup.
  9. Pastikan semua keran dalam keadaan tertutup dan hidupkan pompa air dengan menekan saklar “POMPA”. Perhatikan jarum Vacuum Meter sampai menunjukkan minus 65 – 70 cm/Hg.
  10. Bila jarum Vacuum Meter telah menunjukkan minus 65 – 70 cm/Hg, masukkan keranjang bahan ke dalam minyak dengan menggunakan Tuas Pengaduk.
  11. Setelah bahan masuk ke dalam minyak, buka kran di atas Jett Injector.
  12. Setelah bahan matang, angkatlah bahan dari dalam minyak menggunakan Tuas Pengaduk. Cara mengetahui produk sudah matang atau belum, dengan mengamati kondisi di dalam Tabung Penggorengan.
  13. Tekanlah saklar “LAMPU” pada panel control untuk melihat kondisi di dalam Tabung Penggorengan. Jika kondisi minyak tidak ada pergolakan gelembung udara maka bahan sudah matang.
  14. Biarkan pompa dalam keadaan hidup dan bukalah keran di atas tabung penggoreng sedikit demi sedikit hingga jarum Vacuum Meter menunjukkan angka 0 cm/Hg.
  15. Setelah jarum Vacuum Meter menunjukkan angka 0 cm/Hg, buka tutup Tabung Penggorengan.
  16. Ambil produk hasil penggorengan dan tiriskan minyak pada produk menggunakan Mesin Spinner.
  17. Setelah dingin, kemas produk dalam kemasan plastik atau Aluminium Foil.
  18. Setelah proses selesai, air kondensat dibuang dengan membuka kran di bagian bawah kondensor.
  19. Terakhir bersihkan tabung penggoreng dari sisa-sisa bahan.

 

Tips Membuat Keripik Sayur yang Gurih dan Renyah

Untuk menghasilkan kualitas kripik sayur yang baik, maka kita harus pintar dalam mengolah maupun packing. Berikut ini cara agar keripik sayur berkualitas baik

A. Pilih Buah yang Paling Baik.

Kualitas buah akan mempengaruhi keripik buah dari segi kualitas maupun rasa. Sebaiknya anda memilih buah yang tidak terlalu lembek dan berasa menyengat.

Jika anda akan menggunakan buah dengan ciri tersebut, sebaiknya setelah diiris buah dikeringkan.

B. Metode Memasak

Metode memasak biasanya sangat mempengaruhi kualitas, karena jika menggunakan metode yang salah maka akan menurunkan kualitas dari kripik buah yang anda buat.

Seandaiya tidak ingin menggoreng ada cara lain, yaitu yaitu dengan cara memanggang atau dengan menggunakan microwave.

C. Dengan Kulit atau Tidak.

Jika anda menyukai keripik buah yang berkulit, anda harus mencuci terebih dahulu bahan utama agar mengurangi resiko penyakit dan bakteri yang menyerang anda.

Selain itu jika anda lebih menyukai keripik buah tanpa kulit, maka anda harus mengupas terlebih dahulu kulit nya baru mengirisnya.

D. Iris Tipis

Ketebalan dari bahan utama akan memengaruhi kualitas dari keripik buah. Jika anda mengiris terlalu tebal, maka keripik tidak akan krispi melainkan menjadi lunak.

Untuk itu bahan utama harus diiris tipis agar menjadi krispi seperti yang anda harapkan.

E. Penggunaan Air Garam

Penggunaan air garam pada pembuatan keripik buah sebelum digoreng akan mengurangi jumlah kadar air dalam bahan.

Cara menggunakan air garam adalah dengan melarutkan garam pada air lalu bahan utama yang telah diiris direndam dalam air garam selama kurang lebih 20-30 menit lalu ditiriskan dan dikeringkan.

F. Packing atau Finishing

Pada proses finishing yaitu harus memperhatikan cara penyimpanan dari keripik buah. Untuk mempertahankan kualitasnya, keripik disimpan pada toples yang rapat dan kedap udara agar keripik tetap krispi.


Tips Agar Keripik Tetap Renyah

1. Disimpan dalam Wadah atau Toples yang Tertutup Rapat

Jika kamu ingin kerupuk yang setelah digoreng tetap renyah, maka kamu perlu menyimpannya di wadah atau toples yang tertutup rapat. Pilih toples yang kualitasnya baik pada bagian tutupnya, makin rapat makin baik.

2. Jangan Terlalu Sering Membuka dan Menutup Wadah

Jika kamu terlalu sering membuka dan menutup wadah, maka angin akan masuk. Hal tersebut tentunya bisa membuat kerupuk menjadi cepat melempem.

3. Akali Dengan Tisu atau Kertas Makanan

Letakkan kertas itu pada bagian tutup toples, kemudian tutup toples. Hal ini akan mencegah mengalirnya udara dari luar ke dalam yang menyebabkan kerupuk dan keripik cepat melempem.

4. Menyimpannya di Lemari Es

Dengan menyimpan kerupuk dalam lemari pendingin juga akan membuat kerupuk lebih tahan dan awet dalam waktu lebih dari satu minggu.


Demikian pembahasan seputar tentang macam macam keripik sayur dan semoga bermanfaat.

Selamat Mencoba 😊😊😊😊!!!

The post Resep Keripik Apel Menggugah Selera appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Resep Keripik Pisang Manis Yang Sehat dan Menggiurkan https://mesinvacuumfrying.id/resep-keripik-pisang-manis/ Mon, 17 Jun 2019 13:13:21 +0000 https://mesinvacuumfrying.id/?p=1607 Resep keripik pisang manis – Hai guys, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana resep keripik pisang manis yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Nama keripik pisang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya mungkin keripik pisang biasa kita temukan di minimarket, warung, pasar, tidak menutup kemungkinan di perayaan hari […]

The post Resep Keripik Pisang Manis Yang Sehat dan Menggiurkan appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Resep keripik pisang manis – Hai guys, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana resep keripik pisang manis yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kalian.

Nama keripik pisang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya mungkin keripik pisang biasa kita temukan di minimarket, warung, pasar, tidak menutup kemungkinan di perayaan hari besar.

Keripik pisang biasa dibuat untuk camilan dengan berbagai varian rasa. Pastinya kamu tahu varian apa saja yang biasa dibuat bukan, ada varian gurih, asin, manis, balado, dan lain-lain.

Mungkin beberapa orang belum mengetahui bagaimana cara membuat keripik pisang renyah. Pembuatan keripik pisang sangatlah mudah karena selain bahan udah dicari, pembuatan keripik pisang hanya membutuhkan waktu yang sebentar tergantung dari jumlah keripik yang akan dibuat.

Untuk membuat keripik pisang, sebaiknya jangan menggunakan pisang yang sudah masak, karena selain pisang lembek pisang yang sudah matang juga akan cepat gosong jika digoreng dalam suhu tinggi dan tidak bisa renyah karena kadar gula meningkat.

Pemilihan pisang yang tepat akan mempengaruhi rasa, tekstur, dan kualitas yang dihasilkan. Pada proses pembuatan keripik pisang tidaklah lama, hanya saat mengiris pisanglah paling lama, karena harus tipis dan ada beberapa dari pisang yang berbiji sehingga harus hati-hati.

Cara membuat keripik pisang sangat bervariasi ada yang digoreng, dipanggang di oven maupun memanggang di microwave. Selain itu cara membuat keripik renyah sekarang banyak yang menggunakan alat canggih bernama vacuum frying.


Resep Keripik Pisang Manis.

1. Cara Membuat Keripik Pisang Renyah Rasa Tawar

Untuk memciptakan keripik pisang yang bervariasi, pertama kita buat keripik pisang dengan rasa tawar. Keripik pisang tawar ini dapat divariasikan ke dalam berbagai varian rasa. Lalu bagaimana cara membuat keripik pisang tawar??. Ikuti resep berikut ini!

Bahan:

  1. Pisang kepok 10 buah
  2. Garam halus 1 sdm
  3. Kapur sirih 1 sdt
  4. Air bersih 1 L
  5. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Kupas lalu iris tipis pisang
  2. Siapkan wadah bersih, lalu tuang air ke dalamnya.
  3. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
  4. Rendam iriasan pisang selama kurang lebih 1 jam.
  5. Siapkan wadah bersih lainnya.
  6. Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk sampai rata.
  7. Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.
  8. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  9. Keripik pisang siap disajikan.

2. Keripik Pisang Manis

Merupakan jenis keripik yang terbuat dari bahan utama pisang dan melibatkan gula pasir sebagai rasa perasa manis.

Untuk jenis gula yang dipakai dapat disesuaikan dengan keinginan. Kalau ingin hasil tampilan yang baik, gunakan gula pasir yang berwarna putih. Tapi jika ingin hasil keripik yang sehat, gunakanlah gula jawa atau gula merah karena kadar gula yang rendah.

Berikut ini adalah resep keripik pisang manis dengan menggunakan gula pasir.

Bahan :

  1. Pisang kepok 10 buah
  2. Gula pasir 200 g
  3. Garam halus 1 sdt
  4. Kapur sirih 1 sdt
  5. Air bersih 2 L
  6. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Kupas semua kulit pisang lalu iris tipis.
  2. Siapkan wadah bersih, lalu tuang air 1 L ke dalamnya.
  3. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
  4. Siapkan wadah bersih lainnya.
  5. Masukkan pisang ke dalam larutan kapur sirih, dan rendam selama 1 jam.
  6. Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk sampai rata.
  7. Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.
  8. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  9. Rebus 1 L dengan gula. Aduk hingga gula larut. Rebus hingga larutan gula mengental.
  10. Masukkan keripik pisang yang sudah digoreng ke dalam rebusan gula. Aduk hingga semua pisang sudah terselimuti gula.
  11. Angkat dan tiriskan
  12. Keripik pisang manis siap disajikan.

Jika ingin membuat keripik pisang manis, proses pemberian gula haruslah dalam kondisi pisang sudah digoreng dan gula yang digunakan dalam keadaan cair agar mempermudah gula dalam menempel ke permukaan pisang.

Apabila gula dicampurkan sebelum proses menggoreng, maka akan mengakibatkan keripik mudah gosong, dan gula larut dalam minyak, sehingga keripik tidak akan berasa sama sekali.


3. Keripik Pisang Coklat Manis

Salah satu olahan keripik pisang saat ini banyak disukai oleh masyarakat secara luas adalah olahan keripik pisang coklat manis.

Pembuatan keripik pisang coklat manis hampir sama dengan pembuatan aneka keripik lainnya hanya saja pembuatan keripik pisang coklat ditambahkan dengan penggunaan coklat bubuk yang telah dicampur sukrosa sehingga menambah cita rasa dari olahan keripik pisang semakin lezat.

Biasanya untuk mengonsumsi keripik pisang coklat akan terasa lebih nikmat jika dimakan dalam keadaan santai dan ditemani dengan teh hangat.

Berikut ini adalah resep keripik pisang manis coklat

Bahan :

  1. Pisang kepok 10 buah
  2. Gula halus 50 g
  3. Coklat bubuk 30 g
  4. Tepung maizena 30 g, sangrai
  5. Kapur sirih 1 sdt
  6. Air bersih 1 L
  7. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Iris tipis pisang kepok.
  2. Siapkan wadah bersih, lalu tuang air ke dalamnya, lalu masukkan kapur sirih
  3. Lalu rendam pisang selama 1 jam.
  4. Siapkan wadah bersih lainnya.
  5. Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk sampai rata.
  6. Panaskan minyak dengan api sedang
  7. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  8. Masukkan bubuk ke dalam wadah tertutup.
  9. Tutup wadah lalu kocok hingga bubuk menempel pada pisang.
  10. Masukkan pisang yang sudah digoreng ke dalam bubuk.
  11. Keripik pisang coklat siap disajikan.

4. Kelezatan Keripik Pisang Pedas Manis

Keripik pisang pedas manis??? Mungkin agak aneh karena pisang biasanya diberi rasa manis. Namun ada terobosan baru, yaitu keripik pisang pedas manis.

Ya, keripik pisang pedas manis merupakan perpaduan antara rasa pedas dan rasa manis. Pedas ini terbuat dari bubu halus antara cabai dan bawang putih.

Berikut adalah resep keripik pisang pedas manis

Bahan:

  1. 16 buah pisang kepok atau jenis pisang yang biasa anda gunakan untuk membuat keripik pisang
  2. 1,5 sdm garam
  3. 5 siung bawang putih
  4. Gula secukupnya
  5. 15 bh cabe rawit

Cara membuat:

  1. Iris tipis pisang yg sudah dicuci bersih kemudian tambahkan garam dan bumbu halus aduk rata diamkan kurang lebih setengah jam dalam sebuah wadah untuk meresapkan bumbu.
  2. Siapkan wajan berisi minyak yang sudah panas. Goreng sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai setengah matang taburi gula ke dalam wajan sesuai selera dengan proses terus diaduk biar gak lengket.
  3. Dan goreng sampai kuning kecoklatan angkat tiriskan.

5. Uniknya Keripik Pisang Madu

Di indonesia selain penghasil pisang terbesar ketujuh sedunia, Indonesia juga benyak menghasilkan madu.

Selain sehat, madu dapat diolah menjadi campuran makanan agar menambah gizi dan mineral sesuai kebutuhan tubuh.

Berikut ini adalah resep keripik pisang manis madu yang lezat.

Bahan

  1. 1 sisir pisang kepok
  2. 10 sdm gula pasir
  3. 2 sdm madu
  4. 1/2 sdm soda kue
  5. pewarna kuning secukupnya
  6. Minyak goreng secukupnya

Cara membuat

  1. Kupas pisang, iris tipis
  2. Langsung rendam irisan pisang dalam air yg sudah dicampur soda dan pewarna kuning
  3. Tiriskan, goreng sampai warna kekuningan
  4. Setelah proses penggorengan selesai,kripik siap digulai
  5. Panaskan sedikit minyak, masukan gula pasir dan madu
  6. Jika gula larut sudah masukan kripik, aduk hingga tercampur rata
  7. Setelah dingin masukan toples

Jenis Jenis Pisang Untuk keripik

resep keripik pisang manis

Untuk menghasilkan keripik sesuai dengan contoh pada resep keripik pisang manis diatas beberapa jenis pisang yang dapat Anda gunakan :

1. Ambon.

Pisang ini sering digunakan sebagai bahan utama makanan ataupun minuman, salah satunya adalah untuk membuat keripik. Warna dari kulit ini adalah hijau terang hingga warna hijau dan kekuningan.

Kelebihan dari pisang ini adalah memiliki daging yang tebal dan tentunya lembut ketika dikonsumsi. Anda dapat memilih dua jenis pisang yaitu Ambon lumut dan juga Ambon kuning.

2. Kepok.

Ciri-ciri pisang untuk keripik ini adalah bentuknya yang gepeng atau tipis dan bersegi. Hal ini membuat pisang kepok lebih kecil dari pisang yang lainnya.

Ada 2 jenis pisang kepok yaitu putih dan kuning. Apabila Anda ingin memiliki rasa yang manis, maka pisang kepok kuning adalah pilihan yang tepat.

Salah satu kelebihan dari pisang kepok kuning memiliki buah yang jauh lebih padat dibandingkan kepok putih. Apabila Anda sering mendengar nama pisang kapas, maka pisang Kepok putih ini adalah julukan dari nama pisang tersebut.

3. Nangka.

Pisang dengan kulit agak tebal ini memiliki warna yang unik. Warna dari daging pisang ini memiliki warna kuning dan kemerahan. Apabila Anda ingin rasa pisang yang manis dan sedikit asam, maka pisang nangka dapat menjadi jawabannya.

Selain keunikan tersebut, ukuran buah pisang juga cukup besar yaitu sekitar 28 cm. Tentunya dengan bentuk yang cukup besar tersebut Anda dapat memilih pisang ini untuk mendapatkan keripik dalam jumlah yang cukup banyak.

4. Tanduk.

Jenis pisang yang biasa digunakan adalah jenis pisang Tanduk yang memiliki tekstur panjang. Pisang ini adalah jenis yang sering digunakan untuk keripik pisang dan sering dijual di pasaran. Panjang dari pisang ini adalah 30 cm dan kulitnya yang berwarna hijau menandakan jika pisang tersebut masih sangat mentah.

Pilihlah pisang dengan warna kuning kemerahan dan terdapat bintik-bintik coklat yang menandakan jika pisang tersebut sudah dapat diolah menjadi keripik. Rasa dari pisang Tanduk adalah manis dan asam yang sangat sesuai untuk cemilan di rumah.


Manfaat Gula

Dari resep keripik pisang manis diatas, banyak sekali menggunakan gula yang mempunyai manfaat bagi tubuh. Berikut adalah bberapa manfaat dari penggunaan gula:

1. Meredakan nyeri haid

Ternyata kandungan gula bermanfaat meredakan nyeri dan kram haid yang kerap membuat wanita tidak nyaman. Gula juga dapat memperbaiki mood dan meredakan rasa pegal-pegal ketika haid.

2. Menghaluskan kulit wajah dan bibir

Gula pasir dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit terasa lebih halus dan lembut.

3. Energi meningkat dengan cepat

Kadar gula yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa yang menghasilkan energi dengan cepat. Oleh karena itu, gula baik dikonsumsi saat tubuh lemas dan kelelahan, misalnya setelah berolahraga, saat bangun tidur, saat dehidrasi, dan sebagainya.

4. Meredakan stres

Tak heran saat kita dilanda stres, cokelat dan es krim menjadi obat yang mujarab. Ternyata gula memang mengandung hormon dopamine yang dapat menimbulkan rasa bahagia dan meredakan stres.

5. Meningkatkan tekanan darah

Saat seseorang menderita tekanan darah rendah, kepala sering terasa ringan dan pusing, bahkan tubuhnya bisa sangat lemas, limbung lalu jatuh pingsan. Hal ini disebabkan oleh kurang lancarnya aliran darah dan oksigen ke otak.

Kondisi seperti ini salah satunya dapat diatasi dengan mengonsumsi gula yang berguna sebagai sumber energi.

6. Dapat meningkatkan fungsi otak

Saat sulit berkonsentrasi dalam mengerjakan suatu hal, itu tandanya tubuh Anda butuh gula. Dengan cepat gula akan meningkatkan fungsi otak sehingga bisa bekerja lebih baik.

7. Menyembuhkan luka

Ternyata menaburkan gula di atas luka sudah dilakukan sejak 1700 SM oleh para tabib di Mesir. Gula mengandung antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme serta mengurangi pembengkakan. Selain itu gula dapat merangsang jaringan kulit untuk beregenerasi.


 

Efek Samping Penggunaan Gula

Penggunaan gula pada resep keripik manis diatas, haruslah sesuai dengan aturan atau akan berefek buruk pada kesehatan. Berikut adalah efek samping dari penggunaan gula berlebihan:

1. Selalu ingin makan

Hal ini dibuktikan pada studi yang menunjukkan bahwa konsumsi berlebihan gula langsung/fruktosa dapat meningkatkan produksi ghrelin, dan mengurangi sensitivitas tubuh pada hormon insulin. Hal tersebutlah yang membuat Anda akan selalu lapar meskipun telah makan banyak.

2. Lemak pada perut

Semakin banyak gula yang Anda konsumsi, maka akan semakin meningkatkan risiko tertimbunnya lemak pada perut Anda. Hal tersebut juga dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas.

3. Karies gigi

Karies gigi terjadi ketika bakteri yang hidup di mulut mencerna sisa karbohidrat dari makanan yang Anda konsumsi, entah itu merupakan sisa dari gula pada donat yang anda konsumsi atau lainnya. Bakteri tersebut akan membusuk dan memproduksi asam yang dapat menghancurkan enamel/dentin gigi.

4. Kerusakan hati

Konsumsi gula berlebih dapat membuat tubuh kelebihan fruktosa yang dapat membebani hati dan menyebabkan perlemakkan hati. Hal tersebutlah yang dapat memicu terjadinya komplikasi kesehatan.

5. Penyakit jantung

Studi lainnya juga menunjukkan bahwa konsumsi minuman manis berlebih dapat meningkatkan tekanan darah dan merangsang hati untuk membuang lemak ke aliran darah. Kedua hal tersebutlah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

6. Disfungsi metabolik

Mengonsumsi gula berlebih dapat menyebabkan sindrom metabolik klasik, seperti berat badan, obesitas abdominal, penurunan HDL, peningkatan LDL, gula darah tinggi, peningkatan trigliserida, dan tekanan darah tinggi.

7. Resistensi hormon insulin

Semakin banyak konsumsi gula Anda, maka akan semakin banyak produksi hormon insulin pada tubuh Anda. Ketika kadar insulin tubuh dan kadar gula meningkat, maka akan membuat sensitivitas produksi hormon berkurang sehingga glukosa menumpuk dalam darah.

Gejala yang dialami oleh kondisi ini, yang disebut dengan resistensi insulin, adalah kelelahan, kelaparan, kabut otak, dan tekanan darah tinggi.


 

Tips Menyimpan Keripik Agar Tetap Renyah

Dibawah ini tips menjaga keripik pisang tetap renyah

1. Wadah kedap udara

Setelah selesai makan keripik lebih baik pindahkan ke wadah plastik yang memiliki tutup rapat, misalnya stoples atau kotak makan. Dengan memindahkan keripik akan tetap segar dan renyah dalam waktu lama.

Dibanding kantung kemasan dari toko yang dapat membuatnya terpapar udara sehingga bisa jadi alot dan melempem.

2. Penjepit keripik

Anda bisa membeli penjepit khusus keripik atau chips clip, mirip klip kertas namun lebih lebar. Caranya cukup dengan menjepitnya di bagian atas kantong keripik. Penjepit ini menjaga udara agar tidak masuk yang dapat membuat keripik melempem.

Sebelumnya, jangan lupa untuk mengeluarkan semua udara dari kantung keripik sisa sebelum menjepitnya.

3. Penjepit

Bila susah menemukan penjepit khusus keripik, Anda bisa menggunakan klip kertas atau jepitan jemuran untuk memastikan kantung tetap tertutup tak terpapar udara, meskipun cara ini tidak menghalangi udara semanjur penjepit khusus keripik.

4. Hand sealer

Adalah mesin perekat plastik praktis, mudah dibawa-bawa dan mudah digunakan. Cara penggunaanya mirip dengan memakai streples dan banyak dijual online. Perawatannya mudah, cukup dengan isi baterai agar dapat memasok panas saat merekatkan plastik berisi keripik sisa Anda.

Cara penggunannya sama dengan sebelumnya memastikan tidak ada udara masuk, pastikan keluarkan semua udara sebelum menggunakan hand sealer. Untuk dapat membukanya, cukup gunting rekatan.

5. Vacuum sealer

Mirip dengan hand sealer, cara ini pun menggunakan alat khusus dan menjaga makanan Anda tetap renyah dengan kualitas sama seperti awal. Alatnya mirip printer.

Cara penggunaannya cukup letakkan bagian atas kantung yang terbuka di mulut alat dan kemudian tutup.

Tekan tombol dan beberapa detik pun kantung keripik tersegel rapat seperti baru. Anda dapat membukanya kembali adalah dengan gunting.

The post Resep Keripik Pisang Manis Yang Sehat dan Menggiurkan appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Resep Keripik Sukun dan Penjelasannya https://mesinvacuumfrying.id/resep-keripik-sukun/ Sat, 15 Jun 2019 04:44:43 +0000 https://mesinvacuumfrying.id/?p=1587 Resep Keripik Sukun – hallo man teman kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang sukun dan resep keripik sukun yang lagi trending. Sukun adalah nama jenis pohon yang berbuah. Buah sukun tidak memiliki biji dan memiliki bagian yang empuk yang mirip dengan roti setelah dimasak atau digoreng. Karena itu orang orang eropa menyebutnya sebagai buah […]

The post Resep Keripik Sukun dan Penjelasannya appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>
Resep Keripik Sukun – hallo man teman kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang sukun dan resep keripik sukun yang lagi trending.

Sukun adalah nama jenis pohon yang berbuah. Buah sukun tidak memiliki biji dan memiliki bagian yang empuk yang mirip dengan roti setelah dimasak atau digoreng. Karena itu orang orang eropa menyebutnya sebagai buah roti.

Kata sukun dalam bahasa jawa berarti tanpa biji, dan nama ilmiah dari sukun adalah artocarpus altilis.

Pohon sukun umumnya adalah pohon yang tinggi sekitar 30 m, dan berdaun lebar antara 20-40 X 20-60 cm. umumnya menghasilkan 200 buah/tahun, dan masing masing buahnya beratnya antara 200-1200 gram,tapi ada pula yang mencapai 5 kg.


 

Manfaat Buah Sukun

Nilai energinya antara 470-670 KJ/100g. dan mengandung 227 kalori/220 gram atau setara dengan 11% kebutuhan energi sehari hari, serta mengandung lemak 0,5 gram lemak atau setara dengan 1% kebutuhan lemak setiap hari.

Buah sukun merupakan bahan penting sebagai sumber karbohidrat kompleks di daerah tropik terutama di Pasifik dan Asia Tenggara. selain itu buah ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, viamin c, dan viamin B.

Berikut adalah manfaat dari buah sukun yang patut anda ketahui

1. Buah Yang Mengenyangkan

Dalam 220 gram buah sukun mengandung 59,7 gram karbohidrat yang setara dengan 20% kebutuhan karbohidrat sehari. Selain itu juga mengandung 10,8 gram serat yang memenuhi 43% kebutuhan serat sehari, serta 2,4 gram protein

2. Membantu Melawan Radikal Bebas

Jenis buah sukun berwarna kuning-oranye memiliki banyak kandungan antioksidan xanthin dan lutein yang memiliki manfaat melawan radikal bebas

3. Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Kandungan serat yang tinggi dalam buah sukun membantu menurunkan kolesterol darah dengan cara mencegah penyerapan kolesterol dari sistem pencernaan.

4. Membantu Memelihara Kesehatan Sistem Peredaran Darah

Senyawa dalam fitokimia pada buah sukun juga dapat membantu mencegah penyempitan dan pengerasan pembuluh darah akibat penimbunan kolesterol

5. Melindungi Tubuh Dari Serangan Penyakit

Vitamin C yang terkandung dalam sukun lumayan tinggi, yaitu 29mg/100g sukun. vitamin tersebut memenuhi 48% kebutuhan vitamin C sehari.


Resep Keripik Sukun

Cara memasak buah sukun bervariatif, mulai dari secara utuh ataupun dipotong potong kemudian direbus, digoreng, disangrai, atau dibakar.

Berikut ada beberapa resep keripik sukun

1. Original

Berikut ini resep keripik sukun original yang dapat anda kreasikan ke dalam beberapa varian

Bahan:
  1. 1 buah sukun matang, kupas, cuci bersih, potong, iris tipis
  2. 2 sdt kapur sirih
  3. 2 liter air
  4. Minyak goreng, secukupnya
Bahan Bumbu:
  1. 1 sdm garam
  2. 1 sdm ketumbar bubuk
  3. 4 siung bawang putih, haluskan
  4. 1 sdt gula pasir
  5. 1 ruas jari kunyit, haluskan
Cara Membuat:
  1. Campurkan air dengan kapur sirih. Kemudian rendam selama 4 – 5 jam. Angkat, cuci bersih sukun yang sudah di rendam. Tiriskan.
  2. Campur semua bahan bumbu. Aduk rata.
  3. Lumuri buah sukun dengan bumbu sampai rata. Diamkan 15 menit hingga bumbu meresap.
  4. Panaskan minyak. Kemudian goreng sukun yang sudah di lumuri bumbu. Goreng sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Sajikan.

2. Tanpa Kapur Sirih

Resep keripik sukun tanpa kapur sirih ini dapat anda aplikasikan jika anda menginginkan keripik sukun yang asli

Bahan:

  1. 1 butir sukun tua
  2. Minyak goreng
  3. Garam secukupnya
  4. 1 sendok teh soda kue

Cara Membuat:

  1. Kupas sukun dari kulitnya, belah jadi 2 bagian, buang bagian tengah yg keras, lalu iris tipis tipis,
  2. Rendam irisan sukun dengan air soda kue  sekitar 1 jam.
  3. Setelah itu tiriskan, cuci bersih tiriskan.
  4. Siapkan minyak goreng di atas api sedang, masukan irisan sukun ke dalam minyak panas, setelah irisan sukun layu, masukkan air garam 1 sendok makan.
  5. Aduk hingga sukun berwarna kuning kecoklatan dan kering.
  6. Siap disajikan.

 

3. Dengan Kapur Sirih

Bagi anda yang menginginkan keripik sukun yang kuning keemasan dan ingin dijual, silahkan coba resep berikut ini

Bahan:

  1. 1 bh sukun ukuran sedang, iris tipis
Bahan Rendaman Sukun:
  1. 2 ltr air
  2. 1 sdm kapur sirih
Bahan Bumbu Perendam:
  1. 4 siung bawang putih
  2. 1 sdt ketumbar bubuk
  3. garam secukupnya
  4. gula pasir secuukupnya
  5. 1/4 sdt kaldu bubuk
  6. 1 ltr air

Langkah:

  1. Kupas sukun, cuci bersih. kemudian potong tipis2 sesuai selera.
  2. Rendam dalam larutan air kapursirih selama 30 menit. cuci bersih.
  3. Haluskan bumbu, rendam sukun dengan larutan bumbu selama 30 menit. tiriskan saat mau digoreng.
  4. Goreng dalam minyak banyak dan panas hingga kuning. tiriskan dalam kertas penyerap minyak

4. Balado

Berikut ini adalah salah satu contoh kreasi resep keripik sukun

Bahan:

  1. 1 buah sukun, potong tipis 1-2 mm
  2. 1 buah bawang putih
  3. 3 sdm garam

Bumbu:

  1. 7 buah bawang merah
  2. 5 buah bawang putih
  3. 7 buah cabai merah
  4. 4 buah cabai rawit
  5. 5 lembar daun jeruk, iris lembut
  6. 1 buah tomat segar, bagi menjadi 8
  7. 3 sdm gula pasir
  8. 2 sdm kecap manis
  9. garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Sukun yang sudah diiris tipis direndam di air bawang dan garam selama 15 menit. Tiriskan dan goreng hingga garing
  2. Panaskan minyak goreng untuk menumis bumbu 4-5 sdm
  3. Bumbu ditumbuk kasar atau bisa dengan bantuan penghalus bumbu. Jangan sampai terlalu halus.
  4. Tumis bumbu dengan api sedang kira-kira 6-7 menit.
  5. Bumbu yang sudah matang biasanya arum dan beruba warna kecoklatan
  6. Jika umbu sudah bersarang, sukun yang sudah digoreng bisa dimasukkan sembari kecilkan api hingga kecil.
  7. Balado keripik sukun siap disajikan, selamat mencoba

 

Olahan Lain Dari Sukun

Selain resep keripik sukun diatas, ada pula beberapa olahan yang berbahan dasar sukun yang patut anda coba, diantaranya:

1. Donat Sukun

Bahan:

  1. 1 buah sukun
  2. 150 gr gula pasir
  3. ¼ gr tepung terigu
  4. 1 butir telur
  5. Messes, dan
  6. Minyak mentega secukupnya

Cara Membuat:

  1. Kupas buah sukun
  2. Cuci kemudian dikukus lalu dihaluskan.
  3. Campur sukun dengan telur, gula, tepung terigu, dan aduk sampai tidak lengket.
  4. Bentuk adonan menjadi donat dan goreng  sampai warna kecoklatan, kemudian tiriskan.
  5. Setelah dingin, olesi dengan mentega kemudian raburi dengan gula halus dan meses.

2. Risoles Sukun

Bahan Kulit:

  1. 10 gr tepung terigu
  2. 90 gr tepung sukun
  3. 2 butir telur ayam,kocok lepas
  4. 250 ml  air
  5. Garam secukupnya.

Bahan Balutan:

  1. Tepung panir secukupnya
  2. 1 btr telur ayam, kocok lepas
  3. Minyak goreng

Bahan Isi:

  1. 40 gr tepung sukun
  2. 20 gr tepung terigu
  3. 40 grmaizena
  4. 300 ml susu
  5. 50 gr daging ayam rebus, iris kecil
  6. 50 gr wortel potong dadu kecil, rebus lalu tiriskan
  7. Merica secukupnya
  8. Garam secukupnya
  9. 2 sdm seledri cincang
  10. 1 sdm gula pasir
  11. 30 gr keju paruts

Cara Membuat:

  1. Siapkan wadah.Campur  tep ung terigu dan tepung sukun, aduk rata.
  2. Masukkan telur dan air sedikit demi sedikit terus diaduk hingga rata
  3. Tambahkan garam,aduk rata
  4. Siapkan wajan dadar anti lengket/Teflon. Panaskan.
  5. Adonan isi
  6. Siapkan wajan, lumerkan margarine, masukkan campurkan tepung terigu dan tepung sukun. Aduk rata.
  7. Tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai susu habis dan tidak mengumpal
  8. Masukkan daging ayam, wortel, seledri cincang, merica, garam, dan gula. Aduk rata. Hingga matang. Angkat.
  9. Masukkan keju parut, aduk rata. Sisihkan.

Cara Membuat Risoles:

  1. Ambil satu lembar lalu beri bahan isi, gulung dan lipat, kerjakan hingga selesai,
  2. Siapkan wadah datar, masukkan tepung panir.
  3. Blut gulungan kulit yang telah diisikan dengan tepung panir lalu celupkan ke kocokan telur kemudian panir kembali. Kerjakan hingga selesai.
  4. Siapkan wajan. Panaskan Minyak.Goreng risoles hingga metang berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Hidangkan hangat.

3. Cendol Sukun

Bahan:
  1. ½ buah sukun mentah yang telah dikukus
  2. 1 bungkus agar-agar
  3. 100 ml air perasan daun suji secukupnya
  4. 1 liter santan
  5. 250 gr gula merah
  6. 1 sdt garam
  7. 1 sdt kapur sirih
  8. 2 lembar daun pandan, cuci dan simpulkan

Cara Membuat:

  1. Buatlah kuah santan dengan cara memasak santan, gula merah dan daun pandan serta garam hingga mendidih, lalu saring dan siap digunakan.
  2. Sukun yang telah dikukus, dihancurkan hingga menjadi pasta
  3. Campur pasta sukun bersam agar-agar, air, perasan daun suji,  dan air kapur sirih, lalu diaduk hingga rata.
  4. Masak ca,puran tadi hingga matang.
  5. Masukka adonan ke dalam cetakan cendol lalu tamping dalam wadah yang telah diberi air es.
  6. Cendol suskun siap dihidangkan bersama kuah santan.

4. Kue Nastar Sukun Blueberry

Bahan:

  1. 200 gr mentega/ butter
  2. 100 g margarine
  3. 150 gr gula halus
  4. 2butir kuning telur
  5. 175 gr tepung terigu
  6. 175 gr tepung sukun
  7. 25 gr susu bubuk
  8. 1 butir kuning telur, kocok lepas untuk olesan
  9. 200 gr selai blueberry
  10. 1 sdm maizena
  11. 75 gr keju parut
  12. Parutan keju untuk diatas kue

Cara Membuat:

  1. Kocok mentega, margarine, gula halus sampai lembut
  2. Tambahkan  kuning telur lalu kocok kembali hingga rata.
  3. Campurkan terigu, tepung sukun, maizena, dan susu bubuk lalu aduk dan ayak.
  4. Masukkan ayakan dan parutan keju tersebut ke dalam adonan dan aduk hingga rata.
  5. Ambil adonan, bentuk bulatan dan pipihkan untuk diisi dengan selai. Tutup dan bentuk kembali bulatan. Letakkan di Loyang yang telah diolesi dengan mentega dan ditabur tepung terigu.
  6. Olesi dengan kuning telur dan taburkan keju parut di atasnya.
  7. Oven selama 30 menit dengan suhu 160 derajat.

5. Puding Batik sukun

Bahan Make:

  1. 200 gr gula pasir
  2. 500 gr sukun yang telah dihaluskan
  3. 100 gr mentega yang telah dicairkan
  4. 5 butir telur
  5. 5 sdm tepung terigu
  6. ½ kaleng susu kental manis (100-150 ml).

Cara Membuat:

  1. Telur dan gula dikocok hingga mengembang lalu masukkan kukus yang telah dihaluskan sambil terus dikocok.
  2. Masukkan tepung terigu, susu kental manis dan mentega cair. Aduk sampai seluruh bahan tercampur rata.
  3. Tuang seluruh adonan ke dalam cetakan.
  4. Kukus selama kurang lebih 30 menit. Setelah masak, angkat dari kukusan dan biarkan hingga agak dingin.

6. Pudding Batik Caramel

Bahan:

  1. Biskuit marrie/gabin secukupnya
  2. 300 gr gula pasir
  3. 2 bungkus agar-agar
  4. 900 ml air
  5. Vanilli, essens moka, dan bubuk atau cokelat secukupnya.

Cara Membuat:

  1. Masukkan gula pasir ke dalam penggorengan atau panci. Panaskan di atas api sedang sampai seluruh gulamlarut. Masukkan 300 ml air ke dalamnya dan biarkan hingga mendidih. Angkat dan sisihkan caramel tersebut sampai agak dingin
  2. Masak agar-agar dengan 600 ml. campurkan caramel, essens moka dan/ atau bubuk coklat ke dalam adonan agar-agar. Aduk perlahan hingga mendidih
  3. Sambil menunggu adonan agar-agar menjadi suam-suam kuku, masukkan remain biscuit marrie ke dalam adonan agar.
  4. Tuang adonan agar-agar perlahan-lahan ke dalam cetakan yang berisi adonan cake sukun. Biarkan sampai dingin. Supaya agar-agar cepat mengeras, bisa dimasukkan ke dalam lemari es. Potong sesuai selera dan sajikan.

7. Cake Tapai Sukun

Bahan :

  1. 200 gr tapai singkong yang bagus, buang seratnya
  2. 5 sdm susu kental manis
  3. 2 kuning telur ayam
  4. 4 butir telur ayam
  5. 200 gr gula pasir
  6. 200 gr margarine, lelehkan
  7. 75 gr keju cheddar parut, aduk rata.
  8. 200 gr tepung terigu segitiga biru
  9. ½ sdt baking powder
  10. ½ sdt vanilli bubuk

Cara Membuat:

  1. Lumasi loyang bundar berlubang tengah diameter 22 cm dengan margarine. Taburi sedikit tepung terigu. Sisihkan.
  2. Panaskan oven hingga mencapai suhu 180°C
  3. Campu tapai dengan susu kental manis. Tekan-tekan dengan garpu hingga lembut. Sisihkan.
  4. Taruh telur ayam dan gula dalam mangkuk. Kocok dengan mikser listrik berkecepatan rendah hingga telur berbuih dan gula larut
  5. Goreng hingga berwarna kecoklatan
  6. Sajikan hangat

 

Efek Samping Buah Sukun

resep keripik sukun

Ada 3 bahaya yang terbukti dapat terjadi pada siapapun jika memanfaatkan buah sukun dalam kondisi yang tidak tepat, diantaranya:

1. Gangguan Ginjal

Awalnya banyak pendapat yang menyatakan jika buah sukun tidak menimbulkan bahaya apapun pada organ ginjal. Namun perlu diketahui bahwa buah sukun memiliki kandungan zat kalium yang cukup tinggi yang dapat mengganggu fungsi ginjal bagi penderita ginjal yang belum disembuhkan atau bagi penderita ginjal yang sembuh karena pasca operasi.

Lain masalah jika sukun dikonsumsi oleh orang orang yang memiliki ginjal sehat dan tak bermasalah pada awalnya pasti efek samping buah sukun tidak akan terjadi.

2. Menekan Rasa Lapar

Buah sukun memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan rendah kalori, sangat baik bagi orang orang yang sedang menjalani program diet karena sukun dapat menekan rasa lapar tanpa menimbulkan sakit pada lambung.

Namun tidak berlaku bagi orang orang yang memiliki berat badan dibawah normal atau terlalu kurus. Karena orang yang kurus jika mengkonsumsi sukun secara berlebihan maka akan mengalami kehilangan selera terhadap makanan lain yang seharusnya dikonsumsi setiap hari.

Mengkonsumsi sukun terus menerus pada orang yang bertubuh sangat kurus dapat menyebabkan efek samping buah sukun yaitu berupa kekurangan gizi seimbang yang dapat menjadikan seseorang menjadi lebih kurus dan berpotensi mengalami tubuh lemas.

3. Gatal-Gatal

Efek samping buah sukun yaitu ketika sukun dalam keadaan masih mentah atau yang belum mendapat proses pencucian lalu direbus.

Dikukus atau digoreng sebenarnya memiliki getah pekat yang berwarna putih yang dapat menyebabkan gatal gatal pada kulit tangan

Hindari sedapat mungkin getah pada anak anak untuk menghindari reaksi kimia berupa gatal gatal yang jika digaruk dapat menyebabkan iritasi.

4. Sariawan

Mengkonsumsi buah sukun yang dikukus kurang matang dan sedikit masih mengandung getah lalu ketika memakannya tidak diimbangi dengan asupan air putih yang memadai dapat menyebabkan munculnya sariawan disekitar sudut bibir dan luka luka kecil diarea bibir dan lidah yang mengganggu rongga mulut.

5. Sembelit

Penggunaan minyak yang telah berulang kali dipakai berefek buah sukun menjadi semakin tidak baik yaitu menyebabkan kualitas nutrisi baik pada sukun menjadi hilang dan lebih sering menyebabkan munculnya gejala penyakit konstipasi seperti perut kembung, terasa penuh, nyeri, mual dan otot perut bagian bawah terasa mendapat tekanan.


 

Cara Mengolah Sukun Agar Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan

Agar mengurangi resiko dari pengonsumsian sukun, maka sukun harus:

  1. Buah sukun tidak cocok untuk disimpan dalam lemari pendingin karena akan mempercepat daging buahnya membusuk dan mempermudah terkontiminasi dengan pertumbuhan bakteri.
  2. Sebaiknya buah sukun diletakan pada udara bebas yang memiliki temperatur sejuk, wadah yang bersih dan tidak dapat dijangkau oleh hewan
  3. Jika sukun harus digoreng pakailah minyak yang berbahan dasar zaitun atau minyak kelapa baru
  4. Jangan memasak sukun dalam keadaan yang kurang atau setengah matang karena getahnya dapat melukai kulit dan gatal gatal disekitar mulut

Demikian penjelasan tentang sukun dan resep keripik sukun diatas. semoga bermanfaat

good luck!!

The post Resep Keripik Sukun dan Penjelasannya appeared first on Mesin Vacuum Frying.

]]>